PEMILIHAN METODE MENGAJAR YANG EFEKTIF UNTUK SEKOLAH DASAR

PEMILIHAN METODE MENGAJAR YANG EFEKTIF UNTUK SEKOLAH DASAR


Hubungan Pembelajaran dengan Metode Mengajar

  1. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar diantaranya adalah faktor tujuan pembelajaran, karakteristik materi pelajaran, faktor siswa, faktor alokasi waktu, dan fasilitas penunjang.

  2. Pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan yang banyak melibatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru. Untuk mencapai tujuan pengajaran perlu adanya metode mengajar.

  3. Pemilihan metode mengajar harus mempertimbangkan pengembangan kemampuan siswa yang lebih kreatif inovatif dan dikondisikan pada pembelajaran yang bersifat problematis. Pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri dan belajar secara kelompok.

  4. Metode mengajar memiliki fungsi sentral dalam pembelajaran diantaranya yaitu sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  5. Tujuan pembelajaran yang harus dikembangkan berdasarkan ranah tujuan kognitif, afektif dan psikomotor. Ranah tujuan tersebut akan memungkinkan dicapai pada tujuan yang bersifat umum.

  6. Setiap pemilihan metode mengajar harus didasarkan pada hasil kajian antara perilaku yang diharapkan dengan cara yang akan ditempuh dalam pembe-lajaran.


Hubungan Pengalaman Belajar dengan Metode Mengajar

  1. Pengalaman belajar (learning experience) merupakan suatu proses atau hasil kegiatan belajar yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  2. Penggunaan metode ceramah esensinya menyajikan bahan pelajaran secara lisan oleh guru, yang akan membentuk pengalaman belajar dalam kemampuan menyimak, dan pemahaman terhadap informasi dari materi pelajaran yang disajikan.

  3. Penggunaan metode diskusi esensinya menyajikan bahan pelajaran melalui sesuatu problem yang harus diselesaikan secara bersama dibimbing oleh guru, yang akan membentuk pengalaman belajar siswa dalam menjawab persoalan serta belajar secara kerja sama dan membuat suatu keputusan.

  4. Penggunaan metode simulasi esensinya menyajikan bahan pelajaran melalui objek atau kegiatan pembelajaran yang bukan sebenarnya. Pengalaman belajar yang diperoleh dari metode ini meliputi kemampuan kerja sama, komunikatif, dan mengiterpretasikan sesuatu kejadian.

  5. Penggunaan metode demonstrasi esensinya menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung pada objeknya atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukkan sesuatu proses. Pengalaman belajar yang diperoleh melalui metode ini meliputi kemampuan bekerja dan berpikir secara sistematis, dan mengamati objek yang sebenarnya.

  6. Penggunaan metode eksperimen esensinya menyajikan bahan pelajaran melalui percobaan serta mengamati sesuatu proses. Pengalaman belajar yang akan diperoleh adalah menguji sesuatu, menguji hipotesis, menemukan hasil percobaan dan mengembangkan rasa ingin tahu siswa. Dalam membentuk pengalaman belajar siswa cenderung menggunakan metode-metode yang memiliki kadar CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dan keterampilan proses, serta metode mengajar digunakan secara multi metode dan bervariasi.


Kondisi-kondisi dalam Pencapaian Tujuan Belajar

Beberapa butir penting yang telah Anda pahami dari kegiatan belajar tiga yaitu:

  1. Kondisi-kondisi yang perlu diidentifikasi dalam pencapaian tujuan belajar terdiri atas kondisi internal dan kondisi eksternal. Kondisi internal yaitu kondisi-kondisi yang berasal dari dalam diri siswa, sedangkan kondisi eksternal yaitu kondisi-kondisi yang timbul dari luar diri siswa.

  2. Kondisi internal yang mempengaruhi pencapaian tujuan belajar, diantaranya:

    1. Sikap siswa terhadap proses belajar yang dilakukannya

    2. Motivasi belajar, terutama motivasi intrinsik

    3. Konsentrasi selama melakukan kegiatan belajar

    4. Kadar inteligensi yang dimiliki siswa

    5. Rasa percaya diri untuk belajar

  3. Kondisi eksternal yang mempengaruhi pencapai tujuan belajar, diantaranya:

    1. Kualitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran

    2. Sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran

    3. Lingkungan sosial siswa di sekolah

      Sumber Strategi Belajar Mengajar karya Udin S. Winataputra

About these ads

47 Tanggapan

  1. Bagaimana proses perkembangan siswa kelas 3 SD

  2. banyak permasalahan yang ada di kelas khususnya di sekolah dasar, oleh karena itu harus ada inovasi yang menangani problem di kelas sebagai suatu upaya peningkatan kualitas pendidikan.

  3. wdwdwdwdwdwdwdwd

  4. Karya Pakde Sofa dapat menambah wawasan dan pengalaman, semoga karya Pakde bermanfaat bagi semua orang terutama para guru seperti saya, dan menjadi suatu amal jariah, amien.

    Yth. Pakde Sofa
    Perkenalkan Saya suryanto mau menulis skripsi dengan judul Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar SisKelas III,
    Pakde Sofa yang budiman, saya mohon dibantu kirimkan bahan-bahan yang dapat membantu penulisan skripsi, atas kebaikan budi Pakde saya sampaikan terima kasih.

  5. Pak De Sofa, Salam kenal dari saya , saya mau posting hasil PTK saya kemarin mohon dikomentari !
    Bisa lihat di http://www.serayabarat.blogspot.com
    Atau di WordPress. Thanks

  6. PAK TOLONG MINTA SOAL TAP BESERTA JAWABANYA, TRIM

  7. bagaiman cara yang efektif untuk metode pembelajaran anak SD

  8. minta diperjelaskan penggunaan anakon dalam pengajaran sintaksis asas untuk sekolah rendah atau dasar

  9. metode pembelajaran untuk sd kelas 1 gimana ya

  10. MALEZ

  11. Metoda pemblajaran tingkat SD mutlak sangat diperlukan oleh semua guru

  12. apa yang di maksud dengan metode tahapan…..?

  13. duh pa….bt kalau harus ngajar IPS…punya tips?(buat anak SD)

  14. BAGAIMANA SICH CARANYA KITA DAPAT MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN YANG BERSESUAIAN DENGAN KARAKTERISTIK ANAK SD

  15. Pakde Sofa, salam kenal dari saya ..
    oya Pak, saya mau metode ajar yang menarik dong buat ngajar siswa SD tp bukan di sekolah ..
    makasi Pak ..

  16. Pusing pmbhsn’y

  17. manteb banget nich…

    mohon ijin copy untuk disave ya pak…

  18. Saya mencari metode mengajar buat siswa SD,yang brupa CD.kalo anda ada.Tlg hub.085235501111.By abd karim

  19. Trims…………….., tulisannya sangat berguna tuk kami salam kenal dari saya,

  20. Bgus bgd. .
    Gmna cra mngajar ank” yg mngaji dgn baik. .

    Tolong ea pakde sofa. .
    Bgaimana cra.a. .

  21. mohon diberi tips untuk pertama kali mengajar ya,, untuk anak SD.. terimakasih sebelumnya..

  22. pak, ngajar IPS anak SD kok sulit sih…..kebanyakan anak-anak ga suka pelajaran IPS sukanya IPA???? gmn donk solusinya????

    • anak anak kelas 1 s/d 3 paling suka pelajaran IPS dan Pkn Alhamdulillah mereka tidak hanya suka pada pelajarannya tapi juga pada cara guru mengajarnya.

      • klo setahu saya mbak, coba deh may be you can try with story metodies. biasanya anak kelas satu dan dua itu paling tertarik dengan metode bercerita tapi yang pasti ada sangkut pautnya dengan materi. selain itu coba kasih mereka gambar2 terkait yang mungkin bisa menarik perhatian. slmt mencoba

  23. sebenarnya untuk metode mengajar yang paling ampuh adalah berdasarkan pengalaman, apalagi pengalaman itu ditunjang juga dari ilmu-ilmu kependidikan. makanya saya itu paling benci kalau ada orang yang mengaku sebagai pendidik tapi tidak tahu filosofi tentang pendidikan. so kata lain jangan sok pintar.

  24. salam…
    pembelajaran d sekolah sangat butuh dukungan orang tua dan lingkungan masyarakat, pak dE…bagai mana mengajak peran orang tua untuk membantu anak SD di desa yang masyarakatnya kurang mendukung/sadar akan pendidikan anaknya ?

  25. Motivasi baik bngt pak… Ijin copas

  26. Asalamualaikum wrb , yth pakde sofa mau nanya dikte atau mendikte termasuk salah satu metode tidak dalam menmgajar

  27. tanya donk,,,ada dasar2 pemilihan metode khusus untuk kelas iklusi ga?

  28. cara belajar utk anak sd kls 1 dg cara memberi gambar2 menarik tentang pelajaran yg di bahas pda saat belajar contoh membuat angka2 dg kertas kartun dan digambar

  29. hahahahahahahaha

  30. bagaimana cara mengajar bahasa Indonesia bagi siswa yang tidak bisa diam di kelas?

  31. Nice artikel…Sangat bermanfaat… Tanks :)

  32. sya baru kuliah smester 2 .mau ngajar boleh ga yaa??????/
    zuber 085721613632

  33. apakah sama cara mengajar anak SD di jawa dengan anak SD di papua,metode apa yang yang cocok untuk mengajar di daerah pedalaman?

  34. boleh reques KTI tentang metode pembelajaran di SD?

  35. salam kenl ya pakde, sya mw nanya nch metode pembelajarn yg plng tpat untk ank sd kels 4, apa yah ? mhon jwabnnya pakde

  36. pak mau tanya gimana ya biar kita percaya diri dalam mengajar? saya kurang percaya diri kalo ngomong didpn banyak orang]

  37. saya mau bertanya bgmn jika kita menemukan siswa yg belum bisa membaca sementara materi yang akan disampaikan tidak lagi tertuju pada siswa yang blm bisa membaca tersebut

  38. susah ya ngjr di sd

  39. susah ya ngjar di sd teorimah banyak tp implementasinya sulit…lit…lit…harus org yg bener2 sabar..dah gitu honr cuma 300rb sebulan hiks..hiks..

  40. setelahsayabacasayasangatpuas

  41. Saya hanya seorang lulusan sma yang mempunyai cita2ingin menjadi guru tapi tentu itu sulit krn guru skrng hrus mempunyai gelar s_1,makanya sya hnya brkrempatan jadi guru les rumahan dan artikel anda sgt membantu sy yg ingin murid les x bsa masuk rangking 10 besar bila d sekolah x

  42. Ayo gabung ke Kompetisi Cerdas Cermat Online Tingkat SD dan SMP se-Jawa Timur yang di mediai Game For Smart. Pelajaran yang diujikan yaitu IPA, IPS, BI, Matematika. Final: Februari 2013. Hadiah total belasan juta rupiah

  43. TRIMS PAKDE…

  44. ass,semia keterngan ter jadi pada proses belajar mengajar di sekolah intinya saya mau ketaerangan bagaimana menghadapi langsung di lapangan ketika proses belajar mengajar yang efektip

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 309 pengikut lainnya.