• Download Software Komputer
    Untuk anda yang ingin tahu, ingin belajar, mengubah ketertinggalan menjadi modern. Mengubah kemelataran menjadi kemakmuran.
    Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Terus aktifitas takkan pernah lelah untuk belajar. CARI ILMU dimana saja, kapan saja dan berguru kepada siapa saja
    Google Groups
    Pencariilmu
    Kunjungi grup ini
    *Melihat Kota tempat weblog ini dikelola dari Satelit
  • Sepuluh Masukan Terkini

    Fatma di Download Diktat Buku Akuntansi…
    rendy di Download Diktat Buku Akuntansi…
    Rina Monika Dewi di Pengertian Etika, Moral dan…
    Dwi gita di Pengertian Politik dan Ilmu…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    Anonymous di PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SIKL…
    Linguistik Umum | bo… di Cakupan Semantik
  • Admin

  • BAB 1 Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SON 005 Kampung Satu Tarakan Melalui Pendekatan Kontekstual

    Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SON 005 Kampung Satu Tarakan Melalui Pendekatan Kontekstual
    Oleh Nila Safitri

    PENDAHULUAN
    A. Latar Belakang Masalah
    Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD yang harus dilatihkan oleh guru kepada siswa. Untuk itu guru harus dapat memberikan motivasi agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran menulis karangan. Akan tetapi masih terdapat beberapa guru dalam memberikan pembelajaran menulis lebih banyak teori daripada melatih keterampilannya. Selain itu guru dalam menyampaikan pembelajaran masih menggunakan metode atau pendekatan yang kurang bervariasi. Sehingga yang terjadi di kelas adalah siswa tidak aktif sedangkan guru berdiri di depan kelas menjelaskan materi pelajaran. Dengan keadaan seperti di atas tidak ada lagi suasana yang menyenangkan, siswa tidak diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
    Kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan adalah dengan menggunakan suatu pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan kontekstual yang dijadikan salah satu acuari dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Pendekatan kontekstual bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar lebih kreatif dalam mengembangkan kemampuan menulis karangan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Peningkatan

    kemampuan menulis dapat diketahui dari penilaian ketika proses pembelajaran dan penilaian diakhir pembelajaran. Aspek penilaiannya antara lain: kesesuaian isi dan ejaan (huruf kapital, tanda tititk, dan tanda koma).
    Berdasarkan pengalaman yang diperoleh penulis dalam kegiatan belajar mengajar di SDN 005 Kampung Satu dan PPL II di SDN 006 Kampung Empat, penulis menemukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan belum memadai. Hal tersebut terbukti masih banyak siswa yang belum mampu menggunakan huruf kapital, tanda titik dan tanda koma dengan baik dan benar terutama dalam menulis karangan dan nilai hasil belajar siswa dalam menulis karangan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).
    Sehubungan dengan hal tersebut, kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis karangan kurang bergairah sehingga siswa tidak terampil menggunakan kemampuannya dalam mengikuti pembelajaran menulis. Hal itu perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
    B. Alasan Pemilihan Judul
    Penulis memilih judul Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SDN OQ5 Kampung Satu Melalui Pendekatan Kontekstual dengan pertimbangan sebagai berikut:
    1. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD

    2. Masih banyak siswa yang kurang mampu dalam mengembangkan keterampilan
    menulis karangan
    3. Masih banyak siswa yang kurang mampu menggunakan huruf kapital, tanda
    titik, dan tanda koma dalam menulis karangan
    C. Batasan Masalah
    Penelitian agar terarah pada tujuan dan tidak menyimpang dari permasalahan maka perlu batasan masalah. Oleh karena itu, penulis membatasi penelitian pada karangan narasi yang aspek penilaiannya meliputi: kesesuaian isi dan ejaan (huruf kapital, tanda titik, dan tanda koma).
    D. Rumusan Masalah
    Melihat dari latar belakang yang telah diuraikan di atas maka rumusan masalah yang penulis ambil adalah “Apakah proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, di kelas IV SDN 005 Kampung Satu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi?”
    E. Tujuan Penelitian
    Tujuan penelitian setelah melihat rumusan masalah di atas adalah
    1. Untuk memperoleh informasi tentang pencapaian frasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi melalui pendekatan kontekstual.

    2. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dengan pendekatan kontekstual
    F. Manfaat Penelitian
    1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi serta dapat
    menghubungkan pelajaran yang diperoleh di sekolah dengan kehidupan sehari-hari
    2. Menggali ide-ide yang ada dalam diri siswa sehingga tercipta proses
    belajar mengajar yang menyenangkan
    3. Sebagai bahan pertimbangan rekan-rekan guru Bahasa Indonesia agar lebih
    bervariasi menggunakan metode pembelajaran
    G. Penegasan Judul
    Judul penelitian ini adalah Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SDN 005 Kampung Satu Melalui Pendekatan Kontekstual. Adapun penegasan judul dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
    1. Peningkatan
    Peningkatan adalah proses, cara, perbuatan meningkatakan kegiatan (KBBI,2003:1198).

    2. Kemampuan
    Kemampuan adalah kesanggupan, kecakapan, atau kekuatan melakukan sesuatu (KBBI, 2002:707).
    3. Karangan
    Karangan adalah menulis dan menyusun sebuah cerita, buku, sajak, dsb. (KBBI,2002:1.007).
    4. Siswa
    Siswa adalah murid atau pelajar, terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah (KBBI, 2002:1.077).
    5. SDN 005 Kampung Satu
    SDN 005 Kampung Satu yang dimaksud dalam penelitian ini adalah salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Tarakan yang berada di Jl. Mangkudulis RT 7 RW 2 Kampung Satu Tarakan.
    6. Pendekatan Kontekstual
    Pendekatan kontekstual adalah kaidah pembelajaran yang menggabungkan isi kandungan dengan pengalaman harian individu, masyarakat, dan alam pekerjaan (Yulaelawati, 2004:119).

    26 Tanggapan

    1. mohon saya dikirimi contoh Ptk SD lengkap ke alamat email: Hendri_act@yahoo.co.id

      saya tunggu

    2. salam jumpa lewat network ini bersama teman lama di Nunukan dulu, kapan ke Nunukan, nguliahi S-1 PGSD Nunukan

    3. tulisannya bagus-bagus………….
      salam kenal mas :D

    4. mohon saya dikirimkan contoh PTK seperti di atas lengkap dengan alamat emailnya

      tina_islamy@yahoo.co.id

    5. tolong dikrm

      thanks

    6. berkunjung sobat….

    7. tolong saya dikirim contoh ptk bhs indonesia untuk kleas 1 sd. ke email tina_grezz@yahoo.co.id
      trims

    8. saya mohon di kirimi hasil Ptk untuk judul peningkatan kemampuan menulis karangan siswa sd kls 4 melalui pendekatan kontekstual,ke elamat email saya,aku tunggu ya,makasih.

    9. salam kenal pak dari kalimantan tengah…

    10. tlong bantu proposal tentang tentang pengembangan minat baca siswa SD trims

      kirim ke email saya…
      saya tunggu
      trimakasih

    11. tlng kiram kan conth ptk ini k email saya

      tina

    12. uy… karangan na kurang pendek

    13. saya bersyukur betul dengan adanya blog ini yang demikian kaya dengan berbagai disiplin ilmu yang tentunya sangat membantu setiap orang yang haus akan informasi terima Pak De Sofa !!!!

    14. saya bersyukur betul dengan adanya blog ini yang demikian kaya dengan berbagai disiplin ilmu yang tentunya sangat membantu setiap orang yang haus akan informasi terima kasih Pak De Sofa !!!!

    15. Kalau boleh usul buka dong rubrik karya tulis khusus anak Tarakan !!!!

    16. saya mohon di kirimi hasil Ptk untuk judul peningkatan kemampuan menulis karangan siswa sd kls 4 melalui pendekatan kontekstual,ke elamat email saya,saya tunggu ya,makasih.

    17. Bapak, tolong kirimi aku contoh laporan PTK SD lengkap sebagai bahan referensi kegiatan KKG di gugus sekolah, terima kasih.

    18. penjelasan bapak/ibu lengkap,
      minta tolong kirim PTK english SD atau SMP dalam meningkatkan vocab, ya

      makasai banyak

      salam hormat

    19. mohon bantuan nya tolong dikir contoh PTK lengkap trimaksih

    20. mohon dikirim contoh proposal PTk dan laporan PTK lengkap Untuk SD
      trimaksih untuk bantuannya.

    21. Ass..pak mohon kirim yang lengkap ke emailku..makasih

    22. saya berharap kiriman Ptk untuk SD lengkap melalui email saya. semoga blog initetap jaya sehingga siapaun yang membetuhkan dapat mengakses dengan cepat dan lancar, trim,s kasih

    23. Pak kirimi PTK PKn dan Matematika kelas 6 SD

    24. pak mohon skripsi lengkap peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SON 005 Kampung Satu Tarakan Melalui Pendekatan Kontekstual Oleh Nila Safitri di atas sebagai refrensi pak trimakasih mohon dikirim ke email sy irnamowh@yahoo.com.

    25. assalamu alaikum Pak, bagaimana kabarnya?
      kalau bole saya mintatolong dikirimkan contah PTK bahasa Indonesia kelas IV ke t email saya ilhafamus@yahoo.com
      Saya ucapkan Banyak terimakasih.

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

    Bergabunglah dengan 323 pengikut lainnya

    %d blogger menyukai ini: