Ketrampilan Sosial

ETRAMPILAN SOSIAL

PENDAHULUAN
1. Dalam menghadapi kehidupan yG serba berubah ini, banyak tantangan, hambatan serta permasalahan, yg ada perlu mendapat perhatian kita bersama.
2. Untuk mengetahui permasalahan dlm masyarakat, tentunya tergantung kpd ketajaman panca indera, pengalaman, dan pengetahuan yg ada pada diri kita masing2
3. Aspek sosial budaya masyarakat senantiasa mengalami perubahan, cepat atau lambat perubahan itu dapat menimbulkan permasalahan dalam kehidupan manusia. Masalah2 itu spt masalah ekonomi, politik, budaya, hukum, liongkungan.
CONTOH masalah kemiskinan akan menyangkut aspek sosiologi (hub. Antar manusia) aspek geografi (ruang, kesuburan tanah, sumber daya) aspek politik (pemerinta, kenegaraan) aaspek hukum (norma sosial, peratura, undang2) aspek budaya (adat istiadat, tradisi, tingkat teknologi) aspek ekonomi (lap kerja, sumber daya, modal) aspek psikologi (sikap mental, perilaku, kepribadian)

4. Ada masalah yg seolah-olah sama dialami bearbagai wilayah, hal ini karena ada variasi wilayah yg bersangkutan, belum tentu disebabkan oleh faktor yg sama.
5. Faktor yg sama di suatu wilayah belum tentu menimbulkan masalah yg sama di wilayah lain.
6. Gejala dan masalah sosial tidak dapat dirumuskan scr mutal dan eksak, karena adanya variasi aspek-aspek kehidupan yg berinterrelasi satu sama lain tidak sama.
Contoh Perbedaan wilayah dan tingkat pendidikan penduduk suatu masyarakat sudah akan meemberikan karakterisik kepada gejala dan masalah sosial setempat
7. Untuk menangani masalah sosial yg pelik perlu penerapan ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan metode pendekatan intedisipliner, shg dapat membantu mengungkapkan sebab terjadinya masalah, dan menyusun alternatif pemecahannya.

KETRAMPILAN MENTAL

1. Mental meliputi pandangan hidup/sistem nilai dan sikap.
2. Sistem nilai mrp pandangan yg dianut sebagaian masyarakat mengenai apa yg baik/buruk, apa yg penting /sepele, apa yg berharga/kurang berharga.
3. Sistem nialai dalam masyarakat ada yg mendukung pembangunan ada yg menghambat pembangunnan.
4. Guru IPS hendaknya mengetahui dan memahami akan keberadaan sistem nilai dann sikap masyarakat yg berlaku di suautu wilayah. Dengan demikian guru bs menilai dan sikap itu baik/ buruk bagi pembangunan.
5. Sikap mental yang tidak mendukung pem,bangunan Contoh: sikap mental jalan pintas, sikap mental priyayi, sikap mental mengagung-agungkan masa lalu, sikap mental puas.

MENTALITAAS KETRAMPILAN IPS
1. Memandang hidup ini bisa diperbaiki (orang ini tidak menyerah begitu saja dg nasib, menghargai usaha dan kemampuannya.)
2. Menghargai usaha manusia dalam mencapai hasil yg lebih baik (orang ini senantiasa berusaha untuk mencapai yg lebih baik, lebih bermutu, cara yg lbh efesien dan produktif)
3. Mempunyai kesadaran waktu yang tinggi. (Orang ini tidak menyia2kan waktu dengan berpangku tangan, Perhatiaannya akan hari esok menyebabkan ia hidup hemat, dan penuh perencanaan mengenai hari yg akan datang.)
4. Mampu menyatakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain. (orang ini menghargai kemampuan dan harga diri sendiri, memperhatikan kepentingan sendiri di samping kepentingan masyarakat. Tidak tenggelam oleh pengaruh atau kepentingan orang lain. Ia menghargai orang lain sesuai dengan prestasinya.) –

KETRAMPILAN PERSONAL
1. Person/ pribadi : manusia yg telah menjadi anggota masyrakat atau sebagai anggota kelompok di masyarakat.
2. Person/pribadi yg memiliki kepribadian terbentuk akibat proses pendidikan disertai penanaman nilaia2/norma2 sosial budaya.
3. Tiap orang memiliki kepribadian masing2 yg tidak sama dengan kepribadian orang lain.
4. Sebagai kelompok masyarakat juga memiliki kepribadian tertentu yag memiliki ciri tertentu yg dpt dibedakan dg kelompok/masy. Lainnya.
5. Sebagai guru yg sudah mempunyia bekal pengetahuan IPS seharusnya berusaha untuk mengubah sistem nilai/ pandangan masyarakat yg menghambat pembangunan dengan memberi penjelasan, pengertian, pemahaman kepada masyarakat.
6. Banyak ketrampilan yg dpt diterapkan untuk membina kepribadian anggota masy. Di tempat anda tinggal

KETRAMPILAN SOSIAL
1. Dalam memnuhi kebutuhannya manusia mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu.
2. Perubahan sosial terjadi karena dorongan dr luar dan dr dalam.
3. Perubahan dr dalam kelompok karena adanya penemuan2 baru/ novasi. Hal ini bs terjadi jk anggota masyarkatnya memiliki : 1) Kesadaran akan perlunya upaya meningkatkan kehidupanscr terus menerus (tak puas dg yg ada) 2) Akal dan daya kreativitas yg tinggi 3) suasana persaingan yg sehat untuk mencapai prestasi yg tinggi demi kemajuan kelompok. 4) adanya pendorong untuk berprestsi (piagam, hadiah, intensif )

PENGARUH DARI LUAR MELALUI
1. Perubahan masyarakat banayak dipengaruhi kebudayaan asing melalui :
2. Akulturasi (kontak kebudayaan)
3. Asimilasi (pembauran unsur kebudayaan)
4. Difusi (penyebaran unsur kebudayaan
5. Tanpa pengaruh dari luar negara kita akan tertiggal dengan negara2 lain.
6. Pengaruh dari luar bisa berdampak positif ataupun negatif

Penerapan Ketrampilan Dasar
IPS Dalam Masyarakat
1. Sebagai guru IPS yg mempunyai ilmu pengetahuan dituntut kreativitas sehingga dapat berperan sebagaai inovator dan dinamisator dalam proses pembangunan/pembaharuan.
2. Ketrampilan dasar IPS dapat diterapkan dalam masyarakat, dengan melihat permasalahan ditinjau dari berbagai aspek dengan pendekatan berbagai bidang studi ilmu2 sosial secara interdisipliner/ multidisipliner terintegrasi , shingga untuk mengatasi permasalahan dapat dilaksanakan secara menyeluruh dan tuntas

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s