PERANAN FISIOTERAPI DALAM GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK

PERANAN FISIOTERAPI DALAM GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK
Oleh Team Maibel Terapi Terpadu

Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu bergerak, yang menunjukkan bahwa dia ada, berubah, berpindah, dan berkomunikasi.
Arti bergerak secara umum adalah berubahnya satu bagian atau seluruh tubuh untuk mengerjakan sesuatu dengan tujuan tertentu. Sedangkan arti bergerak secara khusus adalah adanya kerjasama antara otak, saraf, otot, tulang dan sendi yang disebabkan adanya stimulasi dari luar melalui indera tubuh untuk mengerjakan sesuatu dengan tujuan tertentu.
Pergerakan seseorang bisa dikatakan normal bila gerakan tersebut mempunyai nilai kekuatan normal serta mempunyai makna dan tujuan tertentu.

DEFINISI FISIOTERAPI
Fisioterapi berasal dari kata f isik dan terapi. Fisik yang dimaksud ialah tubuh dan anggota geraknya. Terapi berarti memulihkan.
Jadi f isioterapi ialah pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh.

RERAN FISIOTERAPI
Setiap manusia mengalami apa yang namanya tumbuh dan berkembang. Tumbuh kembang sendiri memiliki asas, yaitu :
• Berlangsung terus menerus sejak pembuahan sampai dewasa yang
dipengaruhi oleh genetik dan lingkungan.
• Tumbuh kembang bergantung pada kematangan (maturitas) sistem saraf.
• Urutan tumbuh kembang setiap individu selalu sama, tetapi kecepatannya
berbeda antar individu satu dengan lainnya.
• Refiek primitif akan hilang dan digantikan dengan gerakan yang disadari.
• Arah tumbuh kembang dimulai dari atas ke bawah (chepalocaudaf).

Di dalam tubuh manusia terdapat kapasitas fisik dan kemampuan fungsional. Fisioterapi bertanggung jawab terhadap kapasitas fisik dan kemampuan fungsional tersebut.

Kapasitas fisik berupa
• Tonus otot
• Kekuatan otot
• Luas gerak sendi

Kemampuan fungsional berupa
Tidur miring
Berguling
Merayap
Merangkak
Duduk
Berdiri

Apa yang dilakukan oleh fisioterapi terhadap macam-macam gangguan dalam tumbuh kembang anak di atas ?
• Pemberian massage guna merileksasikan atau meningkatkan tonus otot.
• Pemberian latihan aktif berupa aktivitas permainan.
• Meningkatkan head control don control postural.
• Memberikan penguluran (stretching] atau pengaturan posisi agar suatu otot
beda dalam posisi memanjang (elongation] pada otot yang mengalami pemendekan atau yang potensial untuk terjadi pemendekan.
• Menghambat ref lek primitif yang masih ada.
• Memberikan latihan weight bearing.
• Menstimulasi perkembangan anak.
• Mengkoreksi postur
• Mengkoreksi pola jalan anak.

23 Comments

  1. kadang kita tidak menyadari apa yang kita usahakan, malah menjadi bumerang pada diri kita sendiri, ketika kita mau mencari jati diri agar eksistensi dalam memperjuangkan profesi sangat berat , musuh yang terberat adalah adanya kapitalisme atau perang tanding yang tidk sehat dalam lingkungan profesi kehidupan iini tidak terlepas bagaimana takutnya para pemain bisnis kesehatan dalam merebut pasar, juga tidak lepas dari kepentingan yang dinamakan money, inilah kadang kadang yang dapat menghancurkan kredibilitas dan harga diri sekalipun tanpa mengindahkan”” kepenttingan orang banyak””inilah apa yang dikatakan memaksakan diri untuk kepentingan pribadi, inilah yang terjadi didunia profesi, fisioterapi sudah sejak jaman hypokratespun sudah lahir lebih dahulu, akan tetapi karena disisipi oleh intrik-intrik permainan jabatan semua tidak profesional lagi, yang tadinya dengan tujuan kepentingan masyarakan akan tetapi mengabaikan kepentingan itu sendiri, contoh nya Sya kedatangan pasien yang berkata: saya sudah 2 tahun berobat baru mengenal yang namanya fisioterapi baru ini, sementara saya selalu dikonsulkan kediokter rehab medis, dari sini kita bisa menilai permintaan masyarakat selalu diabaikan, begitu juga mereka yang sudah pernah fisioterapi bahkan diluar negri, ada yang merasa belum ditangani fisioterapi karena mereka selalu dikonsul ke dr. rehab. kita semua harus ingat bahwa yang namanya pelayananan itu adalah keinginan masyarakat bukan memaksakan keinginan yang mau memasarkan profesinya, sekarang ini masyarakat dipaksakan untuk memilih, bahkan dengan melanggar aturan internasional sekalipun, secara akuntable , yang namanya dr rehab hanya menangani sistem rehabilitasi bukan menjalankan profesi fisioterapi, akan tetapi di indonesia mereka merasakan bahwa merekalah yg berhak untuk melakukan fisioterapi tersebut bahkan mendapatkan tukang sopirpun untuk menjlalankan alat-alat fisiooterapi legal saja , asal nama fisioterapi hilang dari pasaran , inilah problenmatik kita, sekarang bagaimana kita berbuat?….. maukah kita diperlakukan seprti ini tanyakan pda diri kita sendirio,
    sekarang draf fiisioterapi mandiri sedang kita perjuangkan dengan mengatakan fisioterapi dibawah direktorat penunjang medis , dalam satu sisi, dokter rehab mebuat draf juga centra rehab dengan bawahannya fisioterapi, aspakah tidak ngawur , mayarakat akan bingung dan pelayanan indonesuia sehat yang kita dambakan pasri terganggu karena ulah kepentingan status Quo , dan pribadi, coba kita lihat akupuntur saja yg baru dikenal masyarakat sudah bisa akses sendiri, tanpa ada yang menghalanigi tapi kita fisioterapi oorganisasi sudah lumutan selalu di halang halangi untuk berkembang .. apa respon kita….?

  2. Pusat Terapi & Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat Yogyakarta melayani terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, CP, program pendampingan ke sekolah umum, dengan terapi terpadu, speech terapi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi dll. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di Perum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882

  3. Pusat Terapi & Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat Yogyakarta mulai 1 April 2013 menempati tempat baru di Depokan KG II no 226B Prenggan Kotagede Yogyakarta, melayani terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, CP, program pendampingan ke sekolah umum, dengan terapi terpadu, speech terapi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi dll. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi 0274 8267882

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s