Analisis Butir Soal Ujian Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VSDN 010 Tarakan (BAB I )

Analisis Butir Soal Ujian Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VSDN 010 Tarakan (BAB I )

Saparudin
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dengan proses belajar mengajar yang di lakukan oleh guru beserta para siswanya.
Guru selaku pengajar, pendidik, dan pembimbing setiap saat melakukan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, apakah hal tersebut sudah menjamin keberhasilan pembelajaran ?. Tentu jawabannya, belum pasti. Mengapa ? , karena untuk mengetahui suatu tingkat kenerhasilan suatu proses belajar mengajar yang telah di lakukan guru, untuk mengukurnya,guru trsebut memerlukan suatu alat yang di sebut “evaluasi”. Setelah ada alat evaluasi, maka muncul lag! pertanyaan baru. Seperti, alat evalusi yang bagaimana ? , tentu untuk menjawab pertanyaan tersebut tidaklah mudah, namun evaluasi yang mampu mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran yang telah di lakukan adalah alat evaluasi yang handal, yaitu alat evaluasi yang mampu mengukur dari berbagai aspek kemampuan, mampu membedakan siswa dari tingkat kemampuan yang di kuasainya, serta kekontinyuan kemampuan evaluasi untuk mengukur di waktu yang lain dan di tempat yang lain.
Dalam proses belajar mengajar, penekananya adalah pembentukan kecerdasan, sikap dan psikomotor. Oleh karena itu, penilaian yang di lakukan guru juga harus menuju ketiga aspek tersebut. Penilaian atau evaluasi dapat di lakukan dengan nontes maupun tes.
B. Alasan Pemilihan Judul
Bahwa evaluasi yang merupakan penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa, untuk memperoleh umpan balik bagi guru melalui kegitan belajar mengajar. Dengan melakukan kegiatan evaluasi guru dapat mengukur keberhasilan kemampuan belajar siswa, khususnya peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebutlah yang menjadi alasan penulis untuk memilih judul “Analisis Butir Soal Ujian Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VSDN 010 Tarakan ”
C. Batasan Masalah
Mengingat luasnya masalah yang berkaitan dengan evaluasi hasil belajar siswa, perlu adanya pembatasan kajian penelitian ini, agar penelitian dapat lebih terpusat pada inti permasalahan. Masalah dalam kajian penelitian ini di batasi pada:
1. siswa kelas V SON 010 Selumit, Tarakan tahun pembelajaran 2008-2009
sebagai subjek penelitian dalam penelitian ini.
2. penelitian ini mengacu pada analisis butir soal ujian semester pada mata
Pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SON 010 selumit Tarakan
D. Rumusan Masalah
Rumusan masalah perlu dikemukakan agar pemecahan masalah menjadi terarah. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah analisis butir soal dapat mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan kemampuan yang telah di capai oleh siswa pada akhir semester siswa kelas V di SON 010 selumit Tarakan tahun pembelajaran 2008-2009?
E. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah analisis yang di lakukan dapat meningkatan kemajuan belajar siswa guna keperluan perbaikan dan peningkatan kegiatan belajar siswa, dan untuk memperoleh umpan balik bag! guru melalui kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas V di SON 010 selumit Tarakan tahun pembelajaran 2008-2009?
F. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini di harapkan dapat bermanfaat baik secara praktis maupun teoritis. Adapun manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
1. manfaat praktis, yaitu hasil penelitian ini di harapkan dapat di pergunakan
oleh semua guru bidang studi dalam kaitannya dengan evaluasi hasil belajar
pada siswa sekolah dasar.
2. manfaat teoritis, yaitu hasil penelitian ini di harapkan dapat bermanfaat
dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya evaluasi hasil belajar
dan bermanfaat sebagai dasar teori bagi penelitian lanjutan
G. Penegasan Judul
Judul penelitian ini adalah Analisis Butir Soal Ujian Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SON 010 Selumit, Tarakan Tahun Pembelajaran 2008-2009″ Agar maksud yang ingin di smpaikan dalam kajian ini dapat memberikan arah yangjelas, perlu di sampaikan penegasan judul. Penegasan judul tersebut adalah sebagai berikut:
1. Analisis butir soal yang di maksud dalam penelitian ini adalah mencakup
pertimbangan validitas isinya dan juga mencakup pengukuran kesulitan butir
soal dan diskriminasi soal yang termasuk validitas soal dan reliabilitisnya
( Drs. Safari, MA; 2004:51 )
2. Belajar
Belajar dapat di artikan sebagai perubahan tingkah laku pada individu berkat
adanya interksi antara individu dengan individu dan individu dengan
lingkungannya sehingga mereka lebih mampu berinterksi dengan
lingkungannya.
( W.H Burton “The Guidance of Learning Activities”, 1984 ).
3. Mengajar
Mengajar pada prinsipnya adalah membimbing siswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Atau dapat pula di katakana bahwa mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran sehingga menimbulkan terjadinya proses belajar pada siswa. Pengertian ini mengandung makna bahwa guru di tuntut untuk dapat berperan sebagai organisator kegiatan belajar siswa yang mampu
terhadap kegiatan belajar-mengajar, tolok ukur keberhasilan belajar-mengajar, indikator keberhasilan, tingkat keberhasilan, penilaian keberhasilan, faktor-faktor yang mempengaharui prestasi belajar, beberapa karakteristik siswa dalam belajar, hakikat pendidikan dan pengajaran, evaluasi pendidikan, dan hipotesis. Bab III, yaitu metode penelitian. Bab ini berisi pengertian metode penelitian, waktu dan lokasi penelitian, variabel penelitian, jenis penelitian, populasi dan pengambilan sampel, data dan sumber data, metode pengumpulan data, serta metode analisis data. Bab IV adalah pembahasan. Bab ini berisi penyajian data, analisis data, dan hasil penelitian. Bab V adalah penutup. Bab ini berisi kesimpulan dan saran-saran

Baca Artikel Lain

Bahasa Ragam Media Pada Kolom Coffee Break Harian Radar Tarakan Edisi Juli 2008 ( Bab Ii)>>>>> Baca

bahasa ragam media-pada kolom coffee break harian radar Tarakan-edisi juli-2008 bab 1;>>>>> Baca

Tipe Data Statistik ;>>>>>>>>>>>> Baca

elemen statistik;>>>>>>>>> Baca

Pendidikan Kesenian Di Taman Kanak-kanak>> Baca

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s