Sistem Sertifikasi

SISTEM SERTIFIKASI

Prof. Kumaidi, Ph.D.

Siapa Guru?

Pasal 1 butir 1 UU No. 14/2005: guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

Pasal 2 ayat (1) UU No. 14/2005: Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional ..

Pasal 39 ayat (2) UU No.20/2003: Pendidik (guru) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan ….

Sertifikat Pendidik: Apa itu?

Pasal 1 butir 12 UU No. 14/2005: sertifikat pendidik merupakan bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada [guru] sebagai tenaga profesional

Pasal 8 UU No. 14/2005: guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional

Dalam Pasal 11 ayat (1) UU No. 14/2005 disebutkan bahwa sertifikat [pasal 8] diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan

Pasal 28 ayat (1) PP 19/2005: Pendidik (guru) harus memiliki kualifikasi akademik dan kompeten sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional

PENGERTIAN SERTIFIKASI

Sertifikasi: Proses pembuktian bahwa seorang guru telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan

Proses pembuktian itu dapat saja melalui suatu uji kompetensi guru sebagaimana ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan tersebut

National Commission on Educational Services: “Certification is a procedure whereby the state evaluates and reviews a teacher candidate’s credentials and provides him or her a license to teach.”

Rubinstein, McDonough, & Allan (1986): (licensure &) certification is a “process by which agency of the government grants permission to an individual to engage in a given occupation upon finding that applicant has attained the minimal degree of competency required to ensure that public health, safety, and welfare will be reasonably well-protected.”

TUJUAN SERTIFIKASI

Tujuan:

meningkatkan mutu dan menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional (sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku)

MANFAAT SERTIFIKASI

Melindungi profesi guru dari praktek-praktek yang tidak kompeten, yang dapat merusak profesi guru

Melindungi masyarakat dari praktek-praktek pendidikan yang tidak berkualitas dan profesional

Menjadi wahana penjaminan mutu bagi LPTK, dan kontrol mutu dan jumlah guru bagi pengguna layanan pendidikan

Menjaga lembaga penyelenggara pendidikan (LPTK) dari keinginan internal dan tekanan eksternal yang menyimpang dari ketentuan-ketentuan yang berlaku

Memperoleh tunjangan profesi bagi guru yang lulus ujian sertifikasi

Persyaratan Guru (Profesional)

Memenuhi kualifikasi pendidikan minimum yang ditentukan; dan

Terbukti telah menguasai kompetensi tertentu; yang menurut UU No. 20/2005 kompetensi guru tersebut adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial

KUALIFIKASI MINIMUM GURU

UU No. 14/2005, pasal 9 menyebutkan bahwa kualifikai akademik diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana (S1) atau diploma empat (D4)

PP 19/2005, pasal 29 (2) menyebutkan bahwa guru SD/MI harus berpendidikan S1 atau D4 bidang PGSD, psikologi atau pendidikan lainnya.

PP 19/2005, pasal 29 (3) menyebutkan bahwa bahwa guru SMP/MTs harus berpendidikan S1 atau D4 dengan program studi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.

Konsep Prosedur uji kompetensi

Menentukan kompetensi yang akan diujikan berdasarkan peraturan perundang-undangan

Mengumpulkan data berupa bukti-bukti kinerja guru melalui kegiatan pengukuran dan/atau nonpengukuran

Mengklasifikasikan guru menjadi kompeten dan tidak kompeten berdasarkan bukti kinerja mereka

Memberi sertifikat tanda memenuhi persyaratan bagi yang mencapai kriteria yang ditentukan

PROSES PENYELENGGARAAN UJIAN SERTIFIKASI

  • Penyiapan berbagai perangkat uji yang diperlukan

  • Persiapan lembaga (tim) penyelenggara yang menangani berbagai kebutuhan logistik ujian sertifikasi

  • Penyelenggaraan ujian tulis dan mengumumkan hasilnya; bagi yang lulus dapat lanjut ke ujian lanjutannya, yang tidak, diberi pembinaan

  • Pelaksanaan uji kinerja, self-appraisal, penilaian sejawat (atasan), dan pengumpulan bukti portofolio

  • Pemberian skor terhadap hasil uji kinerja, dokumen (portofolio), self-appraisal, dan penilaian sejawat

  • Pengumuman hasil, yang lulus diberi sertifikat profesi, yang belum diberi pembinaan

Model Yang Dikembangkan

  • Uji tulis untuk kompetensi yang bersifat kognitif dari setiap unsur kompetensi yang memungkinkan diuji dengan sistem uji ini.

  • Uji kinerja untuk cuplikan atau sampel kemampuan praksis pembelajaran, termasuk perangkat yang mengikutinya (RPP, dst.).

  • Penilaian atasan.

  • Evaluasi diri (self-appraisal).

  • Portofolio untuk setiap “pengakuan” penguasaan.

PERBESAR PELUANG LULUS?

  • Guru yang betul-betul melaksanakan tugas dan kewajiban yang diembannya, tidak perlu takut “tidak lulus”. Persiapannya?

  • Kuasai semua materi ajar yang harus dipakai untuk membimbing peserta didik dengan baik.

  • Laksanakan tugas sebaik-baiknya dan dokumenkan semua karya profesional guru.

  • Siapkan dan susun segala dokumentasi yang ada, karena akan dipakai sebagai bagian bukti karya profesional guru

Sumber: diconvert dari file asli *.ppt

2 Comments

  1. Assalamualaikum wr wb.. Pak saya seorang guru SD di deso yang baru melek internet, kebetulan sedang nyusun skripsi, terimakasih untuk artiikel2nya sangat membantu saya dlm mencari inspirasi. Pak saya sangat ingin melanjutkan studi, jd mohon kiranya bapak memberikan informasi&saran program apa yang cocok untuk guru SD seperti saya&bagaimana langkah saya agar dapat menunjang karir karena status saya baru CPNS dan bgmna cara mendapat beasiswa. Trimakasih dan salam hormat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s