Berita Pendidikan

Jika anda kebetulan  melihat fakta, kejadian, peristiwa, hal-hal yang menarik yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Silakan   angkat  peristiwa itu dalam kolom  ini.

Persyaratan berita:

1. Berita yang anda tulis mengandung unsur pendidikan.

2. Ada manfaat yang dapat diambil oleh orang lain

3. Berita yang ditulis aktual dan faktual

4. Tidak menyinggung SARA

5. Tidak ada unsur fitnah

6. Hindari Opini pribadi

66 Tanggapan

  1. Hari/tanggal : Jumat,18 Januari 2008
    Tema : Pemanasan global memungkinkan tenggelamnya beberapa pulau

    Akibat perubahan iklim dan naiknya permukaan air laut, diperkirakan sekitar 2.000 pulau di Indonesia pada tahun 2030 akan tenggelam, karena itu berbagai upaya untuk memperlambat pemanasan global harus dilakukan. Hal ini juga diungkapkan oleh mentri Negara lingkungan hidup, Rahmat. Menurutnya, dalam catatan rata-rata tahunan, tahun 1998 memiliki rekor suhu terpanas, hingga mencapai 26,5 o c (naik 1o c dari rekor sebelumnya). Meningkatnya pemanasan secara global ini mempengaruhi permukaan air laut yang semakin meningkat pula. Rahmat juga mengemukakan bahwa hasil pemantauan tinggi permukaan air laut yang dilakukan pada tahun 1925 hingga tahun 1989 cenderung meningkat. Di Jakarta kenaikan permukaan air laut mencapai 4,38 ml per tahun, semarang mencapai 9,27 ml per tahun, dan Surabaya 4,38 ml per tahun. Untuk memperlambat pemanasan global, banyak hal yang bisa dilakukan. Misalnya, bagi kalangan pengusaha menghimbau agar perusahaannya jangan mengeluarkan polusi ke udara. Di sisi lain harus mengeluarkan dana dan melakukan upaya penghutanan kembali. Dalam upaya membangun kesadaran bagi masyarakat mengenai dampak dari pemanasan global, Jaring Nogroho dari PT. Set Film bekerja sama dengan kementrian Negara lingkungan hidup dan Sinar mas mengadakan kegiatan walk show lingkungan hidup, lomba iklan layanan masyarakat, film dan poster lingkungan hidup.
    (Tarakan TV, Lintas Pagi)

    • menurut saya , langkah awal di mulai dari diri sendiri karena kita menyadari bahwa kita adalah bagian dari dunia ini dan harus merawatnya, dan selanjutnya di tingkat yang lebih tinggi yaitu mengenai kebijakan pemarintah jangan mengeluarkan izin kepada perusahaan perusahaan yang hendak membabat habis hutang di indonesia.

    • saya mempunyai ide yang cukup menarik,yang dari dulu ingin saya publikasikan.
      bagai mana kalau qt/terserah siapa!
      meneliti bagaimana caranya hutan(tumbuhan saja) tidak hanya diterapkan pada lahan kosong saja akan tetapi juga di aplikasikan ke bangunan. bangunan merupakan salah satu penyebabnya global warming jugakan.
      nah kalo bisa kita rancang model bangunan yang dipenuhi dengan tumbuh – tumbuhan, pasti asyik, enak, sejuk, n ramah lingkungan!kalo berhjasil kita sosialisasikan ke masyarakat dunia itu.
      (aris susanto, mahasiswa uns, FKIP, pend. teknik bangunan. K1509009).

    • menurut saya lbh baik kt mngadakan penghijauan

  2. Hari/tangal : Jumat, 18 Januari 2008
    Tema : Kondisi Pak Soeharto membaik

    Secara kronologi, hari Jumat lalu kondisi Pak Harto masih sangat labil, tidak ada satu kondisi perbaikan yang signifikan, tekanan darahnya mencapai 100,110,130,140 dan seterusnya. Namun kini tim dokter mendapatkan satu harapan baru. Kemarin (red. Jumat) masukan oksigen bagi Pak Harto dari pentilator sudah dapat dikurangi menjadi 30%. Hal ini menggambarkan bahwa paru-paru Pak Harto sudah mulai semakin membaik, dalam arti ia bisa mencukupi kebutuhan oksigennya sendiri. Jika perkembangan positif ini dapat dipertahankan dan pentilator terus dapat dikurangi, maka ada dua hal yang akan terjadi pada Pak Harto, yaitu : peratama, pentilator akan bisa dicabut secara permanent. Dan kedua, pemindahan selang pentilator dari rongga mulut ke belakang tenggorokan akan bisa segera dilakukan. Infeksi sistemik yang dialami oleh Pak Harto disebabkan infeksi / kuman-kuman yang keluar dari rongga mulut dan telah menyebar hampir ke seluruh organ tubuh. Namun demikian, infeksi sistemik ini sudah mulai dapat diatasi, walaupun masih menunggu perkembangan selanjutnya

    (TPI, Jakarta, Lintas siang)

  3. BERITA UTAMA

    Diakhir tahun ini Bangsa Indonesia ditandai dengan beberapa peristiwa yang menggenaskan.Badai di Bali, tanah longsor di Temanggung, dan banjir bandang diSemarang.Peristiwa yang paling besar memakan korban jiwa adalah banjir di Jawa Tengah,sampai saat ini banjir yang melanda Kota Semarang perlahan mulai surut.Namun,korban yang jatuh sejak jumat sebelumnya,masih terus bertambah sampai kamis pecan lalu,menurut versi satkorlak PBA,58 orang telah tewas,dan versi lain menyebutkan 81 orang tewas.
    Banjir banding yang tak pernah diduga sebelumnya itu jelas akibat turunnya hujan lebat walaupun singkat.Curah hujan setinggi 200 mm per detik selama lima jam terus menerus membuat tanggul penahan banjir sungai kaligarang jebol.Banyak juga yang menduga banjir itu disebabkan ada pengundulan hutan dikawasan gunung ungaran yang menjadi sumber mata air terbesar di Semarang.
    Gubernur Jawa Tengah mengatakan,salah satu penyebab banjir terbesar itu adalah karena adanya pengundulan hutan.Hal itu dibantah pihak Perum Perhutani Perusahaan Negara yang bertanggung jawab terhadap kawasan hutan di ungaran.Hutan disana sepenuhnya hijau,bahkan,perhutani memperkaya jenis tumbuhan disana dengan hutan seluas 100 hektar dari areal hutan yang luas seluruhnya1.400 hektar.Demikian bantahan Isra Jadi Soerjokoesoemo,yang mewakili perum perhutani.demikian liputan 06.00 pagi ini kami kerabat dari kru SCTV mengucapkan terima kasih

    KOMENTAR
    Dalam menangani hal banjir dan tanah longsor diharapkan pihak pemerintah maupun masyarakat setempat mau bekerja sama menangani hal ini, pemerintah harus bertidak tegas agar tidak ada lagi Perusahaan yang melakukan penebangan hutan secara besar-besaran dan sebagai masyarakat diharapkan tidak membuang sampah sembarangan, cegah agar tidak lagi terjadi tanah longsor maupun banjir

    Dikutip dari liputan 6 pagi

    • diharap kan semua tekait dalam pemerintahan diseluruh indonesia jagan cuma gomong ja tetang musibah yang dialami oleh rakyat ya

      lakukan dengan tingka laku adah sebagai wakil rakyat jagan cuma mau makan uang rakyat ja (bagi yang merasah ja)

  4. MENULIS ARTIKEL
    SATUKAN LANGKAH CEGAH HIV DAN AIDS

    Masa remaja merupakan masa peralihan anak kedewasa yang sangat rentan terhadap pengaruh berbagai resiko prilaku.kerentanan ini semakin meningkat seiring dengan dampak global kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memungkinkan terjadi pengaruh perilaku hidup bebas akibat mudahnya memperoleh akses informasi dan komunikasi global,kondisi dan situasikehidupan remaja saat ini yang sangat lekatdengan berbagai tekanan dan pengaruh negatif
    Kita juga tahu bahwa HIV dan AIDS itu adalah suatu penyakit yang sangat berbahaya dan bisa membuat seseorang meninggal.AIDS adalah kumpulan gejala penyakit yang timbul karena rendahnya daya tahan tubuh manusia.Kalau dulu remaja pakai drug(sebutan narkoba)karena alas an frustasi,stress,kini sepertinya drugsjadi semacam gaya hidup walaupun kelihatan kren dan gaul,justru alas an itu keliru sekali.Kita juga tahu seseorang yang sudah memakai narkoba efeknya kebanyakan jadi malas,suka menyendiri karena nikmati halusinasinya sendiri.
    Masa remajakata psikolog merupakan masa yang unik,masa pencarian jati diri.Remaja kerap kali dihadapkan pada suatu kondisi antara yang terjadi dan seharusnya terjadi.Dalamk kelebihan ini remaja rbutuh sekali tuntutan sedangkan disisi lain mulai matangnya hormone seksual dan organ-organ reproduksi sering kali membuat remaja kuasa terhadap dorongan seksual yang cenderung tinggi.
    Orang yang teripeksi HIV positif bukan berarti langsung masuk tahap AIDS tau meninggal.Kita bisa tetap sehat selama bertahun lamanya,masa sehatitu bisa disebut masa tampa gejala.Banyak factor yang mempengaruhi panjang pendeknya masa tampa gejala.Tahap AIDS terjadi setelah 5-10 tahun,atau bahkan bisa lebih dari itu.Walaupun belum ada obat penyembuhnya HIV bisa kita kendalikan.
    Saat ini yang perlu kita lakukan untuk penyegahan HIV.Misalnya bagai mana memberlakukan lokalisasi karena umumnya memang para penderita HIV adalah para pekerja seks komersial(PSK) dan beberapa ibu rumah tangga dari banyak orang yang terifeksi HIV masih juga banyak para remaja yang suka ikut-ikutan mabuk-mabukan bahkan meminum alcohol,pil penenang dan lain sebagainya.
    Dalam sorotan kali ini ada berbagai alasan remaja pada gaya peke drags sekaligus solusinya.Biar tidak ada lagi untuk pake narkoba dengan alasan coba-coba apalagi untuk sebuah gaya hidup.memang segala perubahan adalah bersumber dari diri kita sendiri.dan kalau diri ini sudah terbentangi dengan larangan dan tekad yang kuat pasti kita akan terbebas dari pengaruh hal-hal yang negatip seperti pergaulan bebas dan pengunaan obat-obatan terlarang semua itu pasti akan masuk dari kita dan bangsa .mulai saat ini bersama kita nyatakan perang narkoba demi kebahagian bersama.

    • sebetulnya tidak hanya dari kalangan remaja atau pekerja seks yang perlu kita perhatikan dan menjadi hal yang menonjol dalam pencegahan hiv aids. Bahkan mungkin banyak hal yg tidak kita ketahui ketika apa kapan dimana kita bisa terjangkit virus tersebut, bahkan dari orang yg baik pun , atau juga pasangan, anak dari penderita hiv yg notabene tidak tahu apa apa ternyata menderita penyakit tersebut, sedangkan masih banyak orang yang mempunyai persepsi yg salah tentang hiv aids sehingga sering berdampak negatif pada sikap dan perlakuan mereka terhadap penderita. mungkin dengan adanya tindakan sosialisasi yang benar dan tepat akan banyak megurangi penularan dan meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat serta moril penderita tanpa harus memperburuk kondisi penderita yang sudah terpuruk.

  5. BERITA

    Forum guru olahraga demo dan menolak eksekusi kolam renang brantas.Mereka sangat kesal kepada pemerintah mengapa asset Negara yang sudah begitu lama ada sejak zaman penjajahan Belanda harus dihancurkan.Mereka menolak eksekusi karena kolam renang Brantas merupakan kolam renang yang sangat murah dibandungkan kolam renang yang lain dan juga merupakan tempat para siswa melakukan olahraga ekstrakurikuler yang berinat pada olahraga renang.Untuk itu sebaiknya tidak di eksekusi melainkan di adakan perbaiakan sarana dan prasarana yang ada dan memperindah kolam renang tersebut menjadi tempat untuk liburan bagi masyarakat.

  6. PEMECAHAN MASALAH SECARA ANALITIS

    Pemecahan masalah didefinisikan sebagai suatu proses penghilang perbedaan atau ketidaksesuaian yang terjadi antara hasil yang diperoleh dan hasil yang diinginkan. Salah satu bagian dari proses pemecahan masalah adalah pengambilan keputusan (decision making), yang didefinisikan sebagai memilih solusi terbaik dari sejumlah alternatif yang tersedia. Pengambilan keputusan yang tidak tepat, akan mempengaruhi kualitas hasil dari pemecahan masalah yang dilakukan.
    Kemampuan untuk melakukan pemecahan masalah adalah keterampilan yang dibutuhkan oleh hampir semua orang dalam setiap aspek kehidupannya. Jarang sekali seseorang tidak menghadapi masalah kehidupannya sehari-hari. Sulit bagi kita untuk menghindarkan diri kita dari masalah, karena masalah telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, baik kehidupan social, maupun kehidupan professional kita. Untuk itulah penguasaan atas metode pemecahan masalah menjadi sangat penting, agar kita terhindar dari tindakan Jump to conclusion, yaitu proses penarikan kesimpulan terhadap suatu masalah tanpa melalui proses analisa masalah secara benar, serta didukung dengan bukti-bukti atau informasi yang akurat. Ada kecenderungan bahwa orang-orang, mempunyai kecenderungan alamiah untuk memilih solusi pertama yang masuk akal yang muncul dalam benak mereka. Sayangnya, pilihan pertama yang mereka ambil seringkali bukanlah solusi terbaik. Secara tipikal, dalam pemecahan masalah, kebanyakan orang menerapkan solusi yang kurang dapat diterima atau kurang memuaskan, disbanding solusi yang optimal atau ideal. Pemecahan masalah yang tidak optimal ini, bukan tidak mungkin dapat memunculkan masalah baru yang lebih rumit dibanding dengan masalah awal.
    Pemecahan masalah dapat dilakukan melalui dua metode yang berbeda, yaitu analitis dan kreatif. Untuk dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang pemecahan masalah secara analitis, serta perbedaan-perbedaan yang ada diantara keduanya, maka pada bagian berikut, saya akan menjelas secara singkat hal tersebut diatas.

    Pemecahan Masalah Secara Analitis
    Metode penyelesaian masalah secara analitis merupakan pendekatan yang cukup terkenal dan digunakan oleh banyak perusahaan, serta menjadi inti dari gerakan peningkatan kualitas (quality improvement). Secara luas dapat diterima bahwa untuk meningkatkan kualitas individu dan organisasi, langkah penting yang perlu dilakukan adalah mempelajari dan menerapkan metode pemecahan masalah secara analitis. Penelitian ini peting agar dapat berfungsi efektif, yang salah satu cirinya adalah pada kemampuan untuk memecahkan masalah. Mengetahui cara mengumpulkan dan mengevaluasi informasi yang dapat menerangkan tentang masalah yang terjadi, mengetahui manfaatnya bila kita memiliki lebih dari satu alternatif pemecahan masalah, dan memberikan bobot kepada semua implikasi yang dapat terjadi dari sebuah rencana, sebelum menerapkan rencana yang bersangkutan.

    A. Definisikan Masalah
    Langkah pertama yang perlu dilakukan dengan metode analitis adalah mendefinisikan masalah yang terjadi, pada tahap ini, kita perlu melakukan diagnosa terhadap sebuah situasi, peristiwa atau kejadian, untuk memfokuskan perhatian kita pada masalah sebenarnya, dan bukan pada gejala-gejala yang muncul.
    Agar kita dapat memfokuskan perhatian kita pada masalah sebenarnya, dan bukan pada gejala-gejala yang muncul, maka dalam proses mendefinisikan suatu masalah, dipelukan upaya untuk mencari informasi yang diperlukan sebanyak-banyaknya, agar masalah dapat didefinisikan degan tepat.
    Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari pendefinisian masalah yang baik :
    • Fakta dipisahkan dari opini atau spekulasi. Data objektif dipisahkan dari persepsi
    • Semua pihak yang terlibat diperlakukan sebagai informasi informasi
    • Definisi yang dibuat harus menyatakan dengan jelas adanya ketidak-sesuaian antara standar atau harapan yang telah ditetapkan sebelumnya dan kenyataan yang terjadi.
    • Definisi yang dibuat harus menyatakan dengan jelas, pihak-pihak yang terkait atau berkepentingan dengan terjadinya masalah.
    • Definisi yang dibuat bukanlah seperti sebuah solusi yang samar.

    B. Buat Alternatif Pemecahan Masalah
    Langkah kedua yang perlu kita lakukan adalah membuat alternative penyelesaian masalah. Pada tahap ini, kita diharapkan dapat menunda untuk memilih hanya satu solusi, sebelum alternatif solusi-solusi yang ada diusulkan. Penelitian-penelitian yang pernah dilakukan dalam kaitannya dengan pemecahan masalah mendukung pandangan bahwa kualitas solusi-solusi yang dihasilkan akan lebih baik bila mempertimbangkan berbagai alternatif.
    Berikut adalah karakteristik-karakteristik dari pembuatan alternatif masalah yang baik:
    • Semua alternatif yang ada sebaiknya diusulkan dan dikemukakan terlebih dahulu sebelum kemudian dilakukan evaluasi.
    • Alternatif-alternatif yang ada, diusulkan oleh semua orang yang terlibat dalam penyelesaia masalah. Semakin banyaknya orang yang mengusulkan alternatif, dapat meningkatkan kualitas solusi.
    • Alternatif-alternatif yang diusulkan harus sejalan dengan tujuan atau kebijakan organisasi. Kritik dapat menjadi penghambat baik terhadap proses organisasi maupun pembuatan alternatif pemecahan masalah.
    • Alternatif-alternatif yang diusulkan perlu mempertimbangkan konsekuensi yang muncul dalam jangka pendek, maupun jangka panjang.
    • Alternatif-alternatif yang ada saling melengkapi satu dengan lainnya. Gagasan yang kurang menarik bila dikombinasikan dengan gagasan-gagasan lainnya.
    • Alternatif-alternatif yang diusulkan harus dapat menyelesaikan masalah yang telah didefinisikan dengan baik. Masalah lainnya yang muncul, mungkin juga penting. Namun dapat diabaikan bila, tidak secara langsung mempengaruhi masalah utama yang sedang terjadi.

    C. Evaluasi Alternatif-Alternatif Pemecahan Masalah
    Langkah ketiga dalam proses pemecahan masalah adalah melakukan evaluasi terhadap alternatif-alternatif yang diusulkan atau tersedia. Dalam tahapan ini, kita perlu berhat-hati dalam memberikan bobot terhadap keuntungan dan kerugian dari masing-masing alternatif yang ada, sebelum membuat pilihan akhir.
    Berikut adalah karakteristik dari evaluasi alternatif-alternatif pemecahan masalah yang baik:
    • Alternatif-alternatif yang ada dinilai secara relative berdasarkan suatu standar yang optimal, dan bukan sekedar standar yang memuaskan.
    • Penilaian terhadap alternatif-alternatif yang ada dilakukan secara sistematis, sehingga semua alternatif yang diusulkan akan dipertimbangkan.
    • Alternatif-alternatif yang ada dinilai berdasarkan kesesuaiannya dengan tujuan organisasi dan mempertimbangkan preferensi dari orang-orang yang terlibat didalamnya.
    • Alternatif yang paling dipilih dinyatakan secara eksplisit/tegas.

    D. Terapkan Solusi dan Tindak-Lanjuti
    Langkah terakhir metode ini adalah menerapkan dan menindak-lanjuti solusi yang telah diambil. Dalam upaya menerapkan berbagai solusi terhadap suatu masalah. Kita perlu lebih sensitive terhadap kemungkinan terjadinya resistensi dari orang-orang yang mungkin terkena dampak dari penerapan tersebut. Hampir pada semua perubahan, terjadi resitensi. Karena itulah seorang yang piawai dalam melakukan pemecahan masalah akan secara hati-hati memilih stategi yang akan meningkatkan kemungkinan penerimaan terhadap solusi pemecahan masalah oleh orang-orang yang terkena dampak dan kemungkinan penerapan sepenuhnya dari solusi yang bersangkutan.
    Berikut adalah karakteristik dari penerapan dan langkah tindak lanjut yang efektif :
    • Penerapan solusi dilakukan pada saat yang tepat dan dalam urutan yang benar. Penerapan tidak mengabaikan faktor-faktor yang membatasi dan tidak akan terjadi sebelum tahapa-tahapan sebelumnya dalam proses masalah dilakukan.
    • Penerapan solusi dilakukan dengan menggunakan strategi “sedikit-demi sedikit” dengan tujuan untuk meminimalkan terjadinya resistensi dan meningkatkan dukungan.
    • Proses penerapan solusi meliputi juga proses pemberian umpan balik. Berhasil tidaknya penerapan solusi, harus dikomunikasikan, sehingga terjadi pertukaran informasi.
    • Ketelibatan dari orang-orang yang akan terkena dampak dari penerapan solusi dianjurkan dengan tujuan untuk membangun dan komitmen.
    • Adanya system motoring yang dapat memantau penerapan solusi seca berkesinambungan. Dapat jangka pendek, maupun jangka panjan diukur.
    • Penilaian terhadap keberhasilan penerapan solusi didasarkan atas terselesaikannya masalah yang dihadapi, bukan karena adanya manfaat lain yang diperoleh dengan adanya penerapan solusi ini. Sebuah solusi tidak dapat dikatakan berhasil bila masalah yang menjadi pertimbangan yang utama tidak terselesaikan dengan baik walaupun mungkin muncul dampak positif lainnya.

  7. ORANG BIJAK TAK MAU MENGULANG KESALAHAN YANG SAMA

    Ada mutiara hikmah mengatakan “orang bijak tidak mau jatuh kelubang yang sama dua kali”, artinya orang yang sadar dan mau menggunakan akal sehat dan hati nuraninya tentu tidak mau mengulangi kesalahan yang sama dua kali. Ia cukup jera dengan pengalaman yang pertama dan tidak ingin mengalami hal yang sama untuk kedua kalinya. Karena hal itu hanya memperlihatkan kebodohan dankecerobohan dirinya.
    Kalau kita mencermati prinsif-prinsif taubat, didalamnya terkandung faktor penyesalan, pengampunan dan jera untuk tidak mengulangi perbuatan salahnya itu. Memang sangat berbeda dengan taubat-taubat yang sering diucapkan kebanyakan orang. Mereka menyesal dan berkata taubat lalu minta dimaafkan, namunsetelah itu dengan mudahnya mereka mengulangi kesalahan. Ironisnya, bukan kesalahan baru dengan modus operadi baru, tetapi kesalahan serupa seperti yang pernah ia lakukan sebelumnya. Begitulah terus menerus mereka mengulang-ulang kesalahan itu. Dimasyarakat, taubat seperti ini bisa diistilahkan dengan “taubat sambal” taubat ketika dimulun terasa pedas, berhenti sesaat untuk sekedar minum merendam rasa panas setelah itu dilahap lagi dengan rakusnya.
    Didalam kehidupan manusia seperti itu pula halnya, orang banyak tidak mau belajar dari masa lalunya. Kesalahan dan kecerobohan yang telah menyengsarakan dirinya begitu saja dilupakan. Padahal berulan-ulang Al-Quran menerangkan tentang kehidupan umat-umat terdahulu yang dihancurkan dan dimusnakan Allah karena ingkar dan durhaka. Kita dituntut menjadi orang yang bijak yang mampu menggunakan akal sehat dan hati nurani dalam menyikapi segala fenomena kehidupan. Demikianlah halnya memilih pemimpin negara pada pemilu presiden dan wakil presiden. Keterbatasan kita meramal nasib masa depan bila berpedoman pada janji-janji kampanye pasangan capres yang ada kiranya menyadarkan kita tentang perlunya berhitung dengan pengalaman masa lalu. Pengalama yang telah memberikan pengetahuan kepada kita tentang hitam putihnya lima kali kepemimpinan presiden dari presiden dan wakil presiden sejak era kemerdekaan hingga kini. Pengalama berharga ini seyogianya dapat melahirkan sikap bijak yaitu daya saring dan kemampuan memilah dan memilih. Dengan itu diharapkan kita tidak lagi mengulang kesalahan berkali-kali. Secara sederhana, pemilu hanyalah mencoblos secarik kertas bergambarwajah calon presiden dan wakilnya di TPS. Namun dibalik pencoblosan itu hakikatnya kita sedang memilih jalan masa depan bangsa dan negara yang tidak lain adalah nasib diri kita sendiri. Sementara itu, Allah terus menyaksikan setiap gerak perbatan hati, pikiran dan langkah kita. Allah tentu akan murka jika kita melakukan kecerobohan dalam memperjuangkan hidup dan kehidupan.
    Allah bukan tidak pernah menghadirkan contoh negeri yang makmur, adil dan sejahtera di muka bumi ini. Disana Allah menghadirkan pula figure pemimpin yang menaati Allah dan menyayangi masyarakatnya. Pemimpin yang bertaqwa sehingga senantiasa taat atas perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Pemimpin yang amanah dalam menerima mandate kekuasaan, terhindar dari sikap dusta dan khianat. Pemimpin yang fathonah yakni cerdas dan terampil dalam menyelesaikan setiap persoalan bagsa, jeli dan tangkas mendeteksi segala peluang yang dapat membawa keberuntungan bagi masyarakat banyak. Pemimpin yang tablig berani menyampaikan dan menegakkan kebenaran, tidak berdamai apalagi bekerja sama dengan kebathilan dan kedzoliman.
    Pemimpin seperti inilah yang kita dambakan saat ini. Kalaupun tidak dapat yang sama persis, mungkin dapat setengahnya atau seperempatnya asalkan jangan tidak sama sekali atau bertolak belakang.

  8. pak saya mau kirim berita tentang kesehatan mantan presiden soeharto dari koran Radar Tarakan

    nama saya : Obertha Olvi Wastuti
    NPM : 05.601020.028

  9. Sumber : radar tarakan

    Tepat pada tanggal 14 januari 2008,telah diberitakan bahwa anak-anak cucu mantan presiden soeharto telah pasrah pada keadaannya.

    Telah dikumpulkan para Tim Dokter kondisi paling kritis harapan semakin sangat tipis.kondisi mantan Presiden soeharto berada dalam titik terburuk.bila jum’at(11/1) telah dinyatakan dalam status gawat,kemarin(13/1) lebih gawat lagi.
    Keciali otak dan pencernaan,semua organ penguasa Orde Baru itu mengalami penurunan secara drastis.

    Ketua Tim Dokter Kepresidenan Mardjo Soebiandono menjelaskan pihaknya kemarin telah mengumpulkan seluruh keluarga mantan Presiden itu,dihadapan para cucu Soeharto,Tim Dokter menjelaskan kondisi terakhir yang sangat kritis tersebut.

    Jum’at malam yang lalu (11/1) kondisi Soeharto sedang gawat-gawatnya,tekanan darah dan kadar HB(sel darah merah)-nya drop.
    Setelah itu jantung,paru-paru,dan ginjalnya memburuk.
    Saat itu juga para Dokter dan perawat mulai tegang beberapa anggota Tim Dokter yang menangani Soeharto.ketegangan tersebut terlihat pada wajah mereka, ketika sudah memberitahukan kemungkinan terburuk.semua keluarga menyerahkan segala upaya dan mengiklaskan kemungkinan terburuk kepada Tuhan.

    Keadaan di RSPP (Rumah Sakit Pusat Pertamina) juga tampak tegang puluhan Polisi berjaga dilobi Gedung A maupun disekeliling Rumah Sakit.sangking kuatnya mantan Orang Kuat itu mengalami penyumbatan saluran nafas di sebelah kiri.
    Tetapi kondisi ini sudah bias diatasi setelah dilakukan tindakan Bronkoskopi (pembersihan saluran pernapasan) dr.Christian johanes mengungkapkan, fungsi paru-paru Soeharto 100% telah diambil alih alat Bantu pernafasan (Ventilator)
    “tapi alat itu kita setting (atur) jika bapak Soeharto bisa bernafas normal,Ventilator akan memberikan Oksigen dalam jumlah normal.”

    Menyambung penjelasan Chris panggilan Dokter Christian Dokter Munawar mengatakan penyumbatan di paru-paru Soeharto menganggu fungsi jantungnya. “kekurangan Oksigen secara umum menyebabkan fungsi jantung menurun” ujar Dokter Ahli jantung tersebut.

    Kondisi itu makin kompleks karena fungsi ginjal soeharto juga lemah (cordiac veno venus haemofictration) masih dipasang untuk mengeluarkan cairan dalam tubuh pak Soeharto karena ginjalnya tidak berfungsi dengan baik.

    oberta olvi wastuti (Npm : 05.601020.028)

  10. Ass..pak saya nurlela sudah kirim tugasnya,saya harap bapak kasih nilai yang bagus ya pak sebelumny a saya ucapkan terima kasih.wasalam

  11. ‘Sinetron Agama Menyesatkan’
    By admin
    Monday, October 01, 2007 20:36:00 Clicks: 352

    Senin, 01 Oktober 2007 20:36:00

    ‘Sinetron Agama Menyesatkan’

    Brisbane-RoL — Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) Jawa Timur, Dr Ali Maschan Musa, menilai banyak sinetron agama (Islam-red) yang ditayangkan stasiun-stasiun televisi di Tanah Air menyesatkan dan tidak mencerahkan spiritualitas para pemirsanya.

    Penilaiannya terhadap sinetron-sinetron agama di televisi Indonesia itu disampaikannya dalam sesi tanya jawab seusai ia menyampaikan ceramah Ramadhan di depan belasan warga Muslim Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Masyarakat Muslim Indonesia di Brisbane (IISB), Senin (1/10) malam.

    Ali Maschan Musa mengatakan, sinetron-sinetron agama itu menyesatkan karena selalu saja berakhir dengan para tokohnya mendapat hikmah atau bertaubat tanpa didahului oleh proses menuju kesadaran spiritual Islami yang memadai.

    Padahal orang bertaubat kan tentu setelah melalui liku-liku, perlu latihan dan melalui proses kesadaran yang tinggi, katanya.

    Menurut tokoh NU Jawa Timur yang juga dosen pascasarjana IAIN Surabaya itu, kondisi tayangan sinetron semacam ini menyesatkan dan tidak mencerahkan umat.

    Kondisi ini mungkin dikarenakan film sudah menjadi industri, kata cendekiawan Muslim yang mengunjungi Brisbane sebagai bagian dari Safari Ramadhannya di sejumlah kota penting di Australia itu.

    Selain ke Adelaide dan Brisbane, Ali Maschan Musa juga dijadwalkan mengunjungi Canberra, Melbourne, dan Sydney.

    Beberapa waktu lalu, sinetron Indonesia yang banyak mengandung unsur mistik, pornografi, dan kekerasan juga menimbulkan kecemasan di Malaysia.
    Seperti diberitakan media massa nasional, keluhan terhadap sinetron Indonesia itu bahkan datang langsung dari menteri penerangan negara itu. antara

    is
    —————————————————-
    Sumber: Republika Online

    Nama :Agus Apriana
    NPM : 05.601020.013

  12. PERMASALAHAN PERAJIN ROTAN DI LOMBOK TENGAH

    Perajin rotan di bleka lombok Tengah selain sebagai lapangan pekerjaan juga menjadi aset wisata, namun usaha rotan warga terseok-seok akibat tidak mampu mendatangkan rotan dari sulawesi dan Surabaya.

    Usaha perajin rotan di Bleka Lombok Tengah memiliki tradisi sebagai lapangan pekerjaan warga setempat dan juga sebagai aset wisata, namun kini banyak warga yang menganggur karena usaha anyaman mereka terseok-seok, sebagai akibat para perajin tidak mampu lagi mendatangkan sendiri rotan dari daerah Sulawesi dan Surabaya, ini mengakibatkan menurunnya kualitas rotan produksi anyaman rotan Bleka di pulau Sumbawa, kualitas rontan yang rendah inipun mengakibatkan merosotnya pendapatan perajin, yang pada tahun – tahun sebelumnya mendapkan omzet puluhan hingga ratusan juta rupiah pertahun. Melemahnya aktivitas membutuhkan bantuan. dengan adanya perhatian dan bantuan dari pemerintah setempat untuk memberikan bantuan ketersediaan bahan baku rotan dan promosi. Kini aktivitas perajin anyaman rotan di desa Bleka hanya mampu memenuhi permintaan pengusaha dari pulau Bali, perajin tak lagi mampu menembus pasar luar negeri.

    ( SUMBER METRO TV Tanggal 21 Januari 2008 )

  13. Pedagang Keluhkan Kenaikan Harga Kedelai, Terigu dan Minyak Goreng

    Sumber : liputan 6 SCTV
    Tanggal : 22 januari 2008

    Harga kacang kedelei di pasar tradisional Jambul, Cawang, Jakarta Timur masih cukup mahal. Kacang kedelai berbagai merk dijual dengan harga Rp. 8.000-Rp 8.500 per kilogram. Padahal sebelumnya, harga kacang kedelai hanya Rp 5.000 per kilogram.
    Begitu juga dengan harga terigu, meski tidak terlalu melambung tinggi seperti harga kacang kedelai, terigu per kilogram bisa mencapai Rp 6.000 per kilogram. Hal itu dikatakan salah seorang pedagang di Pasar Jambul, Meti . Minggu (21/1). Menurutnya, kedua jenis barang tersebut cukup mahal sehingga belakangan ini sepi pembeli. Akibatnya omzet hasil penjualan mereka pun kian menurun.
    Selain kacang kedelai dan terigu, harga minyak goreng pun tidak tanggung-tanggung naik hingga mencapai Rp 11.000 per kilogram. Padahal harga semula hanya mencapai 8.500 per kilogram.
    Sementara itu, harga tepung terigu dan minyak goreng di Pasar Cikini, Jakarta Pusat mengalami kenaikan. Harga minyak goreng kemasan saat ini mencapai Rp. 11.000 per liter.
    Salah seorang pedagang sembako di Pasar Cikini, Haryanto mengungkapkan, harga tepung terigu segitiga biru mencapai Rp 8.000 per kilogram.
    Menurutnya, banyak pembeli yang mengeluh terhadap kenaikan harga tepung terigu dan minyak goreng tersebut. Para pembeli yang biasanya bisa membeli tepung terigu sebanyak 2-3 kilogram, kini hanya membeli satu kilogram. Haryanto yang sudah berjualan sembako selama 20 tahun di Pasar Cikini menambahkan, untuk tepung terigu, hari ini dirinya baru berhasil menjual sebanyak tujuh kilogram. Sedangkan untuk minyak goreng kemasan sudah berhasil dijual sebanyak 12 liter.
    Di kesempatan itu, salah seorang pedagang lainnya, Dadang mengeluhkan telah mengalami penurunan omzet penjualan sembako sebesar 30 persen.

  14. Kondisi Terakhir Mantan Presiden Soeharto

    Sumber : Liputan 6 SCTV
    Tanggal : 22 januari 2008

    Memasuki hari kelima, kondisi kesehatan mantan Presiden Soeharto kembali menurun dibandingkan sehari sebelumnya. Kemunduran tersebut seperti menurunnya produksi urine, penumpukan cairan di paru-paru bertambah serta dijumpai tanda-tanda adanya perdarahan melalui urine dan feses, sehingga hemoglobin (Hb) turun menjadi 7,6 gram persen.Kemunduran kesehatan Soeharto itu diumumkan Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Mardjo Soebiandono di Jakarta, Selasa. “Pagi ini telah dilakukan pemeriksaan Tissue Doppler Imaging ( TDI), yang memperlihatkan disinkronisasi pergerakan otot jantung dan tidak bergeraknya salah satu segmen otot jantung,” ujarnya.”Dari hasil pemeriksaan tadi kita perlihatkan bahwa memang ada kelainan pada jantung. Kalau penyebab pendarahan sedang dicari,” kata Mardjo.Menurut ahli jantung dari RS Harapan Kita, Ismoyo Suni, mengatakan CRT adalah teknologi untuk memacu jantung kanan dan kiri agar mempunyai pergerakan yang sama. Tindakan CRT dilakukan karena pergerakan jantung kiri dan kanan Soeharto saat ini tidak sinkron.Mardjo menambahkan, hari ini direncanakan transfusi darah kembali dilakukan sebanyak 300 cc. Pada Senin malam, transfusi darah sudah dimasukkan sebanyak 200 cc. Sementara urine Soeharto di bawah normal yakni hanya 13 cc/jam. Dengan berat badan 75 kilogram, maka urine seharusnya 75 cc/jam atau 300 cc/hari.Dikatakan, karena kondisi Soeharto masih labil dan memerlukan monitoring intensif maka untuk sementara waktu kunjungan terhadap Soeharto tidak dapat dilakukan. Terkait dengan proses pengadilan kasus korupsi dan tindakan kejahatan yang dilakukan Soeharto, banyak opini yang menyatakan bahwa sidang pengadilan harus tetap dilaksanakan. Anggota BadanPekerja Indonesia Corruption Watch (ICW), Adnan Topan Husodo mengatakan kalau Soeharto sakit permanen, mantan penguasa Orde Baru itu harus tetap diadili secara in absentia. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan statusnya secara hukum, supaya harta negara yang dikorupsi segara diambil. Senada dengannya, Ketua Badan Pengurus Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Patra M Zen mengatakan Indonesia seharusnya belajar dari Korea Selatan yang berani menghukum dua mantan presiden, meskipun kemudian mengampuninya. “Pengampunan tanpa pengadilan berakibat merusak keadilan. Impunitas semper ad deteriora invitat. Impunitas selalu menimbulkan kejahatan yang lebih besar lagi,” kata dia. Gus Dur pun mengungkapkan hal senada saat menjenguk mantan orang nomor satu di Indonesia ini. “Harus dilanjutkan dan diperiksa oleh pengadilan. Setalah diperiksa, nanti terserah kita mau diampuni atau tidak,” kata Gus Dur di RS Pusat Pertamina, Jalan Kiai Maja, Jakarta.
    Dia menjelaskan, upaya hukum ini bukan untuk menyakiti panguasa orde baru ini. “Tapi ini bukan untuk meyakinti loh ya,” paparnya.Semoga keadilan dapat ditegakkan dibangsa Indonesia, jadi saat pengampunan diberikan, kasih dan keadilan itu dapat bertemu. Namun hal tersebut menuntut kerelaan dari rakyat Indonesia untuk berkorban sehingga tidak menuntut balas menurut keadilan manusia. Tapi mengijinkan keadilan Tuhan berlaku, dan kasih Tuhan memberikan pengampunan. Semoga Soeharto dapat merasakan kasih dan pengampunan Tuhan itu dan dapat menemukan jalan kebenaran di akhir kehidupannya.

  15. komentar saya mengenai kondisi teakhir soeharto
    Hal tersebut penting untuk dipikirkan karena kita sebagai negara hukum. karena ini terkait dengan UU 3/1971 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah dicabut dengan UU 31/1999 jo UU 20/2001, hal mana harus menjadi pemikiran demi menyelesaikan perkara pidana atas nama Soeharto. namun disisi lain kita sebagai manusia tak luput dari kesalahan dosa, hanya ALLAH SWT yang menentukan hukuman apa yang pantas untuk kita terima sebagai manusia.

  16. BERITA

    Melonjaknya Harga Kebutuhan Pokok Yang Terjadi Dikota Tarakan

    TARAKAN-Awal pekan ini warga masyarakat kota tarakan kembali harus menerima keadaan apa adanya,setelah terjadi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok.Seperti halnya beras,minyak goreng,sayur-sayutan,bumbu-bumbu dapur,kedelai,dan telur,mengakibatkan kesejahteraan masyarakat kecil semakin jauh dari apa yang diharapkan.
    Kenaikan harga-harga kebutuhan pokok yang terjadi beberapa waktu lalu di tarakan,kini terjadi lagi,bulan lalu kenaikan hargakebutuhan rumah tangga yang begitu tinggi,terhadap bawang merah yang harganya melonjak tinggi hingga 100%. Kini hampir semua kebutuhn sembilan bahan pokok naik,kecuali harga gula merah yang mengalami penurunan,harga beras naik melambung tinggi,meskipun bulan lalu sudah naik. Habdul rasit salah satu pedagang yang ditemui dikiosnya digusher (20/1/08)mengatakan, bahwa harga beras naik,seperti,beras ukuran 25 kilogram,kini mengalami kenaikan 15.000,dari harga sebelumnya 170.000,menjadi 185.000,harga beras itu pun diperkirakan akan mengalami kenaikan lagi.Disamping itu harga tepung terigu persak ukuran 25 kilogram,terjadi kenaikan 8.000,sedangkan harg gula merah mengalami penurunan dari harga sebelumnya 11.000 kini turun menjadi 10.000.
    Semantara itu harga minyak goreng yang sebelumnya hanya 9.000 kini naik menjadi 9.500.Sedangkan untuk stok minyak goreng ditarakan sangat terbatas,harga telor juga mengalami kenaikan dari 25.000 yang isi 30 butir,naik menjadi 29.000/30.000 per piringnya. Menurut h.abdul rasit naiknya harga-harga kebutuhan ini karna di picu oleh kurangnya pasokan dan hasil produksi beras di pulau jawa, akibat sering terjadi hujan dan banjiryang melanda pulau jawa,sehingga kebutuhan pokok seperti beras di pasok dari sulawesi dan tawau malaysia.
    ( SUMBER,RADIO RRI TARAKAN )

  17. BERITA
    Akibat Naiknya Harga Kedelai Mengakibatkan Pengrajin Tempe Kian Terpuruk

    BANYUMAS-Melonjaknya harga kedelai hingga Rp 7.500 per kilogram membuat sejumlah perejin tempe dan tahu kian jadi terpuruk.Di kabupaten banyumas jawa tengah,perajin terpaksa mencampur kedlai dngan singkong parut agar produksi tempe tidak turun.perajin juga tidak dapat menaikan harga.Iswandi (35),perajin tempe di desa pliken kecamatan kembaran,banyumas,selasa(15/1),mengatakan,kini setiap hari dia hanya mampu membeli 20 kilogram kedelai,separuh kebuuhan kedlai untuk bahan baku pembuatantempe,Kekurangannya dia akali dengan mencampur singkong parut.
    Dengan cara iu,Iawandi tetap memproduksi tempe seperti biasanya ,sekitar 200 kg tempe dalam bungkusan plastik.Perbandingancampuran kedelai dngan singkong ini berkisar dua per tiga kedelai dan satu per tiga singkong. Kalau harga kedlai masih murah ,sekitar Rp 4.800 per kg,saya masih mampu membeli kedelai hingga 40 kg per hari,tuturnya.
    Menurut Iswandi ,harga jual tempe di banyumas tak bisa di naikan,tetap 6.000 untuk satu kg tempe plastik. Harga kadelai naik,tapi harga jual tempe tetap sehingga perajin rugi. Biasanya saya dapat untung bersih Rp 100.000 per hari,sekarang Rp 20.000,hanya cukup untuk makan. Akibat kenaikan harga kadelai sekarang membuat perajin tempe gulung tikar. Seperti imam muslimin (25),perajin tempe di desa pliken,sudah sebulan ini menganggur . Ada lebih dari 200 perajin di pliken tak lagi membuet tempe karna mahalnya bahan baku kedelai.
    Sedikitnya 1.200 buruh pembuat tempe di desa kalisari ,kecamatan cilongkok,banyumas,juga kehilangan pekerjaan. Demikian pula 220 perajin tempe di desa kalisari,cilingkok,yang tak lagi mampu memproduksi tempe. Sementara 30 persen dari 250 pengusaha tampe dan tahu di kabupaten smarang bangkrut.
    Perajin tahu dan tempe di kabupaten bojonegoro,jawa timur,juga terancam gulung tikar. Semantaraitu,menurut kepala dsa sepand,kabupaten sidoarjo,jawa timur ,Harianto,mengatakan kenaikan harga kadelai impor memukul 60 persen dari 6.000 keluarga di dsanya yang menjadi pengusaha tahu dan tempe.
    Adanya penurunan produksi, menurun pemilik pabrik tahu santosa di pliken ,banyumas,Musafah ,produksi tahu di pabriknya turun sekitar 2.000 lembar tahu per harinya . Dia pun terpaksa menaikkan harga satu tahu dari Rp 300 menjadi 370.
    Ketua koprasi produsen tahu dan tenpe indonesia katya mulya,sepand,sidoarjo,sukari,mengatakan,daya serap kedlai anggotanya saat ini hanya 8-10 ton per hari,dari sebelumnya 12 ton per hari.
    Adapu menurut Prof. Dr.Ir.dwa ngurah suprapta Msc,guru besar fakultas pertanian universitas udayana di denpasar bali,mengatakan,penyebab utama krisis kadelai adalah karena budidaya tanaman itu sejak lama tarebaikan. Akibatnya, produksi kadelai petani rata-rata hanya 1,2 ton. Padahal ,produksi kadelai dapat di tingkatkan hingga 1,8-1,9 ton per hektar. Apabila produksi dapat sebesar itu,kebutuhan kadelai secara nasional tidak harus di impor dari negara AS yang mahal,di harapkan kedepannya petani indonasia harus lebih meningkatkan lagi produksi kedelai sehingga tidak perlu lagi impor dari luar yang banyak merugikan para pengrajin tahu dan tempe,di harapkan juga bantuan dari pemerintah,khususnya dinas pertanian turut memantau dalam prkembangan penanaman dan produksi kedelai serta memberikan bentuan bahan baku kedelai kepada petani kadelai.

    (SUMBER RADIO EL SHINTA NEWS AND TOOLS )

    • hal ini terjadi karena efek dari pada kenaikan BBM yg ditargetkan oleh pemerintahan imperialisme,jangan hanya memberikan bantuan secara materi tapi cobalah untuk memberikan tehnik daripada pengolahannya itu sendiri yang bernuansa jangka panjang.

  18. OKNUM GURU NGAJI TIPU BISA GANDAKAN UANG

    Seorang oknum guru ngaji dibekuk polisi tersangka mengaku dapat gandakan uang hingga ratusan juta rupiah, tersangka menggunakan media beras putih, keris dan kembang tujuh rupa untuk meyakinkan korban.

    Seorang oknum guru ngaji dibekuk polisi tersangka mengaku dapat mendatangkan jin uang dan menggandakan uang hingga ratusan juta rupiah dalam waktu hanya dua hari, kedok dukun gadungan ini terbongkar setelah korban curiga dan melapor ke polisi, tersangka AL warga desa Pandaah Pasuruan Jawa Timur ini harus berurusan dengan penegak hukum, guru ngaji ini bukannya mengajarkan mengaji dan agama yang benar malah melakukan penipuan dengan bermodal sejumlah kardus, tersangka mengaku bisa menggandakan uang hingga ratusan juta, aksi ini terbongkar setelah salah satu korbannya merasa curiga dan tidak percaya lagi akan janji ajaibnya, karna tiap kali ditagih justru AL meminta uang tambahan untuk pancingan, agar uang yang ada di dalam kardus terus berisi uang lembaran seratus ribu rupiah, namun ternyata uang yang dipakai mengelabui korban adalah uang lembaran seratus rupiah saja,agar korban semakin percaya tersangka menggunakan media beras puti dan kembang tujuh rupa, sebagai media memanggil jin uang, kini polisi juga mengamankan barang bukti berupa empat puluh kardus berisikan potongan kertas, dua pasang keris dan dua gelas beras putih serta lima ratus lembar uang seratus rupiah. Sedangkan tersangka terancam hukuman empat tahun penjara.

    ( SUMBER TRANS 7 TV, Tanggal 23 Januari 2008 )

  19. BERITA
    Hasil Rekayasa Kedelai Genetika

    JAKATA-Ratusan kedelai impor hasil rekayasa genetika aman di konsumsi, namun anton menolak untuk mengadopsi system pertanian transgenik kedalam system pertanian di Indonesia, karena belum bisa di jamin keamanannya. Kedelai hasil rekayasa genetika atau transgenic asal amerika serikatini di nilai membahayakan kesehatan. Namun dinyatakan aman untuk dikonsumsi oleh mentri pertanian anton apriantono,menurut anton,saat ini belum ada bukti bahwa kedelai transgenic asal amerika itu berbahaya bagi kesehatan manusia,anton mengatakan ,kalau dari sisi keamanan ,sampai sejauh ini belum ada bukti-bukti yang menyatakan bahwa produk kedelai genetika itu membahayakan, hanya ada satu kekhwatiran berdasarkan teori,begitu dibuktikan tidak ada, jadi menurutnya kesimpulannya belum bisa di pastikan jadi dapat di katakana masih aman untuk di konsumsi. Namun pernyataan ini tidak berarti Indonesia berani menerapkan system rekayasa genetika/transgenic,pada tanaman kedelai,untuk meningkatkan kualitas dan menurunkan ketergantungan Indonesia terhadap kedelai impor. Anton mengaku tidak akan mengadopsi system tanaman rekayasa genetika sebelum ada jaminan keamanannya. Untuk mengatasi kenaikan harga kedelai, anton masih memilih menurunka bea masuk impor, dikatakan anton,kalau untuk jangka pendek yan kita bisa lakukan selain menurunkan bea masuk,kemudian juga berbicara pada importer,pedagang,untuk sacara bersama-sama menstabilkan harga pasar di perhatikan, dam meminta perum bulog untuk ikut mencari pasokan yang lebih murah, sebelumnya peneliti dari balai pemulihan kedelai ,balik taji, muklis adi,menyatakan,yang di maksud dengan rekayasa genetika pada tanaman kedelai adalah gen tanaman kedelai di rekayasa,agar tahan terhadap gangguan hama, kedelai transgenic ini di tolak masuk keeropa dan jepang,karena di anggap berbahaya jika di konsumsi dalam kangka panjang. Kedelai transgenik ini di khawtirkan mengandung senyawa berbagaya,seperti snyawa alergen yakni zat yang bisa menimbulkan alergi pada manusia. Produk pangan transgenic juga di yakini mengandung zat gen yang membuat tubuh resisten terhadap anti biotic dan timbulnya toksin atau racun yang berbahaya bagi kesehatan. Sehingga dapat menyebabkan kanker,namun hal ini masih perlu penelitian yang lebih lanjut,saat ini menurut departemen pertanian kebutuhan kedelai di Indonesia setiap tahun mencapai 1,2 juta ton ,60 persennya merupakan ledelai impor dari amerika serikat. Kedelai impor amerika serikat di pilih karena mutunya baik dan harganya lebih murah,sehingga petani kedelai Indonesia kalah bersaing,mentri pertanian yakin bila upaya penstabilan harga dengan mengurangi bea masuk impor,jika berhasil petani akan tetarik untuk menanam kedelai dan pada tahun 2010 indonesia menjadi swasembada kedelai.

    ( sumber liputan 6,sctv .14-1-2008)

  20. MENCERMATI PENDIDIKAN TARAKAN ,KEBANGGAAN DAN SEKALIGUS TANTANGAN

    Lolosnya 8 putra daerah kota tarakan pada seleksi praja IPDN adalah prestasi yang sangat membanggakan ;ini ada satu lagi indikasi bahwa kwlitas pendidikan kota ini sangat meningkat .
    Peningkatan kwalitas pendidikan tersebut tak juga kita sangkal adalah dampak dari ikut sertanya seluruh elemen masyarakat terutma praktisi pendidikan di luar sekolah.menjamurnya lembaga bimbingan belajar serta kursus- kursus di kota ini menjadi salah satu pemicu kesadaran masayarakat untuk lebih meningkatkan kwalitas pendidikan agar setara dan mampu bersaing dengan kwalitas pendidikan kota- kota besar terutama jawa.selain itu ,pendidikan formal pasca sekolah menegah ataspun mulai ramai .Bermula dari hanya satu sekolaah tinggi saja sekarang sudah terdapat setengah lusin akedemi,satu sekolah tinggi dan satu universitas.
    Begitu pula ,kepedulian pemerintah dalam mengembangkan dunia pendidikan tak lagi kita ragukan . oleh karenanya penghargaan di bidang pendidikanpun di raih oleh kota yang berpenduduk 250 ribu ini. Jika kita berjalan –jalan ,maka nampak oleh pendatang yang baru menginjakkan kaki di kota ini sekalipun mengenai keseriusan pemerintah setempat dalam memfasilitasi pendidikan .Bangunan gedung dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi di bangun begitu megah hingga berfasilitas AC.
    Dari kolaborasi yang prima antara masyarakat, pemerintah dan lembaga swadaya niscaya cita-cita pemerintah kota yang baru berapa tahun kedepan .ini akan segerA terwujud .Adalah menjadikan little Singapore atau yang waktu itu di sebut dengan the new singa pore. Oleh president susilo Bambang yudohyono ketika mengadakan kunjungan kerjanya dikota tarakan tahun lalu, merupakan cita-cita yang hendak di capai.Bukan hal yang sulit direalisasikan jika pendidikan telah maju .Bukankah dengan masayarakat yang cerdas maka pembangunan mudah di lakukan dan cita- cita semakin mudah terwujud ?.
    Sebatas itu kita boleh berbangga namun bagaimana dengan kwlitas guru sebagai motor utama majunya pendidikan tersebut?adalah bukan semudah membangun gedung sekolah megah dengan segalafasilitas didalamnya,membangun prfesional guru membutuhkan komitmen besar dari pemerintah.meskipun angina segar telah di hembuskan .dengan pemberian tunjangan guru sebesar gaji pokok tapi belum memecahkan persoalan kometensi guru yang relative masih rendah ini .pemerintah hendaklah tidak menerapkan bagi guru saja namun juga secara nyata berusaha meningkatkan kemampuan mereka yang salah satunya adalah meningkan bagi pahlawan tanpa tanda jasa itu.
    Untuk kota tarakan saja hingga kini masih terdapat sekitar 40% guru yang belum memenuhi standar ijazah .Apalagi seiring denan komitmen pemerintah dalam mentutaskan tenaga honorer, maka hingga 2009 nanti angka tersebut dapat memorket hingga menjadi 2x lipat .Nah apa yang akan di lakukan pemerintah?kita tunggu saja .yang jelas iiiiiiiiiiiiiini PR- bersama dan pemerintah sebagai penentu utama secepat apa permasalahan ini akan di selesaikan.
    Sebagai masarakat kita membutuhkan saaaaarana dan prasarana selain kebijakan pemerintah sebagai kata listornya .oleh karena itu pengkondosian ini secepatnya menjadi prioritas pembangunan. Tengoklah di campus –kampus yang ada di kota ini! Sebenarnya animo PNS untuk menigkatkan kompetensi melalui meja kuliah cukup membanggakan .tinggal pemerintah mensikapi fenomena ini ,terlepas dari apakah mereka hanya menjalaninya sekedar formalitas untuk mengejar kenaikan pangkat dan jabatan atau upaya serius mereka dalam peningkatn karier PNSnya.

    Semoga Tarakan menjadi the new Singapore.selamat buat pendidikan kota Tarakan tingkatkan kualitasmu terus menerus.

  21. Sumber : Radar Tarakan
    Hari / Tanggal : minggu, 20 Januari 2008
    Rubrik : Metropolis

    PEMBANGUNAN PERUMAHAN UNTUK ANGGOTA DPRD DITANGGUHKAN

    Tarakan-Pembangunan perumahan bagi anggota DPRD Kota Tarakan tidak jadi dianggarkan tahun ini. Namun kedepannya tanpa memastikan waktunay, manurut ketua DPRD Tarakan H. Udin Hianggio, perumahan bagi para wakil rakyat tetap akan dibangun. Bahkan, wacananya pembangunan akan disatukan dengan gedung DPRD yang baru.
    “Tapi untuk saat ini belum bisa direalisasikan mengingat anggaran yang akan digunakan tidak sedikit. Sekarang ini masih banyak kebutuhan masyarakat yang ingin diselesaikan. Seperti jalan di Tanjung Batu dan Tanjung Pasir yang nantinya akan tembus di Pantai Amal Lama”, kata H.Udin Hianggio. Dikatakannya prioritas pembangunan jalan tersebut merupakan keluhan-keluhan yang selama ini disampaikan oleh warga Tanjung Batu dan Tanjung Pasir.
    “Terutama jika ada salah seorang dari keluarga mereka yang mengalami sakit parah, sementara jika ingin kerumah sakit mesti naik perahu dulu. Atas dasar itu, diperioritaskanlah jalan disana, dan pembangunannya akan lebih bermanfaat”, Kata H. Udin.begitu juga dengan pembangunan masjid raya serta ringroad yang membuka jalan dari Binalatung menuju Juata Laut.
    “Jadi infrastruktur public masih menjadi prioritas saat ini. Seadangkan perumahan dewan masia bisa ditangguhkan. Mudah-mudahan dalam tahun-tahun mendatang sudah bisa dibangun asalkan infastruktur lainnya juga sudah baik”, terangnya.

    APBD 2008 MASIH DIEVALUASI
    Sementara itu, H. Udin juga menyinggung tentang APBD 2008 yang nilainya mencapai 1,2 triliun lebih, masih dalam tahap evaluasi. Namun dikatakannya, seharusnya hasil evaluasi itu sudah diterima, “Tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, sudah ada kabar dari eksekutif tarakan mengenai hal ini. Kita harap, dibulan Februari pembangunan dari dana APBD 2008 sudah bisa ditenderkan. Sehingga penyerapan anggaran bisa berjalan maksimal dam 11 bulan kedepan. Begitu juga dengan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran yang diharapkan tidak terulang dari tahun 2007 yang besarnya Rp 200 miliar”, harap H. Udin Hianggio.

    KOMENTAR SAYA mengenai berita diatas: memang seharusnya pemerintah lebih mementingkan kepentingan rakyatnya dibandingkan dengan mementingkan kepentingan pribadi. Dengan adanya pembangunan jalan ini memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas, selain itu bukan hanya warga Tanjung Batu dan Tanjung Pasir yang dapat memakai jalan ini, mahasiswa yang kuliah di UB juga dapat menggunakan jalan ini dan lebih cepat sampai kekampus.

  22. FEATURE
    OLEH : SITI SULISTYANI P.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR

    Anak Anda susah konsentrasi, mengalami kesulitan belajar, dislexia, kemampuan membaca rendah, tulisannya kacau dan acak-acakan, dan gerakannya belum seimbang? Gangguan seperti ini bisa membuat nilai anak di sekolah rendah. Padahal, bisa jadi dia bukannya tak mampu, lho. Tapi, mungkin rentang konsentrasinya memang sangat rendah.
    Agar anak lebih fokus dan rentang perhatiannya lebih panjang, mungkin Anda bisa mengikutkan dia dalam program Play Attention dari Kidzgrow. “Program berbasis aktivitas permainan di komputer ini menggunakan simulasi suara untuk melatih dan meningkatkan kemampuan pendengaran anak, dan meningkatkan rentang waktu konsentrasi anak,” kata Nila Rosana, salah seorang pengajar Kidzgrow Dharmawangsa.
    Melalui kegiatan yang menyenangkan itu, anak-anak biasanya tertarik untuk mengikuti dan tidak justru terbebani. Perasaan terbebani ini sering menimbulkan stres pada anak. Selain Play Attention, juga ada program Fastforword yang juga berbasis permainan komputer. Protocol program berbahasa Inggris ini memang ditujukan bagi anak-anak bilingual yang biasanya bermasalah dalam bicara dan membaca, misalnya karena kesulitan dalam membedakan kosa kata yang mirip.
    Program lain adalah Revamp yang berupa kegiatan untuk mengasah keterampilan motorik anak. Biasanya anak dites dulu (assesment test) untuk memastikan kelemahan yang dimilikinya sebelum dianjurkan untuk mengikuti salah satu program di atas.
    Kiat memilih sekolah autis:
    – Pilih sekolah yang tak terlalu jauh. Anda bisa lebih menghemat waktu, biaya transportasi dan tenaga.
    – Program. Bila programnya membaca, menulis, atau berhitung, sementara anak Anda sudah bisa itu semua, untuk apa lagi, kan?
    – Bahasa pengantar. Jangan sampai anak dimasukkan ke sekolah bilingual, padahal orangtuanya tak bisa berbahasa asing. Bisa-bisa komunikasi dengan anak malah jadi tak nyambung.
    – Rasio jumlah murid. Bila satu kelas berisi 20 anak, agaknya guru akan sulit memberikan perhatian yang cukup buat si anak autis.
    – Biaya. Mengajarkan berbagai hal memang mahal, tapi tidak mungkin amat sangat mahal.
    Setelah Anda mendata sekolah-sekolah pilihan, jangan enggan untuk melakukan survei, dan observasi pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Selain itu, jangan hanya bicara dengan pengelola sekolah saja! Informasi dari orangtua murid yang anaknya sudah bersekolah di situ akan sangat berguna bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sekolah tersebut.

  23. ARTIKEL
    OLEH : SITI SULISTYANI P.

    APA ITU PENDIDIKAN JARAK JAUH (DISTANCE LEARNING) ?

    Pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa jarak fisik, misalnya karena peserta ajar bertempat tinggal jauh dari lokasi institusi pendidikan. Pemisah dapat pula jarak non-fisik yaitu berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi institusi pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di institusi tersebut. Keterpisahan kegiatan pengajaran dari kegiatan belajar adalah ciri yang khas dari pendidikan jarak jauh.
    Sistem pendidikan jarak jauh merupakan suatu alternatif pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Pada sistem pendidikan pelatihan ini tenaga pengajar dan peserta didik tidak harus berada dalam lingkungan geografi yang sama.
    Tujuan dari pembangunan sistem ini antara lain menerapkan aplikasi-aplikasi pendidikan jarak jauh berbasis web pada situs-situs pendidikan jarak jauh yang dikembangkan di lingkungan di Indonesia yakni bekerja dengan sama mitra-mitra lainnya. Secara sederaha dipahami sistem ini terdiri dari kumpulan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan pendidikan jarak jauh hingga penyampaian materi pendidikan jarak jauh tersebut dapat dilakukan dengan baik.
    Sarana penunjang dari pendidikan jarak jauh ini adalah teknologi informasi. Kemunculan teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan jarak jauh ini sangat membantu sekali. Seperti dapat dilihat, dengan munculnya berbagai pendidikan secara online, baik pendidikan formal atau non-formal, dengan menggunakan fasilitas Internet.
    Pendekatan sistem pengajaran yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengajaran secara langsung (real time) ataupun dengan cara menggunakan sistem sebagai tempat pemusatan pengetahuan (knowledge).Hal ini memungkinkan terbentuknya kesempatan bagi siapa saja untuk mengikuti berbagai jenjang pendidikan. Seorang lulusan sarjana dapat melanjutkan ke pendidikan magister secara online ke salah satu Perguruan tinggi yang diminatinya.
    Pada zaman ini banyak orang berbicara Distance Education atau pendidikan jarak jauh. Ciri-ciri dari distance learning (DL) antara lain adalah :
    a) Sistem pendidikan yang pelaksanaannya memisahkan guru dan siswa. Mereka terpisahkan karena faktor jarak, waktu, atau kombinasi dari keduanya;
    b) Karena guru dan siswa terpisahkan, maka penyampaian bahan ajar dilaksanakan dengan bantuan media-e-learning, seperti media cetak, media elektronik (audio, video), atau komputer dengan segala keunggulan yang dimilikinya;
    c) Bahan ajarnya bersifat “mandiri”. Untuk e-learning atau on-line course bahan ajarnya disimpan dan disajikan di komputer;

    d) Komunikasinya dua arah, baik yang disampaikan secara langsung (synchronuous) maupun secara tidak langsung (asynchronuous);
    e) Sistem pembelajarannya dilakukan secara sistemik (terstruktur), teratur dalam kurun waktu tertentu. Kadang-kadang juga dilakukan pertemuan antara guru dan siswa, entah dalam forum diskusi, tutorial, atau dengan pertemuan tatap muka (“residential class”). Namun, pertemuan tatap muka tidak boleh mendominasi pelaksanaan pendidikan;
    f) Paradigma baru yang terjadi dalam DL adalah peran guru yang lebih bersifat “fasilitator” dan siswa sebagai “peserta aktif” dalam proses belajar-mengajar. Karena itu, guru dituntut untuk menciptakan teknik mengajar yang baik, menyajikan bahan ajar yang menarik, sementara siswa dituntut untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar.
    Dalam banyak kasus, hasil DL ini cukup membanggakan dan tidak kalah dengan hasil pendidikan tatap muka. Tentu saja kalau DL tersebut dilaksanakan secara baik dan benar. Sebaliknya, masalah yang sering dihadapi dalam pelaksanaan DL umumnya adalah kurang tersedianya infrastruktur dan sumber daya pendukungnya, kurang siapnya SDM yang terlibat (baik guru, siswa maupun teknisi), cara penyampaiannya yang tidak memerhatikan kaidah-kaidah DL dan kurang atau tidak adanya dukungan kebijakan.
    Di samping itu, masyarakat juga sering punya persepsi yang keliru tentang DL. Misalnya, kualitasnya kurang menjamin, biayanya mahal, tidak diakreditasi oleh pemerintah, tidak asyik karena tidak ada interaksi antara siswa dan siswa atau siswa dan guru. Hal seperti ini mestinya tidak perlu terjadi kalau mereka mengerti dan kalau DL itu dilaksanakan secara baik dan benar.
    Dalam banyak kenyataan, jarang sekali ditemui DL yang seluruh proses belajar-mengajarnya dilaksanakan dengan e-learning atau on-line learning. Untuk memperkecil kritik terhadap DL, maka blended DL (campuran antara on-line course dan tatap muka) adalah solusinya. Juga dalam blended DL ini tidak juga perlu membentuk lembaga pendidikan sendiri, seperti universitas terbuka, tetapi cukup membuat unit yang khusus menangani blended DL ini. Dengan demikian, pelajaran yang dilakukan secara on-line learning dapat hanya satu atau beberapa saja: tutorialnya saja, satu program studi saja, dan sebagainya.
    Pengalaman negara lain dan juga pengalaman distance learning di Indonesia ternyata menunjukkan sukses yang signifikan, antara lain:

    1. Mampu meningkatkan pemerataan pendidikan;

    2. Mengurangi angka putus sekolah atau putus kuliah atau putus sekolah;

    3. Meningkatkan prestasi belajar;

    4. Meningkatkan kehadiran siswa di kelas,

    5. Meningkatkan rasa percaya diri;

    6. Meningkatkan wawasan (outward looking);

    7. Mengatasi kekurangan tenaga pendidikan; dan

    8. Meningkatkan efisiensi.

  24. Artikel
    Oleh: Evva Afriany
    Narkoba dan Bahayanya
    Mendengar kata Narkoba pasti yang mampir dibenak kita adalah seputar ganja, heroin, opium, exctasy, putau dan ganknya, barang-barang laknat penghancur masa depan bahkan disebut-sebut sebagi perusak generasi paling mujarab. Lalu apa narkoba itu sendiri? pernahkah kita mencoba mengenalnya dari dekat, dari sisi keilmuan ataupun dari sisi psikoligis bukan hanya pendekatan secara fisik. Mengutip istilah dalam ensiklopedia, narcotic secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yang artinya ‘kelenger’, merujuk pada sesuatu yang bisa membuat seseorang tak sadarkan diri (fly), sedangkan dalam bahasa Inggris narcotic lebih mengarah ke obat yang membuat penggunanya kecanduan. Dalam bahasa kita Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika dan obat atau bahan berbahaya. Selain istilah Narkoba juga dikenal istilah NAPZA yaitu Narkotika, Pasikotropika dan Zat adiktif lainnya. Semua istilah ini sebenarnya mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko kecanduan (adiksi). Seiring berjalannya waktu keberadaan narkoba bukan hanya sebagai penyembuh namun justru menghancurkan. Awalnya narkoba masih digunakan sesekali dalam dosis kecil dan tentu saja dampaknya tak terlalu berarti. Namun perubahan jaman dan mobilitas kehidupan membuat narkoba menjadi bagian dari gaya hidup, dari yang tadinya hanya sekedar perangkat medis, kini narkoba mulai tenar digaungkan sebagai dewa dunia, penghilang rasa sakit dan membuat hidup jadi lebih ‘ringan’. Seperti kita ketahui segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan tak akan berdampak baik bagi diri kita. Penggunaan narkoba diluar jalur medis apalagi dengan menambah dosis dan kebiasaan pecandu makin membuat kompleks dampak yang muncul akibat penggunaan narkoba.

  25. ENCERMATI PENDIDIKAN TARAKAN ,KEBANGGAAN DAN SEKALIGUS TANTANGAN

    Lolosnya 8 putra daerah kota tarakan pada seleksi praja IPDN adalah prestasi yang sangat membanggakan ;ini ada satu lagi indikasi bahwa kwlitas pendidikan kota ini sangat meningkat .
    Peningkatan kwalitas pendidikan tersebut tak juga kita sangkal adalah dampak dari ikut sertanya seluruh elemen masyarakat terutma praktisi pendidikan di luar sekolah.menjamurnya lembaga bimbingan belajar serta kursus- kursus di kota ini menjadi salah satu pemicu kesadaran masayarakat untuk lebih meningkatkan kwalitas pendidikan agar setara dan mampu bersaing dengan kwalitas pendidikan kota- kota besar terutama jawa.selain itu ,pendidikan formal pasca sekolah menegah ataspun mulai ramai .Bermula dari hanya satu sekolaah tinggi saja sekarang sudah terdapat setengah lusin akedemi,satu sekolah tinggi dan satu universitas.
    Begitu pula ,kepedulian pemerintah dalam mengembangkan dunia pendidikan tak lagi kita ragukan . oleh karenanya penghargaan di bidang pendidikanpun di raih oleh kota yang berpenduduk 250 ribu ini. Jika kita berjalan –jalan ,maka nampak oleh pendatang yang baru menginjakkan kaki di kota ini sekalipun mengenai keseriusan pemerintah setempat dalam memfasilitasi pendidikan .Bangunan gedung dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi di bangun begitu megah hingga berfasilitas AC.
    Dari kolaborasi yang prima antara masyarakat, pemerintah dan lembaga swadaya niscaya cita-cita pemerintah kota yang baru berapa tahun kedepan .ini akan segerA terwujud .Adalah menjadikan little Singapore atau yang waktu itu di sebut dengan the new singa pore. Oleh president susilo Bambang yudohyono ketika mengadakan kunjungan kerjanya dikota tarakan tahun lalu, merupakan cita-cita yang hendak di capai.Bukan hal yang sulit direalisasikan jika pendidikan telah maju .Bukankah dengan masayarakat yang cerdas maka pembangunan mudah di lakukan dan cita- cita semakin mudah terwujud ?.
    Sebatas itu kita boleh berbangga namun bagaimana dengan kwlitas guru sebagai motor utama majunya pendidikan tersebut?adalah bukan semudah membangun gedung sekolah megah dengan segalafasilitas didalamnya,membangun prfesional guru membutuhkan komitmen besar dari pemerintah.meskipun angina segar telah di hembuskan .dengan pemberian tunjangan guru sebesar gaji pokok tapi belum memecahkan persoalan kometensi guru yang relative masih rendah ini .pemerintah hendaklah tidak menerapkan bagi guru saja namun juga secara nyata berusaha meningkatkan kemampuan mereka yang salah satunya adalah meningkan bagi pahlawan tanpa tanda jasa itu.
    Untuk kota tarakan saja hingga kini masih terdapat sekitar 40% guru yang belum memenuhi standar ijazah .Apalagi seiring denan komitmen pemerintah dalam mentutaskan tenaga honorer, maka hingga 2009 nanti angka tersebut dapat memorket hingga menjadi 2x lipat .Nah apa yang akan di lakukan pemerintah?kita tunggu saja .yang jelas iiiiiiiiiiiiiini PR- bersama dan pemerintah sebagai penentu utama secepat apa permasalahan ini akan di selesaikan.
    Sebagai masarakat kita membutuhkan saaaaarana dan prasarana selain kebijakan pemerintah sebagai kata listornya .oleh karena itu pengkondosian ini secepatnya menjadi prioritas pembangunan. Tengoklah di campus –kampus yang ada di kota ini! Sebenarnya animo PNS untuk menigkatkan kompetensi melalui meja kuliah cukup membanggakan .tinggal pemerintah mensikapi fenomena ini ,terlepas dari apakah mereka hanya menjalaninya sekedar formalitas untuk mengejar kenaikan pangkat dan jabatan atau upaya serius mereka dalam peningkatn karier PNSnya.

    Semoga Tarakan menjadi the new Singapore.selamat buat pendidikan kota Tarakan tingkatkan kualitasmu terus menerus.

  26. Liputan6.com, Toba Samosir: Tiga pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Balige Toba Samosir, Sumatra Utara, tewas seketika dan empat lainnya terluka kritis usai terjun ke jurang sedalam 35 meter, Selasa (22/1). Ketika itu mereka berupaya menghindar saat Satuan Polisi Pamong Praja menggelar razia.

    Para korban luka hingga kini masih dirawat Rumah Sakit Umum Huriah Kristen Batak Protestan Balige. Mereka menderita luka di bagian tubuh dan kepala akibat tergores saat terjun ke jurang. Mereka mengaku tidak menyangka jurang itu dalam dan terjal.

    Awalnya petugas tengah melancarkan Operasi Kasih Sayang untuk menertibkan pelajar yang bolos sekolah. Saat melintasi kawasan Soposurung Balige, petugas memergoki sejumlah pelajar berkeliaran di luar jam pelajaran. Didekati petugas, mereka langsung kabur. Tanpa disadari, mereka menuju jurang.

    Sejauh ini, pihak Kepolisian Resor Toba Samosir masih memeriksa delapan petugas Satpol PP yang menggelar razia. Keluarga korban menyayangkan tindakan yang digelar petugas Satpol PP tersebut.(REN/Chaerul Dharma dan Cuk Arbianto)

  27. Pendidikan dan kesejahteraan, sebuah kritikan terhadap pemerintah atas keseriusannya dalam memperjuangkan pendidikan yang murah dan berkualitas di http://rijal28.wordpress.com/2008/02/22/pendidikan-dan-kesejahteraan/

    salamhangat selalu,
    Muhammad Rijal ARS

  28. Pendidikan sangatlah penting, karena merupakan faktor yang sangat fital. Jika pendidkan tinggi maka maju pulalah sebuah negara, namun sebaliknya jika pendidikan rendah maka yang terjadi hanyalah kemunduran. Maka dari itu saya sangat mengharapkan Pemerintah memikirkan bagaimana caranya agar pendidikan kita tidak jauh tertinggal oleh nagara lain.

  29. seorang guru SMKN 39 yang sangat dihormati,ternyata nekad menyakiti hati seorang wanita yang pernah dinikahinya tanpa seijin istri yang pertama. dan wanita itu sekarang ditinggal sendiri lagi tanpa perduli keadaan dan perasaannya. guru SMKN 39 itu lebih memilih istri pertamanya karena selalu diBACK UP dari keluarga istrinya yang pertama. dan terlalu takut dengan istri pertamanya.
    bagaimana menurut kalian semua, apakah seorang PNS yang seperti ini wajib hukumnya untuk dikenakan sanksi.
    atau hanya dibiarkan saja seperti ini.

    please call 085921594646

  30. PENDIDIKAN ANAK Vs KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Sebuah keprihatinan

    A. Anak adalah peniru yang ulung

    Orang tua terkadang lupa bahwa putra-putrinya yang masih anak-anak sangat memperhatikan apa yang terjadi di sekitarnya. Mereka merekamnya dengan sangat baik, dan kemudian menirukannya.Akibat dari “kelupaan” itu tak jarang sifat ataupun perilaku orang tua yang kurang baik pun ditirukannya karena tanpa sadar orang tua memberi contoh yang tidak benar..Nampak sekali bahwa perilaku seorang anak adalah akibat bentukan di sekitarnya, termasuk bagaimana seorang anak menentukan sebuah sikap adalah benar dan sikap yang lain salah. Semua itu tergantung dari bagaimana lingkungan mencetakkan asumsi ke dalam pikirannya sejak bayi.
    Sebuah penelitian tentang bagaimana pikiran seseorang terbentuk dilakukan dengan memberikan makanan kepada seekor anjing setelah dibunyikan bel. Keadaan ini diulang secara terus menerus, yang pada akhirnya setiap terdengar suara bel air liur anjing menetes karena berharap ada makanan yang akan diberikan. Air liur anjng akan tetap menetes meskipun tidak diberi makanan. Asal ada suara bel, maka air liur anjing akan tetap menetes.
    Penelitian ini membuktikan bagaimana asumsi seseorang akan terbentuk akibat dari kebiasaan – kebiasaan atau pengalaman hidupnya.
    Tak bisa dipungkiri bahwa seorang anak ibarat kertas putih yang siap ditulisi apa saja. Seorang anak akan menjadi seperti apa yang terjadi di lingkungannya.Dia belajar merangkai asumsi dan memprediksi apa yang akan terjadi dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitarnya.Segala hal yang mendapatkan sambutan yang menyenangkan di sekitarnya akan terus dipelajari dan ditirukannya.Dia akan menjadi plagiat yang sangat ulung apabila lingkungan mendukungnya, dan sebaliknya dia akan menghentikan usahanya apabila tidak lagi mendapat respon positif .
    Teori tersebut jelas sangat mendukung pada penanaman konsep dan landasan dasar dalam proses belajar anak.
    Bagaimanakah konsep dasar proses belajar anak bisa efektif ditanamkan ? tentunya harus dimulai sedini mungkin oleh setiap keluarga di lingkungannya masing-masing.

    B. Kemajuan Teknologi, tantangan ataukah bencana bagi perkembangan jiwa anak?

    Keberhasilan pendidikan anak sangat tergantung dari penanaman konsep dasar yang terjadi di area keluarganya.Namun tidak boleh diabaikan bahwa apa yang terjadi di luar keluarga turut mempengaruhi hasilnya. Maka sangatlah disadari oleh kalangan pendidikan bahwa tanggungjawab pendidikan tidak hanya ada pada keluarga tetapi juga pada masyarakat dan pemerintah. Ini bukanlah sebuah pengingkaran tanggungjawab dari keluarga, tetapi memang demikianlah adanya karena produk perilaku seorang anak dipengaruhi oleh kaluarga, masyarakat dan pemerintah selaku pengatur system.Maka kebersamaan tiga pihak ini sangat dibutuhkan, dimana satu sama lain harus saling mendukung untuk tercapainya konsep pendidikan yang benar dan sepaham.
    Teknologi melesat dengan cepatnya.Seluruh sistem pendidikan terkena dampaknya, ada yang positif, ada pula yang negative. Di abad ini kiranya sudah mahfum apabila ada seorang bocah yang sudah mahir menggunakan computer. Payahnya pengaruh negative lebih mudah disapa ketimbang yang positif.Berbagai upaya dilakukan agar anak tertarik dengan teknologi ini. Termasuk penciptaan permainan (baca:games).Pelajaran di sekolah pun dibuat dalam bentuk games supaya lebih menarik. Tanpa disadari pendidikan sudah meninabobokan anak,membuatnya terlena dan lupa sisi educatifnya.-Perancang pendidikan pun disibukkan pada upaya menarik perhatian anak namun lupa mengambil antisipasi paedagogis.
    Bagaimana mungkin di masyarakat luas tersebar berbagai CD, perangkat Plays station, acara Televisi yang sedemikian bebasnya, sementara pemerintah sedang giat-giatnya meningkatkan mutu pendidikan.Di sinilah nampak adanya hal yang teramat jayus dan sama sekali tidak nyambung.
    Rupa-rupanya untuk meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah masih perlu berdebat mengenai pendapatan guru, status sekolah, kurikulum dan sebagainya yang kesemuanya terfokus pada pendidikan di sekolah, sehingga tidak ada lagi waktu untuk memperhatikan pendidikan di luar sekolah yang semakin jamak di masyarakat, apalagi memperhatikan segala factor pendukungnya di masyarakat. Dalam kondisi seperti ini, kemajuan teknologi yang semestinya menjadi salah satu factor pendukung pada peningkatan mutu pendidikan menjadi muspra. Kemajuan teknologi tak lebih merupakan bencana bagi dunia pendidikan karena kurangnya antisipasi paedagogis.

    C. Tanggungjawab Pendidikan, pada siapa?

    Apabila pendidikan anak adalah tanggungjawab keluarga semata, alangkah beratnya? Karena orang tua harus sendirian mengibarkan bendera perang terhadap kemajuan teknologi yang tidak paedagogis. Namun apabila tanggungjawab pendidikan terletak pada 3 (tiga)institusi secara bersama-sama, yakni Keluarga, masyarakat dan pemerintah, maka penanaman konsep dan asumsi tentang sesuatu yang salah dan yang benar akan lebih mudah dikerjakan.
    Semestinya tidak hanya permainan Smack Down yang yang dilarang untuk ditonton oleh anak-anak, namun masih banyak permainan yang lain. Ada banyak permainan berbahaya selain permainan yang bersifat kekerasan.Salah satu permainan produksi dimana seorang anak berperan sebagai pencuri ( PENCURI ) dan bisa melakukan apa saja supaya aksi pencuriannya berhasil, terkadang harus menubrukkan mobilnya pada penyeberang jalan, menghajar polisi bahkan membunuhnya.Games-games semacam ini tersebar di mana-mana, dan seorang anak akan dengan mudah mendapatkannya. Yang semestinya dikawatirkan adalah bagaimana mungkin pendidikan mayarakat melegalkan sebuah aksi pencurian. Tentunya kondisi semacam ini bisa merusak asumsi kebenaran pada anak, karena seorang anak akan memiliki asumsi yang salah dengan menikmati dan merasakan bahwa mencuri adalah sebuah petualangan yang mengasyikkan.

    D. Konsep Dasar Pendidikan Anak

    Proses pendidikan pada anak dimulai dari pengalaman –pengalaman kecilnya semasa bayi ,mencoba ,memberontak dan melakukan peniruan-peniruan. Maka pengalaman yang dialami langsung adalah sebuah materi pembelajaran yang berharga.
    Oleh karena itu seorang anak perlu diberi pengalaman-pengalaman keindahan seperti cinta kasih,estetika.etika,bersosialisasi, dan bekal-bekalnya untuk masa depannya.Pengalaman-pengalaman buruk sedapat mungkin di jadikan pembelajaran dan tidak terus diingatkan pada memory mereka supaya tidak terjadi trauma, luka batin, bahkan pemberontakan yang justru merugikan diri sendiri dan orang lain.
    Pendampingan orang tua mutlak diperlukan. Tetapi dukungan masyarakat melalui media massa apapun merupakan kolaborasi yang sangat efektif .Maka hendaknya Media Massa,pelaku pengembangan teknologi,pemerintah,masyarakat dan orang tua sendiri hendaknya senantiasa waspada pada dampak teknologi dan melakukan antisipasi-antisipasi efektif .
    Oleh karena itu konsep Dasar pendidikan yang terpadu dari keluarga, masyarakat an Pemerintah adalah konsep yang paling efektif.
    Maka melalui tulisan ini, saya, yang seorang ibu rumah tangga, yang memiliki seorang putra yang baru mekar-mekarnya memohon kepada seluruh masyarakat dan pemerintah, supaya lebih memperhatikan dampak kemajuan teknologi bagi putra-putri bangsa.Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pengembangan teknologi hendaknya disertai dengan security dan filter yang jelas sehingga tidak justru menjadi boomerang bagi dunia pendidikan.

    Seorang anak adalah perekam yang handal, dan peniru yang ulung, maka marilah kita berikan yang terbaik yang bisa mereka rekam dan tirukan.

    Paulina Soes Handajani

  31. Untuk kami yang belum memiliki akta IV apakah bisa menjadi guru.trims

  32. Pendidikan bukan merupakan trial and error karena banyak sekolah tidak menempatkan gurunya profesional
    dari guru mi Plus asy-syukriyyah cipondoh tangerang banten

  33. Untuk menjadi guru diharuskan memiliki akta 4 jika ijasah yang dimiliki bukan berasal dari ijasah kependididkan

  34. Universitas Borneo jadi Perguruan Tinggi Negeri

    Jum’at, 12 September 2008 | 14:13 WIB

    TEMPO Interaktif, Tarakan: Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Fasli Jalal menyatakan, Jumat (12/9), pemerintah akan menganalisis permintaan daerah menjadikan Universitas Borneo di Tarakan, yang saat ini masih berstatus perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri.

    Analisis akan dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Departemen Keuangan dan Sekretariat Negara. Direncanakan proses ini selesai pada 2009.

    Secara prinsip, ia menjelaskan, pengalihan status perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri menguntungkan pemerintah. Pasalnya, lanjut dia, pemerintah mendapatkan hibah langsung berupa lahan, sumber daya manusia, mahasiswa dan program belajar.

    “Meski begitu tidak bisa begitu saja disetujui,” katanya saat ditemui di sela kunjungan Menteri Pendidikan Nasional ke Kalimantan Timur. Pengalihan status Universitas Borneo, Tarakan, diperlukan karena kota itu terlalu jauh dari Samarinda, tempat perguruan tinggi negeri terdekat, Universitas Mulawarman, berada.

    “Sangat jauh dari Kota Tarakan, lagipula kapasitasnya terbatas,” kata Fasli. Selain itu letak Tarakan yang begitu dekat dengan Malaysia juga menjadi pertimbangan. Pemerintah, kata dia, tidak bisa membiarkan mahasiswa Indonesia kuliah di Malaysia jika alasannya lantarana keterbatasan sarana pendidikan.

    Universitas Borneo di Tarakan, Kalimantan Timur merupakan satu dari tujuh perguruan tinggi negeri baru yang masih diproses pengalihan dan pembangunannya di Departemen Pendidikan Nasional. Sisanya ada di Provinsi Bangka Belitung, Kepulauan Riau (M. Raja Ali Haji), Jawa Barat (Universitas Siliwangi), Sulawesi Barat, Tegal, dan Sekolah Tinggi Inteligen.

    Di Jawa Barat, jelas Fasli, jumlah penduduknya sangat besar mencapai lebih dari 30 juta jiwa. Namun, di daerah Priangan Timur belum ada PTN sehingga mahasiswa PTN di Jawa Barat membeludak.

    Universitas Padjadjaran, ia memisalkan, menampung lebih dari setiap 10 ribu mahasiswa setiap tahun. “Itu kan sudah tidak sehat,” ujarnya.

    Sebenarnya, kata Fasli, banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Jawa Barat, namun PTN lebih disukai masyarakat. “Sekarang sedang disiapkan Universitas Siliwangi, tahun depan sudah dimulai pembelajarannya,” tambah dia.
    SUMBER http://www.tempointeraktif.com

  35. Lam kenal pak, ijin ngintip rumahnya ya sambil nyari eh nyuri macem widget WP, soale aku masih belajar, pemula, terima kasih yah…

  36. berita lama tapi makin menjarah…

    ada fenomena klasik yang sering terjadi dilingkungan pendidikan yang ada di daerah sulawesi barat dan sulawesi selatan. fenimena ini kerap disebut sebagai sarjana siluman (universitas yang menghasilkan ijazah dalam waktu singkat), betapa tidak banyak sarjanan-sarjana yang bermunculan di masyarakat tanpa diketahui kapan dan dimana dimulai mengenyam pendidikan tapi tiba-tiba di Undangan / biodatanya namanya sudah di ikuti titel yang berderet-deret.

    Anehnya tidak ada aparat pemerintah, misalnya yang bergerak di Dinas pendidikan yang ambil dengan peristiwa tersebut. padahal anak SD pun tau berapa tahun waktu yang diperlukan oleh seseorang yang ingin mendapatkan gelar S1 ata S2.

    aneh…kan. tapi ini nyataloh di daerahku. thanks.

  37. dikampung halaman saya masih ada siswa smp kelas 7 yang belum mahir membaca,anehnya sepertinya mereka yang berkepentingan terhadap bisa-tidaknya anak tersebut tidak menganggap kejadian itu kejadian yang luar biasa.tapi kata beliau-beliau tersebut bingung harus bagaimana kalau dia tidak diluluskan dari sekolah dasar karena membuat siswa tersebut enggan untuk bersekolah.padahal kepemerintahan sekarang menggembor-gemborkan wajar dikdas 9 tahun

  38. hi, hi Lilis saya ingin bertanya satu hal kepada anda,
    apa manfaat nya kita mempelajari Mikro Ekonomi

  39. Kenaikan Nilai Rata-rata UN di Keluhkan
    upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan terus di galakan, namun hal tersebut ternyata menjadi keluhan beberapa orang tua dan siswa di kuala pembuang kanupaten seruyan.

    mereka menganggap jika program pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat bagus, namun jika di tujukan ke siswa bukan hal yang benar, sebab masih banyak di temukan tenaga pengajar (Guru) yang belum memenuhi standar guru, terkait hal tersebut mereka berharap pemerintah melalui dinas pendidikan pemuda dan olahraga dapat memperhatikan SDM para abdi pengajar tersebut.

    terkait dengan target kelulusan, baik orangtua siswa maupun siswa sendiri masih menimbulkan tanda tanya. meski telah di bekali dengan penambahan les sekolah serta ujian try out, para siswa mengnggap masih banyak yang melenceng dari soal UN pada soal try out. padahal menurut mereka soal try out lebih sulit dari soal UN.

    mereka berharap pemerintah maupun intansi terkait jangan membuat ngomong manis si mata masyarakat, namun lebih membuktikan kinerjanya.

  40. saya jurusan teknologi pendidikan S2. saya mau judul tesis saya.tolong bantu saya yach……………..

  41. kalau berbicara peran pemerintah tentang pendidikan saya pribadi sebagai pendidik di sdi nurul hidayah jalan bahagia sampang madura sangat tidak setuju kalau kita memasuki ke hal perbaikan gaji guru. guru adalah seorang pejuang sejati yang mengangkat derajat dan martabat siswa kita untuk menjadi orang yang berguna akan tetapi pengorbanan tidak harus dengan embel-embel uang atau gaji, pada jaman kemerdekaan gaji guru tidak seberapa tapi telah menghasilkan berjuta-juta orang pintar dari segi apa pun artinya kita berjuang dalam mengajar para siswa hanya semata untuk mengangkat martabat dan derajat dari siswa tersebu8t dan beramal yang akan di catat oleh allah swt. mari kita mengajar dengan sepenuh hati dan ikhlas. kalau berbicara gaji atau uang kita jika berkerja keras dan menghasilakn karya seni maka uang akan datang secara sendirinya tnpa kita duga kalau kita betul-betul ikhlas dalam memberikan pembelajaran di sekolah

  42. saya ingin belajar bhs inggris, thx

  43. Dalam Era Globalisasi saat ini pendidikan bisa dikatakan suatu kebutuhan utama bagi seluruh kalangan masyarakat, terutama di negara Indonesia.Tetapi banyak kendala-kendala yang didapat oleh masyarakat terutama pada faktor biaya. Di Indonesia masih banyak masyarakat yang tidak dapat memperoleh pendidikan yang tinggi hanya dikarenakan faktor biaya.Tapi saya memotivasi kepada seluruh kalangan masyarakat jika anda memiliki keinginan yang tinggi untuk meraih cita-cita anda, raihlah cita-cita sampai anda dapat menggapainya.Uang merupakan hal utama tetapi sebuah niat dan keyakinan akan mendorong anda untuk mendapatkan apa yang anda inginkan.Jangan sampai anda gagal dalam menggapai semua cita-cita anda hanya karena faktor ekonomi…………..”u can if u think u can”

  44. sok tau mancam tuhan ja ko

  45. alhamdulillah tingkat kelulusan UN tahun 2011 ini sangat tinggi.. utk kumpulan berita kelulusan UN, silakan lihat di sini: http://kabar-pendidikan.blogspot.com/2011/05/kumpulan-berita-pengumuman-ujian.html

  46. Bgaimna jika kta ingn mngomntr tpi almt emailx rzk

  47. Wah, ramai sekali. Gabung ya…

  48. I like the helpful info you supply to your articles. I will
    bookmark your blog and test once more right here
    regularly. I’m relatively sure I’ll be informed plenty of new stuff proper right here!
    Good luck for the next!

  49. semoga tahun ini tingkat kelulusannya lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya

  50. Jelek ngak bagus

  51. WAH BERITANYA BAGUS AND MENARIK INGIN AKU MEMBACANYA………………

  52. HHHHHHHHHMMMPPPPPPPPPP……….
    BERITA MEMANG BAGIAN DARI HIDUP KU POKOK NYA IS THE BEST DEHHHHHHHH……….

    • SEGITUNYA BANGET SIHH…….. LOOO
      LEBAY DEHHHH………………………………………………………

  53. permisi saya mau minta jawaban dari soal ini

    dik panjang pondasi 150,150cm.pondasi berbentuk trapesium alas atas 20,170cm tinggi pondasi403. ditanya volume pondasi

    dari soal no 1 hitunglah volume bahan yang digunakan
    a.batu kali
    b.pasir paasang
    c.semen pc

    dari soal no 1 volume sloof 10x15cm hitung volume semen pc,kerikil,pasir pasang

    saya butuh jawabannya hari ini

  54. Trims infonya. Sangat membantu.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 309 pengikut lainnya.