Pendekatan Konsep Ilmu, Teknologi dan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS di SD

Pendekatan Konsep Ilmu, Teknologi dan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS di SD

 

Kedudukan konsep ilmu, teknologi dan kemasyarakatan semakin penting dalam era masyarakat modern yang banyak menimbulkan masalah-masalah kompleks. Kenyataan ini akan semakin dirasakan apabila dalam penjelasanya memberi informasi lebih jauh bahwa pemecahan masalah-masalah tersebut menghendaki adanya kedudukan dari berbagai disiplin ilmu.

IPS sebagai mata pelajaran di lembaga pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis. Hal ini terbukti dengan banyak ide atau pemikiran dari para ahli seperti Robert E. Yager yang memasukkan ilmu, teknologi dan masyarakat (ITM) baik sebagai bidang penerapan dan hubungan, kreativitas dan sikap, maupun konsep dan proses. Remy (1990) mengemukakan konsep ITM memberikan konstribusi secara langsung terhadap misi pokok IPS, khususnya dalam mempersiapkan warga negara yang: (1) memahami ilmu pengetahuan di masyarakat, (2) pengambilan keputusan warga negara, (3) membuat hubungan antar pengetahuan, (4) mengingatkan generasi pada sejarah bangsa-bangsa beradab.

Melalui suatu studi “Project Synthesis”, Noris Harms mengembangkan tujuan IPS untuk pendidikan sebagai berikut: (1) IPS untuk memenuhi kebutuhan pribadi individu, (2) IPS untuk memecahkan persoalan-persoalan kemasyarakatan masa kini; (3) IPS Untuk membantu dalam memilih karir, (4) IPS untuk mempersiapkan studi lanjutan.

Ilmu, teknologi dan masyarakat (ITM) merupakan istilah yang diterapkan sebagai upaya untuk memberikan wawasan kepada siswa secara nyata dalam mengkaji ilmu pengetahuan. Konsep ITM mencakup keseluruhan spektrum tentang peristiwa-peristiwa kritis dalam proses pendidikan, meliputi tujuan, kurikulum, strategi pembelajaran, evaluasi dan persiapan serta penampilan guru. Ciri dasar keberadaan ITM adalah lahirnya warga negara yang berpengetahuan yang mampu memecahkan masalah-masalah krusial dan mengambil tindakan secara efisien dan efektif

Pendekatan dan Strategi Konsep Ilmu, Teknologi dan Masyarakat dalam Pengajaran IPS SD

Pendekatan yang digunakan dalam pengajaran IPS untuk proses pembelajaran ITM adalah interdisipliner atau multidisipliner. Artinya dalam proses belajar mengajar di kelas IPS, para siswa seyogianya diajak, dibina dan didorong agar dalam mengkaji atau memecahkan masalah atau topik, dipandang dari berbagai disiplin ilmu. Ada dalam pengajaran IPS, yakni: (1) infusi ITM ke dalam mata pelajaran yang ada, (2) perluasan melalui topik kajian dalam mata pelajaran, dan atau (3) penciptaan/pembuatan mata pelajaran yang baru. Sedangkan karakteristik dari program integral ITM dalam IPS terdiri atas empat kategori sebagai berikut: (1) hasilnya dinyatakan secara jelas, (2) strategi organisasi, (3) sistem dukungan, (4) strategi instruksional.

Model Pembelajaran Interaktif dalam PIPS

Pengembangan model pembelajaran interaktif dalam IPS dapat dilakukan oleh guru pada semua pokok bahasan, dengan syarat harus memperhatikan sembilan hal yakni: motivasi, pemusatan perhatian, latar belakang siswa dan konteksitas materi pelajaran, perbedaan individual siswa, belajar sambil bermain, belajar sambil bekerja, belajar menemukan dan pemecahan permasalahan serta hubungan sosial. Dalam proses kegiatan belajar mengajar yang interaktif, guru berperan sebagai pengajar, motivator, fasilitator, mediator, evaluator, pembimbing dan agen pembaharu. Dengan demikian, kedudukan siswa dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas memiliki peran aktif, di mana aktivitasnya dapat diukur dari kegiatan memperhatikan, mencatat, bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan mengerjakan tugas, baik tugas kelompok maupun tugas individual. Dalam situasi belajar yang demikian, siswa akan mendapatkan pengalaman yang berkesan, menyenangkan dan tidak membosankan.

Guru dalam proses belajar mengajar yang interaktif dapat mengembangkan teknik bertanya efektif atau melakukan dialog kreatif dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa. Sifat pertanyaan dapat mengungkapkan sesuatu atau memiliki sifat inkuiri, sehingga melalui pertanyaan yang diajukan, siswa dikembangkan kemampuannya ke arah berpikir kreatif dalam menghadapi sesuatu. Beberapa komponen yang harus dikuasai oleh guru dalam menyampaikan pertanyaan yaitu: pertanyaan harus mudah dimengerti oleh siswa, memberi acuan, pemusatan perhatian, pemindahan giliran dan penyebaran, pemberian waktu berpikir kepada siswa serta pemberian tuntunan. Sedangkan jenis pertanyaan untuk pengembangan model dialog kreatif ada enam jenis yaitu: pertanyaan mengingat, mendeskripsikan, menjelaskan, sintesa, menilai dan pertanyaan terbuka. Untuk meningkatkan interaksi dalam proses belajar mengajar, guru hendaknya mengajukan pertanyaan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan jawabannya dan menjadi dinding pemantul atas jawaban siswa.

Sumber Pembelajaran dalam PIPS

Belajar dan mengajar merupakan dua konsep yang saling terkait dalam proses belajar mengajar dan efektivitasnya dapat tercapai dengan memanfaatkan sumber pembelajaran. Sumber pembelajaran IPS dapat menggunakan buku sumber (buku teks, majalah atau koran dan media massa lainnya), media dan alat pengajaran, situasi dan kondisi kelas serta lingkungan.

Bagi guru IPS buku sumber bukan satu-satunya sumber pembelajaran yang dapat digunakan, karena buku sumber pada umumnya memuat informasi yang sudah lama. Media dan alat peraga dalam pengajaran merupakan sumber pembelajaran yang dapat membantu guru dalam melaksanakan perannya sebagai demonstrator. Manfaat media atau alat pembelajaran adalah: mengurangi verbalisme, memusatkan perhatian siswa, mudah diingat, membantu pemahaman siswa serta mendorong untuk melakukan diskusi. Media pembelajaran digolongkan atas 3 kelompok yaitu: media dengar (visual aids), media pandang (auditive aids) dan media raba atau gerak (motor aids). Tetapi dalam pelaksanaannya terdapat multi media yang mencakup ketiga jenis media tersebut.

Kelas dapat dijadikan sumber pembelajaran sangat bergantung kepada guru dalam melaksanakan perannya sebagai pengelola kelas. Kelas tidak hanya berfungsi sebagai tempat berlangsungnya PBM, tetapi berfungsi pula sebagai tempat pameran hasil kerja siswa atau pajangan kelas. Hasil kerja siswa yang dipajangkan adalah yang memuat pesan secara jelas, menunjang kegiatan belajar mengajar, menimbulkan minat dan perhatian siswa dan adanya peraturan untuk menggunakannya.

Lingkungan sebagai sumber pembelajaran menuntut kreativitas guru untuk memanfaatkannya dan mengeliminasi kebiasaan mengajar yang rutinitas dan monoton. Terdapat empat jenis sumber pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dari lingkungan, yaitu: masyarakat, lingkungan fisik, bahan sisa atau limbah dan peristiwa alam dan sosial. Memanfaatkan lingkungan sebagi sumber pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir logis, sistematis dan logis, karena dari lingkungan muncul berbagai fenomena yang menarik dan menantang bagi siswa, oleh karena itu guru dituntut memiliki keterampilan membawa lingkungan ke dalam kelas dan atau membawa siswa ke luar kelas

About these ads

40 Tanggapan

  1. selamat siang!
    saya lidia mahasiswi unimed jurusan PGSD saya sangat mengharapkan artikel anda mungkin ada yang berjudul “masalah-masalah pembelajaran IPS di kelas 1,2,3 SD” saya sangat mengharapkan kesediaan anda mengirimkannya ke email saya.terima kasih.

  2. saya ertila siburian jurusan PGSD mahasiswa UNIMED saya berharap ada materi tentang masalah-masah IPS di kelas 1 2 3 SD dan cara mengatasi masalah tersebut
    saya harap di kirim ke email saya
    terimakasih

  3. saya mahasiswa jurusan PGSD UNIMED,sangat berharap kesediaan anda mengirim artikel tentang “MASALAH- MASALAH PEMBELAJARAN IPS di SD, serta CARA MENGATASI MASALAH TERSEBUT” ke email saya. Terimakasih.

  4. saya mahasiswa pgsd, membutuhkan artikel tentang permasalahan IPS dikelas rendah (1,2,3).
    dan cara mengatasinya.

    tolong kirim ke alamat email saya.

    terima kasih!!

  5. Saya duma wedaria mahasiswi UNIMED jurusan PGSD..
    Saya sedang mencari masalah-masalah pembelajaran IPS di SD,namun saya tidak menemukannya..Saya berharap tugas saya mengenai masalah pembelajaran IPS di SD dapat saya selesaikan dengan baik dan benar sehingga saya mendapat nilai yang baik dari Ibu Dosen..Thx..

  6. saya mahasiswa UNIMED Jurusan PGSD S1. saya sangat membutuhkan artikel tentang permasalahan pendidikan IPS di Kelas 1,2,3 SD. Mohon bantuannyanya ya secepatnya …. karena artikel itu sangat saya butuhkan sekarang…..kirim kealamat e-mail saya ya….

  7. saya anto, saya sangat menginginkan makalah tentang masalah-masalah dalam pembelajaran ips di sd…. kelas 1, 2 3

  8. saya margareth mahasiswi PGSD Unimed.Tolog di kirimkan masalah-masalah yang terdapat di SD. Tolong dikirimkan ke alamat E-mail saya ..Terima Kasih

  9. Saya mahasiswa jurusan PGSD sangat berharap kesediaan Bapak mau mengirim artikel tentang “MASALAH- MASALAH PEMBELAJARAN IPS di SD, serta BAGAIMANA CARA MENGATASI MASALAH TERSEBUT” ke email saya. Mohon kesediaan Bapak mengirimnya secepat mungkin…… Terimakasih.

  10. selamat sore
    saya nitha mahasiswi jurusan PGSD saya sangat mengharapkan artikel bapak mungkin ada yang berjudul “masalah-masalah pembelajaran IPS di kelas 1,2,3 SD” saya sangat mengharapkan kesediaan anda mengirimkannya ke email saya.terima kasih.

  11. selamat malam
    saya mau meminta penjelasan layakkah metode hapal diterapkan pada anak sd, mengingat banyaknya pendapat yang mengatakan bahwa pembelajaran ips tak lebih dari sebuah pelajaran menghapal

  12. saya mau meminta penjelasan layakkah metode hapal diterapkan pada anak sd mengingat banyaknya pendapat yang mengatakan bahwa pembelajaran ips tak lebih dari sebuah pembelajaran hapalan, jika layak bagaimana cara menerapkannya

  13. selamat malam
    tolong jelaskan mengenai pendekatan interaksi sosial dan penerapanya dalam pembelajaran ips kelas rendah

  14. selamat sore,kami geng chaem mau minta tolong kirimkanlah artikel-arrtikel tentang masalah-masalah ips di kelas rendah

  15. saya mahasiswa PGSD wates…..
    kirimin donkz tentang MASALAH PEMBELAJARAN IPZ DI SD DAN CARA MENGATASINYA coz bwt tugas aku di kuliahan k email aku
    Tq y pak

  16. gua mahasiswa unimed. saya cuma pengen kirimkan artikel tentang pendekatan interaksi sosial…
    pleaseeee……
    kirimkan ya……….

  17. saya mo minta tolong, apakah metode pembelajaran yang cocok untuk mengurangi verbalisme dalam pembelajaran kimia?kebetulan saya mo melakukan penelitian untuk skripsi.tolong jawabannya didkirim lewat email saya ya pak.
    terimakasih

  18. mohon bantuan untuk menyumbangkan bahan skripsi mengenai pendidikan sosial di SD…..terima kasih sebelumnya….

  19. q mahasiswa unimed jur pgsd S1 minta tolong kpd bpk kirimkan tentang pendekatan sosial,prilaku dan personal.please ya pak.q tunguuuuuuuuuuu.

  20. pak saya mahasiswa PGSD UNRAM,saya sangat mengharapkan artikel bapak yang berjudul pengembangan model pemgelajaran inovativ IPS SD kelas rendah berdasarkan KTSP.tolong ya pak..atau kirimkan ke alamat email sya ths

  21. saya mahasiswa PGSD ber_asrama UNM makassar ang 2006. saya sangat mengharapkan artikel bapak tentang pengembangan model konstruktif ips kelas tinggi. n thanks atas artikelnya pak>>>>>>>>>>>

  22. saya sangat setuju jika pendidikan di bidang teknologi diterapkan sejak sd beserta prakteknya

  23. pak minta tolong dong buat makalah lengkap tentang metode ITM dan konstruktivisme serta medianya yang cocok diterapkan, saya mahasiswa UNIB pgsd S1 smester 3, tolong kirim ke alamat email saya please pak, sebelumnya terima kasih

  24. pak saya mahasiswa program s1 guru dalam jabatan UNIMED di simalungun. mohon kirim ke email saya makalah ttg pengajaran IPS di kelas tinggi, terima kasih sebelumnya ya pak.

  25. wahhh…makasih ya Pak…Artikel yg sangat membantu…untuk menambah ilmu.

  26. Slam sukses pak,
    saya mahasiswa unimed!
    tolg krm kn materi tt permasalahan ips d sd serta cra mengatasiny . . thanks
    rheina_caem@yahoo.com

  27. artikel mengenai masalah pembelajaran IPS di sd dengan segera di muat y pak alna sy sngt mmbuthkannya, thanx sbelumnya.

  28. saya mahasiswa pgsd unimed saya sedang ingin mencari permasalahan – permasalahan ips di sd serta solusinya..

  29. selamat sore
    saya ayu mahasiswa pgsd unram
    mohon dikirimkan ke email saya mengenai karaktetristik anak Sd kelas rendah terhadap pembelajaran IPS SD kelas rendah.
    terimakasih

  30. Salam kenal..

  31. Pak…hatur nuhun…mudah-mudahan artikel bisa dipelajari dan menambah nilai…

  32. selamat pagi pak,,,
    pak, bisa saya meminta beberapa contoh pendekatan yang cocok untuk anak SD kelas 6 dalam pembelajaran materi mengenai “perkembangan wilayah administrasi indonesia’. Mohon dikirim ke email saya ya pak…
    terima kasih dan salam sukses selalu..!

  33. selamat sore pak, pak saya bisa minta bantunya sekarang saya sedang mencari artikel tentang Hakikat Pembelajaran IPS di SD, kalau Bapak punya bisa g saya minta tolong dikirimkan ke email saya?
    Trimakasih sebelumnya…….

  34. daftar pustakane ndi re’ ga’ ono?….. gak gadek blas

  35. SAYA JUGA MAHASISWA PGSD.. hhahaha

  36. pak, ada g’ bahan tentang pendekatan konsep dalam proses pembelajaran,,,, klu ada tolong dong di post kan

  37. pak,,terima kasih atas artikelnya..
    bisa membanrtu makalah kuliah saya.

  38. pak mohon bantuannya, sekarang saya sedang membutuhkan makalah tentang masalah-masalah pembelajaran IPS di sd kelas 1, 2, 3, serta inovasi dalam pembelajaran IPS sd. kalau bapak punya tolong kirimkan ke email saya. terimakasih pak.

  39. trims infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 302 pengikut lainnya.