CONTOH SURAT GUGATAN UTANG PIUTANG

CONTOH SURAT GUGATAN UTANG PIUTANG

Perihal : Gugatan Utang Piutang

Kepada Yth,
Ketua Pengadilan Negeri [……………………..]
Di –
[…………………..]

Dengan Hormat,

Yang bertanda tanggan dibawah ini,
[ n a m a ] [ j a b a t a n ]. Berkantor di […………………………………………………….], berdasarkan surat kuasa tertanggal [……………………………….], terlampir, bertindak untuk dan atas nama [……………………………….], bertempat tinggal Jl. […………………………………………………….], Kota [……………………………….], dalam hal ini telah memilih tempat kediaman hukum (domisili) di kantor kuasanya tersebut di atas, hendak menandatangani dan memajukan surat gugatan ini, selanjutnya akan disebut sebagai TERGUGAT.
Adapun dalil-dalil Gugatan Penggugat adalah sebagai berikut :
1. Bahwa Tergugat pada tanggal [tanggal, bulan tahun] meminjam uang kepada penggugat sebesar Rp. [……………………………….],-[(……………………………….)] selama […………………..] tahun dengan perjanjian diatas materai.
2. Bahwa dalam perjanjian tersebut pengguagat berjanji akan memberi keuntungan/bunga Rp.[……………………………….],-[(……………………………….)] per bulan kepada tergugat.
3. Bahwa pembayaran utang beserta bunganya dibayar sekaligus sebesar:
Utang Pokok = [……………………………….],-[(……………………………….)]
Bunga/keuntungan = Rp. […………………..],- x 24 bln = [……………………………….],-[(…………………………………………………)] Jumlah = Rp. [………………….],- + Rp. [………………….],- = Rp. [……………………………….],-[(…………………………………………………..)]
Sehingga pengguat harus membayar Rp. [……………………………..],- ( ……………………………………………….) kepada tergugat.
4. Bahwa setelah jatuh tempo penggugat harus membayar uang beserta bunganya terhadap penggugat.
5. Bahwa penggugat memberikan kuasa untuk memiliki dan menjual kepada pihak lain sertifikat Hak Milik Tanah N0.[…….] Tahun [……………………], GS. No. […………………………….] atas nama penggugat kepada tergugat yang dibuat dikantor notaris [………………….], SH.
6. Bahwa dalam perjanjian tanggal[ tanggal, bulan, tahun] jika tergugat tidak dapat membayar utang maka tergugat dapat menjual jaminan SHM tanah penggugat.
7. Bahwa pada tanggal [tanggal, bulan, tahun] pembeli SHM atas nama penggugat memberitahukan kepada penggugat bahwa tanah tersebut dibeli dengan harga Rp. […………………………],- (…………………………………………………………………..) dibuktikan dengan poto copy kuitansi pembayaran tersebut. .
8. Bahwa pada tanggal [tanggal, bulan, tahun] penggugat menandatangani tergugat untuk menanyakan sisa hasil penjualan SHM atas tanah yang dikurangi utang dan bunga, tetapi tergugat mengelak bahwa tidak ada sisa hasil penjualan SHM tersebut.
9. Bahwa tergugat tidak memberikan sisa uang dari penjualan atas jaminan SHM peggugat yaitu sebesar Rp. [………………….],- (…………………….) sampai saat ini.
10. Bahwa akibat itikat tidak baik dari tergugat menimbulkan kerugian materil dan inmateril, karena penggugat tidak mendapatkan sisa dari keuntungan penjualan tanah tersebut.
Berdasarkan hal-hal yang telah diurai diatas, maka kami untuk dan atas nama penggugat mohon kepada majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini berkenaan untuk memberikan putusan sebagai berikut:

PRIMAIR:
 Menerima dan mengabulkan gugatan penggugat seluruhnya.
 Menghukum tergugat untuk membayar uang paksa (dwangsoom) sebesar Rp. [……………….],- (…………………………………………….) setiap harinya apabila tergugat lalai menjalankan isi putusan.
 menghukum tergugat untuk membayar kerugian materil yaitu sisa hasil penjualan tanah penggugat yang besar harga penjualan tanah dikurangi jumlah utang dan keuntungan selama […..] tahun Rp. [……………………..] – Rp. [……………………..] = Rp. [………………………….],-
 Menghukum tergugat untuk membayar seluruh biaya yang timbul dari perkara ini.

SUBSIDAIR: Bila hakim berpedapat lain, mohon putusan yang seadil-adilnya.

Demikian gugatan ini kami ajukan, atas perhatian Majelis Hakim yang terhormat Kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kuasa Pengguagat

(…………………………….)

Baca Artikel Lain

Linguistik Umum;>>>> Baca

Contoh Surat Pengunduran Diri;>>>> Baca

Contoh Surat Pernyataan Penyerahan Anak;>>> Baca

Contoh Surat Pernyataan Pencari Kerja;>>>>>>>> Baca

Hak Anak Di Sekolah Dasar;>>>>> Baca

Kumpulan Artikel yang lain;>>>>>>>>> Baca

About these ads

3 Tanggapan

  1. Selamat pagi, pak.

    Saya ingin menanyakan apakah bapak punya contoh surat pelaporan ke Depnaker untuk pelanggaran kontrak kerja dan gugatan dari perusahaan kepada karyawan mengenai pembayaran sisa masa kontrak kerja (PKWT).

    Saya kesulitan mencarinya mengingat tidak banyak perusahaan yang memperkarakan kasus seperti ini.

    Terima kasih atas bantuannya.

  2. Selamat sore pak;
    Pak kalau surat gugatan untuk pihak yang memberi hutang bagaimana cara menulisnya?
    Begini pak sebenarnya saya mempunyai masalah dengan suatu pegadaian,katakanlah pegadaian itu adalah X, di awal kami/kedua belah pihak telah sepakat dan menandatangani perjanjian di atas materai, pada pembayaran pertama pihak pertama/x tiba2 menyampaikan bahwa ada kesalahan dalam pembuatan perjanjian dan tiba2 merubah biaya cicilan, padahal sudah jelas bahwa pada salah satu pasal menyebutkan bahwa”apabila ada perubahan pembayaran akan diberitahukan terlebih dahulu dan baru akan berlaku pada bulan berikutnya”,tapi x langsung menyampaikan bahwa ada kesalahan perjanjian dan langsung meminta sejumlah uang sebsr perubahan tsb,dan yang plg mengherankan tanda tangan saya yang tadinya ada pada perjanjian awal sudah dipindahkan pada lembar perjanjian yang baru tanpa pemberitahuan terlebih dahulu,apakah ini termasuk pemalsuan data juga?

  3. assalamualaikum, wr. wb.

    mohon bantuannya……..
    saya Lutfi ingin bertanya,teman saya sebut saja Slamet meminjam uang kepada saya sebesar Rp. 90.000.000 dengan imbalan Rp. 6.000.000 perbulannya. sudah lewat jatuh tempo yg di sepakati selama 2 bulan. dan sekarang sudah masuk bulan yg ke 7. dan dia (slamet) berjanji untuk saat ini hanya bisa membayar pokoknya saja yaitu sebesar Rp 90.000.000.
    pertanyaannya :
    1. Bisakah saya menuntut secara hukum bila pokoknya saja yg dibayar, sedangkan imbalan yg disepakati menyusul di bayar.
    2. bisakah saya menarik seluruh aset-aset yg dia miliki…?

    wasalamualaikum. wr.wb.

    NB: surat perjanjian diatas materai, tanpa ada jaminan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 308 pengikut lainnya.