CONTOH SOAL BERDASARKAN JENJANG KEMAMPUAN C1 SAMPAI C6

CONTOH SOAL BERDASARKAN JENJANG KEMAMPUAN C1 SAMPAI C6

1. CONTOH Soal Pengetahuan C1
Dalam sejarah kesusastraan Indonesia, penyair yang banyak menulis puisi kontemporer adalah ….
A. W.S. Rendra
B. Ramadhan K.H
C. Sutarji Calzoum Bachri
D. Putu Wijaya

2. CONTOH SOAL Pemahaman (C 2)
Perbedaan prosa, puisi, dan drama dalam kesusastraan Indonesia didasarkan atas….
A. bahasa yang digunakan
B. pengembangan plot dan struktur cerita
C. perwujudan lahiriah sebuah karya sastra
D. banyaknya tokoh dalam cerita

3. CONTOH SOAL Aplikasi (C3)
a. Untuk mendapatkan luas penampang tabung 28,26 cm2, berapakah seharusnya jari-jari tabung tersebut ?

A.2 cm
B. 3 cm
C. 4 cm
D.5 cm

b. Pak Udin ingin mengetahui keterampilan siswanya dalam menggunakan mikroskop. Untuk kepentingan tersebut pak Udin telah menentukan 7 indikator. Dari 7 indikator tersebut kemudian dibuat 7 buah pertanyaan dalam bentuk skala rating. Setiap pertanyaan mempunyai 5 skala. Jika dari hasil pengukuran Ani memperoleh skor 20, berapa persenkah nilai yang diperoleh Ani ?
A. 20 %
B. 25 %
C. 57%
D. 71,4%
4. CONTOH SOAL Abalisis (C4)
Pak Adi menginginkan para siswanya dapat membuat karangan tentang bahaya rekayasa genetika dalam 5000 kata. Jenjang kemampuan berpikir yang ingin dikemabangkan oleh pak Adi adalah ….
A. penerapan
B. analisis
C. sintesis
D. evaluasI
5. CONTOH SOAL Sintesis (C5)
a. Gambar persamaan Y = kx akan selalu berbentuk ….
A. parabola
B. lurus
C. plantean
D. asintosis

b. Hasan mendengarkan dengan tekun ” Acara Pembinaan Bahasa Indonesia ” melalui TV. Sebentar-sebentar ia mencatat, kemudian cepat beralih dan memperhatikan kembali kepada pembicara. Hasan tidak beranjak dari kursinya sebelum acara tersebut selesai. Berdasarkan contoh tersebut, Hasan memiliki unsur-unsur, misalnya, konsentrasi penuh, bertujuan, berminat, siap secara fisik dan mental. Unsur-unsur tersebut termasuk bagian dari …
A. pembicara
B. pembicaraan
C. penyimak
D. situasi

6. CONTOH SOAL Evaluasi (C6)
a. Suatu pabrik menyatakan bahwa lembaran alumunium yang diproduksi mempunyai tebal 0,04 cm. Setelah diambil sampel secara acak sebanyak 100, diperoleh tebal rata-rata lembaran 0,0408 cm, dengan standar deviasi 0,004 cm. Dari sampel ini dengan = 0,10 dapat diambil kesimpulan bahwa….
A. pertanyaan pabrik ditolak
B. pertanyaan pabrik tidak ditolak
C. tidak dapat diambil kesimpulan
D. jika = 0,20, maka pertanyaan pabrik tidak di tolak

b. ………Satelit cuaca akan memberikan informasi lebih baik kalau….
A. mengorbit tidak jauh dari bumi
B. mengorbit paling jauh dari bumi
C. menerapkan informasi dengan jangkauan lebih luas
D. merupakan satelit geostasioner

Baca Tulisan Lain

Pemerolehan Bhs Anak usia 4-6 Th >>> Baca

Tugas Guru dlm Evaluasi Pembelajaran >>>> Baca

Permasalahan Guru di Indoonesia >>> Baca

Sejarah Filsafat Yunani >>> Baca

Evaluasi Jabatan >>>>> Baca

Kebijakan Mutasi bagi Pegawai >>> Baca

About these ads

18 Tanggapan

  1. Sip pak ilmunya…
    Ini yang sering saya cari..contoh soal dari C1 sd C6. Trims, moga terus update ya

  2. pa’ blh g’ aku minta soal soal c1 sampai c6 mata pelajaran biologi smp? harap dibls ya pa’

  3. Asslmkm.
    Smg Allah sll memberkahi dan merahmati disetiap amal kebaikan yg bpk kerjakan. Amin.

    Salam kenal,pak.

    Pak, minta tlg contohin soal essay C1 smpai C6 tuk materi SMK Elektonika. Hrp dibls ya, pak.

  4. Trim pade..atas contoh jenjang soal.. n yang lainnya juga trim..semoga..

  5. hatur nuhun pak Saya mendapatkan pengetahuan yang baru dari Bapak terima kasih

  6. Tulisan Pak De tentang Jenjang Kemampuan Berasarkan Kemampuan C1 – C6 sangat menarik dan dan dibutuhkan guru, Saran saya :
    a. yang perlu diperbaiki adalah banyaknya salah ketik yang bisa menyesatkan pembaca, contoh:
    1. Contoh Soal (C4) tertulis Abalisis seharusnya Analisis
    2. Contoh Soal (C6) a. Suatu pabrik menyatakan …. pada
    opsi jawaban tertulis pertanyaan
    b. Mohon dimuat juga contoh-contoh kata kerja operasional
    untuk tiap jenjang.
    BRAVO!!

  7. maaf pak bisa tolong kirim contoh soal C6 matematika yang memiliki standar kompetensi tentang siswa mampu menentukan langkah – langkah pembuktian yang salah.trims…

  8. makasih bnyak infonya pak De’, bner2 sesuai dgn yg sy btuhkan saat ini. . ( ^,^ )

  9. terimaksih banyak pak semoga allah memberikan keberkahan ilmu yang bapak brikan pada semua manusia yang membthkan

  10. BguZ CiH, Tp conTH Soal yg aGama ad gx y Pak.? Cz Q buTuH Nech.. Hiiehe

  11. Pak mnta contohin pertanyaan penerapan bt ips. Trma kasih sblum nya

  12. pak mnta contoh pertanyaan analisis, sintesis dan evaluasi mata pelajaran IPS di SD..

  13. Trima ksh pak atas info c 1 s/dc 6

  14. maaf pak bisa kirimkan soal sosiologi juga?

  15. Contoh soal c1 -c6 dgn mata pelajaran matematika SD

  16. makasih :)

  17. Contoh soal c1 -c6 dgn mata pelajaran dasar pemrograman?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 297 pengikut lainnya.