BAB I PENGGUNAAN BAHASA DALAM SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) DI KALANGAN REMAJA KOTA TARAKAN

BAB I  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Dpemakainnya bahasa
Indonesia sangat beragam, keragaman tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Ragam bahasa menurut sarananya lazim dibagi atas ragam lisan dan ragam tulisan.
Penggunaan bahasa secara tulisan perlu lebih cermat, hal ini karena pihak yang diajak komunikasi tidak berhadap-hadapan secara langsung. Untuk menjamin efektifnya penyampaian pesan, fimgsi gramatikal seperti subjek, predikat, dan objek,dan hubungan diantara fungsi itu harus lengkap dan nyata. Namun berdasarkan kenyataan sekarang dengan majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa tulisan tidaklah digunakan lagi secara cermat, dengan adnya teknologi penggunaan telpon genggam atau handphone (hp) lebih sering dimanfaatkan masyarakat untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan.
Penggunaan bahasa tulisan dalam telpon genggam atau handphone, lebih dikenal dengan short message service (sms), merupakan terobosan baru untuk menyampaikan pesan, informasi secara ringkas dan cepat. Penggunaan bahasa secara tulisan dalam short message service (sms) umumnya pendek-pendek, terputus-putus, penyingkatan-penyingkatan dan terdapat fungsi-fungsi kalimat yang dilesapkan, khususnya di kalangan remaja yang lebih sering menggukan bahasa tulis dalam short message service (sms)

dengan penyingkatan-penyingkatan kosakata. Penggunaan bahasa tulis dalam short message service (sms) oleh kalangan remaja cenderung memunculkan kosakata percakapan, seperti : ” y, t’rah z pi g da mslh k” “lyalah, terserah kamu tapi tidak ada masalah kah ?” , “u knp g dtng, u dah tan to, qt meeting mlm ini, tp ga pal, mngkin u Ig sbuk, mt bb” (Kamu kenapa tidak datang, kamu sudah tahu kan, kita pertemuan malam ini, tapi tidak apa-apa, mungkin kamu lagi sibuk, selamat bobo) dan sebagainya.
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, penulis berusaha untuk meneliti punggunaan bahasa terutama dalam short message service (sms) di kalangan remaja Kota Tarakan
B. Alasan Femilihan Judul
Peneliti memilih judul Penggunaan Bahasa Dalam Short Mesagge Service (SMS) Di
Kalangan Remaja Kota Tarakan (Tinjauan Sosiolinguistik). Judul tersebut dipilih karena Penggunaan Bahasa Dalam Short Message Service (SMS) di Kalangan Remaja merupakan bahasa tulis yang menarik untuk diteliti, karena bahasa dalam Short Message Service (SMS) tersebut tidak terdapat dalam bahasa tulisan-tulisna lainnya. Sepengetahuan peneliti, pula belum pernah ada penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan Penggunaan Dalam Short Message Service (Sms) Di Kalangan Remaja Kota Tarakan.

C. Batasan Masalah
Mengingat luasnya masalah yang berkaitan dengan lingkup penggunaan bahasa
khususnya dalam Short Message Service (SMS), perlu adanya pembatasan masalah. Hal ini dilakukan agar peneliti dapat lebih terpusat pada tujaun yang ingin dicapai dan mencegah meluasnya kajian penelitian. Masalah dalam kajian ini dibatasi pada :
1. Penggunaan Bahasa Dalam Short Message Service (SMS) Di Kalangan Remaja
Kota Tarakan.
2. Penggunaan kata dan kalimat dalam bahasa Short Message Service (SMS)
D. Rumusan Masalah
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan bahasa dalam
Short Message Service (SMS) di kalangan remaja Kota Tarakan.
E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui penggunaan bahasa dalam Short
Message Service (SMS) di kalangan remaja Kota Tarakan.
F. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis, sebagai berikut:
1. Manfaat teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan kajian teoritis
yang mendukung penelitian lebih lanjut dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya tentang penggunaan bahasa tulis Short Message Service (SMS).

2. Manfaat Praktis, penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan oleh masyarakat dalam mengembangkan kemampuan menggunakan kosa kata agar mewujudkan percakapan bahasa tulis yang akrab dan menarik.
G. Penegasan Judul
Judul penelitian ini adalah Penggunaan Bahasa Dalam Short Message Service (SMS)
Di Kalangan Remaja Kota Tarakan (Tinjauan Sosiolinguistik). Penegasan judul perlu dilaksanakan untuk mempertegas maksud judul penelitian. Adapun penegasan judul dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Penggunaan Bahasa
Penggunaan bahasa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri (Aslinda, 2007:1)
2. Short Message Service (SMS)
Short Message Service (SMS) adalah layanan inovasi handphone yang memudahkan siapa saja untuk mengirimkan pesan kesemua pemakai handphone.
3. Remaja
Remaja adalah usia yang mulai beranjak dewasa dari imur 17-20 tahun. Usia yang mulai tahap emosionalnya mulai labil (KBBI, 1895:813)

4. Kota Tarakan
Kota Tarakan berada di wilayah Kalimantan Timur bagian Utara, tempat peneliti akan mengadakan penelitian mengenai penggunaan bahasa dalam Short Message Service (SMS) di kalangan remaja.
5. Sosiolinguiistik
Sosiolinguistik yang dimaksud dalam penelitian ini adallah bidang ilmu antardisiplin yang mempelajari bahasa dalam kaitanya dengan penggunaan bahasa itu di dalam masyarakat (Chaer, 2004:2)
H. Sistematika Pen ulisan
Skripsi ini menggunakan sistematika penulisan sebagai berikat:
Bab I pendahuluan, Bab ini terdiri atas latar belakang masalah, alasan memilih judul, batasan maslah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, penegasan judul dan sistematika penulisan.
Bab II landasan teori, Bab ini terdiri ata pengertian bahasa, fungsi bahasa, pengertian sosiolinguistik, variasi bahasa dalam tinjauan sosiolinguistik, fonologi, morfologi, leksikal.
Bab III metode penelitian, Bab ini terdiri atas pengertian metode penelitian, variabel penelitian, waktu dan lokasi penelitian, jenis penelitian, sumber data dan data penelitian, pengumpulan data, serta metode analisis data.
Bab IV pembahasan, Bab ini terdri atas penyajian data, analisis data, dan hasil penelitian.
Bab V penutup, Bab ini terdiri atas kesimpulan dan saran.

About these ads

8 Tanggapan

  1. wah, menarik sekali ni

    kebetulan saya lagi penelitian skripsi tentang penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja ditinjau dari sisi fenomenologi

    bisa minta tolong kirirmin kesimpulan penelitian kamu gak…pengennya Qjadiin referensi sebagai studi pendahuluan

    kalo boleh tolong kirim ke sherry_imut@yahoo.com ya

    makasiiih bgt

  2. kebetulan saya juga meneliti bahasa sms di kalangan remaja menggunakan kajian pragmatik
    kalo boleh saya minta tolong kirimi saya kesimpulan saudara untuk dijadikan tinjauan pustaka
    kalo bleh tolong krim ke adhe.dwiboogie@gmail.com
    makasi sebelumnya ya

  3. assalamualykumwrwb
    Sekarang saya sedang menulis karya tulis tentang pemanfaatan sms sebagai metode pembelajaran.kalau memungkinkan tolong dikirimkan dan mohon bantuannya untuk tulisan saya.Saya akan sangat senang sekali jika anda mau membantu dan penelitian anda dapat saya jadikan sebagai salah satu sumber.
    saya tunggu jwabannya ini alamat email saya apiida@gmail.com.
    terimakasih

  4. assalammu’alaikum wr.wb.
    saat ini saya sedang membuat karya tulis tentang bahasa sms, mohon bantuan dikirim tulisan Saudara untuk referensi tulisan saya. Saya tunggu balasan Saudara ke email saya endang69@gmail.com
    terima kasih

  5. assalamualaikum, menarik sekali skripsinya, kebetulan saat ini saya lagi membutuhkan tolong dikirim ke e-mail saya. amiek_da@yahoo.com

  6. Assalamu’alikum wr.wb, kebetulan saya lagi buat karya ilmiah tentang bahasa sms remaja,kalo bisa tolong dikirim ke email saya.Lasmy93@yahoo.co.id

  7. Boleh saya minta izin untuk menjadkn mkalh kamu bhan referensi penelitian sya tt “analisis bahasa gaul remaja kediri”, mhon dkirim ke oniksam@yahoo.com, contact d fb jg bsa _ alaya xamriz , trimksih bnyak

  8. wanted help..send to ika_mustikasari20@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 298 pengikut lainnya.