Soal UAS Ekonomi Publik

Soal UAS Ekonomi Publik

1. Public Goods dan Public Service
a. Jelaskan dengan tepat serta disertakan dengan contoh dan grafik (bila perlu), beberapa konsep berikut ini:
• Pure Public Goods
• Congestible Public Goods
• Lindahl Equilibrium
• Arrow’s impossibility theorem
• Single peaked preferences

b. Mekanisme publik untuk menentukan alokasi sumber daya dengan sistem voting memiliki ”problem” sesuai dengan hukum majority voting. Diantaranya adalah:
• Perbedaan perilaku taxpayer dalam memberikan suara
• Median Voter
• Voting Paradox
Jelaskan ketiga hal tersebut dengan sistematis disertai contoh, terutama dalam hal penentuan alokasi sumber daya publik!

2. Externality
a. Eksternalitas dapat bersifat positif dan negatif, jelaskan perbedaan keduanya dengan menggunakan analisis grafik, dan tunjukkan bahwa keduanya menghasilkan biaya inefisiensi (cost of inefficiency)! Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Berikan contoh dari masing-masing jenis eksternalitas tersebut!

b. Salah satu upaya mengatasi eksternalitas secara private adalah dengan mekanisme Coase Theorem. Jelaskan definisi Coase Theorem! Dalam kondisi apa, Coase Theorem dapat dilaksanakan (sertakan dengan contoh)? Apakah kelemahan Coase Theorem bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?

3. Berikut kutipan dari buku Economics of Public Sector karangan Joseph E. Stiglitz edisi kedua pada halamn 131: ”A central question of concern is how large the supply of public goods should be. What does it mean to say that government is supplying too few or too many public goods?”
Mengacu pada pernyataan tersebut, jelaskan mekanisme penentuan kurva permintaan barang publik yang memenuhi asumsi efisien (pareto efficient) baik secara konseptual dan ilustrasi grafik!

4. Salah satu isu sentral dalam mixed market economy adalah bahwa pemerintah hanya memiliki control yang terbatas terhadap private sector, sehingga kebijakan public sering tidak berjalan sesuai yang diinginkan. Salah satu contoh yang popular adalah pemberian subsidi kepada masyarakat yang tidak mampu (food stamp program). Jika pemerintah mempunyai dua program subsidi, yang pertama memberikan makanan gratis (free food voucher) dan yang kedua mengganti sebagian biaya membeli makanan. Bandingkan tingkat efektivitas kedua program tersebut, terutama bila dilihat dari marginal incentive effects.
Hint: Gunakan grafik untuk membantu analisis anda.

5. Eksternalitas menyebabkan inefisiensi dan menimbulkan biaya tambahan bagi masyarakat, sehingga dibutuhkan peran pemerintah untuk mengontrolnya. Contoh yang paling sering adalah adanya eksternalitas yang timbul di jalan karena jalan yang semakin padat sebagai akibat penambahan jumlah kendaraan.
Bagaimanakah pengenaan tarif di jalan akan dapat mengurangi eksternalitas ini? Bagaimana sebaiknya tarif tersebut ditetapkan?

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 298 pengikut lainnya.