• Download Software Komputer
    Untuk anda yang ingin tahu, ingin belajar, mengubah ketertinggalan menjadi modern. Mengubah kemelataran menjadi kemakmuran.
    Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Terus aktifitas takkan pernah lelah untuk belajar. CARI ILMU dimana saja, kapan saja dan berguru kepada siapa saja
    Google Groups
    Pencariilmu
    Kunjungi grup ini
    *Melihat Kota tempat weblog ini dikelola dari Satelit
  • Sepuluh Masukan Terkini

    Fatma di Download Diktat Buku Akuntansi…
    rendy di Download Diktat Buku Akuntansi…
    Rina Monika Dewi di Pengertian Etika, Moral dan…
    Dwi gita di Pengertian Politik dan Ilmu…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    mifta di Studi Kasus Umum Perpajak…
    Anonymous di PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SIKL…
    Linguistik Umum | bo… di Cakupan Semantik
  • Admin

  • Jenis-jenis Sumber Pembelajaran dan Pemanfaatannya

    Jenis-jenis  Sumber Pembelajaran dan Pemanfaatannya

    Sumber pembelajaran berdasarkan sifat dasarnya
    1. Sumber insani (guru, satrawan, tokoh masyarakat, tutor sebaya dsb)
    2. Sumber noninsani (buku, majalah, surat kabar, radio tv, internet dsb)

    Sumber Pemberlajaran Berdasarkan  Segi Pengembangannya
    1.Learning sources by design : sumber pembelajaran  yg dirancang/disengaja dipergunakan untuk kepeerluan pengajaran yg telah diseleksi.
    2.Learning sources by utilitarian: sumber pembelajaran yg ada di sekeliling sekolah  yg dimanfaatkan  untuk memudahkan siswa yg sedang belajar / sifatnya insidentil

    Jenis Sumber Pembelajaran Menurut Association of Education Communication Technologi (AECT)
    1. Pesan/ Message : iinformasi yg diteruskan oleh  komponen lain dalam bentuk gagsan, fakta, arti dan data.termasuk disini bahan pelajaran  yg dituangkan dalam buku/wacana
    2. People/ orang nara sumber: manusia yg bertindak sbg penyimpan, penglah dan penyaji pesan.
    3. Materials/bahan : Perangkat lunak yg mengandung pesan  untuk disajikan  melalui penggunaan alat/perangkat keras  ataupun dirinya sendiri (tranparansi, slide, film, audio, vidio, modul, majalah, buku dsb
    4. Device/ alat; sesuatu perangkat keras  yg digunakan untuk menyempaikan  pesan yg tersimpan dalam bahan (OHP, tape recorder, pesawat radio,  dsb
    5. Technique/ teknik: prosedure/ acuanyg dipersiapkan untuk penggunaan bahanm peralatan, orang, lingkungan untuk menyampaikan pesan.
    6. Setting / lingkungan : situasi/suasana sekitar dimana pesan disampaikan.
    -ling. Fisik (ruang kelas, gedung sek. Perpus, lab, tman, lap)
    – non fisik (iklim belajar, tenang, ramai, lelah, dsb)

    Beberapa Acuan untuk Memilih Menggunakan Sumber Pembelajaran
    1. Penggunaan itu dlm rangka memotivasi belajar Bhs Ind.
    2. Pengunaan itu dlm rangka mendukung pencapaian kompetensi siswa.
    3. Penggunaan itu dalam rangka mendukung program pengajaran yg melibatkan  aktivitas penelitian bhs Ind
    4. Penggunaan itu dpt membantu memecahkan masalah

    Prinsip-prinsip Pengadaan Sumber Pembelajaran
    1. Ekonomis/ menyangkut dana pembiayaan
    2. Adanya teknisi yg dapat mengoperasikan  alat tertentu yg dijadikan sumber pembelajaran.
    3. Praktis dan sederhana, mudah mengoperasikan dan terjangkau
    4. Fleksibel, mudah dikembangkan, tidak kaku
    5. Relevan dengan materi dan kompetensi yg hendak dicapai siswa
    6. Efesiensi, tepat dan mudah dalam pencapaian kompetensi yg ingin dikuasai siswa
    7. Bernilai positif bagi proses pembelajaran Bhs Ind.
    -contoh  memilih wacana hendaknya yg berdampak + spt kekejaman perang, musibah dsb jangan tentang pembunuhan / perkosaan

    8 Tanggapan

    1. Banyaknya sumber pembelajaran yang dapat kita gunakan dapat membantu guru dalam mengajar siswa, di sini guru dituntut untuk mampu dalam memilih sumber pembelajaran yang sesuai dengan tingkat usia siswa dan materi yang akan di ajarkan eg

    2. jenis-jenis,ciri-ciri, dan prinsip belajar pembelajaran…bisa tolong bapak jabarkan

    3. ok banget. lain kali masukin juga tentang jenis-jenis mengajar

    4. Pertanyaan!
      apa perbedaan hirarki, model , pendekatan, metode dan teknik?
      saya mengucapkan terima kasih, untuk mengunduh materi.

    5. bahas juga donk mengenai permasalahan yang ada di sekolah menengah kejuruan khususnya minat murid yang lebih banyak ke sekolah menengah

    6. salam kenal dari saya, saya lagi kuliah perdana Di PGMI dan tolong bantu saya dalam pekuliahan mengenai modulnya dan penelitian PTK

    7. tolong diperjelas dan jabarkan pada poin DEVICE ALAT

    8. Salam silaturahmi. Mampir sejenak di blog Anda dapat informasi, terima kasih. salam

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

    Bergabunglah dengan 323 pengikut lainnya

    %d blogger menyukai ini: