Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Suatu pasar disebut bersaing sempurna jika terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga tidak ada satu pun dari mereka dapat mempengaruhi harga yang berlaku; barang dan jasa yang dijual di pasar adalah homogen; terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna; setiap produsen maupun konsumen mempunyai kebebasan untuk keluar-masuk pasar; setiap produsen maupun konsumen mempunyai informasi yang sempurna tentang keadaan pasar meliputi perubahan harga, kuantitas dan kualitas barang dan informasi lainnya; tidak ada biaya atau manfaat eksternal berhubungan dengan barang dan jasa yang dijual di pasar.

Perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan sempurna bersifat “penerima harga” (price taker).

Kurva permintaan yang dihadapi sebuah perusahaan dalam pasar persaingan sempurna merupakan sebuah garis horizontal pada tingkat harga yang berlaku di pasar.

Kuantitas output ditentukan berdasarkan harga pasar dan tujuan memaksimumkan laba, yaitu pada saat MR = MC.

Dalam jangka waktu yang sangat pendek, kurva penawaran pasar berbentuk garis vertikal sehingga harga ditentukan oleh permintaan pasar. Dalam jangka panjang, harga dapat naik, tetap atau turun tergantung pada perubahan permintaan komoditi yang bersangkutan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.


Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output di pasar.

Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik dan oligopoli.

Pasar monopoli merupakan industri yang terdiri dari satu perusahaan di mana terdapat hambatan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk memasuki pasar. Beberapa hambatan masuk berupa waralaba pemerintah, paten, skala ekonomi dan keunggulan biaya lain, kepemilikan atas faktor produksi yang langka.

Persaingan monopolistik merupakan industri yang memiliki banyak produsen di mana perusahaan pesaing bebas memasuki industri dan perusahaan-perusahaan mendiferensiasikan produk mereka. Diferensiasi produk dimaksudkan untuk memenuhi keinginan konsumen, membangun reputasi atas produk yang dihasilkan dan memberikan pelayanan yang baik. Selain kelebihan berupa adanya keanekaragaman produk, efisiensi dan informasi tentang produk, diferensiasi produk juga mempunyai kelemahan yaitu adanya pemborosan, harga produk yang lebih mahal, kesalahan informasi dan kejenuhan masyarakat terhadap tayangan iklan.

Oligopoli adalah industri dengan sejumlah kecil perusahaan yang masing-masing cukup mampu untuk mempengaruhi harga pasar dari output yang dihasilkannya. Selain memiliki banyak bentuk dalam pasar oligopoli terdapat juga empat model yang umum dikenal yaitu model kolusi, model Cournot, model kurva permintaan yang patah dan model kepemimpinan harga.

Perusahaan-perusahaan yang memiliki kekuatan pasar dihadapkan pada empat keputusan penting yaitu berapa output yang akan diproduksi, bagaimana memproduksinya, berapa input yang akan diminta di masing-masing pasar dan berapa harga output yang akan ditetapkan.

Keputusan harga dan output oleh perusahaan dalam pasar persaingan tidak sempurna berbeda-beda tergantung pada bentuk pasar di mana perusahaan berada dan tujuan dari perusahaan adalah memaksimalkan laba total.

Diskriminasi harga merupakan penetapan harga yang berbeda untuk pembeli barang yang sama atau penetapan harga di mana perbandingan antara harga dan biaya marjinal berbeda di antara para pembeli. Diskriminasi harga dibedakan menjadi tiga yaitu diskriminasi harga derajat ketiga, diskriminasi harga derajat kedua dan diskriminasi harga derajat pertama.

Sumber Buku Ekoonomi Pertanian Karya Ratya Anindita, dkk.

Baca Artikel Lain

Fungsi dan Makna Afiks dari Bahasa Asing>>>>> Baca

bahasa ragam media-pada kolom coffee break harian radar Tarakan-edisi juli-2008 bab 1;>>>>> Baca

Tipe Data Statistik ;>>>>>>>>>>>> Baca

elemen statistik;>>>>>>>>> Baca

Hukum Bisnis >> Baca

About these ads

46 Tanggapan

  1. klo boleh saya tanya, contoh perusahaan di pasar persaingan sempurna dan pasar monopolistis apa dong? d tunggu y balasannya. terima kasih

  2. saya lagi ngerjain tugas untuk kuliyah saya. dan tugas saya tu mencari pengertian pasar sempurna. jadi saya mohon bantuan nya. tolong jabarkan pengertian tentang pasar sempurna..

  3. maaf, kalau untuk ciri-ciri, macam, contoh, dan kelebihan maupun kekurangan dari pasar oligopsoni apa ya?
    kayaknya sulit dicari.

  4. Maaf saya dapat tugas mata kuliah teori ekonomi. kenapa dalam pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna, kurva mc selalu memotong kurva Ac pada titik terendahnya?
    makasih atas jawabannya.

  5. Maaf saya dapat tugas mata kuliah teori ekonomi. kenapa dalam pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna, kurva mc selalu memotong kurva Ac pada titik terendahnya?
    makasih atas jawabannya.

  6. maaf saya maw persentase nech tentang stuktur pasar.kendala saya pada pasar monopsoni saya kurang paham.bisa bantu berikan contohnya kagak.pleeeeeaaaaaaaseee.

  7. persaingan sempurna itu ya kyk pasar tradisional, kalo monopoli itu kyk perusahaan PT. KAI, kira2 bgtu, yakan yakan?

  8. persaingan sempurna itu ya kyk pasar tradisional, kalo monopoli itu kyk perusahaan PT. KAI, kira2 bgtu, yakan yakan?

  9. kaci tau dong kurva pasar persaingan sempurna.idak sempurna,oligopoli dsb ..

    thanx

  10. qo kurva2 dri msing2 pasar ga ada contoh dalm bentuk gambar ya???

  11. Kurva persaingan tdk sempurna

  12. gimana caranya supaya gampang menghafal kurva dan mengerti serta menghafal jenis2 pasar di atas……makasih.

  13. Pa, kalau boleh pada pasar persaingan tidak sempurna lebih dijelaskan secara meluas tentang kekurangn dan kelebihan dari pasar tersebut . thanks………!!!!!!!!!!

  14. saya ada tugas teori ekonomi, apa kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli dan monopolistik

  15. kira-kira contoh pasar persaingan sempurna pada penerbangan apa ya?? di tunggu jwabannya

  16. pasar monopsoni dan oligopsoni termasuk pasar persaingan tidak sempurna bukan??? kelemahan, kelebihan dan karakteristiknya apa aja???

  17. bleh tw,cri2 psr monopsoni ap aj sih,soalnya sy da tgas neh..

  18. klo boleh tahu penjabaran tentang 8 model pasar oligopoli
    berikt kurva’nya
    hehe

  19. SIP THANKS ATAS ILMUNYA….

  20. contoh pasar2 oligopoli yg ada di tarakan,.!!
    tolong ksh tw & jelasin y??

  21. tolong contoh pruduk/pasar monopolistis.tolong yah

  22. contoh pasar monopolistis

  23. Emm . ciri ciri, kelebihan, kelemahan pasar oligopsoni apha ?
    tyus kelebihan dan kelemahan pasar monopsoni apha ?

  24. Kelemhan monopoli : biaya produksi lbh mrah,mtu brang smkin mningkt n hrga brg smkn mrah bila prshaan trus mlakukn pngembgn n inovasi, kesjhteraan msyrkat mkin mnngkat. Kelemahan’a : hrga brg lbh mhal, brg yg dìhsilkan tdk byk mnglmi prubhan,

  25. sorry bleh tau ngga,,,,,,,,,,, jenis-janis dan syrat-syrat psar monopolistik,,,,,,,,,,,?????????????

  26. apa cihh yang d’mksd tumbuh sbur kartel/???????/

  27. bisaa kasi penjelasan pasar oligopsoni gag ??
    yg lgkap n yg agak banyak n panjang penjelasannya ..
    tks before .. :)

  28. apa pengaruh pasar persaingan tidak sempurna bagi perekonomian

  29. Pada saat kapan perusahaan berhenti berproduksi dan bagaimana perusahaan memilih tingkat output yang dapat memaksimalkan laba dalam persaingan sempurna

  30. bagaiman kurva dalam Struktur Persaingan Sempurna yang menggambarkan Perusahaan memperoleh Super Normal Profit.

  31. Apakah kebijakan Public yang menurunkan Monopoli tersebut selalu merupakan kebijakan yang buruk ?

  32. Coba dijelaskan persoalan yang muncul pada saat pemerintah mewajibkan sebuah perusahaan alamiah untuk menetapkan harga sama dengan biaya marginalnya ?

  33. bguznya d lengkapi dgn faktor foktornya

  34. saya mau nanya .
    kalo ciri”, kebaikan dan keburukan pasar persaingan tak sempurna itu apa ??
    di tunggu yah balesannya. makasih

  35. apa sih contoh na psar persaingan sempurna………….??????

  36. apa sichciri ciri pasar tidak sempurna itu ???

  37. aPA PASAR persaingan sempurna dan tidak sempurna bisa mencapai standart prrofit???

  38. apha contoh nya pasar persaingan sempurna dan pasar tidak sempurna
    1. contoh pasar monopoli
    2. contoh pasar oligopoli
    3. contoh monopolistik

    blz cpt ea

  39. Tuliskan 6 bentuk pasar persaingan sempurna

  40. Pasar persaingan tidak sempurna
    bab 1 pendahuluan
    a.latar belakang
    b.rumusan masalah
    c.tujuan
    d.manfaat
    bab 2 pembahasan
    a.ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna
    b.kebaikan dan keburukan pasar persaingan tidak sempurna
    bab 3 penutup
    a.kesimpulan
    b.saran

  41. Aku lagi cari”pembahasan tentang pasar persaingan tidak sempurna nihhhh….diberi tugas ekonomi ama guru tolong yah………..bantuin nyari

  42. Apa saja Jenis2 pasar persaingan tidak sempurna dan apakah kelebihan dan kelemahannya serta karateristik pasar produse.

    Mhn jawabannya ya
    makash.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 297 pengikut lainnya.