Merancang dan Menerapkan Model Pembelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Humanistik

Merancang dan Menerapkan Model Pembelajaran IPS
Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Humanistik
(Wawasan Bidang Inter Keilmuan)

A. Pengertian Pendekatan Humanistik
Pendekatan Humanistik adalah pendekatan dalam kegiatan belajar mengajar. yang menyoroti suatu topik/tema yang termasuk bidang ilmu tertcntu dengnn berbagai disiplin ilmu antara lain yang relevan (terkait) sehingga para murid melihat masalah/topik tersebut lengkap dan terpadu. Namun demikian tema pokok tetap menjadi fokas utama sehingga sorotan disiplin ilmu yang lain hanya bersifat pelengkap (Kiipletneiiter).
B. Merancang Model Pembelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Pendekntan Humanistik
Suatu tema ilmu pengetahuan sosial disaturagakan secara lengkap. Karena memang hakikat manusia adalah bulat tidak terkotak-kotak dalam ilmu demi ilmu alau nspok dcmi aspek. Kehidupan riil kemasyarakatan pun sama adalah multi dimensional, Oleh karena itu pembelajaran IPS diharapkan mampu mengantarkan dari membina para murid ke arah hidup bermasyarakat secara baik dan fungsional.
Kalau kita lihat manusia dari kebutuhan dan kegiatan dasarnya, secara natural manusia akan berbuat dan mengembangkan potensi manusiawinya dalam kehidupnn yang dinamis dan multidimensional. Oleh karenanya pembelajaran IPS terpadu bertolak landas dari kebutuhan dasar manusia dan dikembangkan secara multidimensional dengan media pendekatan yang komprehensip dan terpadu.
C. Menerapkan Model Pembelajaraa IPS Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Humanistik
Sebagai contoh, dapat kita khat kurikulum Sekolah Dasar kelas V catur wulan 2, sebagai berikut:
a. Tujuan Instruksional Umum
Siswa mengenal sumber daya manusia dan ciri khas kebudayaan Indonesia,
b. Pokok Bahasan
Perpindahan (migrasi) penduduk,
c. Uraian Materi
1)menemutunjukan faktor-faktor pendorong dan penarik perpindidikan penduduk
2)membahas macam-macam migrasi
3)menceritakan manfaat migrasi.
Setelah kita pahami tema pokok di atas yaitu migrasi penduduk. tema pokok tersebut kita lihat dari berbagai sudut pandang disiplin ilmu Misalnya kita akan menjelaskan uraian materi: faktor pendorong dan penarik perpindahan penduduk. Maka kita dapat menyorotinya dari sudut pandang ekonomi, geografi, kebudayaan, pemerintahan dan pekerjaan.
Dari geografi; faktor-faktor pendorongnya adalah berkurangnya sumber alam, hasil tambang, kayu, bencana alam (banjir, tanah longsor, gempa bumi dan sebagainya. Faktor penariknya adalah keadaan alam yang menyenangkan seperti iklimnya sejuk, tanahnya subur dari aman dari bencana alam.
Dari kebudayaan; faktor pendorongnya adalah tidak cocok lagi dengan adat istiadat, agama dan kepercayaan setempat. Faktor penariknya atau kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dan ada pusat-pusat kebudayaan (museum sejarah dan keraton), adanya pusat-pusat hiburan dan olah raga dan sebagainya.
Dari ekonomi; faktor pendorongnya adalah menyempitnya lapangan pekerjaan, rendahnya pondapatan yang diperoleh dan karena alasan pindah kerja. Faktor penariknya adalah rasa superior untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan penghasilan yang lebih baik.
Dari pemerintahan; faktor penclorongnya adalah adanya tekanan diskriminasi politik dan ras/suku.
Demikian tadi contoh sederhana mengenai penerapan pendekatan humanistik dalam proses bclajar mengajar. Tentunya Anda dapat mencari tema pokok dan mengembangkannya dengan sudut pandang yang lebih luas dan terpadu.
Dalam pelaksanaannya di dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1.guru memahami tujuan pembelajaran
2.guru menentukan dan memahami materi pelajaran yang akan disampaikan dan menentukan tema pokok
3.guru membentuk kelompok kerja yang beranggotakan para rnurid kelompok tersebut setelah mengetahui tema pokok kemudian disuruh bekerja sesuai dengan tugasnya yakni membahas suatu tema tertentu dari berbagai sudut pandang disiplin ilmu yang relevan setelah selesai, maka diadakan pembahasan hasil kerja yang dipimpin oleh seorang murid atas bimbingan guru hasil pembahasan tersebut disimpulkan.
Catatan: Pelaksanaan tersebut dapat dilakukan secara individu.
Sumber Buku Pendidikan IPS di SD Karya Drs Ischak, S.U. dkk

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s