• Download Software Komputer
    Untuk anda yang ingin tahu, ingin belajar, mengubah ketertinggalan menjadi modern. Mengubah kemelataran menjadi kemakmuran.
    Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Terus aktifitas takkan pernah lelah untuk belajar. CARI ILMU dimana saja, kapan saja dan berguru kepada siapa saja
    Google Groups
    Pencariilmu
    Kunjungi grup ini
    *Melihat Kota tempat weblog ini dikelola dari Satelit
  • Sepuluh Masukan Terkini

    Fatma di Download Diktat Buku Akuntansi…
    rendy di Download Diktat Buku Akuntansi…
    Rina Monika Dewi di Pengertian Etika, Moral dan…
    Dwi gita di Pengertian Politik dan Ilmu…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    Anonymous di PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SIKL…
    Linguistik Umum | bo… di Cakupan Semantik
  • Admin

  • Hakikat Pengelolaan dan Penataan Kelas

    Penguatan, Variasi dan Ketrampilan Menjelaskan dalam Mengajar

    1. Pengelolaan kelas adalah seperangkat kegiatan untuk mengembangkan tingkah laku siswa yang diinginkan, mengulang atau meniadakan tingkah laku yang tidak diinginkan, dengan hubungan-hubungan inter personal dan iklim sosio emosional yang positif serta mengembangkan dan mempermudah organisasi kelas yang efektif.
    2. Tujuan guru mengelola kelas adalah agar semua siswa yang ada di dalam kelas dapat belajar dengan optimal dan mengatur sarana pembelajaran serta mengendalikan suasana belajar yang menyenangkan untuk mencapai tujuan belajar.
    3. Secara garis besar terdapat 2 komponen utama dalam pengelolaan kelas yaitu:
    a. Keterampilan yang berhubungan dengan tindakan preventif berupa penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar dan,
    b. Keterampilan yang berkembang dengan tindakan kreatif berupa pengembalian kondisi belajar yang optimal.
    4. Ada 6 prinsip yang perlu di pelajari dan dikuasai oleh guru dalam mengelola kelas. Prinsip-prinsip ini tidak bisa digunakan satu persatu saja tetapi harus bervariasi artinya lebih dari satu prinsip. Hal-hal yang harus di perhatikanan guru dalam memilih prinsip-prinsip pengelolaan kelas ini adalah
    (1) situasi dan kondisi di mana pembelajaran tersebut berlangsung,
    (2) pada siapa proses pembelajaran tersebut ditujukan

    Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas

    1. Peranan guru dalam pengelolaan kelas adalah (1) memelihara lingkungan fisik kelas (2) mengarahkan/membimbing proses intelektual dan sosial siswa di dalam kelas dan (3) mampu memimpin kegiatan pembelajaran yang efisien dan efektif. Sedangkan tugas-tugas guru dalam mengelola kelas adalah (1) sebagai manajer (2) sebagai pendidik dan (3) sebagai pengajar.
    2. Dalam mengelola kelas sering ditemui kendala-kendala yang dapat menghambat terjadinya proses pembelajaran yang efisiendan efektif. Kendala ini bisa datang dari guru, bisa juga dari siswa dan bisa juga dari faktor lingkungan.
    3. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang kondusif selain menerapkan prinsip-prinsip pengelola juga kiat-kiat untuk mengatasi kendala tersebut yaitu
    (1) guru tidak boleh campur tangan yang berlebihan terhadap siswa
    (2) guru jangan sampai kehilangan konsentrasi yang dapat menimbulkan kesenyapan atau pembicaraan terhenti dengan tiba-tiba.
    (3) hindari ketidak tepatan menandai dan mengakhiri suatu kegiatan artinya guru harus tepat waktu
    (4) guru harus dapat mengelola waktu, baru hal ini dapat menimbulkan penyimpangan yang berkaitan dengan disiplin diri siswa dan
    (5) berilah penjelasan yang jelas, sederhana, sistematis dan tidak bertele-tele atau mengulang-ulang penjelasan karena dapat menimbulkan kebosanan.

    Hakikat Penataan Kelas

    1. Pengaturan dan penataan kelas mencakup:
    (1) pengaturan siswa,
    (2) lingkungan fisik dan
    (3) penggunaan ruangan, serta
    (4) pemanfaatan sumber belajar yang berasal dari lingkungan karena itus setiap guru dituntut untuk tampil dan kreatif serta peka terhadap suasana kelasnya.

    2. Penataan lingkungan fisik yang efektif sangat mempengaruhi basis belajar siswa, dan pencapaian tujuan pembelajaran keefektifan lingkungan kelas dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas minimal dalam pengelolaan kelas seperti (1) jumlah siswa dan (2) besarnya ruang kelas.

    Ruang Kelas

    1. Ruang kelas adalah kondisi fisik kelas yang akan digunakan oleh guru bersama dengan siswanya dalam aktifitas pembelajaran.
    2. Ciri-ciri produktif
    1. memungkinkan terjadinya interaksi yang dinamis antara guru dan siswa serta antara siswa sendiri.
    2. tugas-tugas siswa dapat diselesaikan tepat pada waktunya
    3. sportifitas, kreatifitas dan antusias siswa yang tinggi dapat terjaga dengan baik.
    4. memungkinkan terjadinya kerjasama yang solid antara siswa maupun dengan gurunya.
    5. kesadaran yang tinggi untuk berdisiplin
    6. dapat meminimalisasi masalah atau hambatan dalam pengelolaan kelas.
    7. dapat mencapai hasil yang optimal.
    3. Ruang kelas secara tidak langsung mempengaruhi tumbuh kembangnya siswa baik fisik maupun mental, intelektual, emosional dan sosialnya. Karena itu guru harus memperhatikan bagaimana menata fasilitas dan perabot kelas sehingga akan dapat aman, nyaman dan kreatif selama proses pembelajaran berlangsung.

    Sumber Buku Kemampuan Dasar Mengajar Karya Edi Soegito dan Yuliani Nurani

    Baca Artikel Lain

    Ketrampilan Dasar Mengajar;>>>> Baca

    Ketrampilan Membuka dan Menutup Pelajaran;>>>> Baca

    Ketrampilan Menjelaskan dan Bertanya;>>>> Baca

    Penguatan, Variasi dan Ketrampilan Menjelaskan dalam Mengajar;>>>> Baca

    Hakikat dan Teknik Bertanya dalam Mengajar;>>>> Baca

    Membuka dan Menutup Pelajaran Bukan Sekedar Mengabsen Siswa;>>>> Baca

    Kumpulan Link Artikel yang lain;>>>>>>>>> Baca buka semua

    3 Tanggapan

    1. pak,bagaimana dengan pengelolaan kelas yang kurang kondusif,apakah sebuah kelas itu dikatakan kondusif bila seluruh peserta di dalamnya merasakan nyaman dan dapat mengelola pikirannya,dan apakah lingkungan itu adalah suatu faktor besar yang dapat mempegaruhi keadaan kelas,lalu seperti apakah bagi mereka yang memang berada di suatu daerah tertentu dan harus melakuan kegiatan KBM dengan kondisi fisik dan media kelas yang sangat minimal sekali.apakah itu kesalahan dari pengelolaan kelasnya pak dan mengapa mereka yang berada di daerah seperti itu malah antusias sekali belajarnya daripada mereka yang berada di daerah yang memang memadai untuk kegiatan KBM.lalu seperti apakah peran pemerintah dalam mengatasi hal seperti itu. terima kasih pak

    2. Wow ini keren banget Pak…..
      Thanks ya…..

    3. setelah saya baca ternyata peran guru itu sangat penting dalam mengelola proses pembelajaran di dalam kelas ya pak?
      bagaimana jika guru itu terkadang penjelasannya kurang ditail jadi siswanya kurang mengerti, apa yang harus dilakukan seorang guru pak?

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

    Bergabunglah dengan 323 pengikut lainnya

    %d blogger menyukai ini: