Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas

LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS


Rencana dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

Langkah-langkah dalam PTK merupakan satu daur atau siklus yang terdiri dari:

  1. merencanakan perbaikan,

  2. melaksanakan tindakan,

  3. mengamati, dan

  4. melakukan refleksi.

Untuk merencanakan perbaikan terlebih dahulu perlu dilakukan identifikasi masalah serta analisis dan perumusan masalah. Identifikasi masalah dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang pembelajaran yang dikelola. Setelah masalah teridentifikasi, masalah perlu dianalisis dengan cara melakukan refleksi dan menelaah berbagai dokumen yang terkait. Dari hasil analisis, dipilih dan dirumuskan masalah yang paling mendesak dan mungkin dipecahkan oleh guru. Masalah kemudian dijabarkan secara operasional agar dapat memandu usaha perbaikan.

Setelah masalah dijabarkan, langkah berikutnya adalah mencari/ mengembangkan cara perbaikan, yang dilakukan dengan mengkaji teori dan hasil penelitian yang relevan, berdiskusi dengan teman sejawat dan pakar, serta menggali pengalaman sendiri. Berdasarkan hasil yang dicapai dalam langkah ini, dikembangkan cara perbaikan atau tindakan yang sesuai dengan kemampuan dan komitmen guru, kemampuan siswa, sarana dan fasilitas yang tersedia, serta iklim belajar dan iklim kerja di sekolah.

Pelaksanaan tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan skenario tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan menganalisis data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.

Dalam melaksanakan tindakan atau perbaikan, observasi dan interpretasi dilakukan secara simultan. Aktor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat. Agar pelaksanaan tindakan sesuai dengan kaidah PTK, perlu diterapkan enam kriteria berikut.

  1. Metodologi penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pe

ngajar.

  • Pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak.

  • Metodologi harus reliabel (handal) hingga guru dapat menerapkan strategi yang sesuai dengan situasi kelasnya.

  • Masalah yang ditangani guru harus sesuai dengan kemampuan dan komitmennya.

  • Guru harus memperhatikan berbagai aturan (etika) yang berkaitan dengan tugasnya.

  • PTK harus mendapat dukungan dari masyarakat sekolah.


Observasi, Analisis Data, Tindak Lanjut, dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Pengumpulan data dalam PTK dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti: observasi, catatan harian, rekaman, angket, wawancara, serta analisis dokumen hasil belajar siswa.

Tahap observasi dan interpretasi dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan perbaikan. Selain untuk menginterpretasikan peristiwa yang muncul sebelum direkam, interpretasi juga membantu guru melakukan penyesuaian. Observasi yang efektif berlandaskan pada lima prinsip dasar yaitu: (1) harus ada perencanaan bersama antara guru dan pengamat, (2) fokus observasi harus ditetapkan bersama, (3) guru dan pengamat harus membangun kriteria observasi bersama-sama, (4) pengamat harus memiliki keterampilan mengobservasi, dan (5) observasi akan bermanfaat jika balikan diberikan segera dan mengikuti berbagai aturan. Ada empat jenis observasi yang dapat dipilih, yaitu: observasi terbuka, observasi terfokus, observasi terstruktur, dan observasi sistematik. Observasi yang bertujuan memantau proses dan dampak perbaikan dilakukan dengan mengikuti tiga langkah yang merupakan satu siklus yang selalu berulang, yaitu: pertemuan pendahuluan (perencanaan), pelaksanaan observasi, dan diskusi balikan. Agar ketiga tahap ini berlangsung efektif, hubungan guru dan pengamat harus didasari saling mempercayai, fokus kegiatan adalah perbaikan, proses tergantung dari pengumpulan dan pemanfaatan data yang objektif, guru didorong untuk mengambil kesimpulan, setiap tahap observasi merupakan proses yang berkesinambungan, serta guru dan pengamat terlibat dalam perkembangan profesional yang saling menguntungkan.

Selain melalui observasi, data mengenai pembelajaran dapat dikumpulkan melalui catatan/laporan harian guru, catatan harian siswa, wawancara (antara guru dan siswa, pengamat dan siswa, serta pengamat dan guru), angket, dan telaah berbagai dokumen.

Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan mengelompokkan data, memaparkan atau mendeskripsikan data dalam bentuk narasi, tabel, dan/atau grafik, serta menyimpulkan dalam bentuk pernyataan. Berdasarkan hasil analisis dilakukan refleksi, yaitu renungan atau mengingat kembali apa yang sudah berhasil dikerjakan, mengapa berhasil. Berdasarkan hasil refleksi, guru melakukan perencanaan tindak lanjut, yang dapat berupa revisi dari rencana lama, atau baru sama sekali.

Sumber Buku Penelitian Tindakan Kela karya IGAK Wardhani

About these ads

16 Tanggapan

  1. TERIMAKASIH

  2. Salam kenal & salm hormat..Artikel tentang PTK memberikan motifasi untuk menyelesaikan skripsi saya, kebetulan saya guru SD kuliah jurusan S1 PGSD, skripsi saya tentang PTK…Bpk yang baik bagaimana caranya nge blog krna saya baru melek internet jadi belum paham.. Terimasih

  3. Salam kenal
    pd kesempatan ini dapatkah saya melihat contoh format lembar observasi dg beberapa kriteria,sekaligus cara mengisinya,observasi untuk guru,siswa&proses pembelajaran dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran itu sendiri….dari info ya sy dapatkan, dikatakan bahwa pengisiannya secara kualitatif dg frekuensi2 yang saya belum jelas maksud&batasannya…

  4. lagi-lagi sy minta ilmunya .mudah mudahan alloh membalas amal bpk,amin.tp karena sy gaptek dari tadi sy cuma muter2 aja.pdhal ada beberapa yg sy butuhkan terutama contoh ptk di sd .gimananya downloatnya ya

  5. terimakasih untuk artikelnya…

  6. bagaimana jika tindakan yang dilakukan tidak pada saat jam pelajaran sekolah, akan tetapi setelah jam pelajaran? apakah ini masih dapat dikatakan PTK?

  7. Saya menginginkan tata cara pembuatan PTK yang jelas Simpel dan cara penyajiannya sebagai portopolio

  8. klo bapak sempet tolong kirimkan contoh proposal PTK mata pelajaran TIk Smp
    atas kesediaan bapak saya ucapkan terima kasih

  9. Terima kasih atas ilmunya, saya ingin pintar seperti Bapak. Tuhan Memberkati Bapak berserta keluarga.

  10. tolong bantu saya untuk membuat proposal skripsi ptk . di tunggu bantuanya

  11. saya ada pengalaman dengan yang namanya kalimantan .. aku suka itu … ;-)

  12. Makasih untuk artikelnya…. saran kecilkan dikit font nyua.. hehe…

  13. Makasih untuk sharing artikelnya :D

  14. Thx sharing ilmunya…. :)

  15. slm knal mgo2 barokah….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 308 pengikut lainnya.