BAB I PENGGUNAAN RAGAM BAHASA GAUL DIKALANGAN REMAJA DI TAMAN OVAL MARKONI KOTA TARAKAN

BAB1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa adalah salah satu identitas sebuah bangsa demikian halnya dengan Bahasa Indonesia. Bahasa sebagai alat kornunikasi yang dipergunakan oleh masyarakat untuk berkerja sama, berinteraksi, dan merlgidentillkasikan diri. Setiap bahasa sebenarnya mempunyai ketetapan atau kesamaan dalam hal tata bunyi, tata bentuk, tata kata, tata kalimat, dan tata makna. Tetapi karena berbagai faktor yang terdapat di dalam masyarakat pemakai bahasa itu, seperti usia, pendidikan, agama, bidang kegiatan dan profesi, dan latar belakang budaya daerah, maka bahasa itu menjadi tidak seragam benar. Bahasa itu menjadi beragam. Mungkin tata bunyinya menjadi tidak persis sama, mungkin tata bentuk dan tata katanya, dan mungkin tata kalimatnya.
Di masyarakat sering kita dengar istilah “Gaul”. Terutama pada golongan remaja, inereka beranggapan bahwa kemajuan zaman adalah dunia yang lahir untuk mereka, dengan sebutan modern Islam segala hal, tidak terkecuali alat kornunikasi verbal yaitu bahasa yang sering mereka sebut dengan “Bahasa Gaul”. Menurut sebuah sumber bahasa gaul mulai muncul pada akhir tahun 1980-an (http://radeningrat.wordpress.com/04/12/2008/sejarah bahasa gaul). Pada saat itu bahasa gaul di kenal sebagai bahasanya anak jalanan dan para preman. Salah satu kata yang terkenal pada zaman itu ialah kata “Nich yee”. Kemudian bahasa gaul mulai berkembang hingga sekarang.

Dalam pembicaraan tentang ragam bahasa gaul ini biasanya dikaitkan dengan masalah dialek. Kalau dialek berkenaan dengan bahasa itu digunakan oleh siapa, dimana, dan kapan, maka ragam berkenaan dengan masalah bahasa itu digunakan untuk kegiatan apa. Dalam kehidupan modern ada kemungkinan adanya seseorang yang hanya mengenal satu dialek; namun, pada umumnya dalam masyarakat modern orang hidup dengan lebih dari satu dialak (regional maupun sosial) dan menggeluti sejumlah ragam, sebab dalam masyarakat modern orang sudah pasti berurusan dengan sejumlah kegiatan yang berbeda.
Bahasa gaul biasanya digunakan dalam suasana informal yang sifatnya bisanya menghibur, dan untuk menjalin keakraban, karena apabila kita mengunakan bahasa baku dalam suasana akrab atau hiburan akan terkesan kaku dan membuat suasana menjadi formal yang cenderung melahirkan kejenuhan penyimak. Dalam kehidupan bermasyarakat bahasa gaul juga sangat baik digunakan selain praktis juga mudah dipahami. Khususnya remaja yang lebih sering menggunakan bahasa gaul misalnya kalimat “ya iyalah, masaya iya dong”, “masa sich” dan kalirnat “secara gituloh”. Pada kalimat tersebut terdapat penggunaan kata yang khas, yaitu iyalah,. masa, secara, dong dan sebagainya. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, penulis menarik untuk meneliti penggunaan ragam bahasa gaul dikalangan remaja di Taman Oval Markoni Kota Tarakan.

B. Alasan Pemilihan Judul
Peneliti memilih juduI Pengunaan Ragam Bahasa Gaul Dikalangan Remaja di Taman Oval Markonil Kola Tarakan (Tinjauan Sosiolinguistik). Judul tersebut dipilih karena penggunaan ragam bahasa gaul dikalangan remaja merupakan bahasa lisan yang menarik untuk diteliti, karer.a Ragam dalam bahasa gaul dikalangan remaja tidak terdapat dalam lisan lainnya daiam arti bahasa secara formal. Sepengetahuan peneiiti, belum pernah ada penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan penggunaan ragam bahasa gaul dikalangan remaja di Taman Oval khususnya di Kota Tarakan.
C. Batasan Masalah
Mengingat luasnya masalah yang berkaitan dengan iingkup penggunaan ragam bahasa gaul dikalangan remaja di Tainan Oval Markoni Kota Tarakan. perlu adanya pembatasan masalah. Hal in! dilakukan agar penelitian dapat lebih terpusat pada tujuan yang ingin dicapai. Masalah dalam kajian penelitian ini dibatasi pada Penggunaan Ragam Bahasa Gaul Dikaiangan Remaja di Taman Oval Markoni Kota Tarakan sebagai bahan penelitian.
D. Rumusan Masalah
Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana bentuk-bentuk satuan lingual ragam bahasa gaul dikalangan remaja di Taman Oval Markoni Kota Tarakan?

2. Bagaimana karakteristik ragam bahasa gaul dikalangan reimja di Taman Oval Markoni KotaTarakan ?
E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah sabagai berikut:
1. Mendeskripsikan satuan lingual bahasa gaui dikalangan remaja di Tainan
Oval Markoni Kota Tarakari.
2. Menjelaskan karakteristik ragam bahasa gaul dikalangan remaja di
Taman Oval Markoni Kota Tarakan..
F. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoritis inaupun praktis, sebagai berikut:
1. Manfaat teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan
kajian teoritis yang mendukung peneiitian lebih lanjut dan bermanfaat
ilmu sosiolinguistik, khususnya tentang penggunaan ragam bahasa gaul
dikalangan remaja di Taman Oval Markoni Kota Tarakan.
2. Manfaat praktis, penelitian ini diharapkan membina wawasan masyarakat
dalam mengembangkan kemampuan menggunakan kosakata agar dapat
mewujudkan percakapan bahasa lisan yang akrab dan menarik.

G. Penegasan Judul Penelitian
Judul penelitian ini adalah Penggunaan Ragam Bahasa Gaul Dikalangan Remaja di Taman Oval Kota Markoni Tarakan (Tinjauan Sosiolingistik). Penegasan judul perlu dilakukan untuk mempertegas maksud judul penelitian. Adapun penegasan judul dalam penelitian ini sebagai bcrikui:
1. Penggunaan Bahasa
Penggunaan bahasa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri, Kridalaksana (1993) dalam Aslinda (2007:1).
2. Ragam Bahasa
Ragam bahasa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah variasi bahasa yang digunakan oleh sekelompok masyarakat (Chaer, 2004:61).
3. Bahasa Gaul
Bahasa Gaul adalah variasi bahasa r on resrni yang memiliki karakteristik yang biasanya berupa singkatan dan kosakata (http://radeningrat.wordpress.com/2008/12/04).
4. Remaja
Remaja adalah mulai dewasa; sudah sampai umur untuk kawin (Depdiknas, 1991:830).

5. Tarn an Oval
Taman adalah kebun yang ditanami dengan bunga-burga (tempat bersenang-bersenang) (Depdiknas, 1991:997). Sedangkan Oval adalah lonjong (Depdiknas, 1991:709).
6. Kota Tarakan
Kota Tarakan berada di wilayah propinsi Kalimantan Timur bagian Utara, tempat peneliti akan mengadakan penelitian mengenai penggunaan ragam bahasa gaul dikalangan remaja Taman Oval Markoni Kota Tarakan.
7. Sosiolinguistik
Sosiolinguistik yang dimaksud dalam penelidan ini adalah bidang ilmu antardisplin yang mempelajari bahasa dalam kaitanya dengan penggunaan bahasa itu di dalam masyarakat (Chaei, 2004:2).
H. Sistematika Penulisan
Skripsi ini menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut:
Bab 1 Pendahuluan. Bab ini terdiri atas latar belakang masalah, alasan memilih judul. batasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, mantaat penelitian, penegasan judul, dan sistematika penulisan.
Bab II Landasan Teori. Bab ini terdiri atas pengertian bahasa, fungsi bahasa, pengertian Sosiolinguistik, variasi jahasa, morfologi, sintaksis, dan leksikal.

Bab III Metode Penelilian. Bab ini terdiri alas, penvediaan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data.
Bab V Penutup. Bab ini terdiri atas kesimpulan dan saran.

Baca Artikel Lain

SAP Komputer Dasar;>>>> Baca

Alat Bantu Mengukur Dan Menghitung;>>> Baca

Prefiks{ Ma- } Dan {a-} Dalam Bahasa Ahasa Bugis;>>>>>>>> Baca

Penggunaan Bahasa Dalam Short Message Service (sms) Di Kalangan Remaja Kota Tarakan;>>>>> Baca

Kumpulan Artikel yang lain;>>>>>>>>> Baca

5 Comments

  1. assallamualaikum saya seorang mahasiswi yang sedang melakukan penelitian dan saya sangat ingin mengangkat pembahasan bahasa gaul dalam pengaruhnya ke bidang pendidikan, namun saya ragu karena sepertinya sulit mendapatkan referensi mengenai bahasa gaul itu sendiri.. bila tidak keberatan mohhhonn dengan sangat untuk membantu saya mendapatkan referensi mengenai bahasa gaul. saya ucapkan beribu kata terimakasih atas perhatian dan bantuannya..

Tinggalkan komentar