• Download Software Komputer
    Untuk anda yang ingin tahu, ingin belajar, mengubah ketertinggalan menjadi modern. Mengubah kemelataran menjadi kemakmuran.
    Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Terus aktifitas takkan pernah lelah untuk belajar. CARI ILMU dimana saja, kapan saja dan berguru kepada siapa saja
    Google Groups
    Pencariilmu
    Kunjungi grup ini
    *Melihat Kota tempat weblog ini dikelola dari Satelit
  • Sepuluh Masukan Terkini

    Fatma di Download Diktat Buku Akuntansi…
    rendy di Download Diktat Buku Akuntansi…
    Rina Monika Dewi di Pengertian Etika, Moral dan…
    Dwi gita di Pengertian Politik dan Ilmu…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    Anonymous di PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SIKL…
    Linguistik Umum | bo… di Cakupan Semantik
  • Admin

  • BAB 1 ANALISIS KETIDAKBAKUAN KALIMAT DALAM SURAT RESMI DI KANTOR CAMAT TARAKAN BARAT

    ANALISIS KETIDAKBAKUAN KALIMAT DALAM SURAT RESMI DI KANTOR CAMAT TARAKAN BARAT
    Oleh INDAH ISNAWATI

    BAB I PENDAHULUAN
    A. Latar Belakang
    Bahasa Indonesia sebagai ragam bahasa baku dijadikan sebagai bahasa pemersatu di wilayah Indonesia yang memiliki beragam bahasa di setiap daerah. Dalam bahasa Indonesia ditemukan sejumlah ragam bahasa. Ragam bahasa merupakan salah satu dari sejumlah variasi yang terdapat dalam pemakaian bahasa. Variasi itu muncul karena pemakaian bahasa memerlukan alat komunikasi yang sesuai dengan situasi dan kondisinya. Ragam tertentu dipakai untuk kepentingan yang sifatnya formal, dan ragam yang lain dipakai untuk kepentingan yang tidak formal. Dalam ragam formal misalnya digunakan untuk pidato kenegaraan, khotbah, kuliah, penyiaran berita lewat radio atau televise, penulisan yang bersifat resmi. Berdasarkan media dan sasarannya, ditemukan ragam lisan dan ragam tulis. Surat merupakan salah satu bentuk komunikasi tulis yang masih sangat penting sampai saat ini. Gagasan/ informasi secara lengkap dapat disampaikan penulis melalui surat.
    Menulis surat ternyata tidak sesederhana yang kita bayangkan. Terbukti setelah seseorang memulai menulis surat, baru menyadari bahwa membuat surat cukup menyulitkan. Hal itu terjadi karena penulis sebenarnya belum siap atau tak memiliki dasar pengetahuan tentang bagaimana cara menulis surat yang benar. Menulis surat yang baik tentunya mengandung bagian-bagian yang memenuhi persyaratan sebuah surat yang baik. Bisa saja semua orang dapat menulis surat, tetapi apakah surat yang ditulis itu sudah memenuhi persyaratan yang benar? Tentu saja para penulis surat dituntut harus

    belajar lebih banyak tentang bagaimana cara menulis surat yang benar, tidak hanya sekedar penyampaian maksud dan isi hati semata-mata. Yang menerima surat akan menilai bahwa surat yang dibacanya kurang sopan, kurang jelas, kurang komunikatif, kurang memenuhi syarat sebagai surat yang baik dan benar. Sebaiknya kita hindari tanggapan orang semacam itu.
    Penulisan yang dimaksud tentunya surat-surat yang utamanya adalah surat resmi yang dipergunakan oleh dinas pemerintahan, perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi. Surat dinas merupakan surat resmi sehingga dalam pemakaian bahasa surat harus mempergunakan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulisan surat resmi dengan menggunakan bahasa Indonesia harus sesuai dengan tata bahasa Indonesia serta sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan atau sesuai dengan aturan penggunaan bahasa baku.
    Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan surat resmi ialah penggunaan bahasa yang tidak baku. Oleh karena itu dalam penggunaan ragam bahasa baku tulis diperlukan kecermatan dan ketepatan didalam pemilihan kata, penerapan kaidah ejaan, struktur bentuk kata dan struktur kalimat, serta unsur-unsur bahasa di dalam struktur kalimat.
    Berdasarkan hal tersebut, penulis berusaha untuk meneliti ketidakbakuan kalimat dalam surat resmi di kantor Camat Tarakan Barat.
    B. Alasan Pemilihan Judul
    Penulis memilih judul Analisis Ketidakbakuan kalimat dalam Surat Resmi di Kantor Camat Tarakan Barat, karena surat resmi merupakan surat yang selalu digunakan

    oleh organisasi dan instansi pemerintahan maupun swasta, tetapi masih banyak terdapat kesalahan dalam penggunaan kalimat.
    C. Batasan Masalah
    Kesalahan penulisan yang terdapat pada surat resmi bervariasi, antara lain kesalahan dalam penulisan ejaan, pemilihan kata, dan strukrur kalimat. Dalam hal ini, peneliti membatasi pada ketidakbakuan kalimat yang terdapat dalam penulisan surat resmi keluar dan masuk di kantor Camat Tarakan Barat.
    D. Rumusan Masalah
    Berdasarkan batasan masalah, dapatlah dirumuskan permasalahan penelitian yaitu, bagaimanakah ketidakbakuan kalimat dalam surat resmi di Kantor Camat Tarakan Barat?
    £. Tujuan Penelitian
    Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan ketidakbakuan kalimat dalam surat resmi di Kantor Camat Tarakan Barat.
    F. Manfaat Penelitian
    Setiap penelitian yang dilakukan harus bermanfaat baik secara teoritas maupun praktis. Manfaat penelitian ini adalah :

    1. secara teori, hasil pembahasan ketidakbakuan kalimat dalam surat resmi dapat
    dijadikan sebagai pedoman dan acuan dalam penulisan surat resmi di kantor-
    kantor, terutama di kantor Camat Tarakan Barat sesuai dengan kaidah bahasa
    Indonesia yang baik dan benar.
    2. secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca, penulis,
    para mahasiswa Universitas Borneo, instansi pemerintah/swasta, dan masyarakat
    sehingga dapat memiliki wawasan dalam menulis surat resmi.
    G. Penegasan Judul
    Judul dalam skripsi ini adalah Analisis Ketidakbakuan Kalimat dalam Surat Resmi di Kantor Camat Tarakan Barat. Penegasan judul digunakan untuk menghindari penafsiran yang salah terhadap judul penelitian. Adapun penegasan judul dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
    1. Analisis
    Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.
    2. Ketidakbakuan
    Ketidakbakuan adalah ragam bahasa yang menyimpang dengan aturan yang baku (Moeliono, 1989:43).
    3. Kalimat
    Kalimat adalah satuan sintaksis yang disusun dari konstituen dasar, yang biasanya berupa klausa, dilengkapi dengan konjungsi bila diperlukan, serta disertai dengan intonasi final (Chaer, 1994:240).

    4. Surat
    Surat adalah salah satu alat komunikasi tulis, yang berasal dari salah satu pihak yang ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan pesan dan warta (Marjo, 1985:15)
    5. Kantor Camat Tarakan Barat adalah salah satu dari empat kecamatan yang ada di
    Wilayah kota Tarakan yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Karang
    Balik.
    Jadi, maksud judul ini peneliti berusaha mengadakan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan ketidakbakuan kalimat dalam surat resmi di Kantor Camat Tarakan Barat.
    H. Sistematika penulisan
    Penulisan skripsi ini disajikan dalam sistematika sebagai berikut: BAB I Pendahuluan terdiri atas latar belakang masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, penegasan judul, dan sistematika penulisan. BAB II Landasan Teori terdiri atas bahasa baku, pengertian surat, susunan surat resmi, kalimat, ciri-ciri kalimat baku, dan sebab-sebab ketibakbakuan kalimat. BAB III Metode Penelitian meliputi pengertian metode, populasi penelitian, tempat dan waktu penelitian, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

    4 Tanggapan

    1. saya mempunyai beberapa bertanya diantaranya sbg berikut:
      1. Apa saja manfaat menulis surat Dinas (tolong jelaskan satu persatu)
      2. Apa saja tujuan menulis surat dinas (tollong di jelaskan secara mendetaiL)
      Terima kasih saya tunggu jawabannya secpatnya,,,,,,,

    2. dalam banyak surat resmi sering terjadi ketidak samaan urutan data yang ditulis, untuk pendataan seorang pegawai , ada yang menuliskan data dengan urutan : Nama, NIP, Umur, Jenis Kelamin, Tempat tanggal lahir, Jabatan, Pangkat / Gol Alamat,
      Ada yang menuliskan Nama,NIP, Tempat tgl.lahir, Pangkat / Gol, Jabatan, Alamat,
      Apakah tidak ada yang baku, sehingga karena ketidak bakuan dan kearoganan fihak tertentu, acapkali mempersulit hal2 yang seharusnya mudah.

    3. sebelumnya perkenalkan nama saya yasmi. saya asli orang sumbar. saya kuliah disebuah univ. swasta di padang. tepatnya di univ. bung hatta. jrusan bahasa dan sastra indonesia
      saya juga akan meneliti tentang surat resmi dikampung saya. tepatnya di alahan panjang. kab. solok. prof sumbar dan judul tersebut sekaligus sebagai judul skripsi saya. yang saya minta. tlong dong kirimkan beberapa contoh surat resmi yang telah anda peroleh. semua contoh yang anda kirimkan akan saya pergunakan sebagai bahan perbandingan
      saya tunggu balasannya secepatnya.
      terima kasih

    4. mana contoh surat resminya

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

    Bergabunglah dengan 324 pengikut lainnya

    %d blogger menyukai ini: