Pengantar Ilmu Administrasi Negara Bag 1

Pengantar Ilmu Administrasi Negara

Bag 1

Pengertian Administrasi

Administrasi adalah sebuah istilah yang bersifat generik, yang mencakup semua bidang kehidupan. Karena itu, banyak sekali definisi mengenai administrasi. Sekalipun demikian, ada tiga unsur pokok dari administrasi. Tiga unsur ini pula yang merupakan pembeda apakah sesuatu kegiatan merupakan kegiatan administrasi atau tidak. Dari definisi administrasi yang ada, kita dapat mengelompokkan administrasi dalam pengertian proses, tata usaha dan pemerintahan atau adminsitrasi negara. Sebagai ilmu, administrasi mempunyai berbagai cabang, yang salah satu di antaranya adalah administrasi negara.

Administrasi negara juga mempunyai banyak sekali definisi, yang secara umum dapat dibagi dalam dua kategori. Pertama, definisi yang melihat administrasi negara hanya dalam lingkungan lembaga eksekutif saja. Dan kedua, definisi yang melihat cakupan administrasi negara meliputi semua cabang pemerintahan dan hal-hal yang berkaitan dengan publik.

Terdapat hubungan interaktif antara administrasi negara dengan lingkungan sosialnya. Di antara berbagai unsur lingkungan sosial, unsur budaya merupakan unsur yang paling banyak mempengaruhi penampilan (performance) administrasi negara.

Sejarah Pertumbuhan Administrasi Negara

Dari uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa terdapat tali sejarah yang merakit perkembangan administrasi negara. Apa yang dicapai dan diberikan oleh administrasi negara sekarang, tidak lepas dari upaya-upaya yang tidak kenal lelah yang telah dilakukan oleh para peletak dasar dan pembentuk administrasi yang dahulu. Administrasi modern penuh dengan usaha untuk lebih menekan jabatan publik agar mempersembahkan segala kegiatannya untuk mewujudkan kemak-muran dan melayani kepentingan umum. Karena itu, administrasi negara tidak dipandang sebagai administrasi “of the public”, tetapi sebaliknya adalah administrasi “for the public”.

Ide ini sebenarnya bukanlah baru. Orientasi semacam ini telah dicanangkan dengan jelas dalam ajaran Confusius dan dalam “Pidato Pemakaman” Pericles, bahkan dalam kehidupan bangsa Mesir kuno. Bukti – bukti sejarah dengan jelas membuktikan upaya-upaya yang sistematis, yang dikobarkan oleh tokoh-tokoh seperti Cicero dan Casiodorus. Selama abad ke-16 – 18 tonggak kemapanan admi-nistrasi negara Jerman dan Austria telah dipancangkan oleh kaum Kameralis yang memandang administrasi sebagai teknologi. Administrasi negara juga memperoleh perhatian penting di Amerika, terutama setelah negara ini merdeka.

Apa yang dikemukakan oleh Cicero dalam De Officiis misalnya, dapat ditemukan dalam kode etik publik dari kerajaan-kerajaan lama. Hal yang umum muncul di antara mereka adalah adanya harapan agar administrasi negara melakukan kegiatan demi kepentingan umum dan selalu mengembangkan kemakmuran rakyat. Dengan kata lain, administrasi negara tidak seharusnya mengeruk kantong kantornya (korupsi) demi kepentingan dirinya sendiri.

Pendekatan Administrasi Negara Modern

Perkembangan evolusioner administrasi negara diuraikan melalui pendekatan tradisional, pendekatan perilaku, pendekatan pembuatan keputusan (desisional) dan pendekatan ekologis. Secara khusus, pendekatan tradisional mengungkapkan tentang pengaruh ilmu politik, sebagai induk administrasi negara, pendekatan rasional dalam administrasi dan pengaruh Gerakan Manajemen Ilmiah terhadap perkembangan administrasi negara.

Di antara empat pendekatan yang diajukan, tidak ada satu pun pendekatan yang lebih unggul daripada pendekatan-pendekatan yang lain, karena setiap pendekatan berjaya pada sesuatu masa, di samping kesadaran bahwa setiap pendekatan mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Karena administrasi mengandung berbagai macam disiplin, sehingga cara pendekatan dan metodologi dalam administrasi juga beraneka ragam, maka administrasi negara merupakan bidang kajian yang dinamis. Selanjutnya sukar untuk secara khusus menerapkan satu-satunya pendekatan terbaik terhadap aspek administrasi tertentu. Kiranya lebih bermanfaat untuk mempergunakan keempat cara pendekatan tersebut sesuai dengan aksentuasi dari sesuatu gejala yang diamati.

Pengaruh politik terhadap administrasi negara selalu besar, tidak peduli kapan pun masanya. Hal ini disebabkan oleh adanya gejala di semua negara yang menunjukkan bahwa setiap pemerintah disusun di atas tiga cabang pemerintahan (legislatif, eksekutif, dan yudikatif). Hubungan terus menerus administrasi dengan politik mencerminkan keberlanjutan hubungan antara lembaga eksekutif dengan lembaga legislatif, sebagaimana dicerminkan dalam dua tahap pemerintahan, yakni tahap politik dan tahap administrasi. Jika tahap pertama merupakan tahap perumusan kebijakan, maka tahap kedua merupakan tahap implementasi kebijakan yang telah ditetapkan dalam tahap pertama.

PENTINGNYA STUDI ADMINISTRASI NEGARA

Kekhususan Administrasi Negara

Administrasi negara mempunyai banyak definisi yang berbeda satu sama lain, sesuai dengan cakupan dan pusat perhatian. Sekalipun demikian, jika administrasi negara dibandingkan dengan organisasi sosial yang lain, maka segera terungkap bahwa administrasi negara mempunyai hal-hal yang bersifat khusus yang tidak dimiliki oleh organisasi-organisasi lainnya. Caiden (1982) menunjukkan tujuh kekhususan administrasi negara, yaitu

  1. Kehadiran administrasi negara tidak bisa dihindari.

  2. Administrasi negara mengharapkan kepatuhan.

  3. Administrasi negara mempunyai prioritas.

  4. Administrasi negara mempunyai kekecualian.

  5. Manajemen puncak administrasi negara adalah politik.

  6. Penampilan administrasi negara sulit diukur.

  7. Lebih banyak harapan yang diletakkan pada administrasi negara.


Identifikasi Administrasi Negara

  1. Identifikasi terhadap administrasi negara, menurut pandapat Gerald E. Caiden,dapat ditempuh melalui lima cara berikut:
    a. Identifikasi administrasi pemerintahan.
    b. Identifikasi organisasi publik.
    c. Identifikasi orientasi sikap administrasi.
    d. Identifikasi proses yang bersifat khusus.
    e. Identifikasi aspek publik.

  2. Administrasi negara tidak bisa diidentifikasikan hanya atas dasar salah satu dari ke empat indikator berikut : administrasi pemerintahan, organisasi publik, sikap administrasi dan proses yang bersifat khusus.

  3. Lima identifikasi mengandung unsur yang bersifat umum, yakni : administrasi negara menunjukkan aktivitas komunal yang diorganisasikan secara publik, dalam arahan politik, dan beroperasi berdasarkan kaidah-kaidah publik.


Peranan Administrasi Negara

Pentingnya studi administrasi Negara dikaitkan dengan kenyataan bahwa kehidupan menjadi tak bermakna, kecuali dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat public. Segala hal yang berkenaan dengan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang bersifat public telah dicakup dalam pengertian administrasi Negara, khususnya dalam mengkaji kebijaksanaan publik.

Dalam proses pembangunan sebagai konsekuensi dari pandangan bahwa administrasi Negara merupakan motor penggerak pembangunan, maka administrasi Negara membantu untuk meningkatkan kemampuan administrasi. Artinya, di samping memberikan ketrampilan dalam bidang prosedur, teknik, dan mekanik, studi administrasi akan memberikan bekal ilmiah mengenai bagaimana mengorganisasikan segala energi social dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan. Dengan demikian, determinasi kebijaksanaan public, baik dalam tahapan formulasi, implementasi, evaluasi, amupun terminasi, selalu dikaitkan dengan aspek produktifitas, kepraktisan, kearifan, ekonomi dan apresiasi terhadap system nilai yang berlaku.

Peranan administrasi Negara makin dibutuhkan dalam alam globalisasi yang amat menekankan prinsip persainagn bebas. Secara politis, peranan administrasi Negara adalah memelihara stabilitas Negara, baik dalam pengertian keutuhan wilayah maupun keutuhan politik. Secara ekonomi, peranan administrasi Negara adalah menjamin adanya kemampuan ekonomi nasional untuk menghadapi dan mengatasi persaingan global

Krisis Identitas

Krisis identitas yang dialami administrasi negara, menurut Henry (1995:21), berkisar pada persoalan bagaimana administrasi negara memandang dirinya sendiri dalam waktu-waktu silam. Secara rinci krisis identitas dimaksud menunjukkan bahwa:

  1. Krisis identitas yang dihadapi administrasi negara bertumpu pada tiadanya kesepakatan tentang administrasi negara sebagai ilmu ataukah bukan.

  2. Sesuatu pengetahuan dapat dipandang sebagai ilmu apabila memenuhi dua ukuran berikut:
    a. mempunyai paradigma teoritis;
    b. mempunyai teori-inti.

  3. Nicholas Henry menunjukkan adanya lima paradigma administrasi negara, yang terdiri dari
    a. Dikhotomi politik-administrasi (1900-1927);
    b. Prinsip-prinsip adiministrasi (1927-1937);
    c. Administrasi negara sebagai ilmu politik (1950-sampai sekarang);
    d. Administrasi negara sebagai ilmu administrasi (1956-1970);
    e. Administrasi negara sebagai administrasi negara (1970-sampai sekarang)

  4. Administrasi negara dapat dipandang sebagas studi multidisipliner yang bersifat eklektis karena banyak konsep yang dipinjam dari ilmu-ilmu lain.


HUBUNGAN ADMINISTRASI NEGARA DENGAN ILMU-ILMU YANG LAIN

Hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu-ilmu Lain

  1. Administrasi negara, sebagai salah satu cabang dari ilmu sosial, kehidupannya berlangsung dalam suatu lingkungan sosial tertentu, sehingga perwujudan aktivitasnya senantiasa berhubungan erat dengan berbagai cabang ilmu sosial, khususnya dengan ilmu sejarah, antropologi budaya, ilmu ekonomi, administrasi niaga, ilmu jiwa, sosiologi dan ilmu politik.

  2. Perspektif administrasi negara akan lebih gampang diungkapkan dengan mempergunakan analisis sejarah dan antropologi budaya. Penggunaan analisis antropologi budaya akan melengkapi analisis sejarah.

  3. Ilmu ekonomi menyumbangkan analisis biaya dan manfaat, sedang administrasi niaga menyumbangkan konsep PPBS dan makna Gerakan Manajemen Ilmiah kepada administrasi negara. Sementara ilmu jiwa membantu untuk memahami individu dalam situasi administrasi.

  4. Sosiologi telah memberikan pambahasan yang mendalam mengenai birokrasi dan kooptasi, yang merupakan hal-hal yang amat menonjol dalam studi administrasi Negara


Hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Politik

  1. Hubungan antara administrasi negara dan ilmu politik telah berjalan lama, karena secara praktis tidak ada batas yang tegas antara politik dan administrasi.

  2. Orientasi politik dalam studi administrasi negara meletakkan administrasi negara sebagai satu elemen dalam proses pemerintahan. Administrasi negara dipandang sebagai satu aspek dari proses politik dan sebagai bagian dari sistem pemerintahan.

  3. Munculnya dikhotomi politik-administrasi sebenarnya merupakan gerakan koreksi terhadap buruknya karakter pemerintah.

  4. Dalam perkembangannya, orientasi politik dalam studi administrasi negara di kombinasikan dengan orientasi manajerial yang dikenal dengan orientasi politik-manajerial, dan orientasi sosio-psikologis yang dikenal dengan orientasi politik-sosio-psikologis

Masalah Focus dan Locus dari Administrasi Negara

  1. Menurut Nicholas Henry, administrasi negara mengenal lima paradigma berikut:
    Paradigma 1 : Dikhotomi politik-administrasi (1900-1926).
    Paradigma 2 : Prinsip – prinsip administrasi negara (1927-1937).
    Paradigma 3 : Administrasi negara sebagai ilmu politik (1950-1970)
    Paradigma 4 : Administrasi Negara sebagai ilmu administrasi (1956-1970).
    Paradigma 5 : Administrasi negara sebagai administrasi negara (1970 – sampai sekarang).

  2. Lima paradigma tersebut bersifat tumpang tindih atau “overlaping”. Di mana “locus” (tempat = letak) dan “focus” (yang diperhatikan) administrasi negara saling berganti .

  3. Paradigma 1 lebih mementingkan “locus”, paradigma 2 menonjolkan “focus”, paradigma 3 kembali lebih mementingkan “locus”, sedang paradigma 4 mementingkan “focus”, dan paradigma 5 berusaha untuk mengaitkan antara “focus” dan “locus” dari administrasi negara.


Masalah Focus dan Locus dari Administrasi Negara

  1. Menurut pendapat Maurice Spiers pendekatan-pendekatan dalam administrasi negara adalah pendekatan matematik, sumber daya manusia dan sumber daya umum. Sedang menurut Robert Presthus adalah pendekatan institusional, struktural, perilaku, dan pasca perilaku. Bagi Thomas J. Davy pendekatan yang dimaksud terdiri dari manajerial, psikologis, politis, dan sosiologis.

  2. Pendekatan proses administrasi memandang administrasi sebagai satu proses kerja yang dipergunakan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Pendekatan ini juga seringkali disebut dengan pendekatan operasional.

  3. Pendekatan empiris hendak melakukan generalisasi atas kasus-kasus yang telah terjadi secara sukses. Pendekatan ini seringkali disebut juga sebagai pendekatan pengalaman.

  4. Pendekatan perilaku manusia memandang bahwa pencapaian tujuan-tujuan organisasi tergantung pada penerapan prinsip-prinsip psikologis. Pendekatan ini telah menampilkan aspek manusia sebagai elemen utama administrasi.

  5. Pendekatan sistem sosial memandang administrasi sebagai satu sistem sosial. Kesadaran akan berbagai keterbatasan organisasi dapat menumbuhkan semangat kerjasama di antara anggota-anggota organisasi.

  6. Pendekatan matematik memandang model-model matematik dapat diterapkan pada administrasi, dengan tujuan untuk melakukan peramalan.

  7. Pendekatan teori keputusan memandang pembuatan keputusan sebagai fungsi utama administrasi. Semula pendekatan ini hanya membahas dan melakukan evaluasi terhadap alternatif-alternatif dalam memilih tindakan yang akan diambil, tetapi kemudian pendekatan ini juga mengkaji semua aktivitas organisasi.


ORGANISASI ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN

Organisasi

  1. Ada dua pengertian yang seringkali dipergunakan untuk maksud yang sama, yakni pengertian organisasi dan pengertian institusi. Keduanya sebenarnya berbeda, Organisasi lebih menunjukkan ikatan-ikatan struktural, sedang institusi lebih menampilkan ikatan-ikatan normatif sosial.

  2. Bertitik tolak dari kesadaran akan arti pentingnya organisasi dalam kehidupan sosial, berkembang berbagai macam teori organisasi. Teori-teori organisasi ini dapat dibagi dalam tiga kelompok teori berikut: model tertutup, model terbuka, dan model sintesis.

  3. Bentuk organisasi yang paling banyak dijumpai adalah organisasi lini dan staf. Dalam organisasi yang demikian, anggota organisasi terbagi dua: yang berkaitan dengan implementasi organisasi disebut unit lini, dan mereka yang mempunyai aktivitas untuk memberikan nasihat kepada pimpinan disebut unit staf.

  4. Koordinasi dapat dipandang sebagai konsekuensi dari adanya pembagian tugas atau spesialisasi. Koordinasi merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk menyatupadukan semua aktivitas organisasi menuju titik yang sama. Sedangkan fungsi pengawasan dilakukan untuk membuat kegiatan yang dilakukan satuan kerja atau unit-unit organisasi berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat dicegah kegiatan-kegiatan yang menyimpang dari rencana.

Dasar-dasar Manajemen

Perkembangan teori manajemen, menurut pendapat Leonard J. Kazmier, dapat dibagi dalam empat periode yakni:

  1. Gerakan manajemen ilmiah

  2. Prinsip-prinsip umum manajemen

  3. Pengaruh dari ilmu perilaku

  4. Pendekatan sistem dan kuantitatif.


Fungsi-Fungsi P.O.S.D.Co.R.B. dalam Administrasi Negara

  1. Yang mengembangkan tujuh prinsip POSDCoRB adalah Luther H. Gullick. POSDCoRB adalah akronim dari “planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, budgeting”. Menurut Gullick ketujuh aktivitas inilah yang pada umumnya dijalankan oleh manajer pada semua organisasi.

  2. Perencanaan adalah kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan penyusunan garis-garis besar yang memuat sesuatu yang harus dikerjakan, dan metode-metode untuk melaksanakannya dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Henry Fayol telah menunjukkan adanya 8 kriteria bagi suatu rencana yang baik. Dalam pemerintahan, dikenal tiga macam perencanaan, yakni: perencanaan jangka panjang, menengah, dan pendek.

  3. Yang dimaksudkan dengan pengorganisasian adalah aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan penyusunan struktur yang dirancang untuk membantu pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Pengorganisasian sebenarnya merupakan proses mengorganisasikan orang-orang untuk melaksanakan tugas pokoknya. Karena itu, dalam administrasi negara masalah organisasi dan personalia merupakan dua faktor utama.

  4. Yang dimaksudkan dengan penyediaan staf adalah.pengarahan dan latihan sekelompok orang yang mengerjakan sesuatu tugas, dan memelihara kondisi kerja yang menyenangkan. Dalam upaya mengembangkan staff metode yang dapat dipergunakan, antara lain: latihan jabatan, penugasan khusus, simulasi, permainan peranan, satuan tugas penelitian, pengembangan diri dan seterusnya. Sementara itu ada tiga tipe program pengembangan staf yang terdiri dari: “presupervisory programs”, “middle management programs” dan “executive development programs”.

  5. Yang dimaksudkan dengan pengarahan adalah pembuatan keputusan-keputusan dan menyatukan mereka dalam aturan yang bersifat khusus dan umum. Fungsi pengarahan melibatkan pembimbingan dan supervisi terhadap usaha-usaha bawahan dalam rangka pencapalan sasaran-sasaran organisasi. Dalam kaitannya dengan fungal ini, ilmu-ilmu perilaku telah memberikan sumbangan besar dalam bidang-bidang motivasi dan komunikasi.

  6. Yang dimaksudkan dengan pengkoordinasian adalah kegiatan-kegiatan untuk mempertalikan berbagai bagian-bagian pekerjaan dalam sesuatu organisasi. Mengenai koordinasi ada beda pandang antara beberapa sarjana. Di satu pihak ada yang memandangnya sebagai fungsi manajemen. Sedang pihak yang lain, menganggapnya sebagai tujuan manajemen. Dalam pandangan yang kedua, keberhasilan koordinasi sepenuhnya tergantung pada keberhasilan atau efektivitas dart fungsi-fungsi perercanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.

  7. Dengan pelaporan dimaksudkan sebagai fungsi yang berkaitan dengan pemberian informasi kepada manajer, sehingga yang bersangkutan dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan kerja. Jalur pelaporan dapat bersifat vertikal, tetapi dapat juga bersifat horizontal. Pentingnya pelaporan terlihat dalam kaitannya dengan konsep sistem informasi manajemen, yang merupakan hal penting dalam pembuatan keputusan oleh manajer.

  8. Penganggaran adalah fungsi yang berkenaan dengan pengendalian organisasi melalui perencanaan fiskal dan akutansi. Sesuatu anggaran, baik APBN maupun APBD, menunjukkan dua hal: pertama sebagai satu pernyataan fiskal dan kedua sebagai suatu mekanisme. Allen Schick mengungkapkan adanya tiga tujuan anggaran: pengawasan, manajemen, dan perencanaan. Sedangkan fungsi anggaran berdasarkan perjalankan historisnya terdiri dari empat macam yaitu: fungsi kontrol, fungsi manajemen, fungsi perencanaan, dan fungsi evaluasi.

BIROKRASI

Pengertian Birokrasi

  1. Birokrasi harus dicerna sebagai satu fenomena sosiologis. Dan birokrasi sebaiknya dipandang sebagai buah dari proses rasionalisasi.

  2. Konotasi atau anggapan negatif terhadap birokrasi sebenarnya tidak mencerminkan birokrasi dalam sosoknya yang utuh. Birokrasi adalah salah satu bentuk dari organisasi, yang diangkat atas dasar alasan keunggulan teknis, di mana organisasi tersebut memerlukan koordinasi yang ketat, karena melibatkan begitu banyak orang dengan keahlian-keahlian yang sangat bercorak ragam.

  3. Ada tiga kecenderungan dalam merumuskan atau mendefinisikan birokrasi, yakni: pendekatan struktural, pendekatan behavioral (perilaku) dan pende-katan pencapaian tujuan.

Tipe Ideal Birokrasi dari Max Weber

  1. Apa yang telah dikerjakan oleh Max Weber adalah melakukan konseptualisasi sejarah dan menyajikan teori-teori umum dalam bidang sosiologi. Di antaranya yang paling menonjol adalah teorinya mengenai birokrasi.

  2. Cacat-cacat yang seringkali diungkapkan sebenarnya lebih tepat dicerna sebagai disfungsi birokrasi. Dan lebih jauh lagi, birokrasi itu sendiri merupakan kebutuhan pokok peradaban modern. Masyarakat modern membutuhkan satu bentuk organisasi birokratik. Pembahasan mengenai birokrasi mempunyai kemiripan dengan apa yang diamati oleh teori organisasi klasik.

  3. Dalam membahas mengenai otorita. Weber mengajukan 3 tipe idealnya yang terdiri dari: otorita tradisional, kharismatik dan legal rasional. Otorita tradisional mendasarkan diri pada pola pengawasan di mana legimitasi diletakkan pada loyalitas bawahan kepada atasan. Sedang otorita kharismatik menunjukkan legimitasi yang didasarkan atas sifat-sifat pribadi yang luar biasa. Adapun otorita legal rasional kepatuhan bawahan di dasarkan atas legalitas formal dan dalam yurisdiksi resmi.

  4. Kelemahan dari teori Weber terletak pada keengganan untuk mengakui adanya konflik di antara otorita yang disusun secara hirarkis dan sulit menghubungkan proses birokratisasi dengan modernisasi yang berlangsung di negara-negara sedang berkembang.

  5. Tipologi yang diajukan oleh Weber, selanjutnya dikembangkan oleh para sarjana lain, seperti oleh Fritz Morztein Marx, Eugene Litwak dan Textor dan Banks.

Karakteristik Birokrasi

  1. Menurut Dennis H. Wrong ciri struktural utama dari birokrasi adalah: pembagian tugas, hirarki otorita, peraturan dan ketentuan yang terperinci dan hubungan impersonal di antara para pekerja.

  2. Karakteristik birokrasi menurut Max Weber terdiri dari: terdapat prinsip dan yurisdiksi yang resmi, terdapat prinsip hirarki dan tingkat otorita, manajemen berdasarkan dokumen-dokumen tertulis, terdapat spesialisasi, ada tuntutan terhadap kapasitas kerja yang penuh dan berlakunya aturan-aturan umum mengenal manajemen.

  3. Ada dua pandangan dalam merumuskan birokrasi. Pertama, memandang birokrasi sebagai alat atau mekanisme. Kedua, memandang birokrasi sebagai instrumen kekusaan.

  4. Ada tujuh hal penting yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan organisasi birokratik.


Pentingnya Birokrasi

  1. Teori yang lama memandang birokrasi sebagai instrumen politik. Tetapi dalam perkembangan selanjutnya, teori tersebut ditolak, dengan menyatakan pentingnya peranan birokrasi dalam seluruh tahapan atau proses kebijakan publik.

  2. Menurut Robert Presthus, pentingnya birokrasi diungkapkan dalam peranan-nya sebagai “delegated legislation”, “initiating policy” dan”internal drive for power, security and loyalty”.

  3. Dalam membahas birokrasi ada tiga pertanyaan pokok yang harus diperhati-kan, (1) bagaimana para birokrat dipilih, (2) apakah peranan birokrat dalam pembuatan keputusan, dan (3) bagaimana para birokrat diperintah. Dalam hubungannya dengan pertanyaan kedua, hal pertama yang perlu disadari adalah ada perbedaan antara proses pembuatan keputusan yang aktual dengan yang formal. Dalam kenyataan birokrat merupakan bagian dari para pembuat keputusan.

  4. Pentingnya peranan birokrasi amat menonjol dalam negara-negara sedang berkembang di mana mereka semuanya telah memberikan prioritas kegia-tannya pada penyelenggaraan pembangunan nasional. Di negara-negara ini

Kelemahan dan Problema dalam Birokrasi

  1. Kelemahan-kelemahan birokrasi terletak dalam hal:
    a. penetapan standar efisiensi yang dapat dilaksanakan secara fungsional
    b. terlalu menekankan aspek-aspek rasionalitas, impersonalitas dan hirarki
    c. kecenderungan birokrat untuk menyelewengkan tujuan-tujuan organisasi
    d. berlakunya pita merah dalam kehidupan organisasi

  2. Kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam birokrasi sebenarnya tidak berarti bahwa birokrasi adalah satu bentuk organisasi yang negatif, tetapi seperti dikemukakan oleh K. Merton lebih merupakan “bureaucratic dysfunction” dengan ciri utamanya “trained incapacity”.

  3. Usaha-untuk memperbaiki penampilan birokrasi diajukan dalam bentuk teori birokrasi sistem perwakilan. Asumsi yang dipergunaksn adalah bahwa birokrat di pengaruhi oleh pandangan nilai-nilai kelompok sosial dari mana ia berasal. Pada gilirannya aktivitas administrasi diorientasikan pada kepen-tingan kelompok sosialnya. Sementara itu, kontrol internal tidak dapat dijalankan. Sehingga dengan birokrasi sistem perwakilan diharapkan dapat diterapkan mekanisme kantrol internal. Teori birokrasi sistem perwakilan secara konseptual amat merangsang, tetapi tidak mungkin untuk diterapkan. Karena teori ini tidak realistik, tidak jelas kriteria keperwakilan, emosional dan mengabaikan peranan pendidikan.

About these ads

117 Tanggapan

  1. Thanks its usefull

  2. pa………….
    kalau bisa, minta websidenya pengertian ttng hkm ADM ngara donk………

  3. bisa g saya minta tolong artikel tentang Pengantar Ilmu Politik

  4. Pak, bisa ga saya minta penjelasan ttg paradigma baru dari administrasi negara selain dari Nicholas Henry???

  5. diantara tipe ideal birokrasi adalah adanya pemisahan antara manajemen dan kepemilikan, tolong diberi gambaran konkrit jika konteks tersebut dalam borokrasi pemerintah

  6. terima kasih pak, buat informasinya…
    semoga Tuhan melipatgandakan amal baik bapak dan keluarga…

  7. Terima kasih, nanti saya akan sering2 mampir ke sini.

  8. maju terussss….
    tingkatkan informasinya ya…
    thanx udah membantu tugas saya…
    muach…muach,,,,muach…

  9. maaf saya mengcopy tulisan Bapak…

    trims…

  10. cariin dong ruang lingkup ilmu administrasi negara

  11. Mantap pisan euy, thanx…………..

  12. makasi y pak…
    tulisannya saya jadikan referensi y,,,,
    thx…

  13. pak maaf, copy paste y,,
    >.<
    bisa dijabarkan 7 point dari kekhususan administrasi negara?
    & 5 point dari identifikasi administrasi negara?
    mkasi y pak,,

  14. Makasih ……..pak Karya tulismu ku jadikan sebagai referensi di Universitas Nasional Timor -Loro sa,e ,Fakultas ekonomi .

  15. maf pakde, putri copy paste ada tugas ni
    trims…
    kapn2 boleh copy lg ya pakde bt referensi.

  16. paaakk…
    tolong bantu saya donk pak..
    sarana administrasi negara dalam :
    -MAN
    -MONEY
    -MATERIAL
    -METHOD
    -MACHINE
    -MARKET
    itu pak tugas sayaaa..
    bantuin yah pak…

  17. maaf pak saya copy ya

  18. tolong terangkan hubungan ilmu administrasi negara dengan ilmu ekonomi. trims

  19. arigatoo gozaimasu ne..
    very usefull

  20. pa saya mau tanya
    menurut nicholas henry bahwapada paradigma ke 5 adm. negara mempunyai prinsip2 tersendiri? jelaskan!
    ini tugas saya pak , saya minta tolong pak. thank’s

  21. pa saya mau tanya:
    1.dalam adm. negara yg tujuannya public service, maka kualitas pelayanan harusmenjadihal yang diperhatikan. coba telaah apakah kualitas birokrasi pemerintah sudah memenuhi kualitas pelayanan yang baik dan berikan contoh konkretnya!
    2. salahsatu indikator kualitas pelayanan adalah komunikasi. komunikasi apakah yang dapat meningkatkan kualitas pelayanansehingga masyarakat terpuaskan?
    itulah pa tugas saya tulong bantu saya pa. thanks

  22. maaf pak, mau nanya, apa hub. adm publik kaitannya dengan budaya dan lingkungan

  23. minta tolong,,,,
    konsep tentang koordinasi pembangunan dalam administrasi.
    kirim ke mail saya yach.
    kalau bisa hari ini….
    penting banget
    tolong yach pak

  24. pak minta tolong bahas tentang perkembangan teori adminitrasi publik/negara beserta arah perkembangannya ke arah mana?

  25. paaaaak…..
    copi paste bolee iia , bwa referensii nii paaa .
    thanksss paaa iia ….

  26. pak . saya masih kelas 3 sma pgn masuk IAN apa yang seharusnya saya pelajari , untuk menjadi dasar besok saya kuliah ?

  27. pak…..
    saya copy paste sedikit ya,,,,,cuma dari segi pendekatannya saja kok ^^

  28. buat silvi bisa contact aku di lake_6978@yahoo.com

  29. trims pa pemaparannya sangat bagus

  30. pak, saya mw nanya ne…………
    bagaimana perkembangan ilmu administrasi negara itu sampai sekarang ini.

    trims………

  31. pak…
    tolong bantu saya dalam menjabarkan..
    sarana administrasi negara dalam 6 M:
    -MAN (sumber daya aparatur)
    -MONEY (anggaran)
    -MATERIAL (sarana dan prasarana)
    -METHOD (dalam hal ini prosedur)
    -MACHINE (sarana dan prasarana)
    -MARKET (dalam hal ini masyarakat)
    bantuin yah pak…

    • fi, mmg dalam administrasi negara dapat tugas kaya gt?? koq aku blm dapat ya?? mmg kamu jurusan apa dan semester berapa??

  32. gilleee beneerrr thanks buanget saya lg bingung cari acuan buat makalah eeee pas buka ada seneng buangeet dech….

    thanks ya pak……….

  33. oo..iya saat ini sy sedang mengambil S2 di salah satu PTS Jakarta…. sering2 ya buat ilmu onlinenya…….

  34. pak mau nanya ni……….
    soal topik organisasi internasional dalam perspektif krisis global berkaitan dengan perkembangan administrasi negara………

    mohon petunjuknya ya…………………….

    terimakasih sebelumnya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  35. thanks atas tulisan nya.dah saya copy gitoe loeeeee.moga Tuhan memberkati.

  36. Alhamdulillah, Trims Bapak, Insya Allah bermanfaat

  37. kajian adm negara menurut felix nigro apa saja?
    keterkaitan adm negara dengan pelayanan apa?
    terima kasih sebelumnya

  38. selamat pagi pak’
    mungkin bisa dijelaskan administrasi negara hubungan nya dengan militer

  39. PAK BISA BERI CONTOH KONSEP-KONSEP YANG ADA PADA TATARAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA.,
    THANKS BEFORE

  40. Pak, seiring dg perkembangan jaman Ilmu Adm Publik sngat kompleks didlam mengubah tatanan pemerintahan untuk menuju good governance…
    sistem pemerintahan apakah yg paling cocok diterapkan di negara kita?

  41. ADA sejarahnya ga………..

  42. saya mau memilik buku-buku ilmu adm negara.

  43. pak, tolong dong jelskan: 1.pengertian dan konsep administrasi negara. 2.study administrasi negara. 3.area kajian administrasi negara. 4.komponen administrasi negara. 5.manajemen ilmiah dan hubungan-hubungan manusia. thanks!

  44. Tlng dong…
    Mslah paradigma administrasi ngra lebih d perlengkp….

  45. brow klo boleh ku sarankan cari aja literaturnya di perpus lebihlengkap.OK!

  46. ilmu on line na tetep di perjuangkan ya,,,
    mahasiswa perlu banget,

  47. pak.
    tolong jelaskn hub antara sosiologi dgn administrasi negara,
    thx b4

    • 1.Administrasi negara tidak pernah berlangsung dalam suasana vakum tapi selalu dalam suatu lingkungan sosial
      2.Sosiologi mempelajari norma/kaidah sosial, lembaga sosial, kelompok sosial dan lapisan sosial yang telah memberikan warna pada administrasi negara
      3.Konsep sosiologis yang dipakai misalnya kajian tentang birokrasi dan kooptasi

  48. Terimakasih atas ilmu yang sudah dibagikan Pak, semoga dibalas dengan pahala yang berlipat oleh Allah, amin.

  49. TERIMA KASIH pakde

  50. TERIMA KASIH pakde karena anda baik hati murah hati dan tidak sombong saya mohon ijin tulisannya saya pergunakan untuk tugas sekali lagi terima kasih

  51. numpang baca ya pak…Trims!

  52. Bapak terima kasih banyak yach, semoga Allah SWT merahmati kebaikan bapak. Amien.

  53. Pak,Maaf saya copy yach…thaks buanget ilmunya….

  54. thanks bwt informasinya

  55. Bapak,
    saja ijin copy yah,,,

    sangat bermanfaat ilmunya,,

  56. wah penjelasannya detail juga buat yang mau belajar administrasi publik..sukses selalu pa

  57. yang lebih rinci dong penjelasannya

  58. Bagus sekali ini, bisa jadi tambahan ilmu ^_^

  59. pak tlg jelaskan kalau selesai administrasi negara
    itu kalau pemerintahan itu kerja dibagian apa….

  60. konsep ilmu administrasi negara pa ja pak?trus pengertian administrasi negara sebagai ilmu dan administrasi negara sebagai seni itu apa pak?terima kasih

  61. pak saya minta tlong banget…..minta sejarah ilmu administrasi negara…

  62. tolong jelaskan paradigma administrasi publik model 7…
    thankz

  63. thanx a lot. it help me

  64. pak, kapan bab. II

  65. prospek kerjanya dimana??

  66. Pak bagus sekali materinya Mohon ijin copy tuk nambah ilmu. Makasih

  67. pak aku mau nanya hubungan ilmu adminitrasi negara dengan sosiologi itu gmanan

  68. Pak…minta tolong penjelasannya tentang aliran ilmu administrasi negara…
    thx ya…

  69. pak perbandingan sistem administrasi negara dengan pendekatan

  70. Terima Kasih Pak…ini sangat membantu saya dalam mengatur n sistem yg baek dalam kntor saya…terima kasih

  71. thanks ^_^
    sangat membantu infox… :)

  72. Dalam bidang pekerjaan apa yg tepat&cocok untuk seseorang lulusan administrasi negara?
    Dan bagaimana solusi untuk masyarakat agar mengetahui administrasi bukan hanya catat mencatat,tata usaha & pengelolaan kantor?

    Pak saya ingin mendalami ilmu administrasi negara, boleh minta link nya atau refrensi buku” tetang administrasi negara?

  73. pak klo bsa tlg dijelasin hubungan ilmu adm negara dngan ilmu tata negara
    trimakasih.

  74. bgusi bgt pak isinya!

    izin copy y pak!

    smoga brkah buat bpk!

  75. pak apakah adminitrasi negara bnyak ngitung ya

  76. Pak kalau boleh dijawAb.
    Apa arti dan makna yang sebenarnya dari ilmu administrasi negara ?????
    ( Apa itu ilmu administrasi negara )

  77. Pak artikelx good sngat membntu saya sbgai maba Adm

  78. Bagus banget materix pak, z seng sX membacax.

    Terima kasi baxk pak atas materix.

  79. terima kasih atas ……………

  80. ok ok

  81. pak saya mau tanya nih
    administrasi negara ituapakah sebgai ilmu atau tidak pak
    terima kasih

    • bng cpa yg susun hukum administrasi negara yg sampulny warna merah…..

      tlg ea bng beritw sekrg ni penting bangetttt……..

      maksih….

  82. pak tolong jelaskan

    hubungan adminstrasi negara dan ilmu sejara
    ______________________________ ekonomi
    _______________________________ sosiologi
    ________________________________ jiwa
    _______________________________ antropologi budaya dan administrasi niaga

  83. Pak tolong jelaskan apa batasan dan posisi administrasi negara

  84. THANKS BOS…. :)

  85. hmmmmm,,, knpa yaaa administrasi slalu d kaitkan hal2 brbau uang dan lain sbgainya,,,,,

  86. sangat membantu saya untuk mempelajari ilmu administrasi negara pak :)
    banyak hal yang harus saya saya pelajari tentang ilmu administrasi negara :)

  87. apa pariwisata juga dipelajari dalam pendidikan ini? tolong jelaskan dan tolong reply ke pesan facebook saya secepatnya. terima kasih :)

  88. copas ya pak<,mau ngerjain tugas ne, makasi sebelumnya

  89. bsa di jelaskan tentang perkembangan biakrasi dalam menajemen pembangunan Negara..
    dan apa bedaxa negara dan niaga

  90. asslm.. pak saya andri mau nanya ni pak..
    uraian dengan contoh pendekatan manajemen dalam administrasi Negara..
    trims pak

  91. salam pak..
    saya zakky,,
    menurut bapak,
    teori apa saja yang membedakan , atau apa beda dari manajemen umum dan manajemen publik pak?
    matur nuwun

  92. terimakasih ,, buat mengingat kembali ,,

  93. terima kasih informasi nya

  94. bos apa hubungannya Administrasi Negara Dengan Ilmu Ekonomi

  95. pak, bagaimana hubungan pemerintah/ negara dengan masyarakat saai ini jika ditinjau dari dimensi kajian perbandingan administrasi negara..??

  96. terimaksih banyak,,,,,,,ternyata ilmu adminitrasi negara sunggu luas arti dan pemahamannya.

  97. dari sekian banyaknya pencarian yang sudah saya cari,tapi ada yang masih juga belum didapatkan atau sesuai dengan yang saya cari,jadii saya ingin bapak menjawab dari pertanyaan saya ini,bisakah bapak menjelaskan sedetail-detail bagaimana proses terjadinya administrasi itu berlangsung. trimaksih pk sebelumnya,mhon dijwab ya pak.., soalnya ini juga bagian dari tugas saya,yang sulit dimengerti.

  98. terimakasi banyak atas semua informasi yg mengenai administrasi negara dan ini bisa menambah wawasan saya

  99. saya mau tanya, tapi bingung apa yang mau saya tanyakan???

  100. Bos baggaimana sikap tipologi menurut rig untuk menganalisis keadaan

  101. bisa enggak minta makalah tentang hubungan administrasi negara dengan ilmu sejarah

  102. orientasi dari administrasi negara,administrasi niaga dan seni administrasi negara

  103. permisi pa, bisa bantu jawab tugas saya tentang sejarah administrasi publik di anglo saxon, eropa kontinental dan dunia islam? terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 304 pengikut lainnya.