PEMBELAJARAN

Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran

Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran

Kegiatan remedial adalah kegiatan yang ditujukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran. Sesuai dengan pengertiannya, tujuan kegiatan remedial ialah membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku.

Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, fungsi kegiatan remedial adalah:

  1. memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru (fungsi korektif);

  2. meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap kelebihan dan kekurangan dirinya (fungsi pemahaman);

  3. menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa (fungsi penyesuaian);

  4. mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran (fungsi akselerasi); dan

  5. membantu mengatasi kesulitan siswa dalam aspek sosial-pribadi (fungsi terapeutik).

Perbedaan kegiatan remedial dari pembelajaran biasa terletak pada pendekatan yang digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan remedial direncanakan dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan individu atau kelompok siswa. Sedangkan pembelajaran biasa menerapkan pendekatan klasikal, baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.

Kegiatan remedial dapat dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang diduga akan mengalami kesulitan (preventif); setelah kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar (kuratif); atau selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa (pengembangan).

Dalam melaksanakan kegiatan remedial guru dapat menerapkan berbagai metode dan media sesuai dengan kesulitan yang dihadapi dan tingkat kemampuan siswa serta menekankan pada segi kekuatan yang dimiliki siswa.

Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam kegiatan remedial adalah:

  1. analisis hasil diagnosis kesulitan belajar,

  2. menemukan penyebab kesulitan,

  3. menyusun rencana kegiatan remedial,

  4. melaksanakan kegiatan remedial, dan

  5. menilai kegiatan remedial.


Kegiatan Pengayaan

Kegiatan pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya.

Kegiatan pengayaan dilaksanakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam penguasaan materi pelajaran yang berkaitan dengan tugas belajar yang sedang dilaksanakan sehingga tercapai tingkat perkembangan yang optimal.

Tugas yang dapat diberikan guru pada siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan di antaranya adalah memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya, mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas, membuat hasil karya, melakukan suatu proyek, membahas masalah, atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa. Apapun kegiatan yang dipilih guru, hendaknya kegiatan pengayaan tersebut menyenangkan dan mengembangkan kemampuan kognitif tinggi sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan.

Dalam memilih dan melaksanakan kegiatan pengayaan, guru harus memperhatikan:

  1. faktor siswa, baik faktor minat maupun faktor psikologis lainnya,

  2. faktor manfaat edukatif, dan

  3. faktor waktu.

Sumber buku Belajar Pembelajaran 2 karya Suciati, dkk

39 thoughts on “Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran

    1. you said can help education in indonesia? im really respect. can you send to me your email or contack. I work in a junior high school in Bogor, Indonesia, as a vice principal and curriculum

  1. saya masih kurang mengerti waktu kegiatan pelaksanaan remedial karena pada kenyataannya remedial merupakan perbaikan nilai untuk para peserta didik yang tidak mencapai nilai standart KKM dan jarang sekali saya melihat kegiatan remedial ini dilakukan oleh sekolah-sekolah. bagaiman pendapat anda tentang masalah ini dan saya mohon penjelasannya?
    terima kasih.

  2. aslmkm? mta judul buku tentang remedial ya? cz saya sudah mencari tetapi tidak ada buku remdial yang membahas khusus tentang remedial, sedangkan dalam skripsi saya ngambil judul tentang remedial dan saya kekurangan bahan? trimakasih sebelumnya

  3. sy msh lom mgrti. Ap’lg kx ni ru observasi tentg remedial gru yg diwawncara pn gak trlalu mengerti tentang remedial bhkan klo nilai siswany menrn bis remedial dbiarkn aja gmn tu shrusny. Tlog blz d email sya..tks

  4. terima kasih ilmunya. tapi ada yang saya mau tanya, materi pengayaan itu merupakan materi LANJUTAN dari yang telah dipelajari siswa, atau materi yang sama tetapi menggunakan metode penyelesaian yang berbeda? terima kasih

  5. Mohon segera dibalas ya pak.
    Pada umumnya, jika seorang guru melakukan kegiatan remidi, tujuannya adalah untuk memperbaiki nilai siswa yang belum mencapai batas tuntas. Apakah benar jika ada pengertian bahwa nilai remidi itu sebatas atau sama dengan KKM saja. trima kasih jawabannya

  6. Dalam kenyataannya yang saya tahu dari beberapa murid, remedial hanya untuk perbaikan nilai yang jelek saja. Apakah itu bisa membantu pemahaman siswa atau malah hanya membuat ‘cover’ baru untuk siswa yang nilai ujiannya jelek ?

  7. bagaimana pendapat anda tentang meremidi siswa dengan menggunakan soal yang sama dg jenis soal yg digunakan sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s