Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari th humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :
1.Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah
2.Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
3.Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disilpin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai hiding keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll. Sedangkan ilmu budaya dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain IBD menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran serta kepekaan mahasiswa dalam mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan.
Ilmu budaya daar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Ingngris disebut basic humanities. Pengetahuan budaya dalam bahas inggris disebut dengan istilah the humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus). Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :
1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
4.menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan
Pokok-pokok bahasan di atas dibahas lebih medetail dalam buku berikut disajikan dalam file PDF silakan download di bawah ini

Materi IBD pdf Download di sini

165 Comments

  1. Salam kenal…
    Pak,trima kasih banyak yach
    Saya jadi lebih tw tentang IBD, walau awalnya karna tugas kul
    Tapi saya heran dengan pemuda bangsa ini,
    Meski tlah ada nilai2 kebudayaan baik pancasila maupun dari budaya daerah tapi tetep aja banyak hal yang menyalahi norma tersebut
    Mungkin saya akan mengangkat topik itu buat jadi makalah
    Doain sukses ya pak,skali lagi trima kasih…

    • pintar adalah mempunyai pengetahuan tapi tidak mau mengaplikasikan ilmunya.
      serdas mempunyai pengetahuan dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya.
      contohnya: pintar: dia tahu kalau merokok itu merusak kesehatan tapi dia tetap merokok sedangkan cerdas yaitu dia tau kalau rokok itu merusak kesehatan makanya dia tidak merokok.

  2. pak,saya mau tanya!
    1. apa yang dimaksud dengan pengadopsian kebudayaan?
    2. faktor-faktor apakah yang menyebabkan terjadinya kebudayaan?
    3. sebutkan problematika kebudayaan?

    mohon bantu saya pak…

  3. thanks alot Pak, tulisan ini sangat membantu dalam tugas kuliah saya, semoga bapak diberi kesehatan dan semakin kreatif dalam menulis, dan karya-karya bapak akan selalu bermanfaat bagi orang lain, amin…….

  4. Ping balik: ILMU BUDAYA DASAR | Senjayakertiawan's Blog

  5. Ping balik: IBD - hartatyrobiasih@ymail.com

  6. Ping balik: ILMU BUDAYA DASAR « Serigalamilita's Blog

  7. Ping balik: ILMU BUDAYA DASAR | Fharyhadiyan's Blog

  8. Ping balik: ILMU BUDAYA DASAR « Dewaruci2's Blog

  9. Ping balik: Pengertian, Tujuan, Dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar « Irule18's Blog

  10. Ping balik: Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar « bluefanta

  11. Ping balik: Ilmu Budaya Dasar | Giginene's Blog

  12. Ping balik: Ilmu Budaya Dasar : Warta Warga

  13. Ping balik: KONSEPSI IBD DALAM KESUSASTRAAN « Wanto Sakti

  14. Ping balik: ILMU BUDAYA DASAR « fandykarisma

  15. Ping balik: pengertian dan ruang lingkup ilmu budaya dasar « ginaindrianyiskandar

  16. Ping balik: Definisi, Tujuan, dan Ruang Lingkup IBD « yoanprisca

  17. Ping balik: Ilmu Budaya Dasar « helgapratiwi

  18. Ping balik: Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar « Alexander Escher Marlie

  19. Ping balik: TUGAS SOFTSKILL « muhammadfadjri

  20. Ping balik: Ilmu Budaya Dasar « princessaliza

  21. Ping balik: BAB1 apa yang dimaksud dengan ilmu budaya dasar? « desynurafriani

  22. Ping balik: Tugas IBD bagain ke 2 « ervan140793

  23. Ping balik: Manusia & Peradaban « ofyrian

  24. Ping balik: Pengantar Ilmu Budaya Dasar « nadillaikaputri

  25. Ping balik: ILMU BUDAYA DASAR « lestariwiputri

  26. Ping balik: tugas Ilmu budaya Dasar | rozanafajrina

  27. Ping balik: referensi « hadipranataa

  28. Ping balik: TUGAS INDIVIDU ILMU BUDAYA DASAR | sherlympapilaya

  29. Ping balik: IBD « rafsanjani432

  30. Ping balik: Latar Belakang Mengapa Mahasiswi Psikologi S1 Mempelajari Ilmu Budaya Dasar | rozanafajrina

  31. Ping balik: TUGAS INDIVIDU IBD I | sherlympapilaya

  32. Ping balik: aldihalimblog

  33. Ping balik: Ilmu Budaya Dasar « aldihalimblog

  34. Ping balik: BAB 1 Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar | Desy Suryani

  35. Ping balik: Desy Suryani

  36. Ping balik: Tugas IBD | musthopz

  37. Ping balik: IBD Sebagai salah satu MKDU (bab1) | yunaarifa

  38. Ping balik: ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MKDU | fanysifasifa

  39. Ping balik: Tugas Ilmu Budaya Dasar | kayzsan

  40. Ping balik: Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar | Taofik blogg :)

  41. Ping balik: Tugas Ilmu Budaya Dasar

  42. Ping balik: Ilmu Budaya Dasar : Bab 1. IBD Sebagai salah satu MKDU (Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup IBD) | My Blog

  43. Ping balik: Pengertian dan Tujuan dari IBD dan IPS | Armita Widyasuri

  44. Ping balik: TUGAS SOFTSKILL IBD | sabar jocho purwanto

  45. Ping balik: Wira Satya Nasution

  46. Ping balik: PENGERTIAN DAN TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR | monicaaviandhita

  47. Ping balik: Apa yang dimaksut dengan ilmu budaya dasar? Jelaskan! « dessynurafriani

  48. Ping balik: Ilmu Budaya Dasar (Soft Skill) – Ilmu Sosial Dasar | Alt

  49. Ping balik: LMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD) – BAHAYA PENGGUNAAN NARKOBA PADA GENERASI MUDA | My Blog - Viani Silv

  50. Ping balik: PENGERTIAN, TUJUAN DAN RUANG LINGKUP IBD | nur andyni

  51. Ping balik: Definisi Dan Pengertian Nilai Cinta Kasih | Terbaru 2015

  52. Ping balik: Definisi Dan Pengertian Seni Budaya Indonesia | Terbaru 2015

  53. Ping balik: Jelaskan Definisi Dan Pengertian Seni Kriya | Terbaru 2015

  54. Ping balik: Jelaskan Definisi Dan Pengertian Seni Lukis | Terbaru 2015

  55. Ping balik: Makalah Gratis » Contoh Makalah Ilmu Alamiah Dasar Tentang Kloning Terbaru

  56. Ping balik: pengertian Ilmu budaya dasar | noviwilyaini

  57. Ping balik: Definisi Dan Pengertian Corak Seni Rupa | Terbaru 2015

  58. Ping balik: Definisi Dan Pengertian Seni Neo Klasik | Terbaru 2015

  59. Ping balik: Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar | noviwilyaini

  60. Ping balik: Definisi Dan Pengertian Seni Kriya Nusantara | Terbaru 2015

  61. Ping balik: Tugas ilmu budaya dasar #1 | RenisusilawatiUG

  62. Ping balik: Jelaskan Definisi Dan Pengertian Seni | Terbaru 2015

  63. Ping balik: Definisi Dan Pengertian Seni Kaligrafi | Terbaru 2015

  64. Ping balik: Definisi Dan Pengertian Elektronika Komputer | Terbaru 2015

  65. Ping balik: Download Prosiding Wawasan Ilmu Sosial | Terbaru 2015

  66. Ping balik: Perbedaan Antara Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Budaya Dasar | TUGAS TUGAS

  67. Ping balik: Perbedaan Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Sosial Dasar | TUGAS TUGAS

  68. Ping balik: Materi Konsep dan ruang lingkup Humaniora | firmanedu

  69. Ping balik: IBD SEBAGAI SALAH SATU MKDU | Alghifaris

  70. Ping balik: BAB I TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR | M Irfan Dani Putra

  71. Ping balik: MAKALAH PERADABAN MANUSIA | Berkas Tamaymo Computer

  72. Ping balik: Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar | Mungkin Blog Saya

  73. Ping balik: Ilmu Sosial Budaya Dasar | Art{Syad};

  74. Ping balik: Hubungan Antara Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan | Stephen Jordan

  75. Ping balik: Hubungan Antara Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan – Stephen Jordan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s