• Download Software Komputer
    Untuk anda yang ingin tahu, ingin belajar, mengubah ketertinggalan menjadi modern. Mengubah kemelataran menjadi kemakmuran.
    Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Terus aktifitas takkan pernah lelah untuk belajar. CARI ILMU dimana saja, kapan saja dan berguru kepada siapa saja
    Google Groups
    Pencariilmu
    Kunjungi grup ini
    *Melihat Kota tempat weblog ini dikelola dari Satelit
  • Sepuluh Masukan Terkini

    Fatma di Download Diktat Buku Akuntansi…
    rendy di Download Diktat Buku Akuntansi…
    Rina Monika Dewi di Pengertian Etika, Moral dan…
    Dwi gita di Pengertian Politik dan Ilmu…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    Anonymous di PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SIKL…
    Linguistik Umum | bo… di Cakupan Semantik
  • Admin

  • Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)

    Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)

    Metode ini diprogramkan pemerintah RI mulai tahun 1974. Regu yang dipimpin oleh Dr. A.S. Broto pada waktu itu telah menghasilkan Metode SAS. Menurut A.S. Broto khususnya disediakan untuk belajar membaca dan menulis permulaan di kelas permulaan SD. Lebih luas lagi Metode SAS dapat dipergunakan dalam berbagai bidang pengajaran. Dalam proses operasionalnya metode SAS mempunyai langkah-langkah berlandaskan operasional dengan urutan : Struktural menampilkan keseluruhan; Analitik melakukan proses penguraian; Sintetik melakukan penggabungan kembali kepada bentuk Struktural semula. Landasan linguistiknya bahwa itu ucapan bukan tulisan, unsur bahasa dalam metode ini ialah kalimat; bahwa bahasa Indonesia mempunyai struktur tersendiri. Landasan pedagogiknya; (1) mengembangkan potensi dan pengalaman anak, (2) membimbing anak menemukan jawab suatu masalah. Landasan psikologisnya : bahwa pengamatan pertama bersifat global (totalitas) dan bahwa anak usia sekolah memiliki sifat melit (ingin tahu).
    Prosedur penggunaan Metode SAS
    1. Mula membaca permulaan dijadikan dua bagian
    Bagian pertama Membaca permulaan tanpa buku
    Bagian pertama Membaca permulaan buku
    2. Merekam bahasa anak melalui pertanyaan-pertanyaan dari pengajar sebagai kontak permulaan.
    3. Menampilkan gambar sambil bercerita. Setiap kali gambar diperlihatkan, muncullah kalimat anak-anak yang sesuai dengan gambar.
    4. Membaca kahmat secara structural
    5. Membaca permulaan dengan buku
    6. Membaca lanjutan
    7. Membaca dalam hati

    Segi baiknya
    a. Metode ini dapat sebagai landasan berpikir analisis.
    b. Dengan langkah-langkah yang diatur sedemikian rupa membuat anak mudah mengikuti prosedur dan akan dapat cepat membaca pada kesempatan berikutnya
    c. Berdasarkan landasan linguistik metode ini akan menolong anak. menguasai bacaan dengan lancar.

    Segi lemahnya
    .
    1) Metode SAS mempunyai kesan bahwa pengajar harus kreatif dan terampil serta sabar

    Tuntutan semacam ini dipandang sangat sukar untuk kondisi pengajar saat ini.

    2) Banyak sarana yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan metode ini untuk sekolah sekolah tertentu dirasa sukar.
    3) Metode SAS hanya untuk konsumen pembelajar di perkotaan dan tidak di pedesaan
    4) Oleh karena agak sukar menganjarkan para pengajar metode SAS maka di sana-sini Metode ini tidak dilaksanakan.
    Teknik pelaksanaan Metode SAS ialah keterampian memilih kata kartu kata dan kartu kalimat. Sementara anak-anak mencari huruf, suku kata, kata., pengajar dengan sebagian anak yang lain. Menempel-empelkan kata kata yang tersusun menjadi kalimat yang berarti. Begitu seterusnya sehingga semua anak mendapat giliran untuk menyusun kalimat, membacanya dan yang paling mengutpnya sebagai ketreampilan menulis. Media lain selain papan tulis, papan panel, papn tali, OHP (Over Head Projector) dapat juga digunakan.

    22 Tanggapan

    1. pak saya rozy dari samarinda, kakak saya seorang guru SD di samarinda sedang mengerjakan skripsi tentang peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan metode SAS pada kelas I, untuk itu saya coba cari di google bahannya tapi sulit untuk ketemu.
      mohon kiranya bapak dapat memberikan bahan2 dimaksud untuk membantu kakak saya dalam pembuatan skripsi.
      sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya

    2. pak saya lagi sedang menyusun proposal penelitian.masalah yang saya ambil adalah mata pelajaran bahasa indonesia kelas 2 SD yang menjadi masalah adalah membaca,siswa sangat lambat dalam membaca bahkan ada pula yang belum tau membaca.kira-kira metode dan konsep apa yang dapat saya gunakan untuk menyelesaikan khasus ini?sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    3. makasih pak artikelnya, saya jdi tmbah tahu SAS

    4. apakah metode ini bisa diterapkan pada pembelajaran bahasa asing semisal bahasa arab?

    5. Pak De,saya ikut down load artikelnya.Sangat membantu saya dalam melaksanakan tugas,terima kasih.Jika Pak De berkenan tolong kirimi saya artikel yang berkaitan dengan pembelajaran membaca permulaan di kelas I SD lewat e-mail saya.Terimakasih

    6. pak maaf klo seandainya metode ini dipakai untuk pembelajaran bahasa asing apa bisa?

    7. SAMPAI SEKARANG BUKU-BUKU PAKET / PENDAMPING MASIH BANYAK MENGGUNAKAN METODE SAS , ini bola abi
      bola
      bo la
      b o l a
      bo la
      bola
      ini bola abi
      model seperti ini adalah bukan metode sas
      tetapi achir dari proses metode sas
      maka1 anak guru sulit menggunakan metode sas

    8. metode sas hanya dapat digunakan bahasa indonesia atau bahasa melayu yang menggunakan huruf alfabet ABCDEFGHIJKLM …………….DST
      KARENA BAHASA INDONESIA ( KATA ) DALAM SUATU KALIMAT MERUPAKAN STRUKTUR …….YANG DAPAT DIANALISA …………DAN DAPAT DISINTESA KEMBALI
      BAGI YANG AKAN MENYELIDIKI METO DE SAS
      HUBUNGI AKU 0352 462 231 PONOROGO GRATIS

    9. JADI BUKU BUKU YANG BERBAHU METODE SAS
      SAMPAI HARI INI ( SEJAK TH 1974 ) ITU MENURUT SAYA KURANG TEPAT DAN SUDAH SAYA SELIDIKI PADA TAHUN 1986 , MEMANG BELUM SAYA PUBLIKASIKAN , BAGI YANG INGIN MENYELIDIKI METODE SAS AKU SIAP MEMBANTU GRATIS LOO. AKU DI PONOROGO ( 0352 462 231 )
      KEPUNYAANKU ANAK DAPAT BELAJAR DENGAN KOMPUER SEDANG DIPERSIAPKAN DENGAN HP.

    10. pak de aku pernah ditatar metode sas th 1977
      aku jadi guru klas satu 15 tahun aku kenyang makan garam nya METODE SAS
      TH 1986 THESESKU Menyelidiki metode sas
      pembimbingku DR ISKANDAR W .MSC
      KATA BELIAU INI MERUPAKAN PENEMUAN YANG SANGAT CANGGIH NANTI ANAK DAPAT MELAJAR DENGAN KOMPUTER ., sayang sampai hari ini belum saya publikasikan tolong aku dibantu ,trimmm

    11. maaf pak de aku numpang promo , kepada siapa aja yang menyelidiki metode sas aku siap membantu , kapan dan dimanapun anda berada .
      aku di ponorogo 082 141 300 336 …gratis loo.

    12. Belajar membaca dan menulis dengan metode SAS sangatlah mudah berbekal sekeping cd dan sebuah buku panduan yang cuma berisi 80 halaman. Siapapun dapat melaksanakan.

      INOVASI TEHNOLOGI BELAJAR
      MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN
      DENGAN METODE SAS

      Mengapa memilih metode SAS?
      Metode SAS merupakan metode yang bertehnologi, bersistem, ilmiah dan terprogram. Anak dapat belajar secara manual dan dapat belajar menggunakan komputer.
      Bagaimana cara mengajar yang benar apabila menggunakan metode SAS?
      Pertemuan pertama:
      Guru memperkenalkan beberapa anak agar maju ke depan kelas, ditanya satu persatu. Kamu namanya? Suatu misal ada:
      abi, ruli, zia, budi, wati, rolan, dan ahmad.
      ini abi sambil menunjuk anak yang bernama abi dst

      ini meja , ini dasi , ini kursi
      sambil menunjuk masing-masing bendanya

      Guru memperkenalkan nama-nama benda sekitar dan nama-nama hewan:
      Untuk benda: meja, kursi, sepeda, rumah, sekolah, sepatu, dasi, dll
      Untuk hewan: sapi, kuda, ayam, buaya,dll

      Pertemuan ke dua:
      Masing-masing anak membawa foto 3R dan nama dada (tanda pengenal)
      Foto dilekatkan pada buku siswa masing-masing. Bawah foto ditulisi nama anak. Lihat contoh foto abi dibuku siswa.

    13. maaf pak masih saya persiapkan , mungkin minggu depan , tentang metode SAS sudah tidak perlu diteliti lagi , ini metode sudah final .

    14. salam pak de …
      tolong akses http://metodesas.blogspot.com
      gimana pak kalau sepertri itu trim

    15. APA Pak de sampun akses blog zia tolong pak comennya ? oke trim .

    16. rupanya Pak de dari kediri , kalau mudik tolong mampir ke ponorogo , bel pakde sebelumnya
      aku terima dengan senang hati . aku tunggu kapanpun , ingat itu pak De .
      aku senang bersilaturohmi .

    17. ternyata metode sas masih sangat menarik
      ratusan /mungkin ribuan blog yang membahas metode sas…………………………………………………
      gimana kalau kita undang aja pakrnya yaitu :
      Bp: Prof.Dr. A S .Broto dan kawan-kawan, atau yang mewakili sebagai juru bicara ,mari kita diskusikan ,
      aku yakin metode sas ,akan menjadi metode melajar membaca yang paling mudah dilaksanakan

    18. pak saya Jurusan Paud bisa tidak metode Sa di gunakan dlm TK

    19. Terimakasi pengertian tentang metode SAS

    20. ada bukunya gak sih metode SAS ini?saya kesulitan mencari buku ini saya sedang menyusun skripsi

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

    Bergabunglah dengan 323 pengikut lainnya

    %d blogger menyukai ini: