Kcmampuan dalam Pemenggalan Kata Berimbuhan Siswa Kelas V SON 005 Kampung Satu Tarakan

Kcmampuan dalam Pemenggalan Kata
Berimbuhan Siswa Kelas V SON 005 Kampung
Satu Tarakan Tahun Pembelajaran 2008/2009
oleh Saudah Diniati
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan alat komunikasi bagi manusia. Tanpa bahasa,
masyarakat tidak dapat berkomunikasi yang baik dengan tujuan dan harapan yang
ingin dicapai. Tanpa bahasa, masyarakat tidak dapat berinteraksi dan tidak dapat
saling mengenal antarsatu dengan yang lain. Sebagai alat komunikasi, bahasa
dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan.
Bahasa lisan disampaikan secara langsung sehingga penutur dan mitra
tutur saling memahami apa yang dibicarakan, sedangkan bahasa tulis disampaikan
secara tertulis oleh penutur kepada mitra tutur.
Selain sebagai alat komunikasi, bahasa sangat penting dalam dunia
pendidikan dan pengajaran. Bahasa merupakan bahasa pengantar di lembagalembaga
pendidikan formal mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi.
Dalam dunia pendidikan, bahasa Indonesia diposisikan sebagai salah satu mata
pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar maupun dilembaga pendidikan yang
lain.
Pengajaran keterampilan berbahasa, bertujuan untuk menumbuhkan dan
mengembangkan keterampilan berbahasa siswa. Terampil berbahasa berarti,
terampil menyimak, terampil berbicara, terampil membaca, dan terampil menulis
dajam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka di dalam keterampilan berbariasa
keempat aspek tersebut sangat berkaitan dalam proses belajar bahasa di SON 005
Kampung Satu Tarakan, Salah satu aspek yang menjadi fokus pembahasan penulis
dalam proposal penelitian ini adalah aspek menulis, khususnya menulis
peitnengglari kata yang diajarkan pada siswa kelas V SON 005 Kampung Satu
Tarakan.
Pemenggalan kata atau penyukuan kata adalah struktur yang terjadi dari
satu atau urutan yang merupakan konstituen kata. Setiap suku kata dalam bahasa
Indonesia ditandai oleh sebuah vokal. Oleh karena itu, jika kita ingin mengetahui
sebuah kata terdiri atas beberapa suku kata, cukup kita menghitung jumlah
vokalnya, Misalnya kata «<?/, terdiri dari satu suku kata karena hanya memiliki
sebuah vokal, yaitu o.
Pada pembelajaran siswa sekolah dasar, khususnya rnateri pemenggalan
kata, masih banyak ditemukan kesalahan penulisan, terutama pada kata-kata
berimbuhan, Untuk itu penulis ingin meljhat kemampuan siswa dalam memenggal
kata, baik kata dasar maupun kata-kata yang teiah mendapat imbuhan atau afiks.
Untuk memudahkan siswa dalam memenggal kata-kata berimbuhan,
maka siswa harus mengetahui kata dasarnya terlebih dahulua. Siswa betul-betul
memahami proses pembentukan kata tersebut.
B. AFasan Pemilihan Judul
Penulis memilih judul kemampuan dalam pemenggalan kata
berimbuhan siswa kelas VSDN 005 Kampung Satu Tarakan dengan pertimbangan
sebagai berikut:
1. pemenggalan kata merupakan salah satu bagian dari unsur kebahasaan;
2. mengetahui siswa menggunakan kata dasar pada pemenggalan kata
berimbuhan;
3. sepengetahuan penulis, belum ada penelitian mengenai kemampuan
siswa dalam menggunakan kata dasar pada pemenggalan kata
berimbuhan.
C. Batasan Masalah
Penelitian agar terarah pada tujuan dan tidak menyimpang dari
permasalahan maka perlu batasan masalah. Oleh k’arena itu, penulis membatasi
penelitian pada pemenggalan kata dasar dan pemenggalan kata berimbuhan.
D. Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah tersebut, rumusan masalah penelitian ini
adalah:
1. Bagaimana pemenggalan kata dasar siswa kelas V SDN 005 Kampung
Satu?
2. Bagaimana pemsnggalan kata berimbuhan siswa kelas V SDN 005
Kampung Satu?
E. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian setelah melihat rumusan masalah di atas adalah
1. untuk mengetahui cara memenggal kata dasar yang benar;
2. untuk mengetahui cara memenggal kata berimbuhan yang benar;
F. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
1. Manfaat praktis yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan pemahaman kepada siswa dalam pembelajaran
pemenggalan kata.
2. Manfaat teoritis yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya
pemenggalan kata dan bermanfaat sebagai dasar teori bagi penelitian
lanjutan.
G. Penegasan Judul
Judul penelitian ini adalah kemampuan dalam pemenggalan kata
berimbuhan siswa kelas V SDN 005 Kampung Satu Tarakan. Adapun penegasan
judul dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Kemampuan
Kemampuan adalah kesanggupan, kecakapan, atau kekuatan
melakukan sesuatu (KBBI, 2002:707).
2. Siswa
Siswa adalah murid atau pelajar, terutama pada tingkat sekolah dasar
dan menengah (KBBI, 2002:1.077).
3. Mengetahui
Mengetahui adalah tahu atau mengenal dengan menilik ciri-ciri
(tanda-tanda dan sebagainya). Atau mengerti setelah mengenalnya
(KBBI, 2002:1.121).
5. Kata dasar
Kata dasar adalah deretan huruf yang diapit oleh dua buah spasi, dan
mempunyai satu art! (Chaer, 2004:162).
6. Pemenggalan
Pemenggalan adalah proses, perbuatan, cara memenggal (KBBI,
2002:850).
7. Kata
Kata adalah unsur bahasa yang yang diucapkaa atau dituliskan yang
merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat
digunakan dalam berbahasa (KBBI, 2002:513)
8. SON 005 Kampung Satu
SDN 005 Kampung Satu yang dimaksud dalam penelitian ini adalah
salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Tarakan yang berada di JI.
Mangkudulis RT 7 RW 2 Kampung Satu Tarakan.

7 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s