METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN

METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN

Yang dimaksud dengan ceramah ialah penerangan dan penuturan secara lisan. Dalam pelaksanaan ceramah untuk menjelaskan uraiannya, pengajar dapat menggunakan alat bantu seperti gambar-gambar. Tetapi metode utama, berhubungan antara pengajar dengan pembelajar ialah berbicara. Peranan dalam metode ceramah adalah mendengarkan dengan teliti dan mencatat pokok-pokok penting yang dikemukakan oleh pengajar.
Ceramah wajar dipergunakan
1. Kalau pengajar akan menyampaikan fakta (kenyataan) atau pendapat dan tidak, terdapat bahan bacaan yang merangkum fakta atau pendapat yang dimaksud.
2. Kalau pengajar harus menyampaikan fakta kepada pembelajar yang besar jumlahnya atau karena besarnya kelompok pendengar sehingga metode-metode yang lain tidak mungkin dapat dipergunakan.
3. Kalau pengajar adalah pembicara yang bersemangat dan akan rnerangsang pembelajar untuk melaksanakan sesuatu pekerjaan.
Dalam metode Ceramah Organisasi kelas sederhana
Dengan ceramah, persiapan satu-satunya bagi pengajar adalah buku catatanya. Pada seluruh jam pelajaran ia berbicara sambil berdiri atau kadang-kadang duduk. Cara ini paling sederhana dalam pengaturan kelas, jika dibandingkan dengan metode demonstrasi di mana pengajar harus membagi kelas ke dalam beberapa kelompok, ia harus merubah posisi kelas dan sebagainya.
Kelemahan metode ceramah
1. Pengajar tak dapat mengetahui sampai di mana pembelajar telah mengerti pembicaraannya. Kadang-kadang pengajar beranggapan bahwa bila pembelajar duduk diam mendengarkan atau sambil mengangguk-anggukkan kepala, berarti pembelajar telah mengerti. Padahal anggapan tersebut sering meleset; walaupun, pembelajar menunjukkan reaksi seolah-olah mengerti, akan tetapi pengajar tidak mengetahui sejauh mana penguasaan pembelajar terhadap pelajaran itu. Oleh karena itu segera setelah ia berceramah, harus diadakan evaluasi, misalnya dengan tanyajawab
2. Kata-kata yang diucapkan pengajar, ditafsirkan lain oleh pembelajar. Dapat terjadi bahwa pembelajar niemberikan pengertian yang berlainan dengan apa yang dimaksud oleh pengajar. Kiranya perlu kita sadari bahwa tidak ada arti yang mutlak bagi setiap kata tertentu. Kata kata yang diucapkan hanyalah bunyi yang disetujui penggunaanya dalam suatu masyarakat untuk mewakili suatu pengertian. Misalnya: kata modul, bagi mahasiswa UT, pengertiannya adalah salah satu bentuk bahan belajar yang berujud buku materi pokok. Sedangkan bagi-para astronot, modul diartikan sebagai salah satu komponen dari pesawat luar angkasa.
Itulah sebabnya maka setiap anak harus membentuk perbendaharaan bahasanya berdasarkan pengalaman hidupnya sehari-hari. Selama ada persamaan pendapat antar pembicara dengar pendengar untuk mengerti maksud pembicara.
Bila pengajar menggunakan kata-kata yang abstrak seperti “kepribadian”, “kesusialaan”, “keadilan”, mungkin bagi setiap anak pengertiannya tidak sama atau sangat kabur untuk mengartikan kata-kata itu. Lebih-lebih lagi bila kata-kata itu dirangkaikan dalam suatu kalimat, akan semakin banyaklah kemungkinan salah tafsir arti pembicaraan pengajar. Itulah sebabnya seringkali pembelajar sama sekali tidak sapat memperoleh pengertian apapun dari pembicaraan pengajar. Maka bila pengajar ingin menjelaskan sesuatu yang kiranya masih asing bagi anak, pengajar dapat menyertakan peragaan dalam ceramahnya. Peragaan tersebut dapat berbentuk benda yang sesungguhnya, model-model dari benda, menggambarkan dengan bagan atau diagram di papan tulis
Batas batas kemungkinan metode ceramah
1. Pengajar tidak dapat mengetahui sampai di mana murid telah mengerti (memahami) yang telah dibicarakan.
2. Pada pembelajar dapat terbentuk konsep yang lain dari pada kata-kata yang dimaksudkan oleh pengajar tersebut.
Bagaimana mempersiapakan ceramah yang berdaya guna?
Langkah-langkah di bawah ini pada umumnya merupakan langkah yang dapat mempertinggi hasil metode ceramah.
a. Rumuskan tujuan khusus yang hendak dipelajari oleh pembelajar.
b. Setelah menetapkan tujuan, hendaklah diselidiki apakah .metode ceramah benar-benar merupakan metode yang sangat pada tempatnya.
c. Susuanan bahan ceramah yang benar-benar perlu diceramahkan.
d. Pengertian yang dapat dijelaskan dengan alat atau dengan uraian yang tertentu harus ditetapkan sebelumnya.
e. Tangkaplah perhatian siswa dan arahkan pada pokok yang akan diceramahkan.
f. Kemudian usahakan menanam pengertian yang jelas. Hal ini biasa dilaksanakan dengan melalui beberapa jalan misalnya : Pertama, pengajar memberikan ikhtisar ringkas mengenai pokok-pokok yang akan diuraikan. Kedua, pengajar menguraikan pokok tersebut dan akhirnya menyimpulakan pokok-pokok penting dalam pembicaraan itu.
g. Adakan rencana penilaian. Teknik evaluasi yang wajar digunakan untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan-tujuan khusus itu perlu ditetapkan.

Sampai hal 108

About these ads

13 Tanggapan

  1. Pak de, saya butuh bantuan dari bapak…
    untuk membeantu saya mencari data
    tentang pengaruh metode pembelajaran tentang diskusi dan ceramah dalam hasil belajar ppkn SMP
    Pak tolong bantu saya, intuk mencari data- data tersebut karena sangat penting buat saya…
    karena saya kurang data – data………
    terima kasih banyak buat pak de sofa…

  2. Pak , saya minta tolong…
    dibantu untuk menambah data kami dalam rangka penyelesaian program tesis.
    Kami minta tolong Bapak untuk dapat membantu memberikan penjelasan tentang :
    1. Pengaruh metode diskusi dan demonstrasi dalam pembelajaran IPA
    2. Interaksi metode (diskusi dan demonstrsi) dengan intelegensi.

    untuk bantuan Bapak, kami mengucapkan terima kasih.

  3. pak..
    tlong bntu saya ya..
    sebab saya mbuat KI yg jdulnya Penggunaan metode diskusi dlm pembelajaran bhs indonesia..
    sbb saya masi kurang dalam pembahasannya..
    tlong ya pak..
    thanks

  4. Ass.
    pak, saya mohon bantuan bpk, saat ini saya sedang menyusun proposal skripsi. Saya mengangkat tema mengenai pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, masalahnya saya belum ada referensi. kira-kira bapak punya buku mengenai model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini???
    (Hery, smt IX, FKIP(Matematika)_UB)

  5. Ass.
    pak, saya mohon bantuan bpk, saat ini saya sedang menyusun proposal skripsi. Saya mengangkat tema mengenai perbedaan metode pembelajaran ceramah pd mata pelajaran Aqidah Akhlak dg mata pelajaran PPKN dalam memperbaiki moral siswa, masalahnya saya belum ada referensi. kira-kira bapak punya buku mengenai hal ini???
    apa pendapat bapa mengenai perbedaan hasil pembelajaran yang diperoleh dg metode ceramah pada dua jenis mata pelajaran yang saya teliti?

  6. Asslm,
    pk saya mohon bantuan bpk, saat ini saya sedang menyusun skripsi dengan judul keefektifan metode ceramah dan metode tanya jawab terhadap prestasi siswa dalam mata ajaran IPA saya butuh data keefektifan metode ceramah dan tanya jawab dalam jenis angkanya yang mengatakan efektif untuk latar belakang penulisan dipendahuluan. atas bantuan bpk sy ucapkan terimakasih.
    BALAS YA PK.

  7. tolong lebih jelas lagi indikator2 metode ceramahnya cz sya sdng menyeleseikan s1 saya

  8. ku5ec jmy5e mu

  9. makasih pak

  10. waaah makasih pak atas artikelnya,

  11. thank pak….?
    blogsnya bagus banget….
    i like it….

  12. good ….(y)

  13. pak minta tolong kirimin kita tentang teori – teori pendukung metode ceramah dalam pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 298 pengikut lainnya.