Gambaran Umum Penganggaran Perusahaan

Gambaran Umum Penganggaran Perusahaan


Perencanaan dan Penganggaran Perusahaan

Perencanaan merupakan salah satu dari fungsi manajemen dan penganggaran merupakan salah satu jenis perencanaan. Penganggaran meliputi penganggaran perusahaan dan penganggaran bukan perusahaan. Penganggaran perusahaan berarti penganggaran untuk organisasi yang bertujuan mencari laba, sedangkan penganggaran bukan perusahaan (penganggaran nirlaba) berarti penganggaran untuk organisasi yang tidak bertujuan mencari laba.

Penganggaran beda dengan anggaran, perencanaan beda dengan rencana. Perencanaan adalah proses menyusun rencana, sedangkan rencana adalah hasil perencanaan. Penganggaran adalah proses menyusun anggaran, sedangkan anggaran adalah hasil penganggaran. Rencana dapat dinyatakan dalam angka (kuantitatif) tetapi dapat juga tidak dinyatakan dalam angka (kuantitatif), sedangkan anggaran dinyatakan dalam angka (kuantitatif) dan umumnya dalam satuan mata uang. Penganggaran sangat erat hubungannya dengan akunting, karena penganggaran merupakan salah satu bidang akunting dan termasuk bagian akunting manajemen.

Anggaran banyak manfaatnya sebagai alat pelaksanaan pekerjaan, tetapi anggaran juga mempunyai kelemahan, sebab anggaran dibuat berdasarkan asumsi, bila asumsinya berubah maka anggaran kurang bermanfaat, kecuali direvisi sesuai dengan perubahan asumsi.
Fungsi dan Macam Anggaran

Anggaran berfungsi sebagai alat perencanaan memberikan gambaran yang jelas dalam satuan barang dan uang. Anggaran berfungsi sebagai alat pelaksanaan memberikan pedoman agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara selaras. Anggaran berfungsi sebagai alat pengawasan, yaitu digunakan sebagai alat menilai pelaksanaan pekerjaan.

Anggaran dapat dikelompokkan dari segi dasar penyusunan terdiri atas: anggaran variabel dan anggaran tetap, dari segi penyusunan terdiri atas anggaran periodik dan anggaran kontinu, dari segi jangka waktu terdiri atas: anggaran jangka panjang dan anggaran jangka pendek, dari segi bidangnya terdiri atas: anggaran operasional dan anggaran keuangan, dari segi kemampuan menyusun terdiri atas: anggaran komprehensif dan anggaran parsial, dari segi fungsinya terdiri atas anggaran apropriasi dan anggaran kinerja, dari segi penentuan harga pokok produk terdiri atas: anggaran tradisional dan anggaran berdasar kegiatan.


PENYUSUNAN ANGGARAN OPERASIONAL
Peramalan Jualan

Peramalan menurut L.F. Orwick merupakan fungsi manajemen pertama sebelum dilakukan perencanaan. Penganggaran merupakan salah satu jenis perencanaan, karena anggaran adalah salah satu jenis rencana. Oleh karena itu, sebelum dibuat anggaran terlebih dahulu dibuat ramalan. Dalam hal ini sebelum dibuat anggaran jualan terlebih dahulu dibuat ramalan jualan.

Teknik membuat ramalan jualan dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik membuat ramalan jualan secara kualitatif dengan menggunakan metode pendapat, antara lain: pendapat para ahli, pendapat para pramuniaga, pendapat survey konsumen, pendapat para manajer pemasaran. Peramalan jualan secara kuantitatif, antara lain dapat menggunakan analisis trend garis lurus, analisis trend bukan garis lurus, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, dan metode distribusi probabilitas.

Peramalan jualan secara kualitatif biasanya digunakan untuk perusahaan yang baru berdiri, belum mempunyai data kuantitatif, mempunyai data kuantitatif tetapi tidak dapat digunakan (tidak lengkap). Peramalan jualan secara kualitatif sifatnya subjektif, tidak seobjektif peramalan jualan secara kuantitatif.
Penyusunan Anggaran Jualan

Anggaran jualan adalah anggaran hasil penjualan. Jualan artinya hasil penjualan. Penjualan artinya proses menjual. Menjual artinya menyerahkan sesuatu kepada pembeli dengan harga tertentu pada saat tertentu.

Kegunaan anggaran jualan terutama sebagai dasar penyusunan anggaran lainnya, dan sebagai ujung tombak dalam memperoleh laba.

Faktor yang mempengaruhi anggaran jualan selain ramalan jualan, antara lain faktor: pemasaran, keuangan, ekonomis, teknis, kebijakan perusahaan, penduduk, kondisi, dan lain-lain.

Penyusunan anggaran jualan dimulai dari mempertimbangkan faktor yang mempengaruhi anggaran jualan. Setelah itu menetapkan harga jual untuk produk tertentu dan daerah tertentu. Kemudian membuat taksiran tiap jenis produk yang akan dijual dan penentuan produk yang akan dijual pada daerah tertentu. Langkah selanjutnya adalah memperhitungkan anggaran jualan, dan kemudian disusunlah anggaran jualan.


Pengertian Produksi dan Anggaran Biaya Produksi

Biaya pabrik beda dengan biaya produksi, biaya pabrik meliputi biaya bahan baku (BBB), biaya tenaga kerja langsung (BTKL), dan biaya overhead pabrik (BOP) yang terjadi pada satu periode, yaitu periode ini, sedangkan biaya produksi meliputi BBB, BTKL, dan BOP yang terjadi pada dua periode, yaitu periode lalu dan periode ini.

Anggaran produksi berarti anggaran kegiatan, karena produksi adalah proses kegiatan membuat produk. Produksi tidak perlu dianggarkan, tetapi dijadwalkan. Dengan demikian istilah anggaran produksi tidak tepat. Oleh karena itu Kegiatan Belajar 1 ini diberi judul anggaran produk, karena produk perlu dianggarkan.

Untuk menyusun anggaran produksi atau anggaran produk jadi dihasilkan periode ini dihitung berdasarkan anggaran jualan ditambah sediaan produk jadi akhir yang dianggarkan, menghasilkan produk jadi siap dijual. Produk jadi siap dijual dikurang sediaan produk jadi awal menghasilkan produk yang dianggarkan, dalam hal ini anggaran produk jadi dihasilkan periode ini:

Anggaran produk dapat disusun dalam empat cara: (1) mengutamakan stabilitas produk, (2) mengutamakan stabilitas sediaan, (3) kombinasi stabilitas produk dengan stabilitas sediaan, (4) disesuaikan dengan keperluan manajemen.
Penyusunan Anggaran Bahan Baku

Tujuan utama disusun anggaran bahan baku adalah untuk menjaga kelancaran produksi, dan bahan baku adalah komponen utama dari suatu produk.

Kuantitas bahan baku tersedia untuk dipakai adalah kuantitas bahan baku yang dibeli ditambah kuantitas sediaan bahan baku awal. Kuantitas bahan baku dipakai adalah kuantitas bahan baku tersedia untuk dipakai dikurang kuantitas sediaan bahan baku. Biaya bahan baku adalah kuantitas bahan baku dipakai dikali harga bahan baku per unit. Kuantitas bahan baku dipakai dapat juga diperoleh dari kuantitas produk jadi yang diproduksi periode ini dikali standar bahan baku dipakai per unit produk.

Belian bahan baku adalah biaya bahan baku ditambah sediaan bahan baku awal dikurang sediaan bahan baku akhir.


Penyusunan Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Biaya Overhead Pabrik

Tenaga kerja langsung adalah tenaga manusia yang langsung bekerja mengolah produk. Biaya tenaga kerja langsung adalah upah yang harus dibayar untuk tenaga kerja langsung. Upah untuk tenaga kerja langsung biasanya menggunakan sistem upah per unit produk yang dihasilkan atau sistem upah per jam kerja langsung. Untuk memperoleh biaya tenaga langsung yang dianggarkan adalah jam kerja langsung terpakai dikali standar upah tenaga kerja langsung per jam. Jam kerja langsung terpakai adalah produksi dianggarkan dikali standar jam tenaga kerja langsung.

Dengan adanya anggaran tenaga kerja langsung dapat disiapkan kas untuk pembayarannya, sehingga dapat memperlancar produksi.

Anggaran tenaga kerja langsung besar kecilnya dipengaruhi oleh produk dianggarkan, standar jam kerja langsung, dan standar tarif upah tenaga kerja langsung.

Biaya overhead pabrik (BOP) adalah biaya yang terjadi di pabrik, selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Bila ingin menyusun anggaran rugi-laba metode penentuan harga pokok variabel (variable costing) maka biaya overhead pabrik dipisahkan menjadi BOP variabel dan BOP tetap, tetapi bila ingin menyusun anggaran rugi-laba metode penentuan harga pokok penuh BOP tidak perlu dipisahkan menjadi dua, terkecuali untuk kepentingan pembedaan anggaran rugi-laba antara metode penentuan harga pokok variabel dengan metode penentuan harga pokok penuh.


PENYUSUNAN ANGGARAN OPERASIONAL III

Penyusunan Anggaran Beban Penjualan

Beban penjualan meliputi: beban komisi penjualan, beban promosi, beban distribusi, beban penghapusan piutang usaha, beban turun harga, tetapi tidak termasuk harga pokok barang terjual.

Beban penghapusan piutang usaha dan beban turun harga yang termasuk beban penjualan, karena beban tersebut terjadinya ditaksir, sudah diduga. Penghapusan piutang usaha dan turun harga yang terjadinya tidak terduga (insidental) tidak termasuk beban penjualan, tetapi termasuk pos luar biasa (insidental).

Beban penjualan merupakan beban (biaya) yang dikelompokkan menurut fungsi organisasi, dalam hal ini beban penjualan merupakan tanggung jawab fungsi manajer penjualan atau yang lebih luas lagi. tanggung jawab fungsi manajer pemasaran. Beban penjualan terjadi sebagai akibat adanya kegiatan penjualan. Beban penjualan berguna untuk meningkatkan volume barang yang dijual.

Oleh karena itu, bila barang yang dijual tidak meningkat, sedangkan beban penjualan meningkat maka manajer harus bertanggung jawab mengenai permasalahan tersebut.


Penyusunan Anggaran Beban Administrasi dan Anggaran Rugi Laba

Anggaran beban administrasi dan umum merupakan salah satu unsur beban usaha. Beban usaha terdiri atas beban penjualan dan beban administrasi dan umum. Oleh karena itu, beban administrasi dan umum adalah beban usaha dikurang beban penjualan. Beban administrasi dan umum adalah beban selain beban penjualan, selain harga pokok barang terjual, selain beban non usaha.

Kegunaan anggaran beban administrasi dan umum pada dasarnya untuk menunjang kegiatan produksi dan kegiatan penjualan.

Salah satu unsur beban administrasi dan umum adalah beban depresiasi bangunan, beban depresiasi kendaraan dan alat keperluan kantor. Untuk menentukan beban depresiasi ada beberapa metode yang dapat digunakan, antara lain: metode beban tetap, metode beban berkurang, metode beban bertambah, dan metode beban variabel.

Anggaran beban administrasi dan umum adalah salah satu unsur anggaran operasional. Oleh karena itu, anggaran beban administrasi dan umum diperlukan dalam menyusun anggaran rugi-laba.

Anggaran rugi-laba yang merupakan tujuan disusunnya anggaran operasional memerlukan anggaran keuangan, sebaliknya anggaran keuangan memerlukan anggaran operasional. Sebagai contoh, untuk menyusun anggaran rugi-laba (anggaran operasional) diperlukan anggaran sediaan (anggaran keuangan), seperti anggaran sediaan bahan baku untuk menyusun anggaran biaya bahan baku, anggaran sediaan produk jadi dan sediaan produk dalam proses diperlukan untuk menyusun anggaran rugi-laba. Di sisi lain untuk menyusun anggaran keuangan (anggaran neraca), seperti anggaran modal sendiri (anggaran laba di tahan) diperlukan anggaran rugi-laba, karena rugi-laba mempengaruhi besar kecilnya modal sendiri (anggaran keuangan). Rugi mengurangi modal sendiri, sedangkan laba menambah modal sendiri


PENYUSUNAN ANGGARAN KEUANGAN
Penyusunan Anggaran Kas

Anggaran kas adalah anggaran yang menunjukkan perubahan kas dan memberikan alasan mengenai perubahan kas dan memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan arus kas masuk sebagai sumber kas dan arus kas keluar sebagai arus kas digunakan sehingga tampak kelebihan atau kekurangan kas, dan saldo kas selama periode tertentu dari suatu organisasi.

Kas masuk dan kas keluar diklasifikasikan dalam kegiatan utama perusahaan, yaitu kegiatan operasi, kegiatan investasi, dan kegiatan pendanaan.

Salah satu tujuan pokok disajikan anggaran kas adalah untuk menyelesaikan anggaran tentang likuiditas organisasi, dan manfaat (guna) anggaran kas untuk mengetahui posisi kemampuan membayar kegiatan rutin (kewajiban jangka pendek), serta memperkuat posisi dalam penawaran.

Anggaran kas dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu bentuk tunggal dan bentuk campuran.

Cara penyusunan anggaran kas ada dua cara pendekatan, yaitu (1) pendekatan kas masuk dan kas keluar atau metode langsung, (2) pendekatan akunting keuangan atau metode tak langsung (metode rekonsialisasi).
Penyusunan Anggaran Piutang

Piutang adalah hak menagih sejumlah harta dari kreditor kepada debitor yang bersedia melunasi pada waktu yang akan datang. Piutang usaha adalah piutang yang timbul karena menjual barang atau jasa secara kredit.

Kegunaan piutang usaha yang utama adalah untuk meningkatkan volume barang yang dijual agar mampu bersaing.

Faktor yang mempengaruhi anggaran piutang antara lain: volume barang yang dijual secara kredit, standar kredit, jangka waktu kredit, pemberian potongan, pembatasan kredit, kebijakan penagihan piutang.

Langkah penyusunan anggaran piutang usaha; pertama, mengumpulkan data realisasi dan anggaran jualan; kedua, menentukan taksiran piutang tak tertagih (bila ada) dan syarat pembayaran; ketiga, menghitung anggaran piutang usaha termasuk menghitung taksiran kerugian piutang (bila ada); dan keempat, menyusun anggaran piutang


PENYUSUNAN ANGGARAN KEUANGAN II
Penyusunan Anggaran Sediaan

Sediaan pada perusahaan manufaktur terdiri atas: sediaan produk jadi, sediaan produk dalam proses, sediaan bahan baku, sediaan bahan pembantu, sediaan suku cadang, sediaan pernik, tetapi yang dibahas hanya tiga macam sediaan, yaitu sediaan produk jadi, sediaan produk dalam proses, dan sediaan bahan baku.

Sediaan pada perusahaan dagang terdiri atas: sediaan barang dagangan, dan sediaan pernik, tetapi yang dibahas hanya sediaan barang dagangan.

Cara menentukan anggaran sediaan produk jadi dan sediaan produk dalam proses menggunakan (1) tingkat perputaran sediaan. Anggaran sediaan produk jadi juga dapat dihitung dengan cara (2) membuat anggaran produk.

Anggaran sediaan bahan baku dapat dihitung dengan tiga cara: (1) menggunakan tingkat perputaran sediaan, dapat dengan cara (2) menentukan tingkat kuantitas pesanan ekonomis (KPE), di samping itu juga dapat dihitung dengan cara (3) membuat anggaran belian bahan baku.

Anggaran sediaan barang dagangan dapat dihitung dengan tiga cara: (1) tingkat perputaran sediaan, (2) menentukan tingkat pesanan ekonomis., dan (3) membuat anggaran belian barang dagangan.

Cara menentukan anggaran sediaan bahan baku dengan memb:aat anggaran belian bahan baku, dan cara menentukan anggaran sediaan barang dagangan dengan membuat anggaran belian barang dagangan cocok bila akunting keuangan menggunakan pencatatan metode fisik.
Penyusunan Anggaran Utang dan Neraca

Utang meliputi utang jangka pendek dan utang jangka panjang. Utang jangka pendek adalah utang yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun. Seperti: utang usaha, beban terutang, utang wesel, dan lain-lain. Utang jangka panjang adalah utang yang jangka waktunya lebih dari satu tahun, seperti utang obligasi.

Utang jangka pendek digunakan untuk membelanjai modal kerja (harta lancar), sedangkan utang jangka panjang digunakan untuk membelanjai harta tak lancar. Belanja harta lancar dan harta tak lancar ini dapat digunakan untuk kegiatan ekspansi, yaitu memperluas kegiatan produksi dan pemasaran untuk meraih laba yang sebesar-besarnya.

Kegiatan ekspansi akan memperbesar utang, di samping itu juga struktur modal mempengaruhi besar kecilnya utang, semakin besar modal sendiri semakin besar kesempatan memperoleh utang yang besar, sebaliknya semakin kecil modal sendiri yang dimiliki semakin kecil kemungkinan memperoleh utang yang besar.

Modal sendiri dari suatu badan usaha strukturnya berbeda antara badan usaha yang satu dengan badan usaha yang lain. Di Indonesia dikenal badan usaha perseorangan, firma, persekutuan komanditer, perseroan terbatas, dan koperasi.


PENYUSUNAN ANGGARAN VARIABEL DAN ANGGARAN TETAP
Penyusunan Anggaran Perusahaan Industri

Penyusunan anggaran tetap perusahaan industri terdiri atas anggaran operasional dan anggaran keuangan. Anggaran operasional dan anggaran keuangan disebut anggaran induk. Anggaran tetap menggunakan metode penentuan harga pokok penuh, sedangkan anggaran variabel menggunakan penentuan harga pokok variabel. Anggaran tetap disusun untuk diperbandingkan dengan realisasi laporan keuangan dihasilkan oleh akunting keuangan, sedangkan anggaran variabel digunakan manajemen untuk perencanaan laba jangka pendek dan pengambilan keputusan keuangan, seperti: keputusan menerima atau menolak pesanan khusus, keputusan menaikkan harga jual atau menaikkan volume jualan.

Dalam anggaran tetap terdapat: anggaran jualan, anggaran produk, anggaran biaya bahan baku dan anggaran belian bahan baku, anggaran biaya overhead pabrik, anggaran harga pokok barang terjual, anggaran laba-rugi, anggaran kas, dan anggaran neraca.

Dalam anggaran variabel terdapat anggaran laba-rugi direncanakan dengan membuat anggaran titik impas, dan anggaran laba-rugi untuk alternatif pengambilan keputusan.
Penyusunan Anggaran Perusahaan Dagang

Perusahaan manufaktur (industri) kegiatannya membeli barang untuk diolah menjadi produk jadi, sedangkan perusahaan dagang kegiatannya membeli barang untuk dijual. Dengan demikian anggaran pada perusahaan dagang lebih sedikit daripada perusahaan industri. Penyusunan anggaran perusahaan dagang lebih sederhana dibandingkan dengan penyusunan anggaran perusahaan manufaktur, karena dalam perusahaan dagang tidak terdapat istilah bahan baku, tenaga kerja langsung overhead pabrik, produk jadi, dan produk dalam proses. Produk jadi yang terdapat dalam perusahaan manufaktur, dalam perusahaan dagang terdapat barang dagangan.

Seperti halnya pada perusahaan manufaktur terdapat anggaran tetap dan anggaran variabel, pada perusahaan dagang juga terdapat anggaran tetap dan anggaran variabel, tetapi pada perusahaan dagang tidak menggunakan metode penentuan harga pokok penuh untuk menyusun anggaran tetap seperti yang terdapat pada perusahaan manufaktur. Anggaran tetap pada perusahaan dagang meliputi anggaran jualan, anggaran belian barang dagangan, anggaran harga pokok barang terjual, anggaran beban penjualan dan administrasi (beban usaha), anggaran laba-rugi, anggaran kas, dan anggaran neraca.

Begitu juga dalam hal menyusun anggaran variabel pada perusahaan dagang tidak menggunakan metode penentuan harga variabel seperti yang terdapat pada perusahaan manufaktur. Hal ini disebabkan perusahaan dagang tidak berproduksi sehingga tidak menggunakan metode penentuan harga pokok produk. Harga pokok barang terjual pada perusahaan dagang merupakan biaya variabel, sedangkan harga pokok barang terjual dalam perusahaan manufaktur yang menggunakan metode penentuan harga pokok penuh bukan termasuk biaya variabel, kecuali menggunakan metode penentuan harga pokok variabel. Anggaran variabel pada perusahaan dagang seperti halnya pada perusahaan manufaktur dapat digunakan untuk perencanaan laba jangka pendek dan dapat juga digunakan dalam pengambilan keputusan, hanya saja dalam Kegiatan Belajar 2 ini tidak diuraikan tentang anggaran variabel yang digunakan dalam pengambilan keputusan, karena pada dasarnya sama dengan perusahaan manufaktur.
Penyusunan Anggaran Perusahaan Jasa

Bank seperti halnya kegiatan produksi di perusahaan atau kegiatan pembeli barang dagangan di pasar perusahaan dagang. Kegiatan kredit di bank seperti halnya kegiatan penjualan di perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang.

Siapa pun di bank terdiri atas simpanan giro, simpanan tabungan, dan simpanan deposito.

Kredit di bank terdiri atas, kredit modal kerja, kredit investasi dan kredit konsumsi. Kredit modal kerja dan kredit investasi biasanya disebut kredit produksi sebagai lawan kredit konsumsi.

Dalam penjelasan anggaran variabel per gandaan, bunga simpanan merupakan biaya variabel sedangkan bunga kredit dapatan (revenues).

Analisis selisih pada perusahaan pada perubahan analisis selisih terdiri dari atas analisis selisih kredit berupa selisih volume kredit dan analisis selisih simpanan berupa selisih volume simpanan selisih tingkat bunga simpanan dan selisih biaya bunga simpanan.

Pada perusahaan jasa perpakiran juga dapat dibuat analisis titik impas seperti halnya pada perusahaan jasa, analisis titik impas penting dalam hal persamaan jangka pendek karena dengan diketahui titik impas dapat menyediakan barang jasa yang dijual agar tidak berada di bawah titik impas yang mengakibatkan perusahaan merugi.


ANALISIS KEUANGAN DAN AKUNTING DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN
Penggunaan Analisis Keuangan untuk Penyusunan Anggaran

Analisis keuangan berupa rasio keuangan dan analisis masa resisi dapat digunakan untuk menyusun anggaran.

Rasio keuangan meliputi rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio rentabilitas. Rasio rentabilitas adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dengan sumber daya yang tersedia. Rasio rentabilitas, seperti: margin laba kotor, rentabilitas ekonomis, dan rentabilitas modal sendiri. Rasio likuiditas adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban lancar. Rasio likuiditas seperti: rasio kas, rasio piutang, rasio cepat, rasio lancar, perputaran sediaan, periode pengumpulan, piutang. Rasio solvabilitas adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan memenuhi seluruh kewajibannya. Rasio solvabilitas seperti rasio utang dan modal, rasio utang jangka panjang dengan modal, struktur keuangan vertikal, dan struktur keuangan horizontal. Untuk menyusun anggaran digunakan rasio keuangan yang ideal menurut manajemen.

Untuk mengantisipasi keadaan masa resisi sangat penting bagi suatu perusahaan membuat anggaran pada masa sebelum resisi dan pada masa resisi yang kemungkinan akan terjadi.
Kerancuan dalam Akunting

Aktiva tetap tidak berwujud beda artinya dengan aktiva tidak berwujud. Aktiva tidak berwujud meliputi arti aktiva tetap tidak berwujud dan aktiva lancar tidak berwujud, serta aktiva tidak lancar lainnya yang tidak berwujud.

Kewajiban beda artinya dengan utang. Kewajiban meliputi arti utang dan modal sendiri.

Penghasilan beda dengan pendapatan, penghasilan artinya proses memperoleh hasil, sedangkan pendapatan artinya proses memperoleh yang didapat. Dalam laporan laba-rugi mestinya menggunakan istilah hasilan (income) dan dapatan (revenues), bukan penghasilan dan pendapatan, karena yang dimaksud bukan prosesnya, tetapi hasilnya.

Biaya (cost) dan beban (expenses) dapat beda maksudnya. Biaya dalam arti luas meliputi harga pokok dan beban. Biaya dalam arti luas tidak dapat digunakan dalam akunting keuangan.

Biaya pabrik beda dengan biaya produksi, biaya produksi meliputi biaya pabrik, sedangkan biaya pabrik bagian daripada biaya produksi.


PENGANGGARAN NIRLABA
Gambaran Umum Penganggaran Nirlaba

Penganggaran sektor publik merupakan proses yang sangat vital bagi organisasi sektor publik. Anggaran publik penting sebab anggaran membantu menentukan tingkat kebutuhan masyarakat. Anggaran merupakan instrumen kebijakan fiskal pemerintah untuk mempengaruhi keadaan ekonomi melalui kebijakan pengeluaran dan perpajakan. Dengan anggaran, pemerintah dapat mengalokasikan sumber daya yang langka untuk menggerakkan pembangunan sosial ekonomi, menjamin kesinambungan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Anggaran merupakan sarana untuk menunjukkan akuntabilitas pemerintah terhadap publik.

Terdapat dua pendekatan dalam menyusun anggaran sektor publik, yaitu pendekatan tradisional dan pendekatan Manajemen Publik Baru (MPB). Anggaran tradisional memiliki ciri utama bersifat tambahan dan bersifat belanja bagian. Pendekatan dimaksudkan untuk mengatasi kelemahan dari sistem tradisional. Anggaran dengan pendekatan MPB terdiri dari beberapa jenis, yaitu anggaran kinerja, anggaran berdasar nol, dan SP3. Anggaran dengan pendekatan MPB sangat menekankan pada-konsep nilai uang dan pengawasan atas kinerja keluaran. Perubahan dari sistem anggaran tradisional menuju sistem anggaran dengan pendekatan MPB merupakan bagian penting dari reformasi anggaran. Reformasi anggaran sektor publik dilakukan untuk menjadikan anggaran lebih berorientasi pada kepentingan publik dan menekankan nilai uang. Beberapa jenis anggaran dengan pendekatan MPB, seperti anggaran berdasar nol, SP3 dan anggaran kinerja perlu dikaji lebih mendalam sebelum diaplikasikan, karena pada masing-masing jenis anggaran tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan. Penerapan sistem anggaran juga perlu mempertimbangkan aspek sosial, kultural, dan kesiapan teknologi yang dimiliki oleh pemerintah.

Dari uraian tentang sistem perencanaan, pemrograman dan penganggaran (SP3) ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan:

  1. Bahwa SP3 adalah alat pembantu bagi pemimpin untuk mengambil keputusan di dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Ini berarti bahwa SP3 bukanlah suatu sistem yang merencanakan atau memformulasikan sesuatu tujuan sebagaimana biasanya yang menjadi esensi pokok dari suatu perencanaan. Bagaimana kualifikasi satu tujuan misalnya tujuan pembangunan dari suatu negara, atau daerah tertentu bukanlah tanggung jawab SP3, karena hal seperti itu merupakan tanggung jawab dari pemegang kendali politik kenegaraan. Apa yang telah diformulasikan oleh para pemegang kendali politik kenegaraan, yaitu para negarawan dan politisi baik yang ada di dalam pemerintahan maupun yang ada di dalam Lembaga Legislatif yang kelak menjadi tujuan nasional, ke arah mana seluruh kebijakan ditujukan. Di sinilah letak peranan SP3, yaitu sebagai alat yang dipakai untuk merumuskan berbagai macam kegiatan yang didukung oleh sumber yang langka yang karenanya harus disusun pengalokasian penggunaannya secara nasional, berdaya guna dan berhasil guna sehingga tujuan yang telah ditetapkan oleh para pemegang kendali pemerintahan dan kenegaraan itu benar-benar dicapai. Sebagai suatu metode dan sebagai suatu sistem tata laksana anggaran, SP3 dapat memungkinkan pendayagunaan secara maksimal daya yang langka tersebut, melalui suatu proses perencanaan yang di dalamnya terlihat proses mencari alternatif pemecahan masalah. Apabila hal tersebut telah dapat diketahui maka selanjutnya dapat menuju kepada penyusunan langkah konkret dalam bentuk pembuatan program dan pembuatan anggaran.

  2. Bahwa SP3 meletakkan tanggung jawab yang besar terhadap pemimpin untuk berusaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan mengusahakan agar aparat organisasi yang di bawah koordinasi dan kekuasaan/komandonya, tidak ada yang terlepas atau menyimpang dari sasaran yang hendak dicapai. Konsekuensinva ialah pemimpin harus merupakan pemegang inisiatif yang dominan di dalam mengarahkan pembuatan perencanaan dan pembuatan program serta kegiatan yang harus dilakukan oleh aparat secara integratif.

  3. Bahwa SP3 adalah proses perencanaan anggaran yang merupakan refleksi dari pengalaman yang lalu, yang mempengaruhi anggaran yang sekarang dan kemudian proyeksi pada anggaran yang akan datang. Dalam menetapkan, berbagai macam program dan proyek di samping terikat kepada tujuan jangka pendek dan menengah serta jangka panjang juga terikat kepada kemampuan yang nyata dari hasil pelaksanaan sehingga memungkinkan perubahan atau variasi’ dari penentuan target berikutnya.


Penyusunan Anggaran Negara di Indonesia

Tahap penyusunan anggaran negara di Indonesia pada dasarnya ada empat karena tahap pengawasan atas pelaksanaan anggaran termasuk tahap pelaksanaan anggaran. Tahap pertama adalah tahap persiapan, yaitu tahap penyusunan rancangan anggaran yang memerlukan jangka waktu penyusunan sekitar 6 bulan. Pada tahap pertama ini pekerjaan persiapan anggaran dilaksanakan oleh unit khusus dalam suatu organisasi pemerintahan, di Indonesia dilaksanakan oleh Departemen Keuangan cq. Direktorat Jenderal Anggaran bekerja sama dengan Bappenas yang menyangkut anggaran pembangunan. Tahap kedua, adalah tahap pengesahan yaitu tahap pengajuan rancangan anggaran kepada DPR untuk disahkan, yang memerlukan jangka waktu sekitar 3 bulan. Pada tahap kedua ini merupakan tahap penentuan anggaran, meliputi kegiatan analisis, evaluasi atas berbagai macam permintaan anggaran dengan mempertimbangkan faktor penunjang dan faktor penghambat terutama prioritas target yang hendak dicapai, selain itu disiapkan semua memorandum (nota keuangan) yang memberikan alasan bagi penentuan anggaran. Tahap ketiga adalah tahap pelaksanaan dan pengawasan anggaran memerlukan waktu 12 bulan. Pada tahap ketiga ini dipersoalkan tentang tata cara pengurusan uang anggaran dan cara pengawasannya. Tahap keempat adalah tahap terakhir, yaitu tahap pertanggungjawaban anggaran memerlukan waktu 6 bulan. Pada tahap keempat ini merupakan tahap penyusunan laporan pertanggungjawaban anggaran, laporan realisasi anggaran, Nota Perhitungan Anggaran Negara (Nota PAN) yang disertai hasil pemeriksaan BPK. Dengan demikian satu siklus anggaran memerlukan jangka waktu 2 7 bulan.

Anggaran Sumber dan Belanja Negara yang sering dikenal dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sesungguhnya merupakan anggaran kas, yaitu anggaran sumber atau anggaran pendapatan merupakan anggaran kas masuk, sedangkan anggaran belanja merupakan anggaran kas keluar.

Sumber Buku Penganggaran Karya M. Nafarin

Baca Tulisan Yang Lain

1. Individu dan Masyarakat Industri >>>>>>>>>>>>Lihat

2. Audit atas Berbagai Siklus >>>>>>>>>>>>>>Lihat

3. Mengorganisasikan Pesan dalam

Perencanaan Komunikasi >>>>>>>>Lihat

4. Pemerintahan Desa >>>>>>>>>>>>>>>>Lihat

5. Mengenal Sosiologi Distribusi >>>>>>>>>>Lihat

About these ads

56 Tanggapan

  1. wah…pak yang kami butuhkan itu contoh penganggaran,bukan penjelasannya pak…..
    thanks

    • Saya Awik,mahasiswa S2 di Jogja, Pak De kalau saya mau tau jawaban atas pertanyaan mereka dibawah ini ada dimana yaaa? Tolong di informasikan atau kalau bisa ke e-mail saya ini, gus_awik@yahoo.com terima kasih banyak atas bantuan Pak De , salam untuk keluarga and Sukses selalu
      evri, on 10 Januari 2011 at 10:03 am said:
      diaz, on 27 Desember 2009 at 10:40 am said:
      annisa, on 17 Maret 2009 at 1:54 pm said
      mardy, on 7 Maret 2009 at 8:03 pm said:
      Trifena, on 21 November 2008 at 10:44 am said:
      zhu, on 6 November 2008 at 6:21 pm said:
      Prasetyo, on 26 Maret 2008 at 1:20 pm said:

  2. pak bisa minta tolong ga?tolong contoh realnya anggaran diperusahaan dagang yang ada di indonesia. kalo bisa dikirim ke mail saya ya pak.secepatnya ya pakcz minggu depan dah dikumpulin.thxs b4.

  3. pak asli tarakan ya sama dong saya juga asli tarakan (peningki) dan sekarang kuliah dimalang nih pak, dari kemaren main internet cari tugas kuliah ngk dapat2 eh malah ketemu ama blog bapak syukur deh semoga bapak yang berpengalaman dapat memberi masukan….ini pak saya dikasih tugas ama dosen “tentang bagaimana cara menganalisis perusahaan yang bergerak dibidang penjualan untuk menentukan ektifitas dan efisiensi perusahaan??? dan bagaimana ya pak cara untuk menentukan anggaran yang baik!!!!apakah harus melihat penjualan masa lalu saja perusahaan dapat menentukan anggaran disaat ini , saya tunggu balasannya ya pak, kirim ke email saya saja pak makasih banyak

  4. pak… saya mau menanyakan mengenai penyusunan anggaran. di tempat saya kerja belum pernah dilakukan penyusunan anggaran. perusahaan tempat saya kerja adalah perusahaan jasa.

    di sini ada 2 kegiatan pokok dalam penyusunan anggaran. ( menurut klasifikasi saya)
    1. anggaran yang diperuntukkan keperluan kantor seperti: marketing, HRD, R&D, keperluan Rumah tangga.
    2. anggaran untuk pemberian jasa pada klien

    menurut bapak apakah anggaran tersebut dibuat secara terpisah, atau digabungkan??

    anggaran untuk project dibuat hanya pada saat project sudah diterima (tanda tangan kontrak)

    Mohon bantuan sarannya…
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih…

  5. mohon dikirim ke email saya, contoh riil anggaran perusahaan dagang secara lengka. trimakasih

  6. pa…saya sedang mencari judul untuk tugas akhir..data yang saya ambil dari cv yang bergerak di bidang jasa konstruksi.saya ingin mengamati tentang anggaran biaya tenaga kerja langsungnya…terutama perhitungan anggaranya.menurut anda saya harus mengmbil rumusan masalah apa? dan permasalahan apa yang dapat saya teliti..bagaimana menurut anda judul yang bagus untuk saya..saya tunggu jawaban secepatnya…

  7. terimakasih sebelum nya… saya ingin menulis mengenai perhitungan biaya standar untuk penyusunan anggaran pada divisi produk. yang saya tanyakan bagaimana penyusunan anggaran pada divisi produk? tolong pak kirimkan konsep penyusunan nya ke alamat email saya terimakasih… :)

  8. pak, maaf mengganggu. Pak saya butuh bantuan bapak, saya ingin meyusun anggaran BOP tp saya bingung formatnya…tolong bapak mengirim formatnya diemail saya atau contohnya. perush bergerak dibdng furniture dgn 3 bagin dan produksi 2 barang..trima kasi sblm dan ssdhnya pak. Tuhan berkati.

  9. Pak maaf ya..kalo bisa ditulis di blog ini saja jd bisa dibaca smua yg masuk ke blog ini,soalnya saya lihat smua butuh contoh yang saya tanyakan ke bapak…makasi pak…

  10. Anggaran tenaga kerja
    jelaskan

  11. pak balas cepat bsok tugas ku ni di kumpul
    toooooolong ya thank q

  12. pak, saya butuh kasus penganggaran perusahaan nyata beserta pembahasannya. Buat tugas ni pak, makasih yah..

  13. pak mohon bantuannya tentang materi anggaran perusahaan dagang & anggaran biaya tenaga kerja langsung, rangkuman dan penjelasannya sarta contohnya juga tolong ya pak

  14. pak mohon bantuannya untuk memberi kasus – kasus penganggaran perusahaan serta cara penyelesaiannya dalam bidang penganngaran,pak, saya butuh kasus penganggaran perusahaan nyata beserta pembahasannya. Buat tugas kuliah pak, ..Mohon bantuan …
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih…

  15. Pa tuluuuuuung…..saya sedang mencari pengertian intensifitas, intensifitas pemberian kredit, volume, volume kredit, indikator volume kredit atau literatur tentang hal tersebut dan sumbernya. trimakasih…

  16. Yth bapak, mohon bantuan bapak megenai contoh dari kasus zero base budgeting,
    sebelumnya saya mengucapakan terima kasih

  17. mohon contoh dan aplikasi anggaran perusahaan jasa konstruksi. terima kasih
    mohon dikirim ke nugraha777@yahoo.co.id

    • Selamat Siang Pak.

      Slmt siang pak, saya mau menanyakan masalah anggaran konstruksi, kalo Bapak ada contoh membuat anggaran dan aplikasi nya mohon saya di sharing..

      Terima kasih

      Hafis
      hafis@ipms.co.id

  18. pak,

    secara teori its ok penjelasannya, tapi mohon contoh konkritnya anggaran perusahaannya. kalo ada tolong email ke saya pak.

    terima kasih sebelumnya.

  19. saya lagi pening ni pak, dosen saya memberikan tugas mengenai anggaran perusahaan, yang di suruh cari bagaimana anggaran perusahaan dalam sebuah perusahaan? penjelasan dan komentar bapak sangat saya butuhkan untuk tugas saya pak. sebelumnya terimakasih pak!

  20. pa tulung saya mahasiswa stie binaniaga bgr, minta contoh penjelasan tentang sistem informasi akuntasi…. terimakasih b4

  21. pak tolong

  22. pak tolong dong kirimin contoh dari aplikasi metode ramalan kuantitatif ya pak coz saya lagi butuh banget nih..ga’ tau mo nanya ma siapa, tolong ya pak……….makasih

  23. pak tolong dong kirimin contoh dari aplikasi metode ramalan kuantitatif dalam perencanaan ya pak coz saya lagi butuh banget nih..ga’ tau mo nanya ma siapa, tolong ya pak……….
    makasih .
    tolong kirim ke zhu_9@yahoo.com
    ditunggu ya pak……….secepatnya ya pak……….

  24. pak tanya macam-macam perencanaan di sebuah perusahaan itu apa aja,tolong jelasin ya pak?.makasi

  25. Pak bisa kirimkan saya data2 tentang Anggaran Keuangan Perusahaan dan Anggaran BOP yang lebih detail tidak??? soalnya saya sedang mencari 2 Anggaran di atas untuk menyelesaikan tugas kuliah, dan dari buku yang saya cari jarang sekali membahas Anggaran Keuangan..
    Tolong kirimkan pembahasannya ke email saya di fenades_phinx@yahoo.co.id
    Saya tunggu balasan dari bapak secepatnya.
    Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  26. pak tolong saya, bapak bisa carikan saya contoh riil anggaran perusahaan . baik anggaran variabel dan temen-temannya. saya pusing sekali

  27. pak saya mardy, saya juga ingin contoh real penggararan perusahaan yang ada di indonesia bisa tidak ,krim ke email saya mardymaxima@yahoo.co.id

  28. bapak yang baik hati……contoh anggarannya mana Pak?truz email bapak juga g ada!saya ingin melihat contoh angarannya…..makasih

  29. kami butuh salah satu contoh perincian penganggaran perusahaan pak. tolong. trims

  30. pa bisa ga minta tolong untuk melampirkan pembahasan perhitungan penyusunan anggaran komprehensif,saya sedang mencari data – data tentang contoh perhitungannya, trims ya pa…ditunggu logh

  31. terima kasih pak ud baca surat saya.pak,bisa bantu saya, kalau membuat analisa anggaran sebagai alat perncanaan dan pengendalian laba itu bagaimana ya pak.mohon dikirim ya pak contoh anggaran dan realisasi laba plus perhitungannya ya pak, terima kasih banyak pak.

  32. pak…saya minta tolong pak…agar bapak bisa memberikan contoh real dari anggaran perusahaan….saya butuh dari 6 perusahaan…bapak kirim ke email saya ya pak…ini buat tugas kuliah….makasih pak..

  33. bpk yg baik hati, saya bekerja di perusahaan dagang, saat ini saya mau membuat rencana anggaran untuk perluasan pekerjaan, mohon bantuannya agar saya diberikan contoh riil atau format nya aja boleh, untuk anggaran kas dan anggaran rugi laba yg baik , mohon email ke : prastiwi_tiwi@yahoo.com

  34. Pak saya mau minta bentuk Form anggaran yang sesuai dengan bidang konstruksi sipil..

    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    Tk

    Hafis

  35. Pak saya mo buka usaha studio musik , tapi saya tdak tau cara buat form anggaran untuk mengajukan pinjaman modal . Tolong Bantuan dan arahanny trims

  36. pak mf saya mau minta bantuan, saya lagi nyusun skripsi tentang anggaran beban penjualan. saya mau bertanya, pencatatan anggaran ada 3 kata dosen saya, apa aja ya?saya nyari dibuku blm ada.terimakasih…

  37. pak mohon berikan contoh anggaran yang riil dari perusahaan manufaktur ya…trimakasih….

  38. pak……….saya bisa minta tlg gk????????????/ saya dari kemarin nyari analisis investasi penganggaran perusahaan……….beserta rumusnya pak……..klo bisa saya dikirimn ke alamt email ini ya pak.ardiazwirya@yahoo.co.id terimaksih atas attensinya

  39. wuih penjelasan sangat lengkap.. kap.. kap.. saya ada contoh terapanuntuk menghitung titik impas, tapi dengan metode simulasi klik di sini.. sekalian cara meramal memakai metode time series..

    terimakasih diberi tumpangan lewat…

  40. selamat siang pak, semoga bpk sehat yaa.. saya bingung pak dengan tugas akhir saya judulnya anlisis pelaksanaan pengawasan biaya proyek. dalam analisisnya saya menggunakan analisis variance dg metode pengukuran dari BOP dg metode dua selisih dan tiga selisih.
    apakah menurut bapak proyek pembangunan itu nyambung kl saya bicara ttg BOP ??

  41. selamat siang pak, semoga bpk sehat yaa.. saya bingung pak dengan tugas akhir saya judulnya anlisis pelaksanaan pengawasan biaya proyek. dalam analisisnya saya menggunakan analisis variance dg metode pengukuran dari BOP dg metode dua selisih dan tiga selisih.
    apakah menurut bapak proyek pembangunan itu nyambung kl saya bicara ttg BOP ?? pak saya sngt mengharapkan masukan bpk, tolong kirim balasan ke maee_sarah@yahoo.com ya pk..
    terimakasihh..

  42. kenapa ada ilmu anggaran perusahaan

  43. pak, boleh g minta contoh real anggaran perusahaan dagang yang ada di Indonesia. Klo bisa di e-mail’in ke e-mail saya. Trimakasih.

  44. selamt malam pak..
    salam kenal.
    pak saya ingin bertanya?
    adakah artikel tentanag kasus penggangaran terbatu tahun 2011??
    terima kasih

  45. Selamat siang pak…
    sebulmnya salam kenal dan sukses sllu buat bapak…

    saya bekerja di perusahaan perkebunan tebuh, mohon bantuan bapak untuk bs membantu saya mengirim contoh riil format dan draft anggaran perusahaan dan anggaran rumah tangga seperti kebutuhan bulanan di kantor, beserta rumusnya. terus terang saya megang finance baru kali ini, jd sya blm begtu paham utk membuat anggaran. untuk infonya saya mohon bantuan bapak untk merply ke email saya. densitry_one06@yahoo.com. Atas bantuannya terimaksh.

  46. pak saya minta tlg kirimkan contoh form penyusunan penganggaran perusahaan ke email HOLDEN_SIMANGUNSONG@YAHOO.COM

  47. maaf pak, saya butuh anggaran real perusahaan jasa, bsok mw d kumpul pak.. Tolong kirim ke email saya ya pak..
    ojanfauzan06@yahoo.com

  48. artikel yang bgus.
    boleh ya copas… terima kasih

  49. Artikel nya bagus pak, suatu sa,at buat aplikasi penganggaran pak,,,,

  50. Artikel yang bagus, Buat aplikasinya dong pak

  51. pak, sya butuh contoh penganggaran perusahaan….tlg kirim ke email sy xpd_vic2105@yahoo.co.id

  52. Maaf pak,contoh anggaran kas nya mana..???

  53. Salam kenal Pak….
    Pak, boleh minta contoh real anggaran perusahaan dagang yang ada di Indonesia. Kalau bisa di e-mail kan ke siok_in@yahoo.com. Oh iya Pak saya juga minta tolong Form-form yang dibutuhkan untuk pembuatan budget operasional (Sales,Pembelian,Biaya,Laba rugi) & Anggaran keuangan (Kas & Neraca) Trimakasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 304 pengikut lainnya.