SOAL LATIHAN UJIAN SEMESTER PENGANTAR EKONOMI 2

SOAL LATIHAN UJIAN SEMESTER PENGANTAR EKONOMI 2

Soal 1 (20%)
a. Gambarkan dan jlaskan secara ringkas diagram lingkar (circular flow) yang menunjukkan interaksi antara rumah tangga dan perusahaan pada suatu perekonomian sederhana
b.Jelaskan perbedaan antara makroekonomi dan mikroekonomi
c.Identifikasi kasus-kasus di bawah ini, apakah merupakan bagian dari makro atau mikroekonomi:
• Dampak perubahan pendapatan rumah tangga terhadap pemblian mobil mewah
• Respon perubahan harga teh botol sosro terhadap pemasaran frestea
• Dampak lumpur lapindo terhadap tingkat inflasi
• Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi
• Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan atas alat-alat berat
• Dampak kebijakan pajak terhadap tabungan
• Dampak pemerian insentif pajak bagi industri tekstil
• Tingkat persainga industri pertelevisian
• Dampak kebijakan anggaran pemerintah erhadap stabilitas ekonomi

Soal 2 (20%)
a. Apakah yang dimaksud dengan Produk Domestik Bruto (PDB)? Seringkali output hasil produksi barang dan jasa tertentu tidak diperhitungkan dalam PDB. Jelaskan mengapa ini terjadi!
b. Jelaskan beberapa pendekatan dalam melakukan perhitungan pendapatan nasional!

Soal 3 (20%)
a. Untuk mengukur biaya hidup, dapat digunakan Indeks Harga Konsumen (IHK) dan/atau GDP Deflator. Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang keduanya dan apa perbedaannya.
b. Jika gaji Anda pada tahun ini lebih tinggi 25% daripada tahun yang lalu, apakah berarti pendapatan Anda secara riil meningkat? Jelaskan!
c. Jika diasumsikan perekonomian suatu negara A adalah sebuah perekonomian sederhana dimana masyarakatnya hanya mengonsumsi 2 barang: pakaian dan makanan, dan jika barang yang digunakan untuk menghitung IHK/CPI terdiri dari 50 unit makanan dan 10 unit pakaian, dengan harga sebagai berikut:

makanan Pakaian
Harga tahun 2005 $4 $10
Harga tahun 2006 $6 $20

Maka: Berapa % kenaikan harga makanan dan pakaian selama 2005-2006 Berapa % kenaikan IHK?

Soal 4 (20%)
Dalam membiayai pembangunan diperluakn investasi baik langsung maupun tidak langsung. Salah satu sumber pembiayaan investasi adalah berasal dari tabungan nasional.
a. Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang tabungan nasional, dan hubungannya dengan investasi?
b. Pemerintah dapatmeningkatkan kegiatan investasi lewat berbagai macam kebijakan fiskal. Bagaimana dampak kebijakan pajak yang bertujuan untuk menungkatkan investasi, baik yang ditujukan untuk masyarakat yang memberikan dana lewat saving, maupun pada perusahaan yang melakukan investasi?
c. Kebijakan defisit anggaran pemerintah pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan nasional. Tetapi kebijakan ini menimbulkan ”efek negatif” di sektor dunia usaha berupa timbulnya crowding-out effect. Jelaskan secara ringkas!
(Petunjuk : gunakan keseimbangan pada pasar loanable fund untuk soal b dan c)

Soal 5 (20%)
a. Jelaskan apakah pernyataan di bawah ini benar atau salah!
”Jumlah pengangguran di negara yang sangat maju yang berada pada kondisi full employment adalah sama dengan nol”
b. Diketahuia bahwa ada 3 jenis pengangguran yaitu pengangguran siklikal, struktural, dan friksional. Berikan penjelasan juga mengapa dikatakan bahwa pengangguran friksional yang terjadi berkepanjangan bisa menjadi pengangguran struktural

UJIAN TENGAH SEMESTER-PENGANTAR EKONOMI 2 (ECON 10200)
SEMESTER GENAP 2007/2008

Soal 1 (20%)
• Apa yang dimaksud dengan arus melingkar pendapatan (circular flow of income) dalam teori makroekonomi, serta apa manfaat atau kegunaan circular flow tersebut dalam pengukuran pendapatan nasional atau Produk Dometik Bruto (PDB)?
• Apa perbedaan PDB dengan Produk Nasional Bruto (PNB), dan untuk Indonesia manakah yang nilainya lebih besar? Mengapa demikian?
• Jika PDB Nominal negara A lebih besar dari PDB Nominal negara B,. Apakah itu berarti negara A lebih makmur dari negara B? Jelaskan!

Soal 2 (20%)
Diasumsikan kebutuhan pokok konsumsi suatu negara hanya terdiri dari barang A dan barang B, sedangkan data (hipotetis) perkembangan harga selama 3 tahun dapat dilihat dalam tabel berikut:
Tahun Barang Konsumsi Harga per Unit
1 A 1
B 2
2 A 2
B 3
3 A 3
B 4

Diasumsikan pula, kuantitas kebutuhan konsumsi selama 3 (tiga) tahun tersebut adalah: 4 unit barang A dan 2 unit barang B

Pertanyaan:
• Hitung IHK negara bersangkutan
• Hitung besarnya tingkat inflasi
• Mengapa indikator IHK ini penting bagi perekonomian, dan jelaskan kira-kira apa yang anda pahami tentang kaitan antara peningkatan dan penurunan IHK terhadap perkonomian?

Soal 3 (20%)
• Jelaskan secara ringkas perbedaan financial market dan financial intermediaries, serta sebutkan perbedaan dari stock dan bond yang ada di financil market.
• Pemerintah dapat meningkatkan kegiatan investasi melalui kebijakan fiskal. Bagaimana dampak kebijakan pajak yang bertujuan untuk meningkatkan investasi (investment tax credit), baik yang ditujukan untuk masyarakat yang memberikan dana untuk saving, maupun pada perusahaan untuk melakukan investasi? Gunakan analisis dengan gambar grafis untuk membantu penjelasan ringkas Anda
• Kebijakan defisit anggaran pemerintah peda dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan nasional. Tetapi kebijakan ini ternyata bisa menimbulkan efek negatif di sektor dunia usaha berupa timbulnya crowding out. Jelaskan secara ringkas pemahaman Anda tentang hal tersebut dengan mengunakan analisa keseimbangan di pasar loanable fund.
Soal 4 (20%)
• Apakah tingkat tabungan nasional yang tinggi akan membawa perekonomin berada pada tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi juga? Jelaskan pemahaman Anda secara ringkas!
• Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang menentukan produktivitas!
• Apakah ”investasi”? Bagaimana pula hubungan investasi dengan tabungan nasional? Uraikan pendapat Anda dengan menggunakan persamaan (identitas) pendapat nasional!

Soal 5 (20%)
• Jelaskan apakah pernyataan di bawah ini benar atau salah!
”Jumlah pengangguran di negara yang sangat maju yang berada pada kondisi full employment adalah sama dengan nol”
• Diketahuia bahwa ada 3 jenis pengangguran yaitu pengangguran siklikal, struktural, dan friksional. Berikan penjelasan juga mengapa dikatakan bahwa pengangguran friksional yang terjadi berkepanjangan bisa menjadi pengangguran struktural?

UJIAN AKHIR SEMESTER-PENGANTAR EKONOMI 2 (ECON 10200)
SEMESTER GENAP 2007/2008

Soal 1 (20%)
Apakah yang dimaksud dengan tingkat harga umum dan jumlah uang beredar? Bagaimanakah hubungan antara kedua variabel tersebut dalam jangka panjang berdaarkan teori kuantitas uang? Jelaskan pula asumsi-asumsi yang melandasi teori tersebut

Soal 2 (20%)
Jika pemerintah Indonesia bermaksud membeli atau menarik kembali Surat Bank Indonesia (SBI) melalui operasi pasar terbuka (open market operation), apa yang akan terjadi pada tingkat harga dan nilai tukar rupia berdasarkan analisa dengan menggunakan Purchasing Power Parity Theory? Apa kelemahan dari Purchasing Power Parity Theory tersebut?

Soal 3 (20%)
a) Apa yang dimaksud dengan Net Export (NX) dan Net Capital Outlow (NCO), dan jelaskan secara ringkas kenapa keduanya berkaitan satu dengan lainnya. Selanjutnya jelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhi naik atau turunnya komponen NX atau NCO trsebut.
b) Beberapa pekan terakhir perekonomian Indonesia mengalami arus masuk modal luar negeri yang cukup deras. Dengan menggunakan peralatan analisa keterkaitan dua pasar, yaitu: pasar dana (market for loanable fund) dan pasar valuta asing (foreign exchange market), serta kurva NCO, tunjukkandampak arus masuk modal luar negeri tersebut terhadap tingkat bunga dalam negri dan nilai valuta asing.

Soal 4 (20%)
a) Jelaskan bagaimana pengaruh dari perubahan agegat demand (AD) terhadap output dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang?
b) Jika diasumsikan perekonomian dalam keadaan resesi

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
SEMESTER GENAP 2007/2008

SOAL WAJIB
Soal 1 (25%)
a. Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
”IT Security adalah penting bagi tujuan bisnis sehingga tidak bisa diperlakukan sebagai bagian yang terpisah dalam suatu organisasi”
(Penjelasan dihubungkan juga dengan pergeseran pandangan mengenai IT Security pada tahun-tahun lalu dibandingkan masa sekarang)
b. Coba jelaskan defenisi dari ”accessibility issue” dan berikan satu contoh issue yang ada. Juga berikan pendapat anda apakah hal itu:
o Etis/tidak etis untuk dilakukan, dan
o Apakah meanggar hukum/tidak melanggar hukum

Soal 2 (25%)
System Helps Doctors Diagnose Patients

In April 1999, 3-year-old Isabel Maude might have died. Her family physician and the doctors in her local hospital’s emergency room in the United Kingdom failed to recognize that she developed potentially fatal complications from chicken pox. Thankfully, she recovered. According to a 2004 report by Health Grades Incorporated (www.healthgrades.com), a health care ratings, information, and advisory services company, many lives are lost needlessly as a result of misdiagnoses.
Isabel’s parents decided to do something about this situation. In 2002 they formed Isabel Healthcare, Ltd. This company provides a clinical DSS that relies on software from Autonomy Corporation. With minimal input from clinicans, the system prompts physicians to consider a range of different diagnoses, some of which might not be immediately apparent, particularly to less experienced professionals.
Only a few months after the company was launched, the clinical DSS had 20000 users from more than 100 countries. A major reason for using the system is that biomedical knowledge is rapidly increasing. The DSS has amassed a tremendous number of diagnosis. Physicians can use the system to consider abnormal diagnoses on difficult cases much more readily
With the Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPAA) now in effect, hospitals are moving to electronic patient medical records. These electronic records are being used to increase the amount and accurancy of the data in the Isabel System.

Sources: Rainer, Turban Potter, “Introduction to Information System”, Jhon Wiley& Sons, 2007. compiled from T Clabun, “Software Agregates Medical Knowledge in Hopesof Averting Misdiagnosis,” Information Week, December 22, 2004; P. Enrado, “Buyer’s Guide to DSS: Isabel Healthcare IT News, July 2004; and http://www.isabelhealthcare.com and http://www.autonomy.com, accessed April 5, 2005.

QUESTIONS
1. Is the Isabel Healthcare system a DSS or an expert system? Explain your answer systematically
2. As a patient, would you be comfortable if your doctor consulted the system? Why or why not?
3. Do the entity like hospital really need that kind of system? Explain

Soal 3 (25%)
Anda pernah mendengar tentang “Single Identity Number”, era pada saat setiap warga negara hanya memiliki 1 nomor identitas. No KTP, NPWP, No rekening Bank, No Rekening Kartu Kredit, dsb.
a. Apakah mungkin Indonesia menerapkan hal tersebut?
b. Apa dampak negative dari penerapan sistem ini menurut anda?
c. Apa yang harus dilakukan untuk menghindarkan terjadinya dampak-dampak negatif tersebut?

Soal Piihan-pilihan hanya 1 soal saja yang paling Anda kuasai

Soal 4 (25%)
You and your friends are planning to run a small business which can be controlled and managed easily. The business that you choose is “computer and internet rental”, in order to give good service, you need the billing system for the user
a. In your opinion, what alternatives of system development that will be used to make that system? Why do you choose that alternative?
b. What do you know about SDLC? Can SDLC be used in the scenario?
c. Do you need any IT strategy to run this business? Explain it how

Soal 5 (25%)
Berikan contoh bagaimana teknologi dan informasi dan kominikasi dapat berperan dalam peningkatan kemampuan bersaing dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang:
1. Percetakan
2. Pusat Kebugaran
3. Klinik Bersama Dokter Gigi
4. Bengkel Mobil

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
SEMESTER GENAP 2005/2006

Catatan:
Berdasarkan pengalaman, beberapa hal berikut ini mungkin perlu mendapatkan perhatian Saudara/i sebelum mengerjakan soal yang terjadi, yaitu:
1. Soal berikut diturunkan dari materi yang telah disampaikan oleh dosen/asisten lab dan telah dipelajari oleh saudara/i, sehingga seyogyanya saudara/i bersikap tenang dan yakin dalam mengerjakannya. Namun tetap hati-hati dan baca soal dengan seksama.
2. sebaiknya kerjakan terlebih dahulu soal yang saudara/i rasakan konsepnya paling dikuasai. Dalam pengerjaan, usahakan sesuai dengan perintaan dalam soal, baik substansi maupun sistematikanya.
3. usaha (belajar) saudara/i akan sangat menentukan keberhasilan saudara/i dalam menyelesaikan soal-soal ini, namun jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa!

Soal 1 (30%)
Sistem informasi manajemen produksi merupakan subsistem dari sistem informasi manajemen. Pertanyaan:
a. apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi Produksi?
b. Gambarkan bentuk Sistem Informasi Produksi!
c. Data atau informasi masukan apa saja untuk keperluan Sistem Informasi Produksi?
d. Informasi apa yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Produksi tersebut?
e. Bagaimana dukungan Sistem Informasi Akuntansi terhadap sub Sistem Informasi Produksi tersebut?

Soal 2 (20%)
Marketing Information System terdiri dari Input Subsystems dan Output Subsystem. Input Subsystems terdiri dari Acconting Information System, Marketing research Subsystem dan Marketing Inteligence Subsystem. Sedangkan Output Subsystems terdiri atas Product Subsystem, Place Subsystem, Prromotion Subsystem, Pricing Subsystem, dan Integrated Subsystem.

Dari kelima Output Subsystem, jelaskan Subsystem yang relevan bagi manajemen FEUI untuk pengambilan keputusan agar dapat menetapkan BOP (Biaya Operesional Pendidikan) yang lebih tinggi tapi tetap terjangkau dan menarik bagi calon mahasiswa yang terbaik. Jelaskan pula informasi apa yang disajikan oleh Output Subsystem tersebut, data apa yang dibutuhkan untuk menghasilkan informasi tersebut, dan Input Subsystem apa yang dapat memberikan data tersebut?

Soal 3 (20%)
a. Mengapa dalam kenyataan Executive lebih menyukai oral information ketimbang written information? Apa peranan Executive Information System dalam hal ini?
b. Mengapa Executive sering sekali menerima informasi yang overloaded yang kadang hanya memiliki nilai yang kecil atau tidak memiliki nilai sama sekali? Apa peranan Executive Information System dalam hal ini?
c. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang hubungan antara Management Information System dengan Enterprise Information System?
Soal 4 (20%)
a. Gambarkan dan jelaskan Decision Support System yang berbasis komputer!
b. Fokus di dalam suatu GDSS adalah komunikasi. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
c. Menurut anda, apakah seorang Expert akan menggunakan sendiri Expert System yang dibuat olehnya? Jika ya, mengapa? Jika tidak, mengapa?

Soal 5 (10%)
Jelskan maksud dari pernyataan di bawah ini:
”if the firm does not have a good AIS, it cannot expect to have a good MIS, good DSS or Expert System”.

About these ads

5 Tanggapan

  1. ada jawabanya gak pak,,,?

  2. hahaha
    soal uas soal le

  3. skalian jawabannya dong PA’DE

  4. duch,,,pak ini cntoh soalnya kurang,,,msak cuma cari pengrtiannya saja,kog tntang mencri hitungan kyak pendektan pendpatan tw yg sejnisnya itu gak da, pdahal saya berharap bnget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 302 pengikut lainnya.