PENGERTIAN DAN BENTUK ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK

PENGERTIAN DAN BENTUK ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK

William N. Dunn (2000) mengemukakan bahwa analisis kebijakan adalah suatu disiplin ilmu sosial terapan yang menggunakan berbagai macam metode penelitian dan argumen untuk menghasilkan dan memindahkan informasi yang relevan dengan kebijakan, sehingga dapat dimanfaatkan di tingkat politik dalam rangka memecahkan masalah-masalah kebijakan. Weimer and Vining, (1998:1): The product of policy analysis is advice. Specifically, it is advice that inform some public policy decision. Jadi analisis kebijakan publik lebih merupakan nasehat atau bahan pertimbangan pembuat kebijakan publik yang berisi tentang masalah yang dihadapi, tugas yang mesti dilakukan oleh organisasi publik berkaitan dengan masalah tersebut, dan juga berbagai alternatif kebijakan yang mungkin bisa diambil dengan berbagai penilaiannya berdasarkan tujuan kebijakan.
Analisis kebijakan publik bertujuan memberikan rekomendasi untuk membantu para pembuat kebijakan dalam upaya memecahkan masalah-masalah publik. Di dalam analisis kebijakan publik terdapat informasi-informasi berkaitan dengan masalah-masalah publik serta argumen-argumen tentang berbagai alternatif kebijakan, sebagai bahan pertimbangan atau masukan kepada pihak pembuat kebijakan.
Analisis kebijakan publik berdasarkan kajian kebijakannya dapat dibedakan antara analisis kebijakan sebelum adanya kebijakan publik tertentu dan sesudah adanya kebijakan publik tertentu. Analisis kebijakan sebelum adanya kebijakan publik berpijak pada permasalahan publik semata sehingga hasilnya benar-benar sebuah rekomendasi kebijakan publik yang baru. Keduanya baik analisis kebijakan sebelum maupun sesudah adanya kebijakan mempunyai tujuan yang sama yakni memberikan rekomendasi kebijakan kepada penentu kebijakan agar didapat kebijakan yang lebih berkualitas. Dunn (2000: 117) membedakan tiga bentuk utama analisis kebijakan publik, yaitu:
1.Analisis kebijakan prospektif
Analisis Kebijakan Prospektif yang berupa produksi dan transformasi informasi sebelum aksi kebijakan dimulai dan diimplementasikan. Analisis kebijakan disini merupakan suatu alat untuk mensintesakan informasi untuk dipakai dalam merumuskan alternatif dan preferensi kebijakan yang dinyatakan secara komparatif, diramalkan dalam bahasa kuantitatif dan kualitatif sebagai landasan atau penuntun dalam pengambilan keputusan kebijakan.
2.Analisis kebijakan retrospektif
Analisis Kebijakan Retrospektif adalah sebagai penciptaan dan transformasi informasi sesudah aksi kebijakan dilakukan. Terdapat 3 tipe analis berdasarkan kegiatan yang dikembangkan oleh kelompok analis ini yakni analis yang berorientasi pada disiplin, analis yang berorientasi pada masalah dan analis yang berorientasi pada aplikasi. Tentu saja ketiga tipe analisis retrospektif ini terdapat kelebihan dan kelemahan.

3.Analisis kebijakan yang terintegrasi
Analisis Kebijakan yang terintegrasi merupakan bentuk analisis yang mengkombinasikan gaya operasi para praktisi yang menaruh perhatian pada penciptaan dan transformasi informasi sebelum dan sesudah tindakan kebijakan diambil. Analisis kebijakan yang terintegrasi tidak hanya mengharuskan para analis untuk mengkaitkan tahap penyelidikan retrospektif dan perspektif, tetapi juga menuntut para analis untuk terus menerus menghasilkan dan mentransformasikan informasi setiap saat.

Sumber buku Analisis Kebijakan Publik karya Liestyodono

66 thoughts on “PENGERTIAN DAN BENTUK ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK

  1. thank’s……..
    bcz,,,,ni pengertian paz bgtz ma tugaz q…
    thank’s………..bgtz..ngetz….ngetz…..ya……………….

  2. saya mau tanya tp menurut bapak , apa dampaknya apabila , tidak ada partisipasi dari masyarakat terhadap kebijakan publik tersebut pak ?
    terima kasih

    • setiap kebijakan yang diambil tetap menganut sistem kemaslahatan dari berbagai prosedur dan aspek, maka dalam hal ini mana yang lebih menguntungkan, tentu sejadinya masyarakat lebih diuntungkan walaupun pada sebagiannya tidak mendukung.

  3. untuk melakukan Analisis kebijakan publik membutukan waktu dan energi yang cukup, sebab banyak komponen yang harus diperatikan. antara lain:
    1. Formulasi kebijakan.
    Jejakrekam Proses formulasi kebijakan perlu dihadirkan sehingga akan diketahui secara jelas keobjekkan dalam pembahasan kebijakan. Jika formulasi kebijakan itu sudahbetul. maka dapat dipastikan 90% dalam implementasinya dapat berhasil daengan baik.
    2. Temperatur politik ketika formulasi kebijakan dan ketika immplementasi kebijakan.dll…

    • Makasih ya pak atas materinya, soalnya materi itu sesuai mata kuliah kebijakan publik yang pernah saya belajar, tetapi belum sempurna. Jadi terima kasih sekali.

  4. salam kenal, saya orang papua asli yang kuliah di tanah rantau Yogyakarta mencari ilmu tentang beliau jelaskan kebijakan itu. maka saya butuh sekali bahan-bahan beliau terimakasih.

  5. semua tulisan Bapaak singkat, padat & jelas. kalo boleh minta sarannya masalah yang paling bagus diangkat dalam menyusun tugas akhir kira-kira apa ya Pa”. Trims

    • menganalisis berarti menganalisa, mempelajari, dan menentukan sesuatu yang pantan, yang cocok dan yang musti dilakukan

  6. Masalahnya begini tant, apakah tidak bisa diadakan suatu tempat untuk menganalisis keberadaan kraton yang katanya sebagai tempat acuan pendidikan dan acuan kebudayaan tapi didalam tubuh organisasi kraton sendiri belum ana implementasi dan ujud nyata dari kerja (work team) yang melahirkan tokoh2 perjuangan dan organisasi pendidikan tersebut.

  7. Makasih om artikel nya berguna banget, berkali kali saya selalu mengcopy artikel yang om buat….. sering sering ya om bikin nya….. terutama seputar permasalahan administrasi negara…

  8. Makalahnya cukup baik untuk membuka pola berfikir mahasiswa,,,saya juga berfikir kenapa ada saja orang yang memanfatkan ilmu yang dibutuhkan mahasiswa untuk jual iklan ,dll nya? Maaf jadinya cyber Crime nich…Mereka buat judul makalah tapi isinya judi,,,naudzubillahimindzalik…Salam kenal bapak..Ass.WW

  9. Ass Wr Wb,….salam kenal buat insan pencari ilmu…Benar adanya bahwa semakin kita kejar dan kejar ilmu terus kita pelajari dan kita dalami ternyata kita akan tahu dan sadar bahwa kita masih banyak kurang dan banyak kekurangan, untuk itulah arti pentingnya kita terus belajar dan belajar agar bisa serta mau mengakui/menghargai kelebihan orang lain… salam sukses bung Admin semoga menjadi media komunikasi pendidikan terdepan di internet

  10. Rumusan Kebijakan Publik
    Bagaimana cara kita memahami apakah suatu kebijakan layak dilakukan atau tidak ? Hal ini perlu dicermati agar kebijakan yang akan dilaksanakan benar-benar mampu menyerap aspirasi masyarakat luas, maka diperlukan pemahaman dengan tepat dan benar dalam :
    a. Masalah Kebijakan Publik
    b. Formulasi Kebijakan Publik
    c. Kebijakan Publik
    d. Implementasi
    e. Evaluasi
    Dari rumusan tersebut diharapkan mampu menjawab tantangan serta mampu memberikan solusi yang terbaik

  11. assalkum bapak…

    artikelnya sangat bagus bapak, kalo boleh tanya, tolong dong bapak saya di terangkan tentang mekanisme pengangaranm mulai dari musrembang des pe musremda…………

    salam kenal ya bapak,,
    wassalam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s