Beberapa Terminologi Ekonomi

Beberapa Terminologi Ekonomi

1.Absolute advantage adalah keuntungan mutlak yang dimiliki suatu negara, perusahaan atau perorangan. Sebuah negara mempunyai absolute advantage apabila negara tersebut dapat memproduksi sesuatu lebih efisien dari negara lain.
2.Aggregate demand berarti permintaan terpisah akan barang dan jasa.
3.Allocation of Resources adalah istilah untuk pengalokasian sumber daya. Dalam situasi yang tidak ekstrim (ekonomi yang terencana) para birokrat pemerintahlah yang mengalokasikan sumber daya tersebut. Dalam situasi yang ekstrim ekonomi pasar bebaslah yang menentukan pengalokasian tersebut. Kebanyakan ekonomi bergerak pada situasi antara kedua situasi ekstrim tersebut.
4.Antitrust mempunyai arti antimonopoli.
5.Balance of Payment berarti jumlah uang yang masuk maupun yang keluar dari suatu negara.
6.Balance Sheet adalah aset dan utang pada suatu waktu tertentu biasanya pada akhir tahun.
7.Bank failure adalah istilah yang menunjukkan bahwa suatu bank itu bangkrut.
8.Bankruptcy berarti situasi dimana seseorang atau perusahaan secara resmi dinyatakan bangkrut oleh suatu badan hukum.
9.Barter berarti mendapatkan barang atau jasa tanpa menggunakan uang.
10.Capital adalah segala bentuk barang atau benda yang digunakan untuk memproduksi barang.

11.Capital formation adalah tambahan modal dalam suatu periode tertentu. Capital formation dikatakan positif bila pengeluaran untuk pembelian barang-barang yang baru melebihi konsumsi barang-barang yang lama.
12.Capital market adalah keuangan untuk investasi dan tabungan jangka panjang. Capital market memberi jasa seperti menghubungkan antara pembeli dan penjual.
13.Cartel adalah kelompok perusahaan yang bersatu dalam rangka mengawasi industri mereka biasanya dengan cara mengurangi produksi untuk menaikkan harga.
14.Ceteris Paribus adalah istilah Latin yang bermakna segala sesuatu itu selalu seimbang, misalnya bila harga barang-barang turun maka pembelian barang akan naik.
15.Comparative advantage memiliki arti bahwa setiap negara dapat memproduksi sesuatu dengan biaya relatif lebih rendah dari negara lain.

16.Deficit spending adalah jumlah pengeluaran negara yang melebihi jumlah pemasukan.
17.Deflation adalah situasi dimana terjadi penurunan harga.
18.Demand adalah permintaan akan suatu barang.
19.Depression adalah pertumbuhan ekonomi yang mengalami penurunan tajam untuk waktu yang lama.
20.Depreciation adalah jatuhnya nilai mata uang terhadap nilai mata uang lainnya.

21.Deregulation adalah pencabutan berbagai peraturan yang bertujuan memacu kegiatan ekonomi.
22.Devaluation adalah menurunkan nilai mata uang di bawah nilai tukar yang berlaku.
23.Diminishing returns adalah salah satu prinsip ekonomi yang menyatakan bahwa penambahan secara terus-menerus salah satu faktor produksi sementara faktor-faktor produksi yang lain tetap, akan berakibat menurunnya tambahan produksi.
24.Pasar dinyatakan berada dalam disequilibrium apabila tidak ada keseimbangan antara harga, penjual dan pembeli.
25.Disinflation adalah adanya keterlambatan dalam tingkat inflasi atau dengan kata lain kenaikan tingkat inflasi mengalami sedikit hambatan.

26.Disposable income adalah pendapatan bersih.
27.Dissaving adalah lawan dari saving (menabung), jadi dissaving terjadi karena pengeluaran melebihi pendapatan.
28.Econometrics adalah cara-cara statistik dan matematik dalam mengatasi masalah-masalah ekonomi, menguji teori-teori ekonomi dan memprediksi masa depan.
29.Economic efficiency adalah kondisi yang dicapai ketika sumber-sumber digunakan tanpa adanya usaha dan biaya yang terbuang percuma.
30.Economic growth terjadi ketika kapasitas produksi ekonomi meningkat.

31.Economic indicators adalah perhitungan-perhitungan statistik yang digunakan untuk menggambarkan atau meramalkan perubahan-perubahan yang ada dalam percaturan bisnis.
32.Economics adalah studi ilmiah mengenai bagaimana mengalokasikan sumber-sumber yang terbatas.
33.Economics of scale terjadi ketika sebuah perusahaan atau industri mengembangkan total produksinya tetapi mengurangi biaya per-unitnya.
34.Elasticity adalah pengukuran reaksi konsumen terhadap perubahan harga.
35.Enterpreneur adalah wiraswasta.

36.Equilibrium adalah keadaan dimana sistem ekonomi dalam keadaan seimbang.
37.Expectations adalah keyakinan-keyakinan akan masa yang akan datang.
38.Externality adalah dampak atau kelebihan dari suatu aktivitas ekonomi yang tidak mempunyai harga di pasaran.
39.Game Theory adalah penganalisaan teoretis suatu proses pengambilan keputusan yang diambil oleh dua orang atau lebih dalam suatu konflik.
40.GATT adalah hukum-hukum internasional yang mengatur masalah perdagangan.

41.General Equilibrium adalah keadaan di mana semua pasar dalam ekonomi stabil yaitu pada saat permintaan dan penawaran sama jumlahnya sehingga tidak ada kecenderungan harga untuk melonjak naik atau turun.
42.Gentlemen’s agreement adalah suatu istilah yang menunjukkan adanya kontrak yang tidak tertulis dan disetujui bersama.
43.Gold Standard adalah nilai tukar tetap di mana bank-bank sentral menukarkan sejumlah emas dengan berat tertentu dengan mata uang mereka.
44.GNP adalah ukuran seberapa sehat perekonomian suatu negara, GNP ini meliputi pengeluaran konsumen atas barang dan jasa, investasi pribadi, pengeluaran dan investasi pemerintah.
45.Hot Money adalah pertukaran modal antara mata uang-mata uang di dunia, Spekulator akan menjual mata uang suatu negara bila nilai mata uang tersebut dirasakan akan menurun. Sebaliknya mereka akan menjualnya bila dirasakan nilai mata uang tersebut akan naik.

46.Handling Charge adalah biaya untuk memindahkan barang.
47.Import adalah segala sesuatu yang dibuat di negara lain tetapi dibeli di negara sendiri.
48.Incentive adalah hadiah berupa uang atau lainnya yang disediakan untuk pelanggan, anggota atau ahli waris dari asuransi kesehatan biasanya dalam bentuk uang tunai atau tingkat keuntungan yang lebih tinggi.
49.Indexation adalah metode perubahan harga barang dan jasa dengan cara menghubungkannya dengan perubahan tingkat inflasi.
50.Inferior good adalah sesuatu yang melanggar hukum permintaan yang mengatakan bahwa bila harga sesuatu barang turun, maka permintaan akan barang tersebut meningkat. Sedangkan bila harga inferior good turun, maka permintaan akan barang tersebut berkurang.

51.Inflation adalah naiknya harga-harga.
52.Interest adalah harga yang dibayar untuk meminjam uang.
53.International Monetary Fund adalah badan keuangan international yang berfungsi membantu sistem keuangan internasional dengan memberikan kredit kepada negara anggota yang membutuhkannya.
54.Intermediary adalah orang yang bertugas menghubungkan dua belah pihak yang terlibat dalam suatu perjanjian bisnis.
55.Inventory adalah berbagai macam barang yang dimiliki oleh para pelaku bisnis untuk menjaga agar bisnis mereka tetap berjalan dengan baik.

56.Investment adalah pengeluaran yang hasilnya baru akan dapat dipetik di kemudian hari.
57.Invisible hand adalah sebuah prinsip yang menyatakan bahwa bila tiap individu bebas mengejar apa yang ia cita-citakan, maka seluruh masyarakat akan mengambil manfaatnya.
58.Jawboning situasi ketika kebijaksanaan ekonomi dilakukan dengan cara persuasif. Biasanya oleh para politisi.

59.Labor adalah segala hal yang berhubungan dengan upaya, keterampilan fidik, kekuatan intelektual atau keterampilan khusus individu yang digunakan dalam suatu kegiatan produksi.
60.Labor Theory of Value adalah suatu ide yang menyatakan bahwa barang dan jasa sebaiknya dinilai dari jumlah tenaga yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut.

61.Laffer Curve adalah suatu kurva yang memberikan gambaran umum dari timbal balik antara tarif pajak dan pajak pendapatan.
62.Lagging Indicators adalah kelompok dari indikator statistik seperti persediaan, biaya tenaga kerja atau bunga utang yang digunakan oleh bagian peramalan untuk menentukan perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam suatu siklus usaha.
63.Laissez-Faire adalah frase yang mengekspresikan rasa frustrasi atas campur tangan pemerintah dalam pengoperasian pasar.
64.Land adalah semua sumber alam yang ada seperti mineral dan air.
65.Leading Indicators merupakan salah satu dari cara menghitung sehat tidaknya ekonomi suatu negara yang dibuat oleh Departemen Perdagangan. Indikator ini terdiri atas jumlah jam kerja pada suatu industri tertentu, besarnya pengangguran, kebutuhan baru dari suatu produk oleh konsumen, harga saham, pinjaman usaha dan perorangan (konsumen) untuk kemudian diperhitungkan. Kesemuanya ini bertujuan untuk memperkirakan arah perekonomian suatu negara.

66.Less-Developed Country adalah nama lain bagi negara-negara miskin yang berada di negara-negara Dunia Ketiga atau negara berkembang.
67.Liability adalah istilah resmi untuk menyatakan utang. Liability merupakan kebalikan dari aset (kekayaan).
68.Liquidity merupakan kemudahan atau kecepatan penjualan suatu aset (kekayaan) menjadi uang tunai.
69.Macroeconomics adalah bagian dari ilmu ekonomi yang melihat faktor-faktor ekonomi yang ada secara global. Analisa makro berhubungan dengan kategori-kategori kerangka berpikir yang besar, atau disebut juga sebagai agregat.
70.Marginal Analysis merupakan studi yang memperhatikan tentang bagaimana suatu perubahan kecil (naik atau turunnya) suatu variabel dapat mempengaruhi variabel-variabel lain yang berhubungan dengan variabel tersebut.

71.Market adalah suatu yang terjadi apabila penjual bertemu dengan pembeli dan dimana kebutuhan dan pasokan berinteraksi untuk menemtukan harga.
72.Mercantilism adalah suatu kebijakan ekonomi pada abad 17 dan 18 yang mengatur perdagangan untuk meningkatkan kekuasaan dan kekayaan nasional.
73.Microeconomics yaitu bagian dari ilmu ekonomi yang memperhatikan ekonomi pada skala kecil. Ekonomi mikro bisa juga disebut sebagai ‘Teori Harga’ karena mempelajari tentang bagaimana keputusan perorangan, konsumen, atau suatu perusahaan menentukan harga-harga.
74.Minimum Wage adalah cara suatu negara melalui keputusan presiden atau undang-undang untuk menentukan dasar penggajian.
75.Mixed Economy adalah suatu sistem ekonomi yang mempunyai karakteristik baik kapitalis maupun sosialis, atau antara pasar bebas dengan kondoso pasar yang diatur oleh negara.

76.Model adalah suatu teori yang bermaksud menggambarkan cara kerja aktual yang ada. Model tidak lain berupa suatu ide atau penjelasan tentang bagaimana suatu faktor dapat mempengaruhi faktor lainnya.
77.Monetarism adalah suatu prinsip berpikir atau dasar yang menyatakan bahwa perubahan yang terjadi dalam penyediaan suatu mata uang adalah penentu utama dalam kegiatan ekonomi.
78.Money adalah sesuatu yang secara umum diterima sebagai alat pembayaran untuk barang dan jasa.
79.Money Illusion yaitu tindakan psikologis yang terjadi atas perubahan nilai dari suatu mata uang, biasanya dilakukan pada sistem penggajian daripada mengubah kekuatan belanja yang ada.
80.Money Supply adalah jumlah seluruh uang yang ada pada sistem ekonomi suatu negara.

81.Monopoly adalah suatu pasar yang hanya terdiri atas satu penjual.
82.Monopsony adalah suatu sistem pasar yang hanya mempunyai satu pembeli.
83.Multinational Corporation adalah suatu perusahaan yang beroperasi di lebih dari satu negara.
84.National Debt adalah jumlah keseluruhan dari utang tersisa pemerintahan suatu negara. National Debt berbeda dengan defisit anggaran negara yang hanya merupakan jumlah utang yang timbul dalam satu tahun anggaran.
85.National Income adalah suatu cara untuk menyatakan produk bruto suatu negara. National Income bertujuan untuk memberikan gambaran untuk keseluruhan pendapatan dari seluruh faktor yang ada dalam produksi.

86.Nationalization; Nationalized Industry terjadi apabila pemerintahan suatu negara mengambil alih suatu usaha atau industri perorangan.
87.Negative Income Tax merupakan subsidi pendapatan yang ditujukan kepada masyarakat yang pendapatannya dibawah garis kemiskinan suatu negara. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan papan dari masyarakat tersebut untuk waktu tertentu.
88.Neoclassical Economics adalah suatu paham yang berasal dari pemikiran ekonomi klasik, yaitu pemikiran yang memberikan penekanan atas pentingnya pasar dan persaingan.
89.Net National Product adalah pendapatan bruto per kapita dikurangai depresiasi.
90.Net Worth adalah nilai dari suatu perusahaan setelah perhitungan seluruh kewajiban dikurangi total aset (kekayaan). Jika nilainya positif maka perusahaan tersebut mempunyai Net Worth positif, jika nilainya negatif biasanya berakhir dengan bangkrutnya perusahaan tersebut.

91.New Classical Economics adalah suatu paham yang mempunyai pemikiran bahwa pasar memberikan pemecahan terbaik untuk masalah-masalah ekonomi.

92.Oligopoly adalah situasi dimana beberapa penjual dapat mengontrol atau mendominasi suatu pasar.
93.Open Market Operations: suatu kegiatan jual beli saham atau surat berharga yang dilakukan oleh Federal Reserve System.
94.Opportunity Cost adalah sejumlah uang yang dibayar untuk menghasilkan sesuatu tetapi bukan yang lain. Opportunity Cost ini berguna untuk memilih satu dari dua alternatif ang ada. Contoh: bila seseorang dapat berpenghasilan Rp10.000.000,00 sebagai seorang sekretaris, tetapi ia memilih menjadi penjual baju yang berpenghasilan Rp8.000.000,00 maka opportunity cost-nya adalah sebanyak Rp2.000.000,00
95.Planned Economy adalah ekonomi yang dirancang untuk menghindari mekanisme harga dengan cara mengalokasikan sumber.

96.Price System adalah cara mengalokasikan sumber dan juga cara menyalurkan informasi mengenai sistem permintaan dan penawaran.
97.Private Sector adalah sektor swasta.
98.Privatization adalah pengalihan tanggung jawab dalam bidang jasa ke sektor swasta.
99.Productivity adalah produktivitas.
100.Protectionism adalah usaha-usaha yang dilakukan pemerintah dalam melindungi ekonomi dalam negeri terhadap kompetisi dari luar negeri.

101. Quantity Theory of Money adalah teori kuantitas uang dimana makin banyak uang yang beredar harga makin naik.
102.Quasi-Rent adalah setiap penghasilan tambahan dari faktor-faktor produksi yang berasal dari sumber yang langka.
103.Quota adalah pembatasan dalam jumlah.
104.Radical Economics adalah ekonomi yang memasukkan unsur-unsur politik dan sosial dalam subjeknya.
105.Rational Expectations adalah aliran pemikiran yang berpendapat bahwa rakyat tidak dapat dibodohi ataupun dimanipulasi tindakannya.

106.Reaganomics adalah kebijakan ekonomi pada masa pemerintahan Reagan. Reagan memotong pajak perorangan dan bisnis dengan harapan agar mereka banyak menabung dan berinvestasi. Tetapi yang terjadi besarnya defisit dalam anggaran belanja.
107.Real adalah nilai yang disesuaikan dengan laju inflasi. Misalnya bila laju inflasi adalah sebesar 5% dan kenaikan upah juga 5%, maka kemampuan membeli menjadi sama.
108.Recession adalah periode dimana ekonomi tidak menunjukkan perkembangan selama 2 kuartal berturut-turut.
109.Regulation adalah kontrol pemerintah terhadap kegiatan sektor swasta.

110.Satisficing: adalah proses pengambilan kesimpulan yang lebih bertujuan mendapatkan pemecahan masalah yang memuaskan bukan yang optimal atau yang terbaik.

111.Savings: adalah segala pendapatan yang tidak dibelanjakan untuk keperluan konsumsi.
112.Say’s Law: adalah penawaran menciptakan permintaannya sendiri.
113.Seasonal Adjustment: adalah perubahan yang dibuat berdasarkan data yang dikumpulkan beberapa waktu.
114.Service Economy:adalah istilah yang sedang popular digunakan untuk menggambarkan keadaan ekonomi Amerika yang lebih mementingkan pelayanan daripada manufaktur.
115.Short Run: adalah waktu yang terlampau singkat bagi suatu perusahaan untuk mengubah atau memvariasikan semua faktor-faktor produksinya.

116.Social Benefit: adalah sesuatu yang mempengaruhi setiap orang tidak hanya orang tertentu atau orang yang bekerja di suatu perusahaan, misalnya udara bersih.
117.Socialism adalah sistem ekonomi dan politik dimana hampir semua properti dimiliki oleh umum bukan individu.
118.Stagflation adalah suatu istilah yang popular di tahun 1970 yang menggambarkan situasi dengan tingkat inflasi yang tinggi dan rendahnya pertumbuhan ekonomi.
119.Subsidy adalah uang yang dibayarkan oleh pemerintah agar barang-barang dan jasa tetap berada dalam pangkuan masyarakat.
120.Supply adalah hubungan antara keinginan untuk menjual sesuatu dan harganya.

121.Tarrifs adalah pajak yang dikenakan pada barang-barang impor.
122.Tax Equity: Pembayaran pajak harus fair. Seseorang membayar pajak sesuai dengan penghasilannya.
123.Tax Expenditure adalah hukum pajak yang meringankan beban pajak dengan cara menjamin pendidikan, cuti dan kredit.
124.Tax Incidence: Beban pajak dapat berpindah-pindah.
125.Terms of trade adalah istilah yang menjelaskan siapa yang menang dan kalah dalam permainan dagang.

126.Tight Money: adalah kebijakan uang ketat dimana kredit sangat sukar diperoleh.
127.Transfer Payment: pengeluaran pemerintah dimana tidak adanya pelayanan yang ditawarkan dan produk yang diantar.
128.Unemployment: adalah pengangguran.
129.Union: adalah organisasi para pekerja.
130.Utility: adalah kepuasan yang didapat orang dari mengonsumsi suatu barang atau dari pelajaran.
131.Value-added Tax adalah nilai yang ditambahkan oleh suatu perusahaan yang disebabkaan oleh adanya perbedaan nilai output dan input perusahaan tersebut.
132.Variable Cost: adalah biaya operasional

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s