Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran

Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran

Kegiatan remedial adalah kegiatan yang ditujukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran. Sesuai dengan pengertiannya, tujuan kegiatan remedial ialah membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku.

Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, fungsi kegiatan remedial adalah:

  1. memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru (fungsi korektif);

  2. meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap kelebihan dan kekurangan dirinya (fungsi pemahaman);

  3. menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa (fungsi penyesuaian);

  4. mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran (fungsi akselerasi); dan

  5. membantu mengatasi kesulitan siswa dalam aspek sosial-pribadi (fungsi terapeutik).

Perbedaan kegiatan remedial dari pembelajaran biasa terletak pada pendekatan yang digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan remedial direncanakan dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan individu atau kelompok siswa. Sedangkan pembelajaran biasa menerapkan pendekatan klasikal, baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.

Kegiatan remedial dapat dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang diduga akan mengalami kesulitan (preventif); setelah kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar (kuratif); atau selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa (pengembangan).

Dalam melaksanakan kegiatan remedial guru dapat menerapkan berbagai metode dan media sesuai dengan kesulitan yang dihadapi dan tingkat kemampuan siswa serta menekankan pada segi kekuatan yang dimiliki siswa.

Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam kegiatan remedial adalah:

  1. analisis hasil diagnosis kesulitan belajar,

  2. menemukan penyebab kesulitan,

  3. menyusun rencana kegiatan remedial,

  4. melaksanakan kegiatan remedial, dan

  5. menilai kegiatan remedial.


Kegiatan Pengayaan

Kegiatan pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya.

Kegiatan pengayaan dilaksanakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam penguasaan materi pelajaran yang berkaitan dengan tugas belajar yang sedang dilaksanakan sehingga tercapai tingkat perkembangan yang optimal.

Tugas yang dapat diberikan guru pada siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan di antaranya adalah memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya, mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas, membuat hasil karya, melakukan suatu proyek, membahas masalah, atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa. Apapun kegiatan yang dipilih guru, hendaknya kegiatan pengayaan tersebut menyenangkan dan mengembangkan kemampuan kognitif tinggi sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan.

Dalam memilih dan melaksanakan kegiatan pengayaan, guru harus memperhatikan:

  1. faktor siswa, baik faktor minat maupun faktor psikologis lainnya,

  2. faktor manfaat edukatif, dan

  3. faktor waktu.

Sumber buku Belajar Pembelajaran 2 karya Suciati, dkk

About these ads

37 Tanggapan

  1. vErrY gOOd..

    thAnXz………

  2. thanx a lot.
    it can help education in indonesia.
    I’ll waiting for the news.

    • you said can help education in indonesia? im really respect. can you send to me your email or contack. I work in a junior high school in Bogor, Indonesia, as a vice principal and curriculum

  3. ada tidak format khusus sebagai acuan dalam melaksanakan prgram remedial

  4. saya masih kurang mengerti waktu kegiatan pelaksanaan remedial karena pada kenyataannya remedial merupakan perbaikan nilai untuk para peserta didik yang tidak mencapai nilai standart KKM dan jarang sekali saya melihat kegiatan remedial ini dilakukan oleh sekolah-sekolah. bagaiman pendapat anda tentang masalah ini dan saya mohon penjelasannya?
    terima kasih.

  5. Huah… Gw remedial terus tiap hari :(

  6. Remedial itu bagian dari keprofesionalismean seorang guru.

  7. tnx ya atas ilmu remedialnya, tolng ditambah lagi dong.

  8. saya mau membuat bimbingan buat siswa yang remedial,kasih solusi dong untuk biayanya

  9. kalo bisa cpt yc……

  10. selamat pagi bapak-bapak,ibu-ibu.tolong dong…

  11. Terima kasih tulisannya…saya jadikan tambahan informasi..
    sukses selalu…http://jeperis.wordpress.com

  12. tnx a lot for u’r explanation about remedial

  13. http://www.wilyalchemist08.blogspot.com

  14. trima kasih pak pakde, ijin ngopy nih

  15. very good.Sudah sy copy pak de, Thanks a lot

  16. kapan sih kita melaksanakan remedial, sesudah ulanagan harian atau sesudah ulangan semester ?

  17. goooood………:-)

  18. matur nuwun pakde informasinya

  19. Matur nuwun infonya…tapi penerapan disekolah ndeso susah..

  20. Br ktemu nie buka tlsn pak de,pas bgt ama skripsi yg aq ajuin..thanks bgt nie..

  21. aslmkm? mta judul buku tentang remedial ya? cz saya sudah mencari tetapi tidak ada buku remdial yang membahas khusus tentang remedial, sedangkan dalam skripsi saya ngambil judul tentang remedial dan saya kekurangan bahan? trimakasih sebelumnya

  22. bagus banget untuk jadi reperensi makalah saya

  23. sy msh lom mgrti. Ap’lg kx ni ru observasi tentg remedial gru yg diwawncara pn gak trlalu mengerti tentang remedial bhkan klo nilai siswany menrn bis remedial dbiarkn aja gmn tu shrusny. Tlog blz d email sya..tks

  24. terima kasih ilmunya. tapi ada yang saya mau tanya, materi pengayaan itu merupakan materi LANJUTAN dari yang telah dipelajari siswa, atau materi yang sama tetapi menggunakan metode penyelesaian yang berbeda? terima kasih

  25. sy kan coba bertrus terang ntuk mengtakan jazaakumulloohukhoironkatsiiroo

  26. trims kasih tuk tambah pengetahuan

  27. Mohon segera dibalas ya pak.
    Pada umumnya, jika seorang guru melakukan kegiatan remidi, tujuannya adalah untuk memperbaiki nilai siswa yang belum mencapai batas tuntas. Apakah benar jika ada pengertian bahwa nilai remidi itu sebatas atau sama dengan KKM saja. trima kasih jawabannya

  28. tlg krm format remedial dan penayaan

  29. Dalam kenyataannya yang saya tahu dari beberapa murid, remedial hanya untuk perbaikan nilai yang jelek saja. Apakah itu bisa membantu pemahaman siswa atau malah hanya membuat ‘cover’ baru untuk siswa yang nilai ujiannya jelek ?

  30. Setuju…Kegiatan Remedial hendaknya dilaksanakan secara jos! Trim Gan…

  31. makasih banyak….kami tunggu yang lainnya.

  32. bagaimana pendapat anda tentang meremidi siswa dengan menggunakan soal yang sama dg jenis soal yg digunakan sebelumnya

  33. Adakah boleh remidial setelah ujian ?

  34. izin dicopy ya pak,,

  35. Reblogged this on bahasa indonesia kreatif and commented:
    Remedial dan Pengayaan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 309 pengikut lainnya.