CONTOH AKTA JUAL BELI SAHAM

CONTOH  AKTA JUAL BELI SAHAM

Pada hari ini. hari (______) tanggal (________) saya (________) Notaris di (_________________), dengan dihadiri saksi-saksi yang saya, Notaris. kenal dan akan disebut pada bagian akhir akta ini:

1. Tuan (______), pengusaha, bertempat tinggal di (_________________). Jalan (_________________). Kelurahan (_________________), Kecamatan (_________________) , Pemegang Kartu Tanda Penduduk (_________________): Menurut keterangannya dalam hal ini bertindak selaku pemilik/pemegang (_________) saham dalam perseroan terbatas PT (________) yang akan disebut;

Selanjutnya disebut juga Pihak Pertama. —————————

2. Tuan (________), swasta. bertempat tinggal di (_________________), Jalan (_________________), Kelurahan (_________________), Kecamatan (_________________) Pemegang Kartu Tanda Penduduk (_________________):

Menurut keterangannya dalam hal ini bertindak selaku Direktur dari dan oleh karena itu untuk dan atas nama perseroan terbatas PT (______). berkedudukan di (_________________), yang anggaran dasarnya telah dimuat dalam akta tanggal (_________________) Nomor (___) dibuat dihadapan saya. Notaris. akta mana telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusannya tertanggal (_________________) Nomor: (___)

Dan untuk melakukan tindakan hukum dalam akta ini telah mendapat persetujuan dari Nyonya (______) Komisaris. bertempat tinggal di (_________________) Pemegang Kartu Tanda penduduk [___] Nomor (_________________), yang turut hadir di hadapan saya, Notaris serta saksi-saksi yang sama dan menandatangani akta ini sebagai tanda persetujuannya; Selanjutnya disebut Pihak Kedua. Para penghadap telah saya, Notaris, kenal; Para penghadap bertindak sebagaimana tersebut menerangkan; Bahwa Pihak Pertama untuk melakukan penjualan seluruh saham yang dimilikinya di dalam perseroan terbatas yang akan disebut telah mendapatkan persetujuan dari Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham sebagaimana ternyata dalam akta tanggal hari ini, Nomor (____), yang dibuat dihadapan saya, Notaris. Pihak Pertama dengan ini menjual dan menyerahkan kepada Pihak Kedua. yang dengan ini membeli dan menerima penyerahan dari Pihak Pertama (________) saham dalam Perseroan Terbatas PT (_________________) berkedudukan di (_________________), yang anggaran dasarnya dimuat dalam akta tanggal (_________) Nomor (____), dibuat di hadapan (_________________), Sarjana Hukum, Notaris di (_________________) anggaran dasar mana telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusannya tertanggal (__________) Nomor (_______), kemudian dirubah dengan akta tanggal (_________) Nomor (____) dan tanggal (_________) Nomor (____). keduanya dibuat dihadapan (_________________) Sarjana Hukum, Notaris di (_________________), akta-akta mana telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusannya tertanggal (__________) Nomor (______), akta tanggal (_______) Nomor (____). akta tanggal (_________) Nomor (____), akta-akta tersebut dibuat di hadapan (_________________), Sarjana Hukum, Notaris di (_________________) yang telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia sebagaimana ternyata dari Surat Keputusannya pada tanggal (________) Nomor (________), kemudian dirubah dengan akta tanggal (________) Nomor (____) yang dibuat di hadapan Nyonya (_________________), Sarjana Hukum, Notaris di (_________________), yang telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia sebagaimana ternyata dari Surat Keputusannya pada tanggal (_________) Nomor (___________) dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal (__________) Nomor (____), Tambahan Nomor (____) dan terakhir dirubah dengan akta tertanggal (_________) Nomor (___), dibuat oleh (_________________) Sarjana Hukum, Candidat Notaris, pada waktu itu pengganti saya, Notaris, akta mana telah mendapat Persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusannya tertanggal (_________) Nomor: (__________) sedangkan susunan pengurus terakhir dengan akta tanggal (__________), Nomor (_____) dibuat di hadapan saya, Notaris; masing-masing saham besarnya Rp(____) nominal; demikian berikut talon dan tanda-tanda devidennya;

Jual beli ini menurut keterangan para penghadap telah dilakukan dengan harga Rp. (_________________) jumlah uang mana telah diterima dengan cukup dan penuh oleh Pihak Pertama, pada saat akta ini ditandatangani dan untuk penerimaan mana akta ini berlaku juga sebagai kwitansi, dan jual beli ini telah dilangsungkan dengan aturan-aturan dan ketentuan- ketentuan sebagai berikut: —————————–

———————————————– Pasal 1———————–

1. Mulai hari ini Pihak Kedua menerima milik dan hasil-hasil dari apa yang dibelinya dan mulai hari ini juga segala keuntungan, tetapi juga segala kerugian dan resiko adalah kepunyaan Pihak kedua;

2. Keuntungan yang belum diambil dan yang belum dikeluarkan adalah sepenuhnya menjadi milik Pihak Kedua.

———————————————– Pasal 2 ———————–

Pihak Pertama menjamin Pihak Kedua: —————————–

a. bahwa ia adalah satu-satunya yang berhak melakukan jual beli ini;

b. bahwa apa yang dijual-belikan tidak tergadai atau tersangkut suatu hutang, pun tidak disita;

c. bahwa pihak kedua akan memiliki saham-saham yang dibelinya, tanpa gangguan dari pihak lain yang mengaku mempunyai hak lebih atau hak bersama atas saham-saham itu.

———————————————– Pasal 3 ———————-

Apa yang dijual dalam akta ini. telah diterima oleh Pihak Kedua berupa recipis.

———————————————– Pasal 4 ———————–

Ongkos akta ini dipikul dan dibayar oleh Pihak Pertama. ———

———————————————– Pasal 5 ———————–

Segala pajak-pajak atas kepemilikan saham sebelum ditandatanganinya akta ini wajib dibayar oleh Pihak Pertama. Pihak Pertama dengan ini memberi kuasa kepada Pihak Kedua dan baik bersama-sama maupun sendiri-sendiri dengan hak memindahkan kuasa ini kepada orang lain dan mencabut kembali pemindahan kuasa ini, untuk meminta kepada Direksi Perseroan, agar surat-surat saham yang dijual itu. bila telah dicetak diberikan kepada Pihak Kedua, lalu dibalik atas nama Pihak Kedua dan untuk itu menghadap Direksi untuk penerimaan serta pelaksanaan balik nama surat-surat saham tersebut, singkatnya Pihak Kedua diberi hak untuk melakukan segala tindakan hukum untuk mencapai balik nama serta menerima surat-surat saham tersebut, apabila sudah dicetak.

Kuasa ini merupakan bagian yang penting dan tidak dapat dipisah pisahkan dari penjualan saham-saham yang dilakukan dengan akta ini, karena itu kuasa ini tidak dapat ditarik kembali dan tidak dapat berakhir karena hal-hal yang menurut pasal 1813 kitab Undang-Undang Hukum Perdata mengakhiri sesuatu kuasa atau karena apapun juga.

———————————————– Pasal 6 ———————–

Mengenai akta ini dan segala akibatnya serta pelaksanaannya, para pihak memiliki tempat kediaman hukum (domisili) yang umum dan tetap di Kantor Panitera Pengadilan Negeri (_________________).

———————————– DEMIKIANLAH AKTA INI —————

Dibuat dan diselesaikan di (_________________) pada hari dan tanggal tersebut pada bagian awal akta ini, dengan dihadiri oleh Tuan (______) Sarjana Hukum dan Tuan (_____), keduanya pegawai Notaris. bertempat tinggal di (_________________), sebagai saksi-saksi.—————————-

Setelah saya. Notaris, membacakan akta ini kepada para penghadap dan para saksi, maka segera para penghadap dan para saksi dan saya. Notaris. ———————————————

Dilangsungkan dengan [___] gantian dan [___] tambahan.———–

Asli akta ini telah ditandatangani dengan sempurna. —————–

Diberikan sebagai SALINAN yang sama bunyinya. ———————

Notaris di (_________________)

(_________________)

About these ads

18 Tanggapan

  1. siang pak de sofa…

    saya sngt tertarik dengan ap yg bpk tulis!!kebetulan sekali saya lg bsnis tentang penjualan ruko.

    mohon bantuannya bapak, untuk bisa ngasih contoh ke saya tentang hukum, aturan, perjanjian serta pasal2 antara pihak pertama dan pihak kedua.

    tolong dikiraimkan ke email saya,,

    sebgai cntoh seperti diatas, tetapi lbh lngkap coz ni untuk perjanjian bangunan ruko >..seperti perjanjian perawatannya, kebershannya, dan semuanya sdh ad di dlm srt perjanjian itu..

    saya bingung mw di mualai dr man

    sebelummya terima kasih sekali ats bantuannya ..
    iqbal haikal el yunatika

  2. kirim ke email saya ni bapak..

    iqbal_elyu84@yahoo.com

    saya tinggal di nabire papua

  3. To Pak de,

    Minta Bantuanya dunk, saya ada kendala ni dalam pembuatan surat perjanjian jual beli perusahaan tapi belum PT masih UD yang mana intinya saya jual perusahaan tersebut dengan nominal 40% dimana nantinya akan saya jalankan dengan sistem sharing profit 40% dan 60% dari keuntungan bersih perusahaan. Tolong bantu pembuatan perjajian tersebut serta klausul – klausul yang penting dan menguntungkan kedua belah pihak.

    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya tolong kirimkan ke alamat email saya yang diatas.

    Dwi

  4. Boss,
    saya mo tanya contoh resipis saham
    tolong dibantu boss

  5. pak, kalau saham yang ada dalam akta sebuah perseroan belum mendapat pengesahan dari menteri hukum dan ham, apakah bentuk akta nya sama dan kalau beda tolong berikan contohnya pak? kirim ke mail saya aja pak. Mohon bantuan nya!
    TERIMAKASIH

  6. Pak, saya mau tanya kalo mau balik nama surat saham pelaksanaannya bagaimana ya pak??? terima kasih.

  7. Boleh minta contoh akta jual beli Rumah pak??
    Terima kasih

  8. pak, saya mahasiswi di sebuah universitas negeri di lampung..begini pak, saya sedang menyusun skripsi mengenai jual beli perusahaan..untuk itu saya mohon kepada bapak untuk dapat memberikan saya contoh akta jual beli perusahaan. perusahaannya terserah, PT atau CV..terima kasih pak..

    ini email saya: martha_fh@yahoo.com

  9. siang pak de

    mohon kirimkan contoh surat saham

    ke
    husaini_idris@yahoo.co.id

  10. PAK, minta bantuannya saya mau menyusun surat perjanjian jual beli, saya mau jual CV dengan komposisi yang masih belum ditentukan, disebutkan pula soal pembagian keuntungan yang besarnya proporsional. mohon bantuan dalam menyusun surat perjanjian tersebut., beserta pasal-pasal yang penting

    tolong di email ke alamat saya terimakasih, pak

  11. Pak saya membeli mobil kredit atas nama saudara saya, lalu untuk menghindari penipuan atau penyelundupan setelah pelunasan mobil, sebelum saya melunasinya tentu saya harus membuat surat kuasa bahwa saya memakai nama dan identitas saudara saya atas mobil tersebut sedangkan yg membayar adalah saya. Bagaimana membuat surat kuasa tsb? Balas ke email saya,thx

  12. Paksaya mau bertanya, saya membeli mobil kredit atas nama saudara saya sedangkan pembayaran sepenuhnya dr uang pribadi saya.Lalu untuk menghindari penipuan atau penyelundupan setelah pelunasan mobil, sebelum saya melunasinya tentu saya harus membuat surat kuasa bahwa saya memakai nama dan identitas saudara saya atas mobil tersebut sedangkan yg membayar adalah saya. Bagaimana membuat surat kuasa tsb? Balas ke email saya,thx

  13. Paksaya mau bertanya bagaimana pembuatan surat kuasa apabila saya membeli mobil kredit atas nama saudara saya sedangkan pembayaran sepenuhnya dr uang pribadi saya.Lalu untuk menghindari penipuan atau penyelundupan setelah pelunasan mobil, sebelum saya melunasinya tentu saya harus membuat surat kuasa bahwa saya memakai nama dan identitas saudara saya atas mobil tersebut sedangkan yg membayar adalah saya. Bagaimana membuat surat kuasa tsb? Balas ke email saya,thx

  14. pak itu contoh nya yang komplit tanpa kurung2 ada pak.. tolong kirim in saya pak, buat gambaran Tugas kuliah saya

  15. selamat malam pak,,,saya boleh minta tolong dikirimkan contoh akta jual beli perusahaan…mohon kirim ke email saya satria_sagala@yahoo.com

  16. pak punya contoh akta jual beli yg nyata gak? yg sudah pernah dilangsungkan perjanjiannya bukan gambaran. kalau ada tlg kirim ke email sy ya pak. terimakash banyak. salam hormat

  17. saya ketua koperasi apa koperasi bisa mengeluarkan saham untuk menambah modal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 298 pengikut lainnya.