Kontak

Anda dapat menghubungi kami melalui kontak berikut:
Dengan Cara Telpon ataupun SMS

HP 082158820645  

Telp Kantor 0551 22862

152 Comments

  1. Sumber berita: Good Morning Trans 7
    Pukul 09.00 WITE

    Telah terjadi kecelakaan sebuah mobil sedan. Terjatuh dari lokasi parkir lantai 8 tepatnya di Gedung Menara Jamsostek Jakarta.
    Kecelakaan naas tersebut terjadi pada hari Selasa, pukul 11.00 tanggal 22 Januari 2008.
    Kecelakaan naas tersebut disebabkan karena sopir diduga belum terlalu menguasai setir. Sehingga pada saat sopir bernama Heriawan tersebut berniat parkir tidak bisa mengendalikan kelajuan mobil dan menabrak pagar pembatas lalu terpelanting memutar di udara serta terjatuh. Mobil sedan yang dikendarai oleh korban menjatuhi mobil yang sedang melintas di bawah namun, pengendara mobil yang melintas tersebut bisa terselamatkan diri.
    Heriawan bekerja sebagai seorang sopir di perusahaan asing. Waktu itu, Heriawan bertujuan untuk mengantar atasannya untuk menemui klien. Setelah peristiwa naas tersebut terjadi Heriawan langsung meninggal di lokasi kejadian. Pada saat setelah kecelakaan korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit terdekat untuk diotopsi. Setelah itu, korban diantarkan ke rumah duka. Lalu di sholatkan di masjid Al-Muflihin lalu dimakamkan di Pojobintara.
    Seorang istri korban bernama Feli Mahlinda serta kedua anaknya menangis histeris.

    Komentar:
    Semoga keluarga korban diberi kesabaran dan ketabahan atas meninggalnya Heriawan (kepala keluarga) dan semoga arwah korban diterima di sisi-Nya. Bagi para pengemudi diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam mengendarai motor/mobilnya.

  2. Untuk bangzenk silakan ambil tulisan di blog ini sebagai referensi dengan tetap memperhatikan etika penulisan misalnya harus mencantumkan penulis dan sumber tulisan htt://……dst ………..thank perhatiannya…………….selamat berkreasi

  3. Pak saya mau minta bahan-bahan yang berhubungan dengan analisis manajemen data dalam sebuah organisasi..soalnya saya mau KP..tapi masih kurang bnget bahan-bahan saya..sebelumnya makasi ya pak..

  4. Pakde..aank ne pengen penelitian tentang masyarakat baduy neh,dari modal sosial yang dimiliki ampe sitem kepemimpinan adat..tapi aank bingung neh nyari link untuk kesananya….? pakde bisa bantu ga nyari link buak aku..?sukur2 mau modalin buat penelitiannya..hehehe

  5. Terima kasih artikelnya, banyak yang saya download untuk reference. Pak De … saya titip salam untuk warga Tarakan, utamanya PAk AMAT, MPD. Guru SMP 1 Tarakan beliau juga dosen disalah satu perguruan tinggi di Tarakan.
    Kalau Teman-teman guru ingin contoh laporan PTK masuk saja di ktiguru.org mudah koq. Tapi jangan di”copy paste” donk seperti mafia-mafia skripsi, tesis, PTK dll.

  6. Pakde Sofa, terima kasih telah memuat teori lokasi karena sangat berguna untuk skripsi saya. Pakde kalo boleh tahu Buku Ekonomi Regional yang menjadi sumber teori2 tersebut tahun berapa punya ya? terima kasih banyak.

  7. Pak saya mau minta tulisan atau beberapa istilah antara lain :
    1. Kurva tradeable out impor dan ekspor
    2. Kurva surplus produen dan konsumen
    3. oportunity cost
    4. rumus domestic resources cost ratio
    5. profitability Indek tertimbang
    6. perbedaan proyek dengan skala beda dan umur berbeda.

  8. Selamat pagi/siang/sore/malam pak.

    Saya mahasiswa semester akhir, sastra inggris. Saya bermaksud untuk menulis skripsi analisa wacana bahasa iklan radio. Tapi saya masih bingung soal teori yang akan saya gunakan dan permasalahan secara mendalam yang akan saya teliti. Mohon bantuan, terima kasih.

  9. assalamu’alaikum……
    pak sofa…..
    kalo boleh tanya….nama lengkap bapak siapa ya
    coz ini untuk daftar pustaka yang saya tuliskan pada makalah saya……hehehe….

    maklum habis ngutip beberapa artikel dari blog bapak……tanks

  10. salam kenal buat pak de
    bagaimana carannya saya bisa mendapatkan judul skripsi tentang
    PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA SD KELAS 5..
    jika ada saya minta tolong Kepada Pak DE untuk balas email dari saya…
    saya ucapkan terima kasih banyak

  11. assalamualaikum. Pak sofa, masih inget saya. Moga-maoga masih ya …Pak. Kapan tindak jogja lagi??? saya sering loh nengokin blog Bapak kereeeen lah. Saya senang Bapak terus amal ilmu lewat online. kpankapan ngobrol lagi yaaaa. salam untuk keluarga.
    salam hangat dari Jogja.
    arik.

  12. maaf pak, saya punya judul skripsi “hubungan antara kecerdasan siswa dengan penghafalan” kira-kira ada gak referensi atau contoh skripsi yang bisa saya jadikan contoh untuk menulis skiripsi trsebut

  13. Salam kenal. Pak blognya bagus and contentnya sangat bermanfaat. Pasti pengunjungnya juga banyak banget.
    Mohon maaf sebelumnya jika tulisan saya tidak berkenan, secara kebetulan saya menemukan blog ini, jadi ya sekalian saja tulis disini.
    Saya sangat suka sama website/blog yang tampilannya super keren/kreatif ditambah pengunjung+content yang good.
    Nah buat yang mau mendesain web/blognya biar ada desain grafis seperti banner, flash, animasi dan lainnya, saya bisa kasih solusinya. mampir yah ke web ku di http://e-desain.com.
    Terima kasih

  14. assalamualaikum wr.wb
    maaf pak de, saya mahasiswi dari universitas di jakarta.
    saya mau tanya tenang analisa data penelitian

    saya ada kesulitan dalam pengolahan data penelitian skripsi.
    setelah saya mengolah data hasil penelitian (pasca try out), saya menemukan 11 item tidak valid dari 36 item kepercayaan diri dengan nilai reliabilitas 0,758. dari 11 item tersebut, 4 diantaranya tidak dapat mencerminkan 2 indikator kepercayaan diri, yaitu pada dimensi kognitif (indikator: memandang keberhasilan atau kegagalan tergantung dari usaha sendiri)dan afekti(indikator memiliki pengendalian diri yang baik).

    yang saya tanyakan:
    1) apakah kedua indikator tersebut harus dibuang atau tetap dipertahankan?
    2) bila di pertahankan apakah tidak bermasalah?
    3) bila ke empat item tersebut dibuang, apakah berarti saya harus merombak hasil try out dan teori tersebut? masalhanya saya hanya memiliki 2 idikator dari dimensi afektif yaitu tidak merasa kesepian dan memiliki pengendalian diri yang baik.
    4) bagaimana dengan kategorisasi perubahan fisik di masa perimenopause, apakah sama dengan kepercayaan diri (rendah, sedang, tinggi)?

    tolong bantuannya ya pak
    terima kasih

  15. halo pak de…
    saat ini saya sedang menyusun tugas akhir. saya ambil konsentrasi akutansi perpajakan tentang PPN. yang ingin saya tanyakan apakah pak de bisa membantu saya dalam menyelesaikan TA saya? dan apakah pak de memiliki contok kasus yang bisa saya jadikan rekomen untuk TA saya..

    Terima Kasih

  16. Lam kenal pakde….
    Ruang ini sangat bagus dan cukup membantu aku…
    Minta tolong dong buatin judul skripsi yang variabelnya menggunakan KECERDASAN INTELEKTUAL…..
    thank a Lot sebelumnya….
    di tunggu secepatnya yaw,,,,cz semester ne aku harus kumpul proposal…

  17. Assalamualaikum pak De…
    Saya masih kuliah niy….mw minta contoh kasus ya pak Mengenai :
    1. akutansi untuk perseroan ( perseroan dan transaksi modal )
    2. akutansi untuk perseroan 2 ( klasifikasi modal dan jenis deviden )
    3. akutansi utang jangka panjang dan investasi ( konsep nilai tunai, utang jangka panjang, investas )
    4. akutansi usaha pabrik ( proses produksi dan biaya produksi, akutansi biaya )
    5. akutansi usaha pabrik 2
    6. sistem akutansi dan pengendalian mutu.
    maaf ya pak saya mintanya banyaaaak kalau bisa lebih Thanks

  18. Maaf, sebelumnya. Kami baru saja akses artikel Bapak tentang metode pembelajaran bahasa. Untuk keperluan sempurnanya tugas saya, mohon kirim identitas Bapak sebagai penulis dan alamat instansi yang akan kamijadikan sumber rujukan tugas kami di kampus.
    Atas perhatian dan terkabulkannya permohonan, kami ucapkan terima kasih.

  19. mohon berikan identitas diri bapak yang termuat dlam metde pembelajaran bahasa sebagai sumber rujukan atas artikel bapak yang telah kami akses untuk penyelesaian tugas kuliah di kampus saya.
    terimakasih atas perhatiannya.

  20. Senang sekali bisa terus belajar…
    Berilah saya info tentang teknik penilaian yang benar…
    Saya guru Seni Rupa. Menurut saya bidang ajar saya memililki muatan 3 ranah, Kognitif, afekti, Psikomotor, besaran muatan yang berbeda. Betulkah pandangan saya ini?Manakah yang lebih efektif? menilai dari tiga ranah tersebut? ataukah Psikomotor dan Afektif saja?
    kalau option ke dua yang benar, lalu dikemanakan nilai Kognitifnya?
    Juga penulisan nilai di Rapor. ketiga ranah harus ada, ataukah Psikomotor dan Afektif saja? Bagaimana “Hukum SisDiknas”? Bagaimana yang sebaiknya?Terimakasih…

    paulinasoesri@yahoo.co.id

  21. assalammualaikuk pak de…..

    lam kenal pak, saya manisa mahasiswi FKIP jurusan bahasa dan sastra indonesia. saya ingin mengajukan judul mengenai “Analisis Wacana Preambul”, tapi saya masih bingung n belum menemukan judul yang tepat. jadi tolong bimbingannya ya pak!!!!!

    makasih….

    Wassalam…

  22. Maaf saya dapat tugas mata kuliah teori ekonomi. kenapa dalam pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna, kurva mc selalu memotong kurva Ac pada titik terendahnya? klo bisa dgn gambar kurva sklian ya
    makasih atas jawabannya.

  23. Pakde, saya senang sekali membaca artikel di blog Pakde, yang jelas banyak menambah ilmu pengetahuan bagi saya. tolong berikan kaitantanya dengan PTK Mapel TIK. dan tambahkan terus software-software yang kecil tapi sangat bermanfaat dan perlu. Terima kasih.

  24. Abah sofa, wonten salam ing kang Almarhum Dr.Zuchdi, Kaprodi oasca penjenenganipun. Sak niki kulo ning kang jawi (malang) ngelakoke pendidikan sertifikasi jalur pendidikan. Konco-konco pada takok kulo. Sak niki kulo sampun nerbitake novel buruh migram sangking jogja. Judulipun “Di atas Pelangi Cinta”. Kulo arepaken bantuan panjenengan promosi liwat cyber world. Wonten bonuse. Oke, Thanks berat, nggih !

  25. Selamat siang Pak.
    Saya minta tolong agar Bapak bantu saya untuk membuat surat perjanjian kontrak kerjasama dibidang bisnis homestay antara perusahan dengan investor. Apa saja yang perlu. Karna saya baca contoh perjanjian yang ada, rasanya kurang cocok. Toong pak yah.
    Terima kasih saya ucapkan atas bantuan bapak.
    Apa bisa dikirim via email saya Pak ?

  26. assalamualaikum. wr.wb
    pak saya membaca tulisan bpk yg ttg analisi isi kuantitatif….sangat membantu saya menyusun skripsi, tapi saya masih belum faham mengenai beberapa hal.
    apakah saya bisa mendapat info lebih lengkap dan detail mengenai cara penghitungan reliabilitas dan juga validitas dari para coder saya nantinya pak…
    kalo bapak berkenan membimbing saya, saya amat berterima kasih. saya tunggu bimbingan na ya pak mealui email saya

    thx

  27. Pak De yang baik, salam kenal.

    saya mengucapkan terima kasih atas sajian menu2 dan postingnya. semoga mendapat ridha Allah Swt.
    saya belum menjelajahi semua menu, mantap nih.
    semoga selalu sehat dan sukses. amien

  28. assalamu’alaikum
    pak, mau minta komentar dan penjelasan bapak mengenai kepemimpinan yang berbasis kearifan lokal dong.makasih…
    o ya, sekalian mengenai administrasi pembangunan di bidang hankam di Indonesia ya pak….

  29. saya benar2 mau minta tolong untuk format surat tanda terima peminjaman uang sejumlah 10 juta rupiah dengan memberikan jaminan sertifikat tanah..
    pada saat peminjaman saya meminta tolong pada pihak ketiga untuk mencarikan pinjaman senilai uang diatas, tanpa sepengetahuan saya pihak ketiga ini ikut meminjam senilai 5 juta rupiah. pada tanggal 7 january 2009 saya telah melunasi uang sejumlah 10 juta rupiah. dan sampai saat ini pihak ketiga yang diluar peminjam dan meminjam belum juga melunasi uang senilai 5 juta,,sementara saya selaku peminjam sama sekali belum pernah bertatap muka dengan orang yang meminjamkan.dan tidak ada hitam diatas putih sewaktu saya melakukan pinjaman dan menyerahkan dertifikat tersebut..serta saat melakukan pelunasan saya juga tidak menerima kwitansi nya…yang saya gunakan saat ,melakukan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah tersebut hanya berlandaskan kepercayaan.
    tapi saat ini saya benar2 minta tolong bapak untuk membantu saya membuat format surat peminjaman dan pelunasan.trims

  30. siang…bapak…
    saya benar2 mau minta tolong bantuan bapak untuk format surat tanda terima peminjaman uang sejumlah 10 juta rupiah dengan memberikan jaminan sertifikat tanah..
    pada saat peminjaman saya meminta tolong pada pihak ketiga untuk mencarikan pinjaman senilai uang diatas, tanpa sepengetahuan saya pihak ketiga ini ikut meminjam senilai 5 juta rupiah. pada tanggal 7 january 2009 saya telah melunasi uang sejumlah 10 juta rupiah. dan sampai saat ini pihak ketiga yang diluar peminjam dan meminjam belum juga melunasi uang senilai 5 juta,,sementara saya selaku peminjam sama sekali belum pernah bertatap muka dengan orang yang meminjamkan.dan tidak ada hitam diatas putih sewaktu saya melakukan pinjaman dan menyerahkan dertifikat tersebut..serta saat melakukan pelunasan saya juga tidak menerima kwitansi nya…yang saya gunakan saat ,melakukan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah tersebut hanya berlandaskan kepercayaan.
    tapi saat ini saya benar2 minta tolong bapak untuk membantu saya membuat format surat peminjaman dan pelunasan.trims

  31. salam kenal bapak
    apa kabar?
    kenalkan nama saya egedy
    saya asli anak negeri indonasi asal papua
    saya sedang susun skrip tentang analisis kebijaksanaan prmosi jabatan terhadap produktivias smd
    saya masih belum menyelesaikan di bagian bab 3 tentang obyek penelitian, dimana bagian itu adalah tentang bagan dan struktur
    juga dengan uraian atas tugas, fungsi, wewenang, tanggungjawab, dari manajer lini, menengah dan manajer puncak, juga fungsi setiap mandor di manajer lini dan sederajat nya
    maka itu tolong membantu aku dalam penyelesaaiannya, artinya bila ada materinya tolong di kirim ek mailku egedyus@yahoo.com
    maaksih
    ini nomor kontak: 081394830300

    egedy

  32. asslamualaikum,,,pakde sofa,, saya sudah membaca banyak tulisan bapak,, sangat bermanfaat untuk mahasiswa seperti saya..
    pakde, saya minta bantuan,, saya sangat butuh bahan-bahan mengenai metode pembelajaran IKP,,saya tertarik dengan metode ini.. akhirnya saya menggunakan metode ini untuk skripsi saya….terima kasih.. mohon di balas…

  33. SElamat malam , senang membaca tulisan2 Bapak , dan saya berharap mendapatkan bantuan dari Bapak untuk membuat surat perjanjian kerjasama yang sudah lama ingin saya buat , saya bekerja sama dengan sebuah instansi dalam pengadaan makanan dikantin , saya tidak dipungut sewa namun ada bagi hasil 50-50 setelah dipotong biaya opersional seperti belanja harian dan gaji karyawan dan pengeluaran2 lain , mohon bantuan contoh surat perjanjian nya pak agar semua jadi baik adanya ,

    saya nantikan balasan dari Bapak

    Terima Kasih

    Adi Sasmoyo

  34. saya sangat terbantu dengan contoh anggaran dasar yayasan. Tapi yang sedang saya butuhkan saat ini adalah contoh perubahan anggaran dasar yayasan dalam hal terjadi pergantian ketua yayasan. Mohon mendapat balasan dari pak de mengingat besok harus sudah ada contoh untuk dipresentasikan. Terimakasih.

  35. assalamu’alaikum wr wb

    salam pak…di ada beberapa artikel bapak yang membahas tentang pembukaan diri/self-disclosure.
    saya mau tanya tentang referensinya, buku apa saja. soalnya saya membutuhkan referensi tentang materi tersebut untuk skripsi yang sedang saya jalani.

    mhon kesudian bapak untuk memberikan infonya. atas perhatianya saya ucapkan terima kasih
    wassalamu’alaikum wrwb

  36. Assalammualaikum wr.wb
    salam kenal pakde…
    saya seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas mataram. Saat ini saya sedang menyusun skripsi tentang “analisis pengaruh investasi dan perubahan hasil produksi terhadap penyerapan tenaga kerja pada sub sektor industri kecil di kota Mataram”.
    saya agak kesulitan mendapat data-data yang saya perlukan, yaitu yang berkaitan dengan industri di kota mataram,
    kemudian saya menemukan data yang lengkap tetapi tentang “Usaha Kecil”, bukan “industri kecil”.
    apakah data tersebut dapat dikatakan adalah data yang sejenis atau “sama saja”? atau data tersebut adalah data yang berbeda?
    mohon kesediaan pakde untuk memberi pencerahan. terima kasih sebelumnya.

  37. PAKDE SOFA mohon ijin,bagaimana caranya saya dapat menggunakan proposal ptk yang berjudul Penggunaan Pendekatan Pragmatik Dalam Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbicara untuk penelitian di SD Hikmah I Yapis Jayapura?Kalau boleh lengkap dg daftar pustakanya.Terimakasih.

  38. Assalamualaikum Pak Dee….salam kenal
    blognya bagus sekali, ….tampilan profile & alquran onlinenya…..klu ga keberatan tlong kasih tau caranya? saya termasuk yg masih belajar membuat blog….

    wassalam

    terima kasih sebelumnya..

  39. Asalamualaikum Pak De salam kenal……
    Pak De saya minta tolong bantuan dong, saya baru dinobatkan sebagai ketua yayasan sekolah untuk TK &SD kira2 step awal yang saya ambil apa ya?dan bagaimana membuat AD/ART yang baik?dan menyusun program sekolah tahunan? dan satu lagi pak de bagaimana untuk dapat berpidato yang baik….terima kasih sebelumnya

    Wassalam

  40. Salam kenal dari timor leste pak, blok yang anda buat sangat bagus, saya terbantu dengan semua artikel yang bapak buat.makasih telah membagi ilmu pada bagi kami.

    pak apakah bapak bisa membantu saya untuk mendapatkan buku tentang EKONOMI PERUSAHAAN.Makasih atas bantuan bapak.

    Terima kasih banyak.

  41. mohon maaf sebelumnya, saya mau minta tolong bagi siapa saja yang kenal dengan Bapak. SUDIRMAN yang pernah mengajar di SMP Induk Tarakan pada tahun 76 itu nama sekolah dulu yang sekarang saya tidak tahu nama sekolah tersebut. bagi yang mengetahui keberadaan atau nomor telp. atau juga email beliau tolong kirim balasan ini ke phenul@gmail.com saya sangat berharap sekali. by tedjo barat

  42. Assalamu’alaikum W.W

    Pak Sofa setelah saya melihat foto Bapak saya teringat seseorang yang dulu pernah ikut jamaah umrah telkomsel bersama AA Gym Juli 2005,jika itu memang bapak Saya sangat senang sekali,karena sudah lama sekali kita tidak berkomunikasi..untuk itu mohon konfirmasi ke email saya pak…Salam dari saya dan bapak saya Bpk Chalidi untuk pak Sofa dan keluarga…Oh..ya pak tadi saya habis download artikel bapak ttg Contoh perjanjian kerja sama…mohon kerelaannya ya pak ….Terimakasih

    Wassalam

  43. salam kenal pakde, dari anak Timor Leste………
    semoga pakde selalu dalam lindungan tuhan…
    saya sangat terinspirasi dengan Blok yang anda baut, karea di dalamnya terkandung begitu banyak ilmu yang sangat berguna bagi setiap orang yang membacanya,

    salam buat keluarga.

  44. JUAL TANAH MURAH DI MAKASSAR SULAWESI SELATAN
    HUB : 085242430811 / ARIF IRWAN.

    HARGA MULAI : RP.10.000,– / M2 – KE ATAS,
    LUAS MULAI 4 HEKTAR – UP.

    INGIN BELI TANAH DI WIL SULAWESI SELATAN,MAKASSAR GOWA , MAROS

  45. Saya Awik,mahasiswa S2 di Jogja, Pak De kalau saya mau tau jawaban atas pertanyaan mereka dibawah ini ada dimana yaaa? Tolong di informasikan atau kalau bisa ke e-mail saya ini, gus_awik@yahoo.com terima kasih banyak atas bantuan Pak De , salam untuk keluarga and Sukses selalu
    evri, on 10 Januari 2011 at 10:03 am said:
    diaz, on 27 Desember 2009 at 10:40 am said:
    annisa, on 17 Maret 2009 at 1:54 pm said
    mardy, on 7 Maret 2009 at 8:03 pm said:
    Trifena, on 21 November 2008 at 10:44 am said:
    zhu, on 6 November 2008 at 6:21 pm said:
    Prasetyo, on 26 Maret 2008 at 1:20 pm said:

  46. bapak…blognya oke banged….bermanfaat bgd..pak,saya minta tolong,kira2 judul skripsi yang pas bwt saya apa ya? saya mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan jurusan ekonomi ,sekarang ambil bidang keahlian khusus administrasi perkantoran…mohon sarannya ya bapak…terima kasih

  47. Assalamu’alaikum Pak, saya mahasiswa Pasca Universitas Brawijaya, saya tertarik dengan tulisan bapak tentang “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku dalam Berkomunikasi”.
    Apakah bisa bapak berikan daftar pustaka pada bahasan tersebut, terutama bahasan Faktor Personal dan situasional..

    Terimakasih sebelumnya atas bantuan Bapak.

  48. Dear Pak De Sofa,
    Mohon bantuannya untuk share draft terbaru akta pendirian PT tahun update 2012 atau yang paling akhir. karena dokumen kami perlu revisi karena menggunakan format lama. Padahal notaris kami baru-baru ini ikut kongres/seminar di Yogyakarta tapi sekretaris kemenkumham mengatakan bahwa format kami lama pada beberapa pasal dan perlu diperbaiki… mohon pencerahannya Pak De 🙂
    Terima Kasih 🙂

    NB : Jika Pak De tidak berkenan membahas di blog, saya tunggu di email untuk jawaban Pak De. Terima Kasih

  49. Assalaamualaikum Pa De.

    Saya punya keponakan yang pernah terkena hydrocepallus ketika masih bayi. Saat ini dia sudah berusia 6 tahun dan sudah masuk ke TK, dan ingin ke SD bila ada yang berkenan menerimanya. Karena kepalanya yang besar maka perkembangan tangan, kaki dan motorik lainnya sangat terlambat, tetapi alhamdulillah perkembagangan akalnya sptnya normal layaknya anak seusianya.
    Pertanyaan saya berkisar tentang informasi/ pengetahuan/ kelompok apa (dan dimana) yang dapat membantu perkembangan anak spt ini.

    Terima kasih Pa De. Wassalaamualaikum.

  50. ass.pak de sya fina tolong minta bantuan soal.soal vuclip aku kan membuka net dri opera mini dan di situ ada vuclip tpi kalo saya buka.gak bisa .di situ ada tulisan.konten ini hanya untuk pelanggan xl yg browser standar.gitu fina gak ngerti pak de tolng bantu fina ya.

  51. mikum pak de, sy minta izin copas materi nya yah,,, blog pakde sangat berguna, saya selalu update blog pak de, terima kasih pak de sudah mau berbagi ilmu, harapan saya kedepan semakin banyak ladi matri yang diposting….salut buat pakde….sekali lagi terimakasi…..wassalam.

  52. salam pak de, izin saya mengutip artikel bapak tentang Peran Kepala Sekolah dalam Mendorong Perubahan Pembelajaran di Kelas untuk saya paparkan kembali di artikel yang saya ingin kirimkan di koran lokal di daerah saya prov. Bangka Belitung, karena menurut saya sangat penting buat masukan kepala sekolah. keterbatasan kepala sekolah di daerah kami adalah akses internet krn masih banyak yg tak bisa komputer (TBC), jadi dengan media koran akan lebih baik. Segala hal yang berhubungan dengan kontennya akan saya sesuaikan dengan konteks kami. thanks

Tinggalkan komentar