Siklus Belajar, Pembelajaran Kooperatif dan Media Pendidikandalam Pembelajaran Fisika

Siklus Belajar, Pembelajaran Kooperatif dan Media Pendidikandalam Pembelajaran Fisika

 

Fase-fase dalam siklus belajar, yaitu eksplorasi, pengenalan istilah, dan aplikasi konsep, membentuk susunan spiral karena fase sebelumnya diterapkan dalam fase sesudahnya. Pada fase eksplorasi siswa dapat belajar sendiri (me-lakukan beberapa kegiatan dan reaksi dalam situasi baru. Pada fase pengenalan istilah siswa mengenal istilah-istilah baru yang menjadi acuan bagi pola yang ditemukannya dalam eksplorasi. Pada siklus terakhir, aplikasi konsep, siswa menggunakan istilah atau pola pikirnya untuk memperkaya contoh-contoh.

Siklus belajar adalah model pembelajaran yang fleksibel, terutama bagi seseorang yang kurang mendapat pengalaman langsung sehingga melalui siklus belajar siswa akan memperoleh pengalaman tersebut, misalnya dalam fase eksplorasi.

Macam-Macam Siklus Belajar

Terdapat tiga macam siklus, yaitu deskriptif, empirikal-abduktif, dan hipotetikal-deduktif. Perbedaan ketiga macam siklus belajar hanya terletak pada usaha siswa mendeskripsikan sifat-sifat atau generalisasi eksplisit dan menguji hipotesis-alternatif.

Pada siklus belajar deskriptif, siswa menemukan dan mendeskripsikan pola empirik dalam konteks yang khas. Pada siklus belajar empirikal-abduktif, siswa juga menemukan, seperti pada siklus pertama (eksplorasi), tetapi telah melangkah lebih jauh, yaitu dengan menciptakan sebab-sebab yang mungkin ada pada pola tersebut. Pada siklus belajar hipotetikal-deduktif, siswa mengemukakan per-tanyaan-pertanyan sebab musabab yang dapat menimbulkan beberapa macam penjelasan.

Penggunaan Siklus Belajar dalam Pembelajaran Fisika

Beberapa hal ini berkaitan erat dengan proses pembelajaran fisika adalah elemen-elemen pokok dalam pembelajaran itu sendiri, misalnya bahan dan aktifitas yang menarik siswa, terbentuk pola pikir jika… dan… maka…, munculnya jawaban atau cara yang lebih efektif, munculnya uraian, prakiraan atau data baru, tersedianya kesempatan untuk memeriksa sejauh mana konsep baru dapat diterapkan dalam konteks lain, sifat khas pelajaran, sifat khas perilaku siswa dan sifat khas perilaku guru. Hal-hal tersebut dikenalkan untuk mencapai pembelajaran fisika yang efektif dengan tujuan agar tercapainya guru yang sukses.

Dalam mendesain pembelajaran disarankan untuk meningkatkan pengetahuan konsep dan keterampilan pikir dengan memperhatikan elemen-lemen di atas. Demi tecapainya pembelajaran yang efektif perlu dimonitor pelaksanaannya melalui beberapa pertanyaan mengungkap sifat-sifat khas pelajaran dan perilaku siswa dan guru sebagai penginvestigasi kegiatan siswa oleh guru itu sendiri atau oleh orang lain, misalnya teman sejawat dan kepala sekolah.

Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif adalah khas di antara model-model pembelajaran karena menggunakan suatu struktur tugas dan penghargaan yang berbeda untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Struktur tugas memaksa siswa untuk bekerja sama dalam kelompok kecil. Sistem penghargaan mengakui usaha bersama, sama baiknya seperti usaha individual.

Model pembelajaran kooperatif berkembang dari kebiasaan pendidikan yang menekankan pada pemikiran demokratis dan latihan atau praktek, pembelajaran aktif, lingkungan pembelajaran yang kooperatif dan menghormati adanya perbedaan budaya masyarakat yang bermacam-macam.

Model pembelajaran kooperatif bertujuan agar terdapat efek (pengaruh) di luar pembelajaran akademik, khususnya peningkatan penerimaan antarkelompok serta keterampilan sosial dan keterampilan kelompok.

Model pembelajaran kooperatif bertumpu pada kerja kelompok kecil, berlawanan dengan pembelajaran klasikal (satu kelas penuh), dan terdiri 6 (enam) tahapan pokok: menentukan tujuan dan pengaturan, memberi informasi kepada siswa melalui presentasi atau teks, menyusun siswa dalam kelompok belajar, menentukan kelompok dan membantu kelompok belajar, menguji atau melakukan tes untuk mengetahui keberhasilan dari tugas-tugas kelompok, penghargaan baik terhadap prestasi individu maupun kelompok.

Diperlukan lingkungan pembelajaran yang kooperatif dari pada kompetitif dalam hal tugas-tugas dan penghargaan.

Dasar-dasar teoretis dan empiris mendukung penggunaan model pembelajaran kooperatif untuk tujuan pendidikan berikut: mendapatkan tingkah laku kooperatif, hasil kerja teoreitis dan memperbaiki hubungan-hubungan yang tidak harmonis.

Penerapan Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Fisika

Perencanaan tugas berkaitan dengan pembelajaran kooperatif, yang me-nekankan pada pengorganisasian siswa untuk kelompok kerja kecil, dan menggunakan materi pembelajaran yang beragam untuk digunakan selama kelompok-kelompok kerja (kelompok belajar) berlangsung.

Empat variasi dari pendekatan dasar dalam pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan adalah: Kelompok belajar siswa ( STAD ), JIGSAW, GI, dan Pendekatan Struktural. Tak peduli pendekatannya, pembelajaran kooperatif dicirikan dengan kerja siswa dalam kelompok kecil, dan berorientasi pada adanya penghargaan kelompok.

Memimpin pembelajaran kooperatif mengubah peranan guru dari sebagai pusat pembicara atau pembicara utama menjadi choreographer dalam aktivitas kelompok kecil. Kelompok kerja kecil menimbulkan suatu tantangan pengelolaan bagi guru. Guru harus membantu siswa melakukan transisi di dalam kelompok kecil mereka, mengatur kelompok kerja mereka, dan mengajarkan keterampilan penting, yakni keterampilan sosial dan keterampilan kelompok.

Assesmen atau tugas-tugas evaluasi menggantikan pendekatan tradisional kompetitif dalam model pembelajaran lain dengan penghargaan individual dan kelompok. Cara-cara lain (seperti surat berita, presentasi kelompok) perlu ada sebagai penghargaan dan penyelesaian kooperatif siswa.

Contoh Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Fisika

Pembelajaran kooperatif diberikan untuk dapat menjelaskan konsep-konsep fisika yang sulit dimengerti siswa dan juga sangat berguna menumbuhkan kemampuan kerjasama, berfikir kritis, kemampuan membantu teman dan sebagainya.

Rencana pembelajaran kooperatif meliputi, rangkuman materi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang diharapkan dari siswa, pendekatan yang digunakan, keterampilan siswa yang diperlukan, dan langkah-langkah pembelajaran

Peran Media Pendidikan

Komponen penting dalam sistem komunikasi, antara lain pengiriman pesan, pesan, saluran dan penerima. Pada komunikasi dalam proses belajar-mengajar, guru menjadi sumber dan komunikator, siswa menjadi komunikan dan menjadi tujuan pesan. Agar pesan dapat sampai ke tujuan dengan efektif dan efisien harus digunakan media. Dalam pendidikan, media tersebut dinamakan media pendidikan atau media instruksional. Dalam penggunaan media, pesan dapat dinyatakan dalam bentuk simbol piktoral, simbol grafis, dan simbol verbal.

Dengan menggunakan media pendidikan, dapat ditanggulangi berbagai kelemahan dalam sistem komunikasi.

Media pendidikan disebut juga media instruksional, yang memiliki nilai praktis dan berfungsi mengatasi perbedaan pengalaman pribadi murid, mengatasi batas-batas ruang kelas, keterbatasan karena jarak, waktu dan mengatasi hal-hal yang terlalu komplek untuk diamati.

Sebelum membuat suatu media pendidikan dalam pembelajaran di sekolah, guru hedaknya merancang pesan yang sangat erat kaitannya dengan media instruksional.

Macam-Macam Media Pendidikan

Media itu, antara lain meliputi media cetak, media pajang, media peraga, media eksperimen, OHP, OHP dan kombinasinya, slide, film strip, film, VCD, TV instruksional, internet, dan sebagainya.

Menurut Wilbur Schramm media pembelajaran dibedakan menjadi dua macam, yaitu media besar dan media kecil. Media besar diartikan sebagai media yang kompleks dan mahal, seperti TV, Film, Komputer, dan sejenisnya. Sesuai dengan rekomendasi dalam GBPP maka modul ini akan menyajikan suatu media yang dibedakan atas media nonelektronik dan media elektronik.

Media nonelektronik yang sering digunakan dalam pembelajaran Fisika, dapat meliputi: media cetak, media pajang, media peraga, media eksperimen. Selanjutnya untuk media elektronik dalam pembelajaran Fisika, dapat berupa: OHP, OHP dan kombinasinya, program slide instruksional, program film strip, film instruksional, VCD, TV instruksional dan internet.

Sumber buku Kapita Selekta Pembelajaran Fisika Karya Zuhdan K. Prasetya, dkk

89 Comments

  1. selamat siang pak,
    saya sedang mencari bahan untuk skripsi ..mohon bantuannya pak, tolong jelaskan juga tentang kooperative murder yang di pinta oleh indrianti diatas. dan kalau bisa kirimkan juga ke email saya. sungguh bantuannya sangat diharapkan. Terima kasih sebelumnya

  2. selamat pagi, saya guru honorer depag pegang bidang studi bahasa indonesia. saya lagi seneng-senengnya belajar nulis karya tulis, kalo ada referensi tulisan-tulisan baru tentang metode penelitian, pendekatan pembelajaran, kurikulum pembelajaran, dll. jangan pada pelit, bagi-bagi ke saya ya…

  3. SAlam kenal Pa, tolong jelasin tentang pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan bagaimana contoh RP/RPP nya (dalam pembelajaran Fisika). trim’s ya Pa………….

  4. salam kenal pak.
    tulisan pak bagus-bagus. tapi boleh ga, pak dikirimkan metode pembelajaran kooperatif secara lengkap dan daftar pustakanya juga. maklum pak mau nyusun skripsi saya. terutama metode pebelajaran kooperatif tipe jigsaw

  5. Asslm…
    tulisan Bpk sangat membantu kami yg memang butuh info.mohon bantuannya Pak..saya mau buat skripsi tapi bingung cz Saya dari pend.matematika judulnya apa y yg berhubungan dg model kooperatif..kalau bisa di kirim k email saya.
    trimakasih
    Wasslm.

  6. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Bapak, mau bertanya tentang ciri utama model kooperatif group investigation yang membedakan dari model kooperatif lainnya.
    mhon juga di beri penjelasan tentang LKS dan RPP dengan model tersebut. Mohon dikirim ke email saya
    Trimakasih.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  7. assalamualaikum..
    Salam Kenal.
    Bapak, saya guru SMP yang ingin mengetahui tentang contoh RPP saja ttg model pembelajaran cooperatif type pain stad dan model pembelajaran snowball throwing dalam pembelajaran fisika. Tolong dikirim ke email saya. Trims banyak.

  8. assalamualaikum,
    bapak tolong kirimkam teori tentang model pembelajaran dengan pemberian pekerjaan rumah tipe spiral tipe spiral,. Saya mohon bantuan bapak karena saya butuh untuk referensi proposal saya. (dalam pembelajaran kimia) tolong di kirim ke emai saya ya p’
    widyapoenya@yahoo.co.id

    …terimakasih banyak ya pak………..l

  9. Selamat siang Pak,
    Saya sedang mencari bahan untuk skripsi tentang cooperative learning teknik Three-minute Review. tolong penjelasannya tentang teknik tersebut,
    kalau untuk buku tentang teknik tersebut ada ga?
    kalau ada tolong referensi judul buku dan pengarangnya.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  10. Pak saya sedang mencari penjelasan dari metode pembelajaran Scramble dan Group Investigation tapi susah carinya,pak tolong kirimin penjelasan secara lengkap tentang materi tersebut,secapatnya, tolong kirim ke email saya ya pak. Trimakasih pak.

  11. saya guru senirupa sedang mencoba membuat PTK untuk kenaikan pangkat ke IV/b, mohon bantuan model pembelajaran apa yg cocok unt “dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam pencitaan motif tekstil”

  12. saya mahasiswi pendidikan bahasa arab, saat ini saya sedang mengerjakan skripsi tentang penerapan strategi TTW (think talk write) dalam pembelajaran menulis bahasa arab. buku-buku refrensi apakah yang bisa saya dapatkan? soalnya minim sekali buku yang membahas tentang itu pak, saya membutuhkan kekurangan dan kelebihan strategi ini. terima kasih.

  13. selamat malam,Pak
    saya sangat terbantu dengan content di blog bapak. saya sekarang sedang skripsi,dan saya minta tolong kirimkan jurnal tentang:
    1. learning cycle 5E berbantuan modul
    2. learning cycle 5E
    3. pembelajaran dengan modul.
    jurnalnya bisa bhsa indonesia ataupun bahasa inggris. tolong kirim ke email saya,terima kasih….

  14. salam kenal ya pak…,
    pak saya mau nanya, apa sich kelebihan dan kekerangan model pembelajaran scramble itu???? soalnya saya cari-cari dari kemeren- kemaren gak ketemu pak…, tolong jelasin sejelas-jelasnya ya pak sekalian buku referensinya ya pak…, balas ya pak…, dan makasi…,

  15. salam kenal ya pak…,
    pak saya mau nanya sama bapak, apa kelebihan dan kekurangan model pembelajaran scramble???????? tolong di jelasin sejelas-jelasnya ya pak…,
    balas ya pak…,
    n thanx sebelumnya..,

  16. Aslmkm.. pak saya mohon bantuannya dgn sangat mengenai teori2 Think Talk Write.. saat ini saya sdg skripsi, tp bhn mengenai Think Talk write sgt terbatas. mgkn bpk mengetahui referensi buku’y..

  17. aslmu alaikum….pak saya mohon bantuannya dgn sangat tolong kirimkan email saya referensi tentang model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk bhan skripsi saya,
    untuk siapa sj yg membaca ini tlong donk bantuannya, thank’s…

  18. Bagian tugas evaluasi menggantikan pendekatan tradisional kompetitif dalam model pembelajaran sangat bagus untuk di terapkan.

    Selain itu harus paham karakter siswa yang jadi objeknya.

  19. mohon bantuannya.. saya mau minta referensi tentang model pembelajaran scramble, judul buku nya atau dimana saya bisa mendapatkan materi lengkap tentang model scramble, dan siapa pencetusnya…
    Tolong kirim ke e-mail saya ya pak..

    Terima kasih

  20. ass,,, pak senang baca tulisan bapak,,,
    pak saya mahasiswa UNP ..sekarang saya sedang nyusun skripsi pak,
    .PAK TOLONG bantuannya pak tentang Teori pemberian pekerjaan rumah(PR) tipe spiral…
    bukunya kalau ada tolong di kirim pengarangnya siapa ya pak.
    TERIMA KASIH SEBELUMNYA pak

  21. ass.pak…sy mutmainna ,skrang udah nyusun skripsi -mengenai pendekatan daur belajar-sy mengalami kesulitan
    dalam hal mendapatkan buku mengenai siklus belajar yang mengakibatkan skipsi saya tersendat.
    bisaka bapak menjelaskan sdikit mengenai pendekatan siklus belajar?
    triiims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s