Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)

Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)

Metode ini diprogramkan pemerintah RI mulai tahun 1974. Regu yang dipimpin oleh Dr. A.S. Broto pada waktu itu telah menghasilkan Metode SAS. Menurut A.S. Broto khususnya disediakan untuk belajar membaca dan menulis permulaan di kelas permulaan SD. Lebih luas lagi Metode SAS dapat dipergunakan dalam berbagai bidang pengajaran. Dalam proses operasionalnya metode SAS mempunyai langkah-langkah berlandaskan operasional dengan urutan : Struktural menampilkan keseluruhan; Analitik melakukan proses penguraian; Sintetik melakukan penggabungan kembali kepada bentuk Struktural semula. Landasan linguistiknya bahwa itu ucapan bukan tulisan, unsur bahasa dalam metode ini ialah kalimat; bahwa bahasa Indonesia mempunyai struktur tersendiri. Landasan pedagogiknya; (1) mengembangkan potensi dan pengalaman anak, (2) membimbing anak menemukan jawab suatu masalah. Landasan psikologisnya : bahwa pengamatan pertama bersifat global (totalitas) dan bahwa anak usia sekolah memiliki sifat melit (ingin tahu).
Prosedur penggunaan Metode SAS
1. Mula membaca permulaan dijadikan dua bagian
Bagian pertama Membaca permulaan tanpa buku
Bagian pertama Membaca permulaan buku
2. Merekam bahasa anak melalui pertanyaan-pertanyaan dari pengajar sebagai kontak permulaan.
3. Menampilkan gambar sambil bercerita. Setiap kali gambar diperlihatkan, muncullah kalimat anak-anak yang sesuai dengan gambar.
4. Membaca kahmat secara structural
5. Membaca permulaan dengan buku
6. Membaca lanjutan
7. Membaca dalam hati

Segi baiknya
a. Metode ini dapat sebagai landasan berpikir analisis.
b. Dengan langkah-langkah yang diatur sedemikian rupa membuat anak mudah mengikuti prosedur dan akan dapat cepat membaca pada kesempatan berikutnya
c. Berdasarkan landasan linguistik metode ini akan menolong anak. menguasai bacaan dengan lancar.

Segi lemahnya
.
1) Metode SAS mempunyai kesan bahwa pengajar harus kreatif dan terampil serta sabar

Tuntutan semacam ini dipandang sangat sukar untuk kondisi pengajar saat ini.

2) Banyak sarana yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan metode ini untuk sekolah sekolah tertentu dirasa sukar.
3) Metode SAS hanya untuk konsumen pembelajar di perkotaan dan tidak di pedesaan
4) Oleh karena agak sukar menganjarkan para pengajar metode SAS maka di sana-sini Metode ini tidak dilaksanakan.
Teknik pelaksanaan Metode SAS ialah keterampian memilih kata kartu kata dan kartu kalimat. Sementara anak-anak mencari huruf, suku kata, kata., pengajar dengan sebagian anak yang lain. Menempel-empelkan kata kata yang tersusun menjadi kalimat yang berarti. Begitu seterusnya sehingga semua anak mendapat giliran untuk menyusun kalimat, membacanya dan yang paling mengutpnya sebagai ketreampilan menulis. Media lain selain papan tulis, papan panel, papn tali, OHP (Over Head Projector) dapat juga digunakan.

21 Tanggapan

  1. pak saya rozy dari samarinda, kakak saya seorang guru SD di samarinda sedang mengerjakan skripsi tentang peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan metode SAS pada kelas I, untuk itu saya coba cari di google bahannya tapi sulit untuk ketemu.
    mohon kiranya bapak dapat memberikan bahan2 dimaksud untuk membantu kakak saya dalam pembuatan skripsi.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya

  2. pak saya lagi sedang menyusun proposal penelitian.masalah yang saya ambil adalah mata pelajaran bahasa indonesia kelas 2 SD yang menjadi masalah adalah membaca,siswa sangat lambat dalam membaca bahkan ada pula yang belum tau membaca.kira-kira metode dan konsep apa yang dapat saya gunakan untuk menyelesaikan khasus ini?sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  3. makasih pak artikelnya, saya jdi tmbah tahu SAS

  4. apakah metode ini bisa diterapkan pada pembelajaran bahasa asing semisal bahasa arab?

  5. Pak De,saya ikut down load artikelnya.Sangat membantu saya dalam melaksanakan tugas,terima kasih.Jika Pak De berkenan tolong kirimi saya artikel yang berkaitan dengan pembelajaran membaca permulaan di kelas I SD lewat e-mail saya.Terimakasih

  6. pak maaf klo seandainya metode ini dipakai untuk pembelajaran bahasa asing apa bisa?

  7. SAMPAI SEKARANG BUKU-BUKU PAKET / PENDAMPING MASIH BANYAK MENGGUNAKAN METODE SAS , ini bola abi
    bola
    bo la
    b o l a
    bo la
    bola
    ini bola abi
    model seperti ini adalah bukan metode sas
    tetapi achir dari proses metode sas
    maka1 anak guru sulit menggunakan metode sas

  8. metode sas hanya dapat digunakan bahasa indonesia atau bahasa melayu yang menggunakan huruf alfabet ABCDEFGHIJKLM …………….DST
    KARENA BAHASA INDONESIA ( KATA ) DALAM SUATU KALIMAT MERUPAKAN STRUKTUR …….YANG DAPAT DIANALISA …………DAN DAPAT DISINTESA KEMBALI
    BAGI YANG AKAN MENYELIDIKI METO DE SAS
    HUBUNGI AKU 0352 462 231 PONOROGO GRATIS

  9. JADI BUKU BUKU YANG BERBAHU METODE SAS
    SAMPAI HARI INI ( SEJAK TH 1974 ) ITU MENURUT SAYA KURANG TEPAT DAN SUDAH SAYA SELIDIKI PADA TAHUN 1986 , MEMANG BELUM SAYA PUBLIKASIKAN , BAGI YANG INGIN MENYELIDIKI METODE SAS AKU SIAP MEMBANTU GRATIS LOO. AKU DI PONOROGO ( 0352 462 231 )
    KEPUNYAANKU ANAK DAPAT BELAJAR DENGAN KOMPUER SEDANG DIPERSIAPKAN DENGAN HP.

  10. pak de aku pernah ditatar metode sas th 1977
    aku jadi guru klas satu 15 tahun aku kenyang makan garam nya METODE SAS
    TH 1986 THESESKU Menyelidiki metode sas
    pembimbingku DR ISKANDAR W .MSC
    KATA BELIAU INI MERUPAKAN PENEMUAN YANG SANGAT CANGGIH NANTI ANAK DAPAT MELAJAR DENGAN KOMPUTER ., sayang sampai hari ini belum saya publikasikan tolong aku dibantu ,trimmm

  11. maaf pak de aku numpang promo , kepada siapa aja yang menyelidiki metode sas aku siap membantu , kapan dan dimanapun anda berada .
    aku di ponorogo 082 141 300 336 …gratis loo.

  12. Belajar membaca dan menulis dengan metode SAS sangatlah mudah berbekal sekeping cd dan sebuah buku panduan yang cuma berisi 80 halaman. Siapapun dapat melaksanakan.

    INOVASI TEHNOLOGI BELAJAR
    MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN
    DENGAN METODE SAS

    Mengapa memilih metode SAS?
    Metode SAS merupakan metode yang bertehnologi, bersistem, ilmiah dan terprogram. Anak dapat belajar secara manual dan dapat belajar menggunakan komputer.
    Bagaimana cara mengajar yang benar apabila menggunakan metode SAS?
    Pertemuan pertama:
    Guru memperkenalkan beberapa anak agar maju ke depan kelas, ditanya satu persatu. Kamu namanya? Suatu misal ada:
    abi, ruli, zia, budi, wati, rolan, dan ahmad.
    ini abi sambil menunjuk anak yang bernama abi dst

    ini meja , ini dasi , ini kursi
    sambil menunjuk masing-masing bendanya

    Guru memperkenalkan nama-nama benda sekitar dan nama-nama hewan:
    Untuk benda: meja, kursi, sepeda, rumah, sekolah, sepatu, dasi, dll
    Untuk hewan: sapi, kuda, ayam, buaya,dll

    Pertemuan ke dua:
    Masing-masing anak membawa foto 3R dan nama dada (tanda pengenal)
    Foto dilekatkan pada buku siswa masing-masing. Bawah foto ditulisi nama anak. Lihat contoh foto abi dibuku siswa.

  13. maaf pak masih saya persiapkan , mungkin minggu depan , tentang metode SAS sudah tidak perlu diteliti lagi , ini metode sudah final .

  14. salam pak de …
    tolong akses http://metodesas.blogspot.com
    gimana pak kalau sepertri itu trim

  15. APA Pak de sampun akses blog zia tolong pak comennya ? oke trim .

  16. rupanya Pak de dari kediri , kalau mudik tolong mampir ke ponorogo , bel pakde sebelumnya
    aku terima dengan senang hati . aku tunggu kapanpun , ingat itu pak De .
    aku senang bersilaturohmi .

  17. ternyata metode sas masih sangat menarik
    ratusan /mungkin ribuan blog yang membahas metode sas…………………………………………………
    gimana kalau kita undang aja pakrnya yaitu :
    Bp: Prof.Dr. A S .Broto dan kawan-kawan, atau yang mewakili sebagai juru bicara ,mari kita diskusikan ,
    aku yakin metode sas ,akan menjadi metode melajar membaca yang paling mudah dilaksanakan

  18. pak saya Jurusan Paud bisa tidak metode Sa di gunakan dlm TK

  19. Terimakasi pengertian tentang metode SAS

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 305 pengikut lainnya.