KRONOLOGI PEMBAHARUAN PENDIDIKAN

KRONOLOGI PEMBAHARUAN PENDIDIKAN

Proses sejarah pembaharuan pendidikan apabila dilihat dari focus kepentingannya, dapat ditapak tilasi sejak lebih dari seribu tahun yang lalu (lihat Townsend, 2000). Pada tahun 1000, boleh dikatakan fokus pendidikan sangat dikaitkan dengan kepentingan individu, khususnya kepentingan kaum antrokrasi. Yaitu kepentingan agar kaum antrokrasi ini mampu memperkuat kekuasaannya, dan mempertahankan hak-hak istimewa yang melekat pada diirnya sebagai seorang aristocrat. Mereka dididik secara individual atau dalam kelompok kecil oleh tutor atau oleh guru spesialis. Era pendidikan untuk melayani kepentingan individual, khususnya kaum Aristokrat berlangsung hingga tahun 1870.

Seiring dengan perjalanan waktu, maka desakan dari masyarakat juga mulai tinggi , sehingga pada tahun 1850-an pendiikan dituntut untuk melayani banyak orang. Namun pelayanan ini masih terbatas pada pendidikan yang sangat dasar, yaitu yang ditujukan untuk menyiapkan anak-anak sampai mereka mencapai umur yang layak untuk bekerja sebagai buruh, khususnya di sektor pertambangan atau di pabrik. Era pendidikan untuk melayani kepentingan lokal, khsuusnya untuk pemilik pabrik, dan pertambangan, berkembang hingga tahun 1980.

Mulai tahun 1900-an, pendidikan mulai mengalami perubahan pesat perhatian, dari kepentingan individu dan local. Menjadi lebih luas lagi yaitu kepentingan masyarakat atau kepentingan nasional. Jumlah yang mendapatkan kesempatan menikmati pelayanan pendidikan semakin lama semakin besar, walaupun masih tetap dalam jumlah yang terbatas. Era pendidikan ini berlangsung sehingga memasuki millennium ke dua, dan dapat disebut pendidikan untuk kepentingan pembangunan masyarakat atau kepentingan nasional.

Sekitar tahun 1980-an, tatkala ekonomi global mulai merebah dan memicu lahirnya pengembangan teknologi yang berhasil mengubah wajah komunikasi dan pertukaran ilmu pengetahuan, sekali lagi focus pendidikan mengalami perubahan. Karena itu fokkus pendidikan meluas dari untuk kepentingan lokal menjadi kepentingan nasional. Pendidikan untuk semua orang menjadi tema pendidikan, era ini berlangsung hingga tahun 2000.

Perubahan drastis dalam kurikulum tentu saja tidak dapat dielakkan guna memenuhi tuntutan pembangunan ekonomi nasional. Jangan baru menambah kata “nasional” bermunculan seperti tujuan nasional, kurikulum nasional, standard nasional, sistem evaluasi, testing dan ujian nasional.

Kurikulum mengalami perampingan, agar waktu belajar dan mengajar dapat difokuskan pada bidang studi yang dinilai menunjang perkembangan ekonomi nasional. Literasi, numerasi, teknologi dan pendidikan vokasional mendapatkan waktu yang lebih besar dan menjadi perhatian nasional. Sedangkan kelangsungan dan pembobotan pengajaran untuk mata pelajaran seperti kesenian, olah raga, sejarah dan gografi diserahkan kepada keputusan sekolah masing-masing, orang tua, dan anak didik.

Berada dalam millennium kedua, fokus pendidikan kembali lagi mengalami perubahan. Fokus pendidikan yang serba nasional ternyata tidak lagi merupakan bekal yang cukup untuk bersaing, bergual dan bekerja sama secara global dan internasional. Isu yang berkenaan dengan hajat setiap orang seperti literasi, kesehatan, lingkungan, kesejahteraan dan kemakmuran, hak asasi manusia, dan hak anak dan kaum wanita tidak sepenuhnya lagi layak dihadapi secara nasional.

Uraian kronologi pembaharuan pendidikan menunjukkan bahwa faktor pendidikan mengalami perubahan yang sangat besar dari masa ke masa. Dari basis yang sangat sempit sekedar melayani kepentingan individu tertentu menuju ke basis yang semakin luas untuk melayani kepentingan loKal, nasional, dan global.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s