Pengantar Ilmu Administrasi Negara Bag 2

Pengantar Ilmu Administrasi Negera

Bag 2

Studi Perilaku dan Sumber Daya

  1. Pandangan filosofi mengenai administrasi negara dapat dikelompokkan menjadi dua bagian: pandangan makro dan pandangan mikro.

  2. Etika administrasi dibahas dalam hubunganya dengan masalah tujuan dan cara yang diperlakukan dalam lingkungan birokrasi. Etika administrasi dimak-sudkan untuk mendorong agar birokrat menampilkan perilaku yang benar dan berguna.

  3. Studi perilaku administrasi berguna:
    a. menunjukkan apa yang harus dilakukan pada satu situasi tertentu;
    b. memberikan deskripsi lingkungan di mana organisasi bergerak;
    c. memberikan kerangka konseptual untuk memecahkan masalah-masalah organisasi

  4. Perhatian pada elemen manusia ditujukan untuk menemukan keseimbangan antara kebutuhan organisasi dan individu. Kecenderungan baru yang terdapat dalam administrasi kepegawaian adalah dorongan menumbuhkan partisipasi para pekerja dalam proses pembuatan keputusan.

  5. Administrasi keuangan pada tingkat nasional dipandang sebagai issue politik dan sosial. Administrasi keuangan merupakan alat paling penting dalam kehidupan negara. Karena kemampuannya untuk berfungsi sebagai alat koordinasi.


Studi Perbandingan dan Pengembangan

  1. Administrasi Pemerintah Daerah berusaha menganalisis pemerintah daerah sebagai fenomena ad inistrasi, sebagai satu bagian penting dalam kehidupan kenegaraan, di mana sistem administrasi pemerintah daerah amat dipengaruhi oleh faktor-faktor situasional faktor-faktor lingkungan.

  2. Perbandingan Administrasi Negara sebagai pendatang baru dalam dunia akademik kelahirannya didorong untuk mencapai dua tujuan sekaligus, yakni: untuk memberikan bobot ilmiah bagi administrasi negara, dan untuk membuat agar semua program bantuan teknis berhasil.

  3. Kegiatan-kegiatan dalam rangka studi Organisasi dan Metode meliput tiga hal berikut: penyelidikan organisasi, penyempurnaan metode, dan penelaahan tata ruang.

  4. Usaha pengembangan/pelembagaan organisasi adalah suatu usaha untuk memperbaiki efektivitas dan kesehatan organisasi dengan menggunakan ilmu dan pengetahuan perilaku. Pengembangan/pelembagaan organisasi dipandang sebagai analisis segi kemanusiaan dalam seluruh kehidupan organisasi.

  5. Perkembangan masyarakat yang semakin kompleks mendorong tumbuhnya studi administrasi terhadap bidang-bidang khusus. Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.


MASALAH TEORI ADMINISTRASI NEGARA

Pengertian Teori Administrasi Negara

  1. Yang dimaksudkan dengan teori administrasi negara adalah serangkaian usaha untuk melakukan konseptualisasi mengenai apakah yang dimaksudkan dengan administrasi negara, bagaimana caranya memperbaiki hal-hal yang dikerjakan oleh administrasi negara, bagaimana menentukan apa yang harus dikerjakan oleh administrator publik, mengapa orang berperilaku tertentu dalam suatu situasi administrasi, dan dengan cara apakah aparatur pemerintah disusun dan dikoordinasi untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

  2. Salah satu alasan utama mengapa orang mempersoalkan status keilmuan administrasi negara, adalah karena administrasi negara tidak mempunyai inti-teoritis. Banyak teori dalam administrasi negara, tetapi tidak ada teori dari administrasi negara.

  3. Para praktisi menggunakan teori administrasi dalam kerangka untuk memberikan rasionale (alasan) dari kegiatan praktis mereka dan untuk membenarkan praktek administrasinya.

  4. Administrasi negara baru saja, secara sistematik, mengembangkan teori-teorinya. Arti pentingnya teori administrasi negara terlihat dari kegunaannya untuk meramalkan dan menerangkan gejala administrasi.


Jenis-jenis Teori Administrasi Negara

  1. Ada berbagai macam teori administrasi negara yang dikemukakan oleh para ahli. Misalnya yang diajukan oleh:
    a) William L Morrow, yang menyebutkan teori administrasi negara terdiri dari:

    1. teori deskriptif

    2. teori preskriptif

    3. teori normatif

    4. teori asumtif

    5. teori instrumental


    b) Stephen P. Robbins, yang mengajukan lima teori administrasi, sebagai berikut:

    1. teori hubungan manusia

    2. teori pengambilan keputusan

    3. teori perilaku

    4. teori sistem

    5. teori kontingensi


    c) Stephen K. Bailey, mengajukan empat teori administrasi negara, sebagai berikut:

    1. teori deskriptif

    2. teori normatif

    3. teori asumtif

    4. teori instrumental

  2. Empat kategori teori administrasi negara yang dikemukakan oleh Bailey, diangkat dari upaya-upaya yang telah dilakukan untuk memperbaiki proses pemerintahan. Setiap kategori teori tersebut mempunyai pusat perhatian yang berbeda satu sama lain. Teori deskriptif berkaitan dengan soal “apa” dan “mengapa”; teori normatif berkenaan dengan soal “apa yang seharusnya” dan “apa yang baik”; teori asumtif berhubungan dengan soal “pre-kondisi” dan “kemungkinan-kemungkinan”; sedangkan teori instrumental berkenaan dengan soal “bagaimana”dan “kapan”.


Mazhab-mazhab Teori Administrasi Negara

  1. Menurut C.L. Sharma ada enam mazhab teori administrasi negara, yakni: mazhab proses administrasi, empirik, perilaku manusia, sistem sosial, matematika, dan teori keputusan.

  2. Gerald Caiden mengemukakan delapan mazhab teori administrasi negara, yang terdiri dari: mazhab proses administrasi, empirik, perilaku manusia, analisis birokratik, sistem sosial, pembuatan keputusan, matematika, dan integrasi.

  3. Kedelapan mazhab teori administrasi negara seperti yang dikemukakan oleh Caiden, sebenarnya dapat dikelompokkan lagi dalam dua mazhab: mazhab reduksi proses administrasi dan mazhab sistem holistik administrasi. Tetapi pengelompokan ini juga tidak memuaskan, yang pada gilirannya melahirkan mazhab integrasi.

  4. Para pendukung mazhab integrasi (integrationis) bermaksud untuk mengintegrasikan semua teori administrasi negara. Ada dua strategi yang mereka tempuh. Pertama dengan melakukan konsolidasi teori-teori administrasi, dan kedua dengan meleburkan semua administrasi negara menjadi satu teori yang tertinggi.


KEBIJAKSANAAN PUBLIK DAN AKUNTABILITAS ADMINISTRASI

Dasar-dasar Kebijaksanaan Publik

  1. Studi kebijaksanaan publik merupakan dimensi baru dalam administrasi negara, yang harus tumbuh dengan cepat.

  2. Pada umumnya kebijaksanaan publik dimaksudkan sebagai apa yang dilakukan dan apa yang tidak dilakukan oleh pemerintah. Ada tiga faktor yang mengeratkan hubungan kebijaksanaan publik dengan institusi pemerintah:
    a. Pemerintah yang memberikan legitimasi pada kebijaksanaan publik
    b. Kebijaksanaan publik mengandung aspek yang bersifat universal
    c. Pemerintah merupakan satu-satunya lembaga yang dapat melakukan pemaksaan kepada masyarakat.

  3. Dasar pembentukan kebijaksanaan publik adalah kepentingan publik. Tetapi, tidak mudah untuk merumuskan apa dan manakah suatu kepentingan yang benar-benar bersifat publik. Karena itu, dikatakan bahwa kepentingan publik adalah kepentingan-kepentingan yang menyangkut kepentingan masyarakat. Atas dasar pandangan demikian, kebijaksanaan publik tidak hanya dibuat oleh pemerintah saja, tetapi dapat juga dibuat oleh organisasi-organisasi lain.

  4. Model-model analisis yang dipergunakan untuk menganalisis kebijaksanaan publik menurut Thomas R. Dye adalah model:
    a. Sistem
    b. Massa Elit
    c. Kelompok
    d. Rasional
    e. Inkremental
    f. Institusional.

    Sedang menurut Robert Presthus pendekatan-pendekatan dalam analisis kebijaksanaan publik terdiri dari:
    a. Kebijaksanaan sebagai Proses Hasil
    b. Studi Kasus
    c. Strategi Inkremental Terpisah
    d. Kebijaksanaan sebagai, variabel Independen.

Proses Kebijaksanaan Publik

  1. Tahap yang ada dalam proses kebijaksanaan publik, menurut Anderson terdiri dari: formasi masalah, formulasi kebijaksanaan, adopsi kebijaksanaan, implementasi kebijaksanaan, dan evaluasi kebijaksanaan; menurut Jones proses kebijaksanaan publik terdiri dari: persepsi, definisi, agregasi, organisasi, evaluasi, dan terminasi kebijaksanaan; menurut Brewer tahap-tahap dalam proses kebijaksanaan publik adalah: estimasi, seleksi, implementasi, evaluasi dan terminasi kebijaksanaan; menurut Mc Nichols proses kebijaksanaan publik terdiri dari: tahap formulasi, tahap implementasi, tahap organisasi, tahap interpretasi, dan tahap reformulasi. Modul ini memandang proses kebijaksanaan publik terdiri dari empat tahap berikut: formulasi kebijaksanaan, implementasi kebijaksanaan, evaluasi kebijaksanaan, dan terminasi kebijaksanaan.

  2. Formulasi kebijaksanaan membahas cara masalah publik memperoleh perhatian dari pembuat kebijaksanaan, cara perumusan usul kebijaksanaan, dan cara memilih salah satu usul kebijaksanaan di antara alternatif-alternatif. Formulasi kebijaksanaan sangat erat hubungannya dengan konsep kepentingan publik.

  3. Implementasi kebijaksanaan menunjuk pada pelaksanaan kebijaksanaan publik secara etektif. Kesulitan yang timbul dalam tahap ini adalah sukarnya menentukan hasil kebijaksanaan, karena adanya dampak yang tidak teran-tisipasi sebelumnya.

  4. Evaluasi kebijaksanaan dimaksudkan untuk mengukur efektifitas dan dampak kebijaksanaan. Alat yang dapat dipergunakan antara lain “performance budgeting”, “program budgeting” dan PPBS. Untuk melaksanakan evaluasi kebijaksanaan diperlukan standar pengukuran yang baku. Tetapi dalam kenyataannya indikator-indikator yang dipergunakan tidak sepenuhnya mampu menerangkan kualitas penampilan program.

  5. Terminasi kebijaksanaan menunjuk proses penyelesaian satu kebijaksanaan. Hal ini timbul, jika tujuan kebijaksanaan sudah tiada. Ada pelbagai hambatan dalam melakukan terminasi kebijaksanaan. Cara-cara untuk mengatasi hambatan ini adalah kebijaksanaan memberikan rangsangan, dan melakukan identifikasi terhadap titik rawan yang mengalami terminasi.


Akuntabilitas Administrasi

  1. Ada dua istilah yang seringkali digunakan saling berganti dalam studi administrasi negara, yakni: pertanggungan jawab dan akuntabilitas. Sebenarnya, keduanya dapat dibedakan. Akuntabilitas menunjuk locus hierarkis dan legal dari tanggung jawab. Sedang tanggung jawab mempunyai konotasi personal, moral, dan tidak perlu dihubungkan dengan peranan, status, dan kekuasaan yang bersifat formal.

  2. Akuntabiiitas administrasi merupakan hal pokok dalam pikiran-pikiran negara demokratik modern. Ia mengesankan sebagai suatu dasar moral bagi pejabat publik dalam melakukan kegiatannya.

  3. Ada dua pendekatan yang dapat digunakan untuk menilai apakah sistem administrasi berjalan secara bertanggung jawab. Pendekatan pertama memusatkan perhatiannya pada keseluruhan sistem; sedangkan pendekatan kedua berfokus pada pertanggungan jawab individual.

  4. Sarana yang dapat dipergunakan untuk menjamin administrasi yang bertang-gung jawab adalah: sarana legal/institusional, moral dan politik.


SISTEM ADMINISTRASI NEGARA INDONESIA


Pemikiran Sistem

  1. Teori sistem merupakan kerangka konseptual atau satu cara pendekatan yang dipergunakan untuk menganalisis lingkungan atau gejala yang bersifat kompleks dan dinamis.

  2. Pendekatan sistem, pertama melihat sesuatu secara keseluruhan. Baru kemudian mengamati bagian-bagiannya (sub-subsistem); di mana bagian-bagian (sub-subsistem) itu saling melakukan interaksi dan interrelasi.

  3. Karakteristik sistem menurut Schoderbek terdiri dari: interrelasi, interdependensi, holisme, sasaran, masukan dan keluaran, transformasi, entropi, regulasi, hierarki, diferensiasi, dan ekuifinaliti. Sedang sarjana lain, menunjukkan bahwa karakteristik sistem terdiri dari masukan, proses, keluaran dan umpan balik.

  4. Yang dimaksud dengan sistem administrasi negara adalah “struktur untuk mengalokasikan barang dan jasa dalam satu pemerintahan”. Karakteristik sistem administrasi negara terdiri dari masukan, proses/konversi, keluaran, dan umpan balik.

  5. Studi ekologi dalam administrasi negara dimaksudkan untuk memperoleh gambaran mengenai administrasi negara yang sesuai dengan lingkungan penerimanya. Studi ekologi harus diterjemahkan sebagai satu cara pandang untuk mendekati hubungan sistem administrasi dengan faktor-faktor non-administrasi.


Sistem Administrasi Negara Indonesia

  1. Sistem administrasi negara Indonesia haruslah diterjemahkan sebagai bagian integral dari sistem nasional.

  2. Landasan, tujuan, dan asas sistem administrasi negara adalah sama dengan landasan, tujuan, dan asas sistem nasional, yang tertera dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Garis-Garis Besar Haluan Negara.

  3. Penyempurnaan dan perbaikan terhadap sistem administrasi negara diarahkan untuk memperkuat kapasitas administrasi. Kegiatan ini merupakan satu proses rasionalisasi terhadap sistem administrasi, agar dapat memenuhi fungsinya sebagai instrumen pembangunan dan sebagai alat untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.

  4. Selama Orde Baru telah dilakukan usaha-usaha yang konsisten untuk memperbaiki sistem administrasi negara.

About these ads

118 Tanggapan

  1. thanx infonya…mw nanya dikit..kemaren dpt soal waktu interview..diminta ngejelasin tentang teori administrasi..tentang PIPO atw SIPO..gak ngerti..boleh minta tolong dijelaskan?

    trims.

  2. mohon dijelaskan sejarah perkembangan administrasi negara secara ringkas dan jelas

  3. pak bisa dijelasin gak kerangka sistem administrasi indonesia

  4. gue minta izin mo copy blognya… buat tugas kampuz gw… wekekekekekekekekekekek…………..

  5. boleh minta tolong ga kasih 10 definisi administrasi makro dan mikro?pleaseee untuk tugas akhir….terima kasih.

  6. deskripsikan secara terperinci dan sistematis kajian ilmu adm. negara scr terminologis dan sejarah p’kmbangannya dan jelaskan pula setiap point dari sub2 judul dlm pembahasannya

  7. tolong dijelasin pak…….!!!!!!!!!!!! teori-teori pelayan public dengan nama-namanya sekalian…
    heeeeeeeeeeeeeeee
    trims

  8. Permizi… mohon ijin minta tulisan blognya buat Tugas Akhir. MaturSuwun…

  9. tolong dong kirim skripsi lengkap tetang adminstrasi negara perkantoran

  10. Pak tolong jelaskan tentang perbandingan administrasi negara donk??kasih contohnya gtu…
    saya tunggu ya Pak, dosennya kiler neh….hehehe

  11. Pak tolong jelaskan tentang Perbandingan administrasi negara???skalian contohnya gto….
    saya tunggu ya Pak, dosennya kiler neh….hehehe
    makasih Bapak….

  12. Pak, tolong berikan contoh perbandingan administrasi negara

    • pak… apa pengertian proyek dan administrasi proyek? serta bagaimana pelaksanaan administrasi proyek itu?? mohon bantuannya ya pak, teori ini untuk menyelesaikan skripsi saya, terima kasih…

  13. pak tolong mengenai:
    1. Pengertian Administrasi Proyek
    2. Fungsi proyek
    3. Ruang lingkup Kegiatan Administrasi proyek

    saya membutuhkan informasi ini untuk keperluan skripsi saya..
    mohon bantuannya..
    terima kasih

    • pak….
      tolong dong lg cari judul buat skripsi administrasi negara???
      minta judul yg pas buat administrasi.
      trimakasih.

  14. Bapak yang bijaksana!!!! tolong jelaskan kepada saya mengenai prilaku administrasi. karena saya ada tugas kuliah! tolong ya pak!!!!!!!!!!!! kalau bisa secepatnya!!!!!!!!!!!

    • prilaku administrasi sama hal nya dengan kebudayaan yang ada. Melainkan semua itu di dasari atas hal yang terjadi dalam lingkungan itu sendiri

  15. kira-kira bagaimana y pak perkembangan administrasi kepegawaian di Indonesia?

  16. pak mw tanya apa hubunganx administrasi negara degan ilmu sejarah, ilmu ekonomi, sosiologi, antropologi budaya, pak tolong bantuannya ya, tugas kuliahnya uda mepet..

  17. pak tolong jelaskan teori administrasi baru menurt Frederikson

  18. pak tolong jelaskan tentang sejarah perkembangan administrasi di indonesia

  19. sori pak copy buat referensi admin

  20. sebelumnya terima ksh atas ilmunya.
    saya mau tanya tentang administrasi niaga dan pola berpikirnya mengenai bisnis serta contohnya apa ya pak….
    terima kasih

  21. ilmu administrasi menurut para pakar

  22. unsur-unsur penting administrasi

  23. mav pak,,contoh kasus yang paling sinkron dengan masalah administrasi negara jika kaitannya denagn birokrasi di indonesia tu apa ya pak??
    makasih,,

  24. paka tolong jelasin departemensasi

  25. pak tolong teori2 adm publik

  26. izin ngopy buat makalah ya Pak…..!!!!

    • pak bagi saya soal-soal latihan tentang perubahan administrasi negara,untuk persiapan mengikuti ujian semester.

  27. Dear All,
    Mo minta tolong artikel tentang Administrasi Perbandingan Negara..

    Terimakasih….

  28. pa tolong deskripsikan pengertian administrasi pemerintah daerah dan contohnya?
    Trimaksai……

  29. pak, . .
    mo mnta tlg,contoh fenomena administrasi negara baru???
    skg y pak…..

  30. pak mnta tolong penjelasan mengenai politik adm agraria….please

  31. Pak, tolong dong kirimkan file-file yang berhubungan dengan mata kuliah adm. negara. kalo ada dalam format PDF.
    Trims…

  32. pa tolong donk judul skripsi yang pas untul jurusan ilmu administrasi negara……………makasih sblmnya…………..

  33. Pak, saya lagi nyusun Pengaruh koordinasi oleh camat terhadap tingkat pelayanan kearsipan di kecamatan….., saya kurang referensi tentang koordinasi dan arsip, tolong yach Pak, semoga amal baik bapak dibalas oleh Allah SWT

  34. mohon maaf pak. sy minta tlng dijelaskan mslh ekologi administrasi publik hubungannya dengan politik, budaya dan lingkungan, makasih sebelumnya

  35. mohon maaf pak. begini saya ingin tahu tentang hubungan antara birokrasi dengan Ilmu Administrasi Negara????Tolong diberi penjelasan pak
    Terima kasih sebelumnya.

  36. mohon maaf sebelumnya pak. Begini saya perlu penjelasan tentang :
    1 Hubungan antara Birokrasi dengan Ilmu Administrasi Negara

  37. ,,pak mu tanya nii,,,apa ja yang berhubungan denagn ilmu adm. negara,,jelaskan ea pak,,,
    truz pa hubungan antara birokrasi dengan organisasi,,replay secepatnya ea pak,,,

  38. pa tlong kasih tau aplikasi adm. negara di ilmu pemerintahan… seperti membahas pelayanan pajak/ IMB gtu.. aku disuruh bkin makalah tentang pelayanan pajak berdasarkan penerapan ilmu adm. negara….tapi masih belum kebayang apa yang harus lakuin… aku baru pertemuan pertama tapi tugasnya udah makalah makanya aku masih samar ( gelap malah ) apa yang harus aku cari data2nya,aku minta 5 referensi buku ya pak…thanx a lot

  39. pa sy kan di ksh tugas ma dosen suruh buat penyelenggaraan administrasi negara, tp sy g ngarti mslah nya sy g masuk kuliah. dosen ngasih contoh nyapelayanan pajak, penbuatan akte , pem kartu kuning , pelayanan membuat surat iizn IMB. risma minta tolong ma bapak buatin makalah risma, sama sapa lagi klo bkn ma bpk.makalah nya hari minggu d kumpulinnya thanx’s ya pak risma mohon bantuannya.

  40. pa saya mhs akhir yg mau neliti ttg IMPLEMENTASI KEBIAJAKAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN PHK nah teori apa yang bisa sy pake plus literatur nya ya pa
    makasih tolong kirim ke mail sy ya pak

  41. pak bisakah bapak menjelaskan hubungan administrasi niaga dengan ilmu sosial,politik,ekonomi,dll.ni tgs dr dosen tp kmi smua da cpek nyari tapi gak ketemu2 jg.makasih ya pak.

  42. pak bisakan anda jelaskan tentang pendekatan sistem dalam studi sistem administrasi negara kesatuan republik indonesia ? tolong pak/ibu untuk menjelaskan lebih terperinci lagi. terima kasih….

  43. pak tolong jawaban soal berikut ini :
    1.Mengapa teoti administrasi memerlukan terminologi dari berbagai aspek ?
    2. Jelaskan terminologi yang pokok ?
    3. Mengapa Mazhab teori efisiensi dikategorikan administrasi kalasik ?

  44. pak,,,,mw tanya nie…..blh ksh tau g’? sejarah perkembangan manajemen ilmiah tu gmn ? cz untk tugas kampuz pak…… thanks

  45. pak, trimakasih udah bagi2 ilmu. pak tolong dong p.ilmu admin yang sesuai kurikulumku.boleh gabung ya pak.aku baru kul di UT nih ambil ilmu administrasi negara. thanks before ya

  46. Bpk saya mw tyk…..

    yg pertama..
    sejauh mana sich adanya hubungan yg terjalin antara administrasi negara dengan perbandingan administrasi negara?????

    yg kedua..
    mengapa administrasi negara dijadikan prasyarat bagi study perbandingan administrasi negara????

    jwban aq tunggu ya Bpk coz aq butuh bgt biar ntar ujian aq bisa jwb….

    thanks ya Bpk…

  47. lam nyari di buku dunx,,,, jo minta instan ae

    bsok tugasnya dkumpul y______

    nanya pak…..
    utk mata kul IPAN pake buku apa n pengarangnya siapa ?

  48. lam nyari di buku dunx,,,, jo minta instan ae

    bsok tugasnya dkumpul y______
    whehehe,,,,,,,,,,

    nanya pak…..
    utk mata kul IPAN pake buku apa n pengarangnya siapa ?

  49. tolong yaaa Pak.
    Pengertian administrasi negara menurut para ilmuan atau tokoh

  50. pengertian administrasi negara menurut para ilmuan atau tokoh2

  51. pak tolong pengertian DEREGULASI secara umum apa?
    skrg ya pak…
    makasih….

  52. maaf sy mw tanya…kalo tdk salah domain wordpress kan gratisan pak, tapi kok bisa sih pasangiklan…maaf apa sy yg ketinggalan info ya?? tlg penjelasannya trims

  53. mlm… pak sy mw nnya, sebenernya teori aplikasi dari adm.publik itu sndri apa c????
    mksh….
    jwbn dtggu sgra…

  54. pa …. minta tolong dijelasin masalah ekologi administrasi publik terhadap politik, budaya dan lingkungan … sy mahasiswa S2 MAP UGM … matur suwun pa ..

  55. terima kasih Pak atas bagi-bagi ilmunya

  56. terima kasih pak atas ilmu yang telah disharing… mohon izin untuk mengcopy, buat belajar mandiri, terima kasih… kalau bisa, boleh minta referensi2 buku yang menjadi acuan gak pak? buat nambah2 aja, terima kasih…

  57. pak.. bagaimana pelaksanaan administrasi proyek????

  58. I kan mahaba, so……lum taw ttg adm negara dgn betul, maka I coba baca2 tulisan U, siapa taw stlh I baca tulisan U, I jadi Faham ttg apa itu adm negara.!!!!
    matur thanks U full.!!!!

  59. pak mohon dijelaskan,,,contoh apa saja praktek-praktek admnistrasi negara???

  60. pak tolong jelaskan administrasi negara sebagai sistem? kalau bisa contohnya juga

  61. skedar iseng ngenet tak ad salahnya baca2 biar tambah pinter n berpengalaman.
    sy mhsiswa AN 08, butuh bgt materi kayak gini ne!!!

  62. […] Ilmu Administrasi Negara Part 2 […]

  63. mau tanya hubungan adm negara dgn ilmu politik,ekonomi,psikologi,sosiologi

  64. maaf pak saya ganggu! saya mau kalau bisa tlng muat secara terperinci mengenai sejarah administrasi negara mulai dari saman prasejarah, sejarah dan modern. jawaban sangat saya harapkan dan sebelumnya trims

  65. terimah kasih pak atas ilmunya semoga ilmunya bisa bermanfaat bagi semua para pelajar didunia ini.
    amin………

  66. saya mau tanya pak!administrasi negara apkah mempunyai kesamaan dengan administrasi perusahaan?dan apakah administrasi negara bisa oi terapkan di administrasi perusahaan?trimakasih

  67. bisa bantu saya gk..! ada tugas nih makalah ttg sistem administrasi negara dalam aspek birokrasi

  68. pada prinsipnya izin dapat di tarik kembali, itu berarti ada hal hal yang tidak umum sehingga suatu keputusan itu tidak dapat di tarik kembali, dalam hal apa itu bisa terjadi?

  69. Assmuallaikum.. pak mohon ijin tulisannya aku pake buat tugas ya.. sebelumnya matursuwon

  70. ass………pak muat ttg ekologi administrasi…scptnya mksh

  71. pak ditunggyu

  72. pak ada ga artikel mengenai kenyataan antara formulasi dengan implementaasi kebijakan publik di indonesia

  73. ngeri n ngiris rasanya hidup di indonesia koq pemimpinya seperti ini pengen keluar aja kayaknya ddarri indinesia

  74. Kemaren aku dapat masalah pada saat ujian semester. Yang disoal muncul pertanyaan tentang paradigma administrasi bahwa ada 5 tolong ditambahkan dalam blog anda tentang penjelasan 5 paradigma itu biar aku bisa memahaminya lebih dalam. Makasih sebelumnya.

  75. mank AN dlm teory ma AN dlm knyataan shari2 beda jauuuuuuuuuuhhh bgd,… dlm knyataanya ribet n berbelit, aq sebel jd ank Adm Neg,…

  76. setelah melihat dan membaca artikel mengenai pengantar administrasi negara bagian 2 ternyata bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari khususnya dalam penerapanya untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas materi yang ada

  77. pak saya mau minta tolong lg cari judul buat pengajuan skripsi.
    belum menemukan judul yg pas,
    buat jurusan administrasi.
    saya mohon pak bantu…
    terimakasih…

  78. Jelaskan Periodesasi Perkembangan Adm. Negara Indonesia Dooonk Pa…..Hee.
    Terima Kasiah Atas Jawabannya

  79. Sungguh luar biasa, semoga hidup sepanjang masa,…………… berguna bagi sesama, amin.

  80. mohon ijin baca-baca disini Pak, buat refernsi ujian semesteran nanti, semoga berbekal belajar dari sini nanti nilai semesteran saya dapet A. amiin makasih pak sharingnya

  81. Klo kuliah ambil adm.negara kr2 pekerjaan ap yang pantas sesuai dagan bidangnya???mksh

  82. Kuliah ambil adm.negara kr2 pekerjaan ap yang pantas sesuai dengan bidangnya??

  83. pak,persaman administrasi dengan antropologi ap ya?

  84. pak aq mau nanya,,,
    apasih bedanya administrasi perkantoran dgn administrasi negara,,,
    terima kasih

  85. apakah aministrasi itu didorong dr konsep serta merta dr penginvatarisan jasa n perlengkapan dipublik maupun pemerintah secacara hierarki

  86. pak, tolong jelaskan ruang lingkup administrasi negara dari segi :
    -proses
    -pelayanan publik
    -kegiatan substantif pada lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif
    -perkembangan puclic adminstration : administration of public, administration for public, adminstration by public,
    tolong di balas scepatnya ya pak,
    karena besok tugas saya di kumpul,
    terima kasih pak :)

  87. mau tanya pak. penggolongan Administrasi dari segi kepranataan,

    terimakasih sebelum dan sesudahnya

  88. Utk smua yg bs ksh solusi. Saya mw tanya apa peran kt dn ap yg harus kt lakukan sbgai administrator negara agar sistem adm. Negara yg semrawut akibat ulah para pelaksana adm.negara sendiri dpt sesuai dgn teori yg bgitu manis. Bkn sepahit prakteknya

  89. thx a lot. sgt bermanfaat :))

  90. mo tanya pak…??? knpa hrus sistem administrasi negara.indonesia harus di terjemahkan sebagai integral dari sistem nasiona..??

    thank”s.

  91. untuk paradigma baru administrasi negara bagaimana sejarahnya ya pak??
    thanks

  92. Pak tolong ya!
    1.Administrasi keuangan negara menurut lima (5) ahli dan definisinya lima(5).
    2.Kebijakan keuangan menurut lima (5) ahli dan definisinya Lima (5).

  93. pak. tolong jelasin donk apa tugas administrasi negara

  94. pak, bisa bantu saya menjelaskan alur pemikiran administrasi begara menurut bintoro T.A gak pak…???

  95. pak saya mau tnya.sbenere adminitrasi ngara thu menjurus tentang pa seh pak!

    pa bsok kalau qta lulus nanti pakah bsa masuk perkantoran bagian sekertaris pa admin.pak.

    sya tnggu ya pak! jawaban ya?

    Terima kasih

  96. pak tanya
    pengertin konteks pada hukum administrasi negara , mohon bisa dijelaskan
    trimakasi

  97. minta tolong bagaimana cara menyusun skripsi yang bener mengenai administrasi negara……………..

  98. aku juga mintol:perbeddan pokok antara sistem adm negara dan sistem politik

  99. sejauh mana pandangan ilmu ANE terhadap kolaborasi ilmu2 lainnya dalam aplikasinyan-tks

  100. pak tlng jlskn arti/pengertian adm negara.sampai detai2nya.dan cnth2 nya ……

  101. pak….

    tolong bantu saya tentang sinkronisasiantara proses administrasi dan organisasi….???

  102. Pak tolong jelaskan Devinisi yang tepat perbandingan Administrasi Negara itu apa

  103. terima kasih link yang bapak buat sangat beermanfaat bagi saya dalam tugas pratikum saya..
    makasih yah.

  104. mohon petunjuk bapak, mengenai 10 konsep dan teori berkaitan dengan Administrasi Pemerintahan Daerah dan diturunkan ke dalam dimensi-dimensi. trimakasih pak atas bantuannya.

  105. gilaaaa.. nyelesai’in tugas pkn susah amat yaa!!!

  106. pak .. bisa disebutin gak contoh dari sumber hukum formil yang kebiasaan atau praktek administrasi negara ..
    dalam kehidupan sekarang contohnya apa ya pak ..?
    trimakasih ..

  107. […] PPT File Name: Pengantar ilmu administrasi negara bag 2 | cari ilmu Source: massofa.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 309 pengikut lainnya.