Soal Latihan Mata Kuliah Interaksi Belajar Mangajar

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

 

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat

(nomor 1 sampai 20 skor tiap soal 3)

 

1.Pendekatan dalam kontek pembelajaran bahasa bersifat;

a. implementasi     b. komunikatif                    c. aksiomatik                d. prosedural

 

2.Penyajian dan peengulangan bahan termasuk dalam kegiatan yang terdapat dalam penentuan:

a. teknik        b. metode                     c. pendekatan               d. strategi

 

3.Tujuan metode langsung dalam pembelajaran adalah:

a.       dapat memahami struktur bahasa sasaran

b.      dapat membaca teks  yang ditulis bahasa sasaran

c.       mampu berkomunikaasi dengan  menggunakan bahasa sasaran

d.      tidak boleh menggunakan bahasa Ibu sama sekali

 

4.Penguasaan bahasa seseorang ditentukan oleh:

a. keturunannya         b. ayahnya        c. lingkungannya           d. alat ucapnya

5.Rekaman kaset audio atau tape recorder dapat dipakai sebagai sumber  pembelajaran kerampilan….

a. menulis                  b. berbicara      c. membaca                  d. menyimak

6.Sumber pembelajaran Bahasa Indonesia  untuk melatih ketrampilan membaca adalah  seperti di bawah ini kecuali………

a. gambar seri                                    b. rekaman kaset audio

c. buku pelajaran                               d. media cetak

 

7.Pengalaman belajar berikut ini yang paling kecil pengaruhnya menurut Edgar Dale adalah:

a. pengalaman dramatisasi                  b. pengalaman darmawisata

c. pengalaman pameran                      d. pengalaman televisi

 

8.Lingkungan Sekolah dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian yang harus  berusaha menggunakan bahasa Indonesia ndengan baik dan benar adalah…

a.       Kepala sekolah dan guru Bahasa Indonesia

b.      Guru bahasa dan semua guru

c.       Semua guru

d.      Kepala sekolah dan semua guru

 

9. Wacana lisan ditekankan  pada pelatihan ketrampilan….

a. menyimak b. mengarang                c. membaca                  d. menulis

 

10.  Yang termaasuk kedalam learningn Recources by Utilitarian adalah.

a. Laboratorium bahasa                                 b.buku pelajaran

c. majalah dinding                                          d. modul

 

11.  Contoh-contoh di bawah ini yg dapat berfungsi ganda sebagai sumber pelajaran disamping  sebagai alat/media  pengajaran adalah:

a. OHP                     b. Proyektor                 c. tape recorder            d. modul

 

12.  Penggunaan aplikasi power point sebagai sumber pembelajaran dikatakan efektif jika pesan yg  akan disampaikan ….

a. ditulis selengkap-lengkapnya                     

b ditulis garis besarnya saja

c. cocok untuk melatih ketrampilan menyimak

d. cocok untuk melatihketrampilan berbicara

 

13.  Tugas guru di dalam kelas yang baik sebagai……….

      a. pengajar                         b. pengelola                  c.pendidik                    d. ketiganya

 

14.  Sesuai dengan salah satu prinsip pengajaran yaitu efesien dan efektif  dalam pembelajaraan Bahasa Indonesia wacana dapat dimanfaatkan untuk melatih ketrampilan .

      a. menyimak           b. berbicara      c. membaca      d. keempat ketrampilan

 

15.  Salah satu faktor yg tidak termasuk  pengganggu ruang  kelas adalah:

      a. letak kamar kecil             d. ventilasi

      c. papan tulis                                  d. penerangan

 

16.  Salah satu indikator keberhasilan pengelolaan kelas  adalah..           

      a. siswa tenang selama jam pelajaran

      b. siswa merasa senang mengikuti pelajaran

      c. guru merasa dapat menguasai  kelas

      d. nilai rata-rata kelas baik

 

17.  “Kamu pasti dapat, coba sekali lagi pada wacana tersebut” Kata-kata guru tersebut  kalau dihubungkan dengan prinsip-prinsip pengelolaan kelas termasuk prinsip…

      a. keluwesan                                   b. bervariasi

      c. kehangatan                                 d. tantangan

 

18.  “Baiklah jika memang masih banyak PR yang lain, PR pelajaran Bahasa Indonesia ini dikumpulkan hari jumat yang akan datang:” Sikap guru yang demikian itu termasuk menerapkan prinsip ……..

      a. disipilin                                       b. bervariasi

      c. keluwesan                                   d. manusiawi

 

19.  Prinsip pengelolaan kelas yaitu:

      a. motivasi                                      b. global

      b. korelasi                                      d. keantusiasan

 

20.  Dalam memahami suatu pelajaran tentu tiap anak mempunyai  kecepatan masing-masing sesuai dengan tingkat kecerdasaanya. Pernyataan ini sesuai dengan prinsip:

      a. keragaman                                  b. manusiawi

      c. bervariasi                                    d. individualitas

PILIHLAH

A.     Jika  (1) dan (2)  benar

B.     Jika  (1) dan (3)  benar

C.     Jika  (2) dan (3)  benar

D.     Jika  (1) , (2)   dan (3) benar

                                                (Nomor soal 21 sampai 30 skor tiap soal 4)

 

21.  Sampai sekarang teknik ceramah masih dipertahankan pemakaiannya dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi sebab

                        (1) dapat menghemat waktu

                        (2) kadar CBSA nya tinggi

                        (3) dapat digunakan dalam kelompok besar

 

22.  Metode langsung dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilaksanakan dengan teknik.:

            (1) ceramah      (2) tanya jawab   (3) diskusi

23.  Yang dapat dimanfaatkan untuk sumber pembelajaran ketrampilan menullis bagi siswa   adalah

                                    (1) pengalaman siswa

                                    (2) pengalaman guru

                                    (3) kejadian yang dilihat siswa

24.  Pengalaman darmawisata dapat digunakan untuk melatih ketrampilan .

                                    (1) menulis        (2) berbicara    (3) menyimak

25.  fungsi sumber pembelajaran adalah

                                    (1) meningkatkan produktivitas  pendidikan

                                    (2) lebih memantapkan pengajaran

                                    (3) memungkinkan belajar secara seketika

 

26.  Puisi Chairil Anwar yang berjudul Aku  jika dimanfaatkan sebagai  sumber pembelajaran  dapat digolongkan kedalam  sumber pembelajaran  yang berupa

            (1) orang                      (2) bahan                        (3)pesan

27.  Guru bahasa Indonesia di sekolah dapat dikatakan sebagai 

            (1)  sumber pembelajaran noninsani

            (2) nara sumber

            (3)  fasilitator

28.  untuk menciptakan rasa yang harmonis antara siswa dengan guru, sserta siswa dengan siswa, guru harus memahami kebutuhan siswa antara lain..

            (1)  rasa aman            (2) kasih sayang   (3) pengakuan

29.  Kegiatan instructional  dan managerial  merupakan

            (1) dua kegiatan  yang berbeda

            (2) dua kegiatan yg  tidak dapat dipisahkan

            (3) dua kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran

30.  Buku modul dapat  dikatakan sebagai.

            (1) sumber belajar

            (2) teknik pengajaran

            (3) media pengajaran

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s