PENGGUNAAN RAGAM BAHASA REGISTER DALAM ACARA PLANET DANGDUT DI RADIO GRASS TARAKAN (TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK)

PENGGUNAAN RAGAM BAHASA REGISTER DALAM ACARA
PLANET DANGDUT DI RADIO GRASS TARAKAN
(TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK)

oleh  IRA MAYA SOPHA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Bahasa memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Bahasa tidak hanya diperlukan dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga dipcrlukan dalam menjalankan segala aktivitas hidup manusia, seperti: penelitian, penyuluhan, pembcritaan, siaran radio dan sebagainya.
Bahasa menjadi sangat penting dalam kehidupan. Dengan bahasa, orang dapal mengkomunikasikan segala hal. Bahasa dalam kehidupan berkembang sesuai dengan keadaan yang terjadi pada saat bahasa itu digunakan. Seperti seorang politikus, dokter, praktisi hukum, pembaca berita, dan penyiar radio, tentunya menggunakan bahasa yang berbeda. Bahkan, sesama penyiar radio pun akan menggunakan bahasa yang berbeda dalam melaksanakan tugasnya. Misalnya, seorang dokter biasa menggunakan kosakata, seperti: amputasi, infeksi, dan sebagainya. Seorang paraktisi hukum biasa menggunakan kosakata, seperti: vonis, dijatuhi hukuman, pidana, dan sebagainya. Seorang pembaca berita sering menggunakan kosakata, seperti: pemirsa, jumpa lagi bersama saya, dan sebagainya. Demikian pula seorang penyiar radio, khususnya dalam acara Planet Dangdut di Radio Grass Tarakan sering menggunakan kosakata, seperti: sobat dengar, masih dijalur yang sama, dan sebagainya. Perbedaan bahasa dari segi pemakaian seperti inilah yang menyebabkan timbulnya ragam atau register.
Mengenai Ragam atau register yang terdapat dalam acara Planet Dangdut di radio Grass Tarakan merupakan salah satu acara permintaan lagu-lagu dangdut oleh pendengar melalui SMS. Pada acara tersebut bahasa yang digunakan sesuai dengan fungsinya. Ragam bahasa yang digunakan khas yang tentunya berbeda dengan acara yang lain. Contohnya “Kita dengar request dari teman udara kila…”. Pada kalimat tersebut terdapat penggunaan kata yang khas, yaitu request, teman udara, sobat udara, dan sebagainya. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, penulis berusaha untuk meneliti penggunaan ragam bahasa register terutama dalam acara Planet Dangdut di Radio Crass Tarakan.
B. Alasan Pcmilihan Judul
Peneliti memilih judul Penggunaan Ragam Bahasa Register dalam Acara Planet Dangdut di Radio Grass Tarakan (1’injauan Sosiolinguistik). Judul tersebut dipilih karena Planet Dangdut merupakan ragam bahasa register yang menarik untuk diteliti karena ragam bahasa register dalam acara tersebut tidak terdapat dalam acara-acara yang lain, misalnya kalimat “Paling pas goyangnya”. Sepengetahuan peneliti, pula belum pernah ada penelitian sebelumnya berkaitan dengan penggunaan bahasa dalam acara Planet Dangdut di Radio Grass Tarakan. Selain itu pemilihan judul penelitian ini juga beralasan pada waktu penyiaran acara Planet Dangdut tersebut sesuai dengan waktu luang yang di miliki oleh peneliti, yaitu pukul 09.00-12.00 WiTe sehingga tidak mengganggu aktivitas yang lain dan penelitian pun dapat dilakukan secara maksimal.
C. Batasan Masalah
Mengingat luasnya masalah yang berkaitan dengan lingkup penggunaan bahasa, khususnya dalam siaran radio, perlu adanya pembatasan masalah. Hal ini dilakukan agar penelitian dapat lebih terpusat pada tujuan yang ingin dicapai dan mencegah mcluasnya kajian penelitian. Masalah dalam kajian penelitian ini dibatasi pada:
1) penelitian ini mengambil bahasa yang digunakan acara Planet Dangdut sebagai
bahan penelitian. Planet Dangdut yang dimaksud dalam penelitian ini adalah acara yang disiarkan oleh radio Grass Tarakan yang disiarkan setiap hari Senin sampai dengan Sabtu pukul 09.00-12.00 WiTe dengan pembawa aeara Siska Kodong;
2) ragam bahasa yang diteliti dibatasi pada penggunaan kata dan kalimat yang
digunakan dalam bahasa lisan.
D. kumusan Masalah
Rumusan masalah dikemukakan agar penelitian yang dilakukan dapat lebih terarah dan mudah dalam rr.enganalisis. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan ragam bahasa register dalam acara Planet Dangdut di Radio Grass Tarakan?
E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan ragam bahasa register dalam acara Planet Dangdut di Radio Grass Tarakan.
F. Manfaat Penelitian
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai berikut:
1.dapat memperjelas ragam atau register dalam acara di radio;
2.dapat menjadi bahan kajian bagi para peneliti berikutnya, khususnya yang
berkaitan dengan penggunaan ragam bahasa.
G. Penegasan Judul Penelitian
Judul penelitian ini adalah. Penggunaan Ragam Bahasa Register dalam Acara Planet Dangdut di Radio Grass Tarakan (Tinjauan Sosiolinguistik). Penegasan judul perlu dilakukan untuk mempertegas maksud judul penelitian. Adapun penegasan judul dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Penggunaan Bahasa
Penggunaan bahasa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri (Aslinda, 2007:1)
2. Ragam Bahasa
Ragam bahasa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah variasi bahasa yang digunakan oleh sekelompok masyarakat (Chaer, 2004:61)
3. Register
Register adalah variasi bahasa yang menyangkut bahasa itu digunakan untuk keperluan atau bidang apa. Misalnya bidang jurnalistik, militer, pertanian.
perdagangan, pendidikan, dan sebagainya. Variasi bahasa dari segi pemakaian ini yang paling tanpak cirinya adalah dalam hal kosakata. (Chaer, 2004:68).
4. Acara Planet Dangdut
Acara yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kegiatan yang dipertunjukkan, disiarkan, atau diperlombakan; program (televisi, radio, dan sebagainya) (KBBI. 2001:4). Sedangkan Planet Dangdut adalah salah satu acara di radio Crass Tarakan yang berupa permintaan lagu-lagu dangdut. Acara tersebut disiarkan pada hari Senin sampai dengan Sabtu pukul 09.00-12.00 WiTe.
5. Radio Grass
Radio Grass yang dimaksud dalam penelitian ini adalah nama dari sebuah penyiaran radio yang merupakan akronim dari graha swara sakti yang berada di Kota Tarakan Jalan Slamet Riyadi nomor 28.
6. Sosiolinguistik
Sosiolinguistik yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bidang ilmu antardisplin yang mempelajari bahasa dalam kaitanya dengan penggunaan bahasa itu di dalam masyarakat (Chaer, 2004:2).
Berdasarkan penjelasan judul di atas, penelitian ini bermaksud meneliti
penggunaan bahasa dalam acara Planet Dangdut di Radio Grass Tarakan melalui
kajian Sosiolinguistik
H. Sistematika Penulisan
Untuk memberikan gambaran secara umum penelitian ini, perlu disampaikan sistematika penulisan. Sistematika penulisan skripsi ini sebagai berikut :
Bab I pendahuluan. Bab ini terdiri atas latar belakang masalah, alasan memilih judul, batasan masalah, rumusan masalah, lujuan penelitian, manfaat penelitian, penegasan judul, dan sistematika penulisan.
Bab II landasan teori. Bab ini terdiri atas pengertian bahasa, fungsi bahasa, pengertian sosiolinguistik, variasi bahasa dalam tinjauan sosiolinguistik, pengertian siaran radio.
Bab III metode penelitian. Bab ini terdiri atas pengertian metode penelitian, variabel penelitian, waktu dan lokasi penelitian, jenis penelitian, populasi dan tcknik pengambilan sampel, data dan sumber data, metode pengumpulan data, serta metode analisis data.
Bab IV pembahasan. Bab ini terdiri atas penyajian data, analisis data, dan liasil penelitian.
Bab V penutup. Bab ini terdiri atas kesimpulan dan saran

Baca Tulisan Lain

Teori Belajar Konsep-dan Strategi penerapannya-di-kelas ;>> Baca

Tugas Guru dalam evaluasi pembelajaran;>>>>>> Baca

pengorganisasian materi pembelajaran bahasa Jndonesia >>>>>> Baca

Strategi-pembelajaran Membaca >>> Baca

1 Comment

  1. ENTERTAINMENT SERVICE & CO_MANAGEMENT ARTIS
    Sebagai Mediator Entertainment Guna memenuhi event & memudahkan Anda mendapatkan materi entertainment kami dapat membantu serta menyediakan materi terdiri dari :

    BAND ALLROUND
    Sebagai band special pengiring untuk event, band Allround disesuaikan dengan kebutuhan event anda, dengan formasi 4 Player s/d 20 Player

    BAND TOP INDONESIA
    Suksesnya event bergantung pada materi entertaint, materi band Top Indonesia yang cukup familiar di masyarakat merupakan daya tarik serta mempunyai nilai jual, dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta thema event, kami dapat membantu sebagai mediator untuk menyediakan Band Top Indonesia seperti :
    Dewa – Slank – Gigi – Ada Band – Peterpan – Ungu – Radja – Naif – Nidji – The Changcuter. – Ari Lasso & Band – Coklat – D’masive – Matta Band – Kangen Band – Project Pop – Yovie & Nuno – Dll

    BAND LEGENDARIS
    Perjalanan Band Top Indonesia tidak luput dari barometer beberapa Band seniornya (Legent) musik kenangan yang pernah hits seperti dimasa tahun 70an sampai dengan sekarang masih banyak diminati, bahkan oleh beberapa musisi dibuat daur ulang dengan arrasement musik baru, yang lebih inovatif serta harmonis, serta dibawakan oleh beberpa artis Diva Indonesia, guna untuk memenuhi anda untuk menikmati band legendaries kami dapat membantu menyediakan band legendaries seperti :
    Koes Plus – Panbres – Dlloyd’s – Favorite’s – Bimbo

    MUSIK RELIGI
    untuk kebutuhan event serta acara keagamaan kami juga menyediakan materi acara, seperti :
    Marawis – Nasyid – Gambus.

    ADDATIONAL PERFORMANCE
    Selain Band tsb diatas kami juga menyediakan beberapa musik lainnya seperti :
    Group Musik Chinnes “ Koyo”– Accapella – Musik Kroncong – Group Dangdut – Group Campursari Group Musik Melayu – dll

    PERFORMANCE ARTIS
    Suksesnya event tidak terlepas dengan kehadiran Artis guna menunjang event tersebut, kami dapat membantu anda untuk menghadirkan Artis dengan kategori artis :

    ARTIS POP
    Krisdayati – Titi DJ – Ruth Sahanaya (3 Diva) – Agnes Monica – Shanty – Rossa – AB Three – Indonesia Idol – Warna – Dewi Sandra – Dewi Gita – Astrid – Melly Goeslaw – Bunga Citra Lestari – Yuni Shara – Duo Maia – T2 – dll

    ARTIS POP LEGENDARIS (SENIOR)
    Titiek Puspa – Diana Nasution – Rita Nasution – Andi Meriem Mattalatta – Vina Panduwinata -Vonny Sumlang Endang S Taurina – Obbie Messakh – Fariz RM – Deddy Dhukun – Harvey Malaiholo – Ita Purnamasari – dll

    ARTIS DANGDUT
    Inul Daratista – Dewi Perssik – Uut Permatasari – Nita Thalia – Ira Swara – Erie Suzan – Dewi Desi San San – Trio Macan – Artis KDI – Kinkin Kintamani – Rosa Amelia – 3 Jablay – Trio Bohai – Trio Panser – Duo Sekar – Merry Geboy – Dede.S (Kucing Garong) – Julia Perez – Rini Andriani – Ayunia – Anita Kacha – Duo Perez – Saiful Jamil – Aksay – Irvan Mansyur – dll

    ARTIS DANGDUT SENIOR
    Elvie Sukaesih – Rita Soegiarto – Ayu Soraya – Iis Dahlia – Ikke Nurjanah – Iyeth Bustami – Evie Tamala – Yunita Ababiel – Rhoma Irama & Soneta – Mansyur.S – Maggy Z – Arafiq – Hamdan ATT – Muksin Alatas – Yus Yunus – Caca Handika – dll

    MASTER OF CAREMONY
    Ujung tombak keberhasilan dari acara (event) tidak lepas dari peranan seorang MC, MC yang smart dapat membawa suasana lebih hidup, untuk kebutuhan event, kami dapat menghadirkan MC Familiar Indonesia (Master Of Caremony) terdiri dari :
    Tantowi Yahya – Helmi Yahya – Ferdy Hasan – Eko Patrio – Parto – Akri – Abdel & Temon – Personil Project Pop – Tukul Arwana – Rubben Onsu – Olga Syahputra – Dave Hendrik – Ade Namnung – Ferry Mayadi – Reza Bukan & Farid – Andre Stinky – All Personil Extravaganza Tarns Tv – All Personil OB RCTI – Ulfa Dwi Yanti – Tessa Kaunang – Tamara Geraldine – Feni Rose – Anya Dwinove – Novita Angie – Yulia Rachman – dll

    COMEDIAN
    Penyegar suasana event / acara dibutuhkan comedian, kami menawarkan kepada anda untuk memilih group comedian, sebagai berikut :
    Patrio – Cagur – Bajaj – Project Pop – All Personil Negeri Impian (Metro TV) Mat Solar (Bajuri) – Sule Cs – Komeng Cs – Tarzan Cs – Doyok Cs – Jojon Cs – Kiwil Cs – Yadi Sembako Cs – dll

    DANCE
    menjadi pelengkap event, keberdaan dancer menambah suasana event menjadi meriah, untuk saat ini kehadiran dance (modern&tradisional) di event sudah menjadi kebutuhan, seperti :
    Launching
    Wedding
    Geathering
    Anniversary
    Video Klip
    Party
    Dll

    HAPPENING ART
    Adalah tokoh pantomime yang lebih berkarakter, karakter happening art statis tidak berbicara hanya dengan gerakan kecil, karakter happening art disesuaikan dengan kepentingan event serta kebutuhan event tsb, seperti untuk launching, Prosesi, Menyambut kedatangan, acara anak-anak, wedding, video klip, flim, iklan dll.

    PERFORMANCE ATRACTION TRADISIONAL (OPTION)
    Materi Entertainment Tradisional bila ditampilkan pada sebuah event teramat menyentuh serta mempunyai nilai tersendiri,kehadiran Performance Atraction Tradisional dapat disesuaikan dengan event anda, kami dapat menyediakan Atraction Tradisional, seperti :
    Gambang Kromong
    Kolintang
    Musik Kecapi
    Rampak Bedug
    Wayang Kulit
    Dll

    ENTERTAINMENT SERVICE
    Kami juga dapat berperan untuk handle event seperti :
    Expo /Pameran / bazaar
    Seminar
    Jumpa Fans
    Event Sport
    dll
    serta dapat membantu untuk pelaksanaan event dengan stage Management yang sudah berpengalaman serta dapat membantu sebagai Team Sukses untuk Kampanye.

    DESIGN PRODUCTION
    Selain materi entertainment, kami dapat handle untuk project pembuatan :
    Jinggle (Product – Kampanye – dll)
    Company Profile
    Project Album
    Pop & Dangdut
    Video Klip
    Support Promotion
    Image Profile untuk Pilkada&Calon Legislatif – Caleg (disesuaikan dengan Profile)

    EDUTAINMENT
    Tidak hanya yang berkaitan dengan dunia hiburan yang kami handle, kami juga dapat membantu Pemerintah Daerah untuk penyelenggaraan yang berkaitan dengan dunia Pendidikan serta motivasi support untuk generasi muda yang dikemas dengan entertainment, seperti :
    Seminar IT
    Seminar Penanggulangan bahaya Narkoba
    Seminar HIV
    Clinic Music
    dll.

    SERVICE CLIENT
    Kami melayani Jasa untuk Tamu-tamu Daerah, dalam rangka kepentingan kunjungan ke Jakarta, seperti :
    – Pengadaan Transportasi & Akomodasi
    (khusus Rombongan – Pribadi – Keluarga – Instasi – Organisasi – Yayasan – dll)
    – Pengadaan Mobilitas Selama berada di Jakarta
    Sebagai Mediator untuk kepentingan :
    (Rapat – Seminar – Rakernas – Simposium – dll)
    – Sebagia Fasilitor untuk Client mencari kebutuhan serta pengadaan barang (equipment)
    Mengurus keperluan selama berada di Jakarta
    – Rekreasi & Refreshing segala hiburan yang berada di Jakarta
    (khusus Rombongan – Pribadi – Keluarga – Instasi – Organisasi – Yayasan – dll)

    Dan Lain – lain segala kebutuhan Entertainment, kami siap serta dapat mendiskusikan untuk mewujutkan keinginan Anda, kami tunggu kerja sama, terima kasih.

    Contact Person :
    Budi Mahfud 0818811720 – 021.92592099
    co_managementartis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s