KOMPETENSI KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA

KOMPETENSI KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA

1. Memahami Landasan dan Wawasan Pendidikan
a. Memahami landasan pendidikan: filosofi, disiplin ilmu (ekonomi, sosiologi,
budaya, psikologi, politik) dan ilmiah.
b. Memahami dan menghayati hakikat manusia, hakikat masyarakat, hakikat
pendidikan, hakekat sekolah, hakikat peserta didik, hakikat guru, dan hakikat
proses belajar mengajar.
c. Memahami aliran-aliran pendidikan
d. Menerapkan pendekatan sistem dalam pendidikan
e. Memahami, menghayati, dan melaksanakan tujuan dan fungsi pendidikan
nasional
f. Memahami kebijakan, perencanaan, dan program pendidikan nasional,
propinsi, dan kabupaten/kota
g. Memahami kebijakan, perencanaan, dan program pendidikan di SLTP

2. Memiliki Wawasan tentang Otonomi Pendidikan, Community Based
Education, dan Manajemen Berbasis Sekolah
a. Memahami dan menghayati arti dan tujuan otonomi pendidikan
b. Memahami tugas dan fungsi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam era
otonomi pendidikan
c. Menyiapkan dan mengembangkan kapasitas otonomi pendidikan kaitannya
dengan pengembangan otonomi daerah
d. Memahami dan menghayati community based education (CBE)
e. Memberikan arahan dan bimbingan dalam pengelolaan CBE
f. Memahami dan menghayati manajemen berbasis sekolah (MBS)
g. Memberikan arahan dan bimbingan pengelolaan MBS
h. Memahami model manajemen lain yang relevan dengan otonomi pendidikan
3. Mengembangkan Pendidikan dan Sosio-Ekonomi Tingkat Kabupaten/Kota
a. Memahami monografi, potensi, dan program pengembangan wilayah
b. Memahami dan menghayati keterkaitan kebijakan pendidikan dengan
kebijakan sosio-ekonomi
c. Melakukan koordinasi dengan sektor-sektor lain yang terkait dengan sektor
pendidikan
d. Melakukan upaya-upaya sistemik link and much dengan sektor-sektor diluar
pendidikan dan dengan masyarakat (stakeholder)

4. Mengembangkan Kebijakan Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota
a. Mengembangkan visi, misi, tujuan dan sasaran pendidikan tingkat
kabupaten/kota yang mengacu pada visi, misi, tujuan, dan sasaran pendidikan
nasional serta propinsi
b. Memformulasikan kebijakan pendidikan untuk mencapai visi, misi, tujuan dan
sasaran pendidikan kabupaten/kota
c. Memberikan arahan dan bimbingan (fasilitasi) pelaksanaan kebijakan
pendidikan
d. Melakukan monitoring, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut kebijakan
pendidikan.2
5. Memiliki Wawasan tentang Model-model Perencanaan Pendidikan Tingkat
Kabupaten/Kota
a. Merencanakan pendidikan berdasarkan model manpower planning
b. Merencanakan pendidikan berdasarkan model social demand
c. Merencanakan pendidikan berdasarkan model rate of return
d. Merencanakan pendidikan berdasarkan model sistem (gabungan), sesuai
dengan kondisi daerah

6. Menyerasikan Perencanaan Pendidikan Tingkat Mikro dan Makro
a. Mengaitkan dan menyepadankan perencanaan pendidikan tingkat mikro
(kabupaten/kota) dan makro
b. Memposisikan perencanaan pendidikan kabupaten/kota dalam koridor
perencanaan makro pendidikan (propinsi dan nasional)
7. Merencana dan Memrogram Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota
a. Memahami dan menghayati arti dan tujuan perencanaan pendidikan
b. Mendeskripsikan proses perencanaan pendidikan
c. Menguraikan elemen-elemen perencanaan pendidikan
d. Memahami dan menggunakan metode dan teknik perencanaan pendidikan
e. Memilih secara tepat metode dan teknik pengumpulan data
f. Menganalisis data dengan metode kuantitatif dan kualitatif
g. Mensimulasikan perencanaan dan analisis data dengan komputer
h. Mengalokasikan sumberdaya pendidikan untuk merealisasikan rencana
pengembangan pendidikan tingkat kabupaten/kota
i. Menyusun langkah-langkah/prosedur untuk merealisasikan rencana
pengembangan pendidikan tingkat kabupaten/kota
j. Menyusun tahap-tahap patok penyelesaian (milestone) untuk setiap program

8. Mengelola Sistem Informasi Manajemen (SIM) bagi Perencanaan dan
Manajemen Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota
a. Memahami dan menghayati arti, tujuan, kegunaan dan cakupan Sistem
Informasi Manajemen (SIM)
b. Memahami dan menerapkan metode dan teknik SIM
c. Mengelola SIM dengan komputer
d. Menyusun informasi pendidikan untuk pengambilan keputusan
e. Menggunakan informasi pendidikan untuk pengambilan keputusan
9. Memetakan Sekolah di Tingkat Kabupaten/Kota
a. Memahami dan menguasai potensi pendidikan di wilayahnya
b. Memahami dan menghayati daerah-daerah peruntukan
c. Memahami dan menghayati metode dan teknik pemetaan sekolah
d. Merencanakan lokasi, jenis, jenjang, tipe, sarana dan prasarana persekolahan

10. Mengelola Pengembangan Kurikulum Tingkat Kabupaten/Kota
a. Mengembangkan kurikulum berdasarkan standar kompetensi yang ditetapkan
oleh Depdiknas
b. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan konteks lingkungan sekolah
c. Mengembangkan pedoman dan petunjuk umum pelaksanaan kurikulum
d. Melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kurikulum.
11. Mengelola Ketenagaan Tingkat Kabupaten/Kota
a. Merencanakan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan
b. Merekrut, menyeleksi, membekali, menempatkan dan mengorientasikan
tenaga kependidikan baru
c. Mengembangkan tenaga kependidikan
d. Memanfaatkan dan membina tenaga kependidikan secara profesional
e. Menilai kinerja tenaga kependidikan
f. Mengembangkan sistem penghargaan yang menjamin kepastian dan keadilan
g. Memotivasi tenaga kependidikan
h. Membina hubungan kerja yang harmonis
i. Mengelola dokumentasi tenaga kependidikan
j. Mengelola konflik tenaga kependidikan

12. Mengelola Keuangan Tingkat Kabupaten/Kota
a. Menyiapkan rencana anggaran pendapatan dan belanja pendidikan
b. Menggali sumberdana dari masyarakat, pemerintah, sponsor dan donatur yang
tidak mengikat
c. Mengelola akuntansi keuangan pendidikan (cash in and cash out)
d. Mempertanggungjawabkan keuangan (financial accountability) kepada
pemerintah dan masyarakat
e. Merekomendasikan dan memfasilitasi penetapan dan pengesahan Rencana
Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS)
13. Mengelola Sarana dan Prasarana Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota
a. Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan
b. Mengembangkan spesifikasi sarana dan prasarana pendidikan
c. Mengupayakan ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasarana pendidikan
d. Memfasilitasi perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan
e. Memfasilitasi pembangunan/pengembangan dan rehabilitasi unit sekolah
f. Memfasilitasi pengadaan sarana dan prasarana pendidikan
g. Mengiventarisasi sarana dan prasarana

14. Mengatur Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota
a. Membuat regulasi pendidikan berdasarkan peraturan perundang-undangan
yang berlaku (otonomi/ desentralisasi)
b. Mengsosialisasikan regulasi pendidikan ke sekolah-sekolah
c. Mendorong penegakan hukum (law enforcement) pendidikan
15. Mengelola Dewan Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota
a. Membentuk Dewan Pendidikan yang keanggotaannya terdiri dari akademisi,
profesional, praktisi, wakil masyarakat dan wakil dari institusi lain yang relevan
b. Merumuskan tugas dan fungsi Dewan Pendidikan
c. Melibatkan Dewan Pendidikan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan
pendidikan
d. Mengakomodasikan pertimbangan, saran dan usul Dewan Pendidikan
e. Melibatkan Dewan Pendidikan untuk mendapatkan dukungan masyarakat
terhadap pendidikan (dana, pemikiran, moral, tenaga, barang, jasa, dsb)
f. Meningkatkan akuntabilitas program dan keuangan melalui pelaporan dan
pertemuan dengan Dewan Pendidikan
g. Mensosialisasikan dan mempromosikan program-program pendidikan kepada
masyarakat.

16. Mengadministrasi dan Mengorganisasi Pendidikan Tingkat
Kabupaten/Kota
a. Mengembangkan kebijakan administrasi dan organisasi pendidikan
b. Mengembangkan sistem informasi pendidikan yang menyangkut kurikulum,
tenaga kependidikan, kesiswaan, keuangan, fasilitas, dsb.
c. Membuat uraian tugas pokok dan fungsi tenaga kependidikan
d. Menerbitkan informasi berkala tentang perkembangan pendidikan dalam
bentuk leaftlet, bulletin, majalah, jurnal, dll.
17. Melaksanakan Pembaharuan, Kreativitas, Inovasi dan Kewirausahaan
a. Memahami dan menghayati arti dan tujuan pembaharuan pendidikan
b. Menggunakan metode, teknik, dan proses pembaharuan pendidikan
c. Menumbuhkan situasi yang mendorong kebebasan berpendapat dan berfikir
untuk menciptakan kreativitas dan inovasi
d. Mendorong sekolah untuk melakukan berbagai eksperimentasi, prakarsa dan
keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru
e. Mendorong sekolah untuk berfikir kritis, kreatif, inovatif, dan nalar
f. Memberikan penghargaan (rewards) terhadap hasil-hasil kreativitas sekolah
g. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan warga Dinas Pendidikan dan warga sekolah
h. Mendorong sekolah-sekolah melakukan income generating activities (unit
usaha/produksi) untuk mendukung pengembangan sekolah

18. Memimpin Pendidikan Kabupaten/Kota (Team Building)
a. Mengembangkan visi, misi, tujuan dan sasaran pendidikan tingkat kabupaten
b. Memilih strategi yang ampuh untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran
pendidikan
c. Memberdayakan dan memobilisasi sumberdaya pendidikan di daerah
d. Memiliki power dan kesan positif untuk mempengaruhi bawahan dan orang lain
e. Memiliki kemampuan (intelektual & kalbu) sebagai smart leader (pimpinan
yang cerdas) yang mampu memobilisasi sumberdaya yang ada di
lingkungannya
f. Mengambil keputusan secara terampil (cepat, tepat dan cekat)
g. Mendorong perubahan (peningkatan, perbaikan) pendidikan di wilayah
h. Berkomunikasi secara lancar (tertulis, terlisan, tergambar, terkesan)
i. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang tangguh
j. Menggalang teamwork yang kompak, cerdas dan dinamis
k. Mendorong kegiatan-kegiatan yang kreatif dan inovatif
l. Menciptakan Dinas Pendidikan sebagai organisasi belajar (learning
organization)
m. Mengembangkan kepemimpinan yang demokratis dan partisipatif
n. Mengakomodasikan dan memperjuangkan aspirasi sekolah dan masyarakat
mengenai pendidikan
19. Memonitor dan Mengevaluasi Pendidikan Tingkat Kabupate/Kota
a. Mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi pendidikan (PBM, THB, EBTA,
EBTANAS) di daerah
b. Mengembangkan elemen-elemen kesehatan pendidikan (education health) di
daerah
c. Mengembangkan indikator-indikator setiap elemen kesehatan pendidikan
d. Menyusun kemajuan/kesehatan pendidikan di wilayahnya
e. Memberikan arahan-arahan tindak lanjut dari profil kemajuan/kesehatan
pendidikan.

20. Mengkoordinasikan Pendidikan Tingkat Kabupaten/ Kota
a. Mengkoordinasikan/menyerasikan sumberdaya pendidikan untuk mencapai
tujuan pendidikan
b. Mengkoordinasikan/menyerasikan pembangunan sektor pendidikan dengan
pengembangan sektor-sektor lain
c. Menyiapkan input management (tugas, rencana, program, ketentuan/limitasi
dan pengendalian) untuk mengelola sumberdaya pelaksana
d. Mengatasi permasalahan dan mensinkronisasikan ketatalaksanaan pendidikan
21. Mengambil Keputusan Secara Terampil
a. Menjaring informasi kualitas dan kuantitas untuk mengambil keputusan
b. Mengambil keputusan secara terampil (cepat, tepat dan cekat)
c. Memperhitungkan akibat pengambilan keputusan dengan pertimbangan biaya
minimal dan hasil maksimal (least cost and most benefit) atau efektivitas dan
efisiensi

22. Memberdayakan Dinas Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota
a. Memahami arti dan tujuan pemberdayaan tenaga kependidikan
b. Mengidentifikasi dan menjelaskan karakteristik Dinas Pendidikan yang berdaya
c. Merencanakan cara-cara untuk memberdayakan Dinas Pendidikan
d. Memberikan tugas-tugas yang menantang dan bermakna kepada staf disertai
kewenangan dan tanggungjawab untuk menjadikan Dinas Pendidikan lebih
berdaya
e. Menilai dan meningkatkan keberdayaan Dinas Pendidikan
23. Membuat Laporan Akuntabilitas Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten
a. Menyebutkan dan memahami konsep-konsep laporan
b. Membuat laporan akuntabilitas kinerja Dinas Pendidikan dengan sebaik-baiknya
c. Mempertanggungjawabkan hasil kerja Dinas Pendidikan kepada stakeholders
d. Membuat keputusan secara cepat, tepat, dan cekat berdasarkan hasil
pertanggungjawaban
e. Memperbaiki perencanaan Dinas Pendidikan jangka menengah dan jangka
panjang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s