BAB 1 Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SON 005 Kampung Satu Tarakan Melalui Pendekatan Kontekstual

Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SON 005 Kampung Satu Tarakan Melalui Pendekatan Kontekstual
Oleh Nila Safitri

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD yang harus dilatihkan oleh guru kepada siswa. Untuk itu guru harus dapat memberikan motivasi agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran menulis karangan. Akan tetapi masih terdapat beberapa guru dalam memberikan pembelajaran menulis lebih banyak teori daripada melatih keterampilannya. Selain itu guru dalam menyampaikan pembelajaran masih menggunakan metode atau pendekatan yang kurang bervariasi. Sehingga yang terjadi di kelas adalah siswa tidak aktif sedangkan guru berdiri di depan kelas menjelaskan materi pelajaran. Dengan keadaan seperti di atas tidak ada lagi suasana yang menyenangkan, siswa tidak diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
Kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan adalah dengan menggunakan suatu pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan kontekstual yang dijadikan salah satu acuari dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Pendekatan kontekstual bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar lebih kreatif dalam mengembangkan kemampuan menulis karangan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Peningkatan

kemampuan menulis dapat diketahui dari penilaian ketika proses pembelajaran dan penilaian diakhir pembelajaran. Aspek penilaiannya antara lain: kesesuaian isi dan ejaan (huruf kapital, tanda tititk, dan tanda koma).
Berdasarkan pengalaman yang diperoleh penulis dalam kegiatan belajar mengajar di SDN 005 Kampung Satu dan PPL II di SDN 006 Kampung Empat, penulis menemukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan belum memadai. Hal tersebut terbukti masih banyak siswa yang belum mampu menggunakan huruf kapital, tanda titik dan tanda koma dengan baik dan benar terutama dalam menulis karangan dan nilai hasil belajar siswa dalam menulis karangan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Sehubungan dengan hal tersebut, kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis karangan kurang bergairah sehingga siswa tidak terampil menggunakan kemampuannya dalam mengikuti pembelajaran menulis. Hal itu perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
B. Alasan Pemilihan Judul
Penulis memilih judul Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SDN OQ5 Kampung Satu Melalui Pendekatan Kontekstual dengan pertimbangan sebagai berikut:
1. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD

2. Masih banyak siswa yang kurang mampu dalam mengembangkan keterampilan
menulis karangan
3. Masih banyak siswa yang kurang mampu menggunakan huruf kapital, tanda
titik, dan tanda koma dalam menulis karangan
C. Batasan Masalah
Penelitian agar terarah pada tujuan dan tidak menyimpang dari permasalahan maka perlu batasan masalah. Oleh karena itu, penulis membatasi penelitian pada karangan narasi yang aspek penilaiannya meliputi: kesesuaian isi dan ejaan (huruf kapital, tanda titik, dan tanda koma).
D. Rumusan Masalah
Melihat dari latar belakang yang telah diuraikan di atas maka rumusan masalah yang penulis ambil adalah “Apakah proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, di kelas IV SDN 005 Kampung Satu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi?”
E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian setelah melihat rumusan masalah di atas adalah
1. Untuk memperoleh informasi tentang pencapaian frasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi melalui pendekatan kontekstual.

2. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dengan pendekatan kontekstual
F. Manfaat Penelitian
1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi serta dapat
menghubungkan pelajaran yang diperoleh di sekolah dengan kehidupan sehari-hari
2. Menggali ide-ide yang ada dalam diri siswa sehingga tercipta proses
belajar mengajar yang menyenangkan
3. Sebagai bahan pertimbangan rekan-rekan guru Bahasa Indonesia agar lebih
bervariasi menggunakan metode pembelajaran
G. Penegasan Judul
Judul penelitian ini adalah Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SDN 005 Kampung Satu Melalui Pendekatan Kontekstual. Adapun penegasan judul dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Peningkatan
Peningkatan adalah proses, cara, perbuatan meningkatakan kegiatan (KBBI,2003:1198).

2. Kemampuan
Kemampuan adalah kesanggupan, kecakapan, atau kekuatan melakukan sesuatu (KBBI, 2002:707).
3. Karangan
Karangan adalah menulis dan menyusun sebuah cerita, buku, sajak, dsb. (KBBI,2002:1.007).
4. Siswa
Siswa adalah murid atau pelajar, terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah (KBBI, 2002:1.077).
5. SDN 005 Kampung Satu
SDN 005 Kampung Satu yang dimaksud dalam penelitian ini adalah salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Tarakan yang berada di Jl. Mangkudulis RT 7 RW 2 Kampung Satu Tarakan.
6. Pendekatan Kontekstual
Pendekatan kontekstual adalah kaidah pembelajaran yang menggabungkan isi kandungan dengan pengalaman harian individu, masyarakat, dan alam pekerjaan (Yulaelawati, 2004:119).

About these ads

26 Tanggapan

  1. mohon saya dikirimi contoh Ptk SD lengkap ke alamat email: Hendri_act@yahoo.co.id

    saya tunggu

  2. salam jumpa lewat network ini bersama teman lama di Nunukan dulu, kapan ke Nunukan, nguliahi S-1 PGSD Nunukan

  3. tulisannya bagus-bagus………….
    salam kenal mas :D

  4. mohon saya dikirimkan contoh PTK seperti di atas lengkap dengan alamat emailnya

    tina_islamy@yahoo.co.id

  5. tolong dikrm

    thanks

  6. berkunjung sobat….

  7. tolong saya dikirim contoh ptk bhs indonesia untuk kleas 1 sd. ke email tina_grezz@yahoo.co.id
    trims

  8. saya mohon di kirimi hasil Ptk untuk judul peningkatan kemampuan menulis karangan siswa sd kls 4 melalui pendekatan kontekstual,ke elamat email saya,aku tunggu ya,makasih.

  9. salam kenal pak dari kalimantan tengah…

  10. tlong bantu proposal tentang tentang pengembangan minat baca siswa SD trims

    kirim ke email saya…
    saya tunggu
    trimakasih

  11. tlng kiram kan conth ptk ini k email saya

    tina

  12. uy… karangan na kurang pendek

  13. saya bersyukur betul dengan adanya blog ini yang demikian kaya dengan berbagai disiplin ilmu yang tentunya sangat membantu setiap orang yang haus akan informasi terima Pak De Sofa !!!!

  14. saya bersyukur betul dengan adanya blog ini yang demikian kaya dengan berbagai disiplin ilmu yang tentunya sangat membantu setiap orang yang haus akan informasi terima kasih Pak De Sofa !!!!

  15. Kalau boleh usul buka dong rubrik karya tulis khusus anak Tarakan !!!!

  16. saya mohon di kirimi hasil Ptk untuk judul peningkatan kemampuan menulis karangan siswa sd kls 4 melalui pendekatan kontekstual,ke elamat email saya,saya tunggu ya,makasih.

  17. Bapak, tolong kirimi aku contoh laporan PTK SD lengkap sebagai bahan referensi kegiatan KKG di gugus sekolah, terima kasih.

  18. penjelasan bapak/ibu lengkap,
    minta tolong kirim PTK english SD atau SMP dalam meningkatkan vocab, ya

    makasai banyak

    salam hormat

  19. mohon bantuan nya tolong dikir contoh PTK lengkap trimaksih

  20. mohon dikirim contoh proposal PTk dan laporan PTK lengkap Untuk SD
    trimaksih untuk bantuannya.

  21. Ass..pak mohon kirim yang lengkap ke emailku..makasih

  22. saya berharap kiriman Ptk untuk SD lengkap melalui email saya. semoga blog initetap jaya sehingga siapaun yang membetuhkan dapat mengakses dengan cepat dan lancar, trim,s kasih

  23. Pak kirimi PTK PKn dan Matematika kelas 6 SD

  24. pak mohon skripsi lengkap peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SON 005 Kampung Satu Tarakan Melalui Pendekatan Kontekstual Oleh Nila Safitri di atas sebagai refrensi pak trimakasih mohon dikirim ke email sy irnamowh@yahoo.com.

  25. assalamu alaikum Pak, bagaimana kabarnya?
    kalau bole saya mintatolong dikirimkan contah PTK bahasa Indonesia kelas IV ke t email saya ilhafamus@yahoo.com
    Saya ucapkan Banyak terimakasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 309 pengikut lainnya.