Hakekat Ilmu Ekonomi Regional

Hakikat Ilmu Ekonomi Regional

  1. Ilmu ekonomi regional adalah cabang ilmu ekonomi yang memasukkan unsur lokasi dalam bahasan ilmu ekonomi tradisional.

  2. Ilmu ekonomi regional memiliki kekhususan dalam menjawab pertanyaan where, yaitu tentang di mana lokasi dari suatu kegiatan yang seharusnya, namun tidak menunjuk pada lokasi konkret.

  3. Ilmu ekonomi regional pada umumnya memiliki tujuan yang sama dengan teori ekonomi umum, yaitu full employment, economic growth, dan price stability.

  4. Ilmu ekonomi regional bermanfaat untuk membantu perencana wilayah menghemat waktu dan biaya dalam memilih lokasi.

  5. Pada implementasi fisik di lapangan, ilmu ekonomi regional harus diimplementasikan dengan cabang ilmu lain yang cocok dengan kegiatan yang akan dilakukan.

  6. Ilmu ekonomi regional murni membicarakan prinsip-prinsip ekonomi yang terkait dengan wilayah. Terdapat 2 kelompok ilmu yang lazim menggunakan ilmu ekonomi regional sebagai peralatan analisis. Regional science adalah gabungan berbagai disiplin ilmu yang digunakan untuk menganalisis kondisi suatu wilayah dengan menekankan analisisnya pada aspek-aspek sosial ekonomi dan geografi, sedangkan regional planning yang lebih menekankan analisisnya pada aspek-aspek tata ruang, land use (tata guna lahan) dan perencanaan (planning).

  7. Ilmu ekonomi regional dan ekonomi pembangunan mempunyai sasaran yang sama, yaitu mencari langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat, akan tetapi, keduanya berbeda terutama karena luas cakupannya.

  8. Hampir semua disiplin ilmu berguna dalam perencanaan pembangunan. Ilmu ekonomi regional dapat berperan dalam penentuan kebijakan awal, seperti menyarankan komoditi atau kegiatan apa yang perlu dijadikan unggulan dan di wilayah mana komoditi itu dapat dikembangkan.

  9. Sampai saat ini, para ahli ekonomi regional masih memiliki pandangan yang berbeda tentang materi apa saja yang termasuk dalam kategori ilmu ekonomi regional. Namun, cakupan ilmu ekonomi regional tidak mungkin dibahas lepas dari induknya, yaitu teori ekonomi umum (terutama cabang ekonomi makro dan ekonomi pembangunan). Berbagai ahli mempunyai pandangan yang berbeda-beda tentang cakupan ilmu ekonomi regional.


Konsep Wilayah (Region)

  1. Ilmu ekonomi regional muncul sebagai kritik dari beberapa ahli ekonomi yang tidak puas akan analisis ilmu ekonomi tradisional yang mengabaikan penggunaan konsep space (ruang). Menurut Budiharsono (2001: 13) analisis ilmu ekonomi berada pada alam tanpa ruang (spaceless world). Ilmu ekonomi regional tampil dengan memberikan tekanan analisisnya pada penerapan konsep space (ruang) dalam menganalisis masalah-masalah yang berhubungan dengan sosial ekonomi dan sosial.

  2. Unsur-unsur ruang yang terpenting adalah jarak, lokasi, bentuk, dan ukuran (skala). Unsur-unsur tersebut secara bersama-sama menyusun unit tata ruang yang disebut wilayah (region). Untuk menerapkan unsur ruang (space) tersebut, ilmu ekonomi regional menggunakan konsep wilayah (region) yang dapat diformulasikan sesuai dengan kebutuhan analisis.

  3. Menurut Glasson (1977) ada dua cara pandang yang berbeda tentang wilayah yaitu cara pandang subjektif dan cara pandang objektif. Glasson (1977) membedakan wilayah berdasarkan kondisinya atau berdasarkan fungsinya. Menurut Haggett (1977) ada 3 jenis wilayah, yaitu wilayah homogen (homogenous regions), wilayah nodal (nodal regions) dan wilayah perencanaan (planning or program regions).

  4. Budiharsono (2001: 14) mendefinisikan wilayah sebagai suatu unit geografi yang dibatasi oleh kriteria tertentu yang bagian-bagiannya tergantung secara internal. Wilayah juga dapat diartikan sebagai ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan atau fungsional (Adisasmita, 2005: 86).

  5. Dalam analisis ekonomi regional beberapa konsep wilayah (region) yang lazim digunakan, yaitu (1) Wilayah Homogen (Homogeneous Region); (2) Wilayah Nodal (Nodal/Polarized Region); (3) Wilayah Administratif; dan (4) Wilayah Perencanaan (Planning Region).

  6. Friedmann dan Alonso (1964) membuat 4 (empat) klasifikasi wilayah pembangunan, yaitu (1) metropolitan regions; (2) development axes; (3) frontier regions; (4) depressed regions. (Adisasmita, 2005: 93)

Sumber Buku Ekonomi Regional Karya D.S. Priyarsono

About these ads

17 Tanggapan

  1. Mas, saya mohon bantuan. Kebetulan saya sangat tertarik dengan materi Ekonomi Wilayah, untuk itu kalau Mas tidak keberatan apa bisa bahan bacaan yang mendukung untuk materi diatas……

  2. Mas, saya mohon bantuan. Kebetulan saya sangat tertarik dengan materi Ekonomi Wilayah, untuk itu kalau Mas tidak keberatan apa bisa bahan bacaan yang mendukung

  3. mohon konsep ilmu ekonomi mampu memberiikan wacana -wacana yang menjeneralkan semua kebutuhan baik dari kalangan masyarakat masyarakat kebawah maupun kalangan birokrasi, untuk menambah para dikma dalam merefitalisasi kondisi perekonomian indonesia menjadi ekonomi global di sektor ril.

  4. dalam telaah ekonomi regional perlu diperkaya dengan contoh yang lebih spesifik misalnya pembangunan masyarakat pesisir, pertimbangan untuk membangun pelabuhan, tempat pendaratan ikan, pelabuhan perikanan, fasilitas pasar ikan, pasar induk sayur & buah, pembangunan kampus, industri pertanian, dll

  5. mohon bantuannya Mas..

    saya ingin tahu mengenai kesejahteraan rakyat dari sisi ilmu ekonomi reginal

  6. mohon pengertian kesejahteraan dari sisi ekonomi regional
    trims sebelumnya

  7. saya cari tulisan yg menjelaskan urutan struktur ruang mulai dari sentarl pertumbuhan, kutub pertumbuhan kemudian aglomerasi dan akhirnya menjadi pusat pertumbuhan. tks

  8. Maaf mas..
    kalau boleh tau
    cakupan bahasan ekonomi pembangunan apa ya?

    trims

  9. langkah- langkah apa yang harus kita ambil untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat?

  10. Pak Saya pengen tau keunggulan dan kelemahan masing2 wilayah (wilayah homogen, nodal,system dan administratif) Terima Kasih Sebalumnya

  11. mas tw peler ga?

  12. Saya mau bertanya tentang arti Ekonomi Perencanaan

  13. apa bedaya ekonomi regional dan moneter? saya bingung dalam memilih konsentrasi..tolong sarannya..

  14. mohon bantuannya, untuk mnjelaskan maksud dan kelebihan juga kekurangan dari klasifikasi wilayah. terima kasih sebelumnya

  15. mohon bantuan saya mau membeli buku ekonomi regional karangan Safrizal untuk kepentingan buku pegangan contac person 081223761775

  16. 081223761775 atau e-mail jumri_tj@yahoo.co.id

  17. Pembagian konsep region akan lebih gampang diertikan apabila disertai dengan gambar atau ilustrasi visual daripada hanya narasi kualitatif.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 309 pengikut lainnya.