Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari th humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :
1.Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah
2.Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
3.Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disilpin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai hiding keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll. Sedangkan ilmu budaya dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain IBD menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran serta kepekaan mahasiswa dalam mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan.
Ilmu budaya daar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Ingngris disebut basic humanities. Pengetahuan budaya dalam bahas inggris disebut dengan istilah the humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus). Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :
1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
4.menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan
Pokok-pokok bahasan di atas dibahas lebih medetail dalam buku berikut disajikan dalam file PDF silakan download di bawah ini

Materi IBD pdf Download di sini

About these ads

130 Tanggapan

  1. trims artikelnya, jadi inget pelajaran antropologi dulu nih, salam kenal

  2. terima kasih Pak,

    atas ilmu online, sy bisa cari bahan kuliah lewat ilmu online ini.

    thank’s bangak

  3. terima kasih Pak,

    atas ilmu online, sy bisa cari bahan kuliah lewat ilmu online ini.

    thank’s bangak

  4. Terima kasih pak artikelnya,
    kalo boleh dan punya artikel yg berjudul “ILmu Pertentangan Sosial & Integrasi Masyarakat”
    tolong ya pak secepatnya?

    Thanks

  5. pak saya mau minta tolong mengenai contoh proposal ptk seni tari smp,sebelumnya saya mengucapkan trima kasih sebanyak-banyaknya.

  6. terima kasih pak,saya bisa bikin tugas kuliah lewat ilmu dari bapak.

  7. makasih ya artikelnya?
    dr artikel ini sy jd selesai yugaz”

  8. thanksssbget ya?
    atas artikel ini
    makasihh bget!

  9. Salam kenal…
    Pak,trima kasih banyak yach
    Saya jadi lebih tw tentang IBD, walau awalnya karna tugas kul
    Tapi saya heran dengan pemuda bangsa ini,
    Meski tlah ada nilai2 kebudayaan baik pancasila maupun dari budaya daerah tapi tetep aja banyak hal yang menyalahi norma tersebut
    Mungkin saya akan mengangkat topik itu buat jadi makalah
    Doain sukses ya pak,skali lagi trima kasih…

  10. pak mau tanya neh????
    pa se bedanya ilmu sosial & alam tu??
    truz ilmu sosial berpegang penting kah dlm kehidupan sehari”????

  11. pa terima kasih infonya

  12. pak kok bisa pinter sih????

  13. thax ya

  14. thanks ya pak …
    aye download dulu materinya…

  15. semoga dengan materi IBD ini kita dapat memahami lmu yang sesungguhnya tentang manusia dan kehidupannya

  16. pak tolong kasih tahu saya ttg aspek sosial budaya yg berkaitan dengan praperkawinan,perkawinan,kehamilan,persalinan,dan nifas bayi baru lahir.

  17. pak saya mau nanya,, apa bedanya orang dengan manusia???
    itu saja pertanyaan saya, tolong dijawab secepatnya ya…

  18. THANX’S….

  19. makasih ya pak atas artikelnya saya sangaat terbantu untuk menggerjakan tugas kebidanan dengan artikel bapak. smg ilmu online ini akan terus berguna bag semuanya… Amien..

  20. jelaskan fungsi akal budi bagi manusia

  21. pak,,,saya mau tanya,,,apa masalah-masalah dalam ilmu sosial dan budaya dasar ?? tolong jawab secepatnya,,,makasih,,,,

  22. Thank atas artikelnya ya pak.
    semoga Ilmu bapak selalu berguna bagi semua

  23. makasih bapak atas ilmunya.smga ilmu ini menjadi dasar agar saya lebih maju.

  24. tolong pak”jelas kan secara lengkap ttg ilmu sosial dan ilmu budaya’dengan seperti makalah”
    tolong secepat ny pak.mkci pak prihatin ny

  25. pak sy minta tolong kepada bpak , apa pengertian ilmu sosial dan budaya , tolong ya pak !

  26. thnks yah atas smuanya

  27. pak saya minta tolong, apa sich bedanya pintar dan cerdas???? tolong ya pak!!!

    • pintar adalah mempunyai pengetahuan tapi tidak mau mengaplikasikan ilmunya.
      serdas mempunyai pengetahuan dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya.
      contohnya: pintar: dia tahu kalau merokok itu merusak kesehatan tapi dia tetap merokok sedangkan cerdas yaitu dia tau kalau rokok itu merusak kesehatan makanya dia tidak merokok.

  28. ThanQzZ..T’nyata ilmu bdaya dsar sangat penting d dlm k’hdpn qt s’hr2

  29. pengen lebih tahu tentang arti budaya

  30. pakde ada nggak resume tentang manusia dan keindahan

  31. pak leh tau gak aspek sosial budaya pada masa persalinan?. kalau bisa dikirimkan secepatnya ya pak

  32. Trims atas penjelasannya pak !

  33. Terimksh pak ,sya bsa blajr lwat ini tntng ilmu bdaya dsar.

  34. bagaimanakan ilmu sosial budaya dasar ditinjau dari aspek masyarakat????

  35. thank’s y mr of your lesson

  36. terimakasih pak atas ilmu yang sudah bapak berikan. Pas sekali dengan tugas yang saya punya sehingga dapat menambah bahan untuk mengerjakan tugas.

    salam..

  37. Saya mau tanya pak!
    Kenapa budaya daerah lbh alami dari pada budaya kota?

  38. minta ijin copas pak

  39. pak,saya mau tanya!
    1. apa yang dimaksud dengan pengadopsian kebudayaan?
    2. faktor-faktor apakah yang menyebabkan terjadinya kebudayaan?
    3. sebutkan problematika kebudayaan?

    mohon bantu saya pak…

  40. thanks alot Pak, tulisan ini sangat membantu dalam tugas kuliah saya, semoga bapak diberi kesehatan dan semakin kreatif dalam menulis, dan karya-karya bapak akan selalu bermanfaat bagi orang lain, amin…….

  41. emm , , ,
    ini lumayan membantu tugas mama saya :)

    thx

  42. terimakasih

  43. matur suwun bapak

  44. makasih buat artikelnya….semoga bermanfaat.

  45. Saya sedang mencari artikel Ilmu Sosial dan Budaya Dasar untuk Tugas Karya ilmiah saya, eh akhirnya dapat lengkap di sini. makasih banyak Pak De dan Salam Kenal.

  46. makasih artikel

  47. kasih info dong, devinisi ilmu budaya dasar menurut para ahli sebanyak mungkin, ada tugas kuliah ni, tq ya

  48. artikelnya bagus, tq ya pak de, cuma tlg kasih tau devinisi ttg ilmu budaya dsr menurut para ahli, sebanyak mungkin, ada tugas kuliah nih, tq ya

  49. pak, saya mau tanya, gunanya kita mempelajari ilmu sosial budaya apa sih pak ?
    terus kenapa masalah sosial tdk disukai ?
    tugas kuliah nih , mohon bantuan nya ya pak.

  50. Makasi banyak atas artikelnya pak,mudah2an qta di bantu dgn teori ini untk mewujud nyatakn dlm kehidupan kesehrian. Teori biza 100,tpi praktek 0,sama dgn melakukan kebohongan untk bnxk org. Sukses pak,

  51. pak,sy mau tanya.menurut pendapat bpk bgm seorg calon pemimpin yg hanya bermodal
    sejlm uang untuk memperoleh selmbr ijasah..???

  52. PAK SAYA MAU NANYA APA METODE DAN EVALUASI DAPEMBELAJARAN ISBD

  53. makasiih…banget yo pak, atas artikelnya. keterbatasan waktu saya untuk ke perpus kampus, teratasi dengan situs bapak ini. makasih…

  54. [...] IBD Oct.15, 2010 in Uncategorized Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar [...]

  55. maaf pak, saya mau nanya… apa sih tujuan ruang lingkup kebudayaan, dan apa saja unsur2 kebudayaan itu… sebelumnya terima kasih ya pak. saya tunggu jawaban secepatnya.

  56. Slam kenal…
    Sblum’a mkasih bnget tas inf0′a, saya snang bnget krn dah tw pa tu IBD melalui jaringan internet ne.

  57. pak,apa saja ruang lingkup kebudayaan??
    balas ya pak,segera..
    terima kasih.

  58. salam kenal. smoga.. apa yang telah bapak lakukan menjadi amal ibadah.

  59. deskripsi tingkah laku

  60. mantab bgt pak…

  61. ga, numpang tanya…
    bhan nya tu dpt dari mana ya…
    boleh kirim daftar pustaka nya???

  62. [...] kegelisahan 8. Manusia dan harapan ==================================================== Sumber: https://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/ GA_googleAddAttr("AdOpt", "0"); GA_googleAddAttr("Origin", "other"); [...]

  63. trimz pak atas info y . jadi kerjaan bisa cepet selesai
    good job semoga tambah sukses ^^

  64. [...] Sumber : https://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/ [...]

  65. Numpang mampir pakde, artikelnya bagus. Tkb

  66. pa pengertian ISBD, pa sih? Tlg jawab ya.

  67. [...] : https://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/ var addthis_language = 'en'; VN:F [1.6.8_931]please wait…Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:F [...]

  68. thang as your article may can be usefull for everyone

  69. artikel yang menambah wawasan..
    syukron..
    good luck!

  70. mmmnnnn

  71. pak… numpang nanya
    ap sbnarx yg mnybabkan bdaya smakin hari smakin banyak baik dri budaya asing yg msuk k suatu ngara ?????
    blsss ya pak

  72. bagaimana yg di ktkan dg kebdayaan klasik dan modern

  73. tngktkan

  74. maaf pak saya mau tanya bagaimanakah agama dan kesehatan dalam ilmu sosial budaya dasar pak?timakasih pak

  75. [...] : Klik Disini Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this [...]

  76. tks untuk bahan’y

  77. pak maaf sebelumnya , izin copas artikelnya ya pak buat tugas kuliah .
    makasih sebelumnya ,
    websitenya keren pak , :)

  78. Ass,,,, Terimakasih banyak atas File IBD-nya…. ini sangat membantu pd sy dalam menyesaikn tugas Kuliah…… itung-itung jadi Refrensi gitu ………

  79. ass, saya mau minta pengertian nilai budaya,nilai politik dalam cerpen/
    di tunggu ya

  80. [...] https://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. Kategori Uncategorized [...]

  81. mksih ya???

  82. [...] Sumber :  https://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/http://navcool.blogspot.com/2012/03/2-jelaskan-mengenai-manusia-dan-cinta.htmlhttp://eka-yunita-ekayunita.blogspot.com/2012/04/pendekatan-kesustraan-kesusastraan.html [...]

  83. makasih ya

  84. maksud dari ruang lingkup IBD dengan lebih rinci lagi itu bagaimana??

  85. Reblogged this on Zona PenGetahUan aSik >,< and commented:
    salam kenal..

  86. […] 3.    Ruang Lingkup Ilmu Budaya DasarBertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :a.    Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.b.    Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :a.    Manusia dan cinta kasihb.    Manusia dan Keindahanc.    Manusia dan Penderitaand.    Manusia dan Keadilane.    Manusia dan Pandangan hidupf.    Manusia dan tanggungjawab serta pengabdiang.    Manusia dan kegelisahanh.    Manusia dan harapanhttps://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/ […]

  87. Terima kasih byk pak..

  88. pak boleh di contoh ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 297 pengikut lainnya.