Pengertian dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Pengertian dan Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Konsep produktivitas kerja dapat dilihat dari dua dimensi, yaitu dimensi individu dan dimensi organisasian. Dimensi individu melihat produktivitas dalam kaitannya dengan karakteristik-karakteristik kepribadian individu yang muncul dalam bentuk sikap mental dan mengandung makna keinginan dan upaya individu yang selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas kehidupannya. Sedangkan dimensi keorganisasian melihat produktivitas dalam kerangka hubungan teknis antara masukan (input) dan keluaran (out put). Oleh karena itu dalam pandangan ini, terjadinya peningkatan produktivitas tidak hanya dilihat dari aspek kuantitas, tetapi juga dapat dilihat dari aspek kualitas.

Kedua pengerian produktivitas tersebut mengandung cara atau metode pengukuran tertentu yang secara praktek sukar dilakukan. Kesulitan-kesulitan itu dikarenakan, pertama karakteristik-karakteristik kepribadian individu bersifat kompleks, sedangkan yang kedua disebabkan masukan-masukan sumber daya bermacam-macam dan dalam proporsi yang berbeda-beda.

Produktivitas kerja sebagai salah satu orientasi manajemen dewasa ini, keberadaannya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap produktivitas pada dasarnya dapat diklasifikasikan kedalam dua jenis, yaitu pertama faktor-faktor yang berpengaruh secara langsung, dan kedua faktor-faktor yang berpengaruh secara tidak langsung.


Remunerasi

Remunerasi adalah merupakan imbalan atau balas jasa yang diberikan perusahaan kepada tenaga kerja sebagai akibat dari prestasi yang telah diberikannya dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Pengertian ini mengisyaratkan bahwa keberadaannya di dalam suatu organisasi perusahaan tidak dapat diabaikan begitu saja. Sebab, akan terkait langsung dengan pencapaian tujuan perusahaan. Remunerasi yang rendah tidak dapat dipertanggungjawabkan, baik dilihat dari sisi kemanusiaan maupun dari sisi kelangsungan hidup perusahaan.

Secara teoritis dapat dibedakan dua sistem remunerasi, yaitu yang mengacu kepada teori Karl Mark dan yang mengacu kepada teori Neo-klasik. Kedua teori tersebut masing-masing memiliki kelemahan. Oleh karena itu, sistem pengupahan yang berlaku dewasa ini selalu berada diantara dua sistem tersebut. Berarti bahwa tidak ada satupun pola yang dapat berlaku umum. Yang perlu dipahami bahwa pola manapun yang akan dipergunakan seyogianya disesuaikan dengan kebijakan remunerasi masing-masing perusahaan dan mengacu kepada rasa keadilan bagi kedua belah pihak (perusahaan dan karyawan).

Besarnya tingkat remunerasi untuk masing-masing perusahaan adalah berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya, yaitu permintaan dan penawaran tenaga kerja, kemampuan perusahaan, kemampuan dan keterampilan tenaga kerja, peranan perusahaan, serikat buruh, besar kecilnya resiko pekerjaan, campur tangan pemerintah, dan biaya hidup.

Dilihat dari sistemnya pembelian remunerasi dapat dibedakan atas prestasi kerja, lama kerja, senioritas atau lama dinas, kebutuhan, dan premi atau upah borongan

Pendidikan dan Latihan

Pendidikan dan latihan dipandang sebagai suatu invesatasi di bidang sumber daya manusia yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dari tenaga kerja. Oleh karena itu pendidikan dan latihan merupakan salah satu faktor penting dalam organisasi perusahaan. Pentingnya pendidikan dan latihan disamping berkaitan dengan berbagai dinamika (perubahan) yang terjadi dalam lingkungan perusahaan, seperti perubahan produksi, teknologi, dan tenaga kerja, juga berkaitan dengan manfaat yang dapat dirasakannya. Manfaat tersebut antara lain: meningkatnya produktivitas perusahaan, moral dan disiplin kerja, memudahkan pengawasan, dan menstabilkan tenaga kerja.

Agar penyelenggaraan pendidikan dan latihan berhasil secara efektif dan efisien, maka ada 5 (lima) hal yang harus di pahami, yaitu 1) adanya perbedaan individual, 2) berhubungan dengan analisa pekerjaan, 3) motivasi, 4) pemilihan peserta didik, dan 5) pemilihan metode yang tepat.

Pendidikan dan latihan bagi tenaga kerja dapat diklasifikasikan kepada dua kelompok, pertama, yakni pendidikan dan latihan bagi tenaga kerja yang termasuk kepada kelompok tenaga kerja operasional, kedua, pendidikan dan latihan bagi tenaga kerja yang termasuk kepada kelompok tenaga kerja yang menduduki jabatan manajerial. Untuk masing-masing kelompok tenaga kerja tersebut diperlukan metode pendidikan yang berbeda satu sama lain

Pengertian dan Proses Perencanaan Tenaga kerja

Perencanaan tenaga kerja merupakan bagian integral dari perencanaan pembangunan. Rencana pembangunan memuat berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di seluruh sektor atau sub sektor. Setiap kegiatan yang akan dilaksanakan membutuhkan tenaga kerja yang sesuai. Perencanaan tenaga kerja memuat perkiraan permintaan atau kebutuhan dan penawaran atau penyediaan tenaga kerja, serta kebijakan maupun program ketenagakerjaan yang diperlukan dalam rangka menunjang keberhasilan pelaksanaan pembangunan.

Perencanaan tenaga kerja dapat dilakukan pada tahap perusahaan, lembaga pemerintah atau unit organisasi swasta lainnya. Perencanaan tenaga kerja seperti ini disebut perencanaan tenaga kerja mikro. Pemerintah biasanya juga membuat perencanaan tenaga kerja dalam cakupan wilayah tertentu maupun secara nasional. Jenis perencanaan tenaga kerja seperti itu dikenal sebagai perencanaan tenaga kerja makro, nasional atau perencanaan tenaga kerja regional.

Sistem perencanaan tenaga kerja menunjukkan kedudukan perencanaan tenaga kerja dalam kerangka perencanaan pembangunan secara keseluruhan. Perencanaan pembangunan yang disertai dengan data-data kependudukan dan informasi pasar kerja merupakan masukan utama dalam penyusunan perencanaan tenaga kerja. Hasil perencanaan tenaga kerja adalah berupa rencana tenaga kerja.

Dalam sistem perencanaan pembangunan yang melihat perencanaan tenaga kerja sebagai bagian integral dari perencanaan pembangunan, maka proses perencanaan tenaga kerja akan melibatkan instansi. Proses perencanaan tenaga kerja itu sendiri menunjukkan langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam pelaksanaan perencanaan tenaga kerja.

Sumber buku Ekonomi SDM karya Kusnendi

157 Comments

  1. assalamualaikum..
    saya akan menyusun Tugas Akhir dengan judul FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA. bisakah anda membantu saya dengan mengirimkan materi tentang produktivitas kerja sebagai bahan referensi saya?
    terima kasih

    wassalamualaikum wr.wb

    • Faktor- faktor yang mempengaruhi produktivitas yaitu:

      a. Kemampuan, adalah kecakapan yang dimiliki berdasarkan pengetahuan, lingkungan kerja yang menyenangkan akan menambah kemampuan tenaga kerja.

      b. Sikap, sesuatu yang menyangkut perangai tenaga kerja yang banyak dihubungkan dengan moral dan semangat kerja .

      c. Situasi dan keadaan lingkungan, faktor ini menyangkut fasilitas dan keadaan dimana semua karyawan dapat bekerja dengan tenang serta sistim kompensasi yang ada.

      d. Motivasi, setiap tenaga kerja perlu diberikan motivasi dalam usaha meningkatkan produktivitas.

      e. Upah, upah atau gaji minimum yang tidak sesuai dengan peraturan pemerintah dapat menyebabkan penurunan produktivitas kerja.

      f. Tingkat pendidikan, latar belakang pendidikan dan latihan dari tenaga kerja akan mempengaruhi produktivitas, karenanya perlu diadakan peningkatan pendidikan dan latihan bagi tenaga kerja.

      g. Perjanjian kerja, merupakan alat yang menjamin hak dan kewajiban karyawan. Sebaiknya ada unsur-unsur peningkatan produktivitas kerja.

      h. Penerapan teknologi, kemajuan teknologi sangat mempengaruhi produktivitas, karena itu penerapan teknologi harus berorientasi mempertahankan produktivitas

  2. Ass ws wb….
    wah bahasannya bagus juga.. kebetulan sekali saya sedang butuh referensi dari produktivitas mengenai indikator / ukuran produktivitas dan juga ciri / contoh dari produktivitas kerja karyawan, terutama mengenai faktor2nya yang berpengaruh pada produktivitas kerja…
    saya harap bapak dapat membantu untuk memberi materi mengenai hal ini…..
    Terimakasih…..

  3. ass. saya lagi menyusun tesis mengenai pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas pegawai. tolong bantuan referensinya. mohon secepatnya. karna saya rencana naek proposal awal desember. mohon konfirmasi, dan bantuan secepatnya

  4. ass, pak. saat ini saya sedang menyusun skripsi tentang produktivitas guru tuna rungu di salah satu SLB B di jakarta. saya harap bapak dapat membantu saya memberikan materi mengenai produktivitas guru sebagai tambahan referensi saya. trims sebelumnya

  5. assalamualaikum…
    Pa, saya lagi menulis tugas akhir yang berjudul “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS KINERJA PELAYANAN PERPAJAKAN” nich.
    saya berharap bapa bisa membantu mengirimakan kepada saya berbagai referensi yang berkaitan dengan judul skripsi saya tersebut.
    sebelumnya saya minta banyak terima kasih atas bantuanya.

    bilahitaufiq… wassalam.

    • ass, pa saat ini saya sedang menulis tugas akhir, saya mengalami kendala mengenai indikator-indikator apa saja yang dapat mengukur pelayanan perpajakan. oleh karena itu saya mohon bantuannya mengenai indikator-indikator apa saja yang dapat mengukur pelayanan perpajakan,. sebelumnya trimakasih banyak pa atas bantuannya..

  6. Yth.

    Pak, tolong dong, bisa tidak saya dikasih file tentang judul skripsi “PENGARUH PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA”?
    Saya cukup susah mencari referensi teori tentang PENGALAMAN KERJA dan PRODUKTIVITAS KERJA.

    Terima kasih,
    DANY

  7. asalamualaikum
    bahasan bapak sangat bagus.
    saya lagi nyusun tugas akhir nih…
    mohon bantuannya saya lagi nyari faktor-faktor yang mempengaruhi modal kerja kiranya bapak dapat memberikan masukan kepada saya sebagai bahan referensi.
    mohon di kirim secepatnya ya pak ke email saya.
    terima kasih sebelumnya
    wass

  8. ass..
    pak, tolong dong,kalo dimensi dan indikator2 nya dari produktivitas kerja apa2 aja ya ?? saya lagi ngerjain skripsi..judul saya tentang “pengaruh employee relations terhadap produktivitas kerja karyawan”.mohon bantuannya ya pak..tolong kirimin ke alamat email saya aja..

    terima kasih

  9. assalamu’alaikum…..
    pak,tolong saya, kasih referensi tentang jdl skripsi saya yang berjudul “ANALISIS KETERLAMBATAN PRODUKTIVAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PEMASANGAN KERAMIK LANTAI DENGAN METHOD PRODUCTIVITY DELAY MODEL”
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih….
    wassalam…
    _dei_

  10. pak saya mnt tolong.ksh rederensi tentang teory produktivitas pengertian dan ukuran produktivitas,saya lagi menyelesaikan skripsi tentang pengaruh kepmmpiman motivasi dfan lingkungan kerja yerhadap produktivitas kerrja

  11. maaf, saya teguh prasetyo sedang menyusun skripsi mengenai pengaruh aktivitas pengendalian intern terhadap kinerja. mohon bantuannya, karena saya kekurangan bahan rujukan teori yang mendukung penelitian ini. terima kasih.. besar sekali harapan saya anda bisa membantu saya.

  12. assalamu’alaikum…..
    pak,tolong saya, kasih referensi tentang jdl skripsi saya yang berjudul “HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA”
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih….
    wassalam…

  13. assalamu alaikum wb.wb
    pak saya mahasiswa fakultas ilmu komunikasi. skrg saya lagi nyusun skripsi dengan judul “hubungan komunikasi pemimpin dengan produktifita kerja karyawan”.
    bisa tidak bapak kirimkan ke mail saya tentang pengertian produktifitas kerja itu lebih dalam? terima kasi sebelumnya. ws.wb.wb

  14. assalammualaikum, pak saya lagi menyusun proposal dengan judul PENGARUH BUDAYA KERJA DAN PENGAWASAN TERHADAP PRODUKTIVITAS, bolehkah bapak mengirim teori hubungan budaya kerja & pengawasan terhadap produktivitas? maksih sebelumnya

  15. Selamat Malam……Saat ini saya sedang menyusun tugas akhir kuliah (Skripsi) tetapi saya sangat bingung memperoleh jurnal yang diminta oleh dosen pembimbing saya yaitu menyangkut dengan “PENGARUH PENGAWASAN DAN BUDAYA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI KANTOR DINAS” saya sangat berharap kepada bapak agar sudi kiranya membantu saya untuk mengirimkan jurnal seperti tersebut diatas kepada e-mail saya (arimel1508@yahoo.co.id). atas bantuan bapak saya sangat berterima kasih, bantuan bapak sangat berguna tentunya dalam menyelesaikan kuliah saya. Terima Kasih.

  16. selamat malam…….pak..saya lagi bikin tesis dengan judul “pengaruh profesionalisme dan moral kerja terhadap kinerja pegawai”. saya sangat berharap Bapak dapat memberikan bantuan dengan memberikan referensi tentang teori-teori moral kerja.bantuan Bapak saya ucapkan terimakasih.

  17. selamat pagi pa…saya minta pengertian, dimensi dan indikator dari produktivitas kerja karyawan??mohon kirim kealmt e-mail saya (linaapriliana40@yahoo.com).maaf sudah merepotkan.terima kasih sebelumnya..

  18. pak, sy icha…
    pak tlg sy dunks kasih tw pengertian produktivitas kerja pegawai, faktor2 yg m’pengaruhi produktivitas kerja…
    klo jdl tgs akhir sy “PENGARUH KEGIATAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PERUM PEGADAIAN PUSAT JAKARTA”
    apa saja data yg harus sy cari dr perum pegadaian??
    tlgd blz secepatnya yaaaah, pak… trims!

  19. Yth.bapak.ditempat
    saya lina saat ini saya sangat butuh bantuan dari bapak karna saat ini saya sedang bergumul deng skripsi saya yang berjudul “Portet Bandara”studi etnografi terhadap aktifitas buruh angkut barang di Bandar.sekiranya bapak dapat menolong saya dengn menberikan petujuk buku apa yang dapt saya perginakan.makasi sebelunnya.ini alamat email saya herlinapaturu@yahoo.co.id

  20. Selamat Pagi Pak,

    Kalau boleh materi mengenai SDM atau yang lebih spesifik lagi mengenai HRD yaitu tentang pemecahan masalah yg dihadapi lebih banyak dibahas / ditulis .
    Terima kasih Pak.
    Wasslm,
    Hilman

  21. pak, tolong anda jelaskan bagaimana mengatasi sistem pengupahan yang berbasis kinerja, sedangkan di dalamnya ada 2 objek yang mempengaruhi. sedangkan penilaian dari salah satu objek itu bersifat subjektif.
    terimakasih pak.

  22. Ass… saya lg buat tugas akhir judul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Peran pengawas mutu hasil perikanan, salah satu dilihat dari kompetensi. apa saja yang berhubungan dgn komtepensi tersebut ?

  23. ass….dalam skripsi saya ,saya membuat judul tentang produktivitas kerja,. faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi kerja terhadap produktivitas kerja..lalu fenomene tentang persepsi terhadap produktivitas kerja itu apa..mohon bantuan nya pak ????tlng kirim via email.trim’s

  24. maav pak saya sedang nyusun skripsi yang berjudul pengukuran dan analisis produktivitas dengan metode sumanth…..kalau bapak punya referensi tentang metode sumanth atau tentang produktivitas tolong ….kirim ke email saya doonk …..please … (taufik_opaye@yahoo.co.id

  25. selamat sore pakde sofa,

    saya ucok, sekarang sedang menyusun thesis. saya bingung mencari ide untuk diteliti. tetapi saya sudah mempersiapkan beberapa ide yang rencananya akan saya teliti. saya meminta tolong bapak untuk memberikan referensi terhadap rencana thesis saya tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup lansia. terima kasih pak, besar harapan saya untuk dikabulkan. salan hormat saya

    ucok
    (ucok.nangin@gmail.com)

  26. assalamualaikum..
    saya akan menyusun Tugas Akhir dengan judul PERHITUNGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PEKERJAAN PENUTUP ATAP. bisakah anda membantu saya dengan mengirimkan materi tentang produktivitas kerja sebagai bahan referensi saya?
    terima kasih

    wassalamualaikum wr.wb

  27. Mat siang Pakde Sofa pa kabare, smoga sehat yach, mita tolong pakde saya sedang baru mw memulai buat tugas akhir perkuliahan UPP dengan judul “Analisis Faktor2 yang mempengaruhi produktifatas kerja karyawan pekerja kontruksi bangunan” jd kasih saya acuan n materi2 yang berkenaan juduk saya diatas dan referensinya, tolong di balas lwt emailku yach pakde n sebelumnya trimakasih banyak smoga kebaikan pakde sllu diberkati dan sukses. God Bless U

  28. Pa saya sedang menyusun skripsi tentang produktivitas sdm,,,untuk pengukuran produktivitas nya apakah rasio yang dipergunakan untuk ke SDM nya itu menggunakan laba kotor dibagi dengan biaya gaji atau penjualan dibagi dengan biaya gaji….terima kasih atas bantuannya…

  29. saya sedang meneliti tentang bagaimana pengaruh kompensasi dan pelatihan terhadap produktivitas perusahaan. tolong bapak beri tau apa saja faktor-faktor produktivitas perusahaannya, yang digunakan kebanyakkan perusahaan yang ada di Indonesia ini. terima kasih banyak.

  30. pak de, saya mohon bantuan nya ya,
    saya punya judul TA, Pengaruh Bentuk Prosedur Penanganan Dokumen terhadap Produktifitas Kerja dan Efektifitas Kerja.
    Menurut pak de, prosedur yang semakin kompleks apakah dapat menjamin produktifitas karyawan meningkat serta semakin efektif dan efisien.?
    mohon pendapatnya ya pak de. trims

  31. pakde sofa…
    minta bantuannya dung..
    saya mau buat skripsi tentang HUBUNGAN STRESS KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA.
    minta referensi-referensi atau buku-buku yang mengarah ke situ dong..
    makasih sebelumnya…….

  32. assalamualaikum wr.wb
    pak. saya minta bantuannya, saya sedang menyusun tugas akhir. saya minta bantuannya untuk referensi buku. mengenai “peran pelaksanaaan dalam mengembangkan produktivitas kerja karyawan”
    trima kasih

  33. artikel yang sangat membantu,klo boleh tau, apa nama buku dan nama pengarang yang menjelaskan tentang stress kerja dan tentang karakteristik pekerjaan..soalnya untuk keperluan pembuatan thesis..thankss

  34. Ass.. Mohon maaf pak saya Pungkas,,saat ini saya sedang skripsi tentang Hubungan pendidikan dan pelatihan terhadap produktifitas kerja pegawai..namun saya belum merasa mantap dalam landasan teori mohon kiranya bantuan dan masukan dari bapak..terimakasih

  35. mau nnya..saya lg nyusun tugas akhir judulnya TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA INSEMINATOR..bisakah anda membantu saya dengan mengirimkan materi tentang produktivitas kerja sebagai bahan referensi saya?
    terima kasih

  36. assalamualaikum….
    pak saya mau bertanya, semoga bapak erkenan menjawab petanyaan saya…..
    “judul tugas akhir saya yaitu “peranan PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) terhadap produktivitas kerja masyarakat pada home industri….
    pertanyannya kemudian bagaimana indikator dari produktivitas pada konteks tersebut……?

  37. Pak,, saya mau bertanya :
    1. Indikator dan dimensi produktivitas kerja
    2. dimensi pengalaman kerja
    Pak , jam kerja yang harus dibayar itu termasuk indktor produktivitas bukan?
    Maaf pa kRim ke emaiL. Mksh jwabannya

  38. Asslm..,, tman” saya mnta tolong untuk kiranya di beritahukan judul apa yang bgus dalam menyusun T.A dengan tema
    “PERBAIKAN METODE KERJA UNTUK MENINGKATKAN OUTPUT
    PRODUKSI MENGGUNAKAN MOST (MAYNARD OPERATION
    SEQUENCE TECHNIQUE) DALAM MENENTUKAN WAKTU STANDAR

  39. Thanks, saya bekerja pada perusahaan keluarga, sebagai production manager. Saya sangat membutuhkan artikel ini sebagai gambaran dan acuan saya dalam support hrd khususnya pengembangan karyawan. Mohon di informasikan lagi saat ada beberapa bahasan terkait penggajian dan pengembangan orang. Salam hangat.

  40. Bapak bisakah anda membantu pertanyaan saya.

    “salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat produktifitas buruh adalah kesulitan pekerjaan, mengapa kesulitan pekerjaan bisa mempengaruhi tingkat produktivitas buruh itu?

    tolong jawabannya ya🙂
    terima kasih sebelumnya🙂

  41. Assalamualaikum, saat ini saya lagi menyusun tesis tentang produktivitas SDM, 2. Dalam mendorong meningkatkan produktivitas Sumber Daya Manusia di Provinsi Kalimantan Barat, setujukah saudara jika Gubernur memutuskan UMP dinaikan minimal sebesar 30% . konsentrasi logis dari dilaksanakannya keputusan ini ditinjau dari sisi ekonomi secara lebih baik., mohon bantuannnya

  42. Assalamu’alaikum Wr Wb..
    ma’af pak saya mahasiswa yang lagi nyusun tugas akhir, mohon bantuannya saya lagi nyari referensi buat TA saya, tentang Produktivitas Kinerja Karyawan..
    saya lagi bingung nyari referensinya dari buku apa…
    lumayan agak sulit nyarinya..
    mau minta bantuan kira-kira buku apa aja yang membahas detail tentang produktivitas kinerja karyawan,
    mohon bantuaanya Terimakasih.
    bisa dkirim ke email saya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s