Analisis Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tindak Lanjut Dan Penulisan Laporan

Analisis Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK),

Tindak Lanjut Dan Penulisan Laporan

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada proses analisis hasil PTK

    1. Data penelitian tindakan kelas pada dasarnya dikumpulkan oleh guru yang berperan sebagai peneliti dan pengajar, dan jika perlu dapat dibantu oleh teman sejawat. Data tersebut lebih banyak bersifat kualitatif, meski ada juga yang berupa data kuantitatif.

    2. Analisis data adalah upaya yang dilakukan oleh guru yang berperan sebagai peneliti untuk merangkum secara akurat data yang telah dikumpulkan dalam bentuk yang dapat dipercaya dan benar.

    3. Sehubungan dengan butir 2, maka analisis data dilakukan dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan, data yang ada, merangkumnya, kemudian menyajikan dalam bentuk yang mudah dibaca atau dipahami. Penyajian hasil analisis data kualitatif dapat dibuat dalam bentuk uraian singkat, bagan alur, atau tabel sesuai dengan hakikat data yang dianalisis.

    4. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menemukan persentase, dan nilai rata-rata. Penyajian hasil analisis dapat dilakukan dengan membuat tabel distribusi atau grafik.

    5. Interpretasi data adalah upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Interpretasi ini pada gilirannya akan menjadi temuan penelitian.

    6. Analisis yang akurat dan cara penyajian yang tepat akan memungkinkan tafsiran/interpretasi hasil penelitian yang akurat dan valid itu. Oleh karena itu, guru harus sangat berhati-hati dalam melakukan analisis. Kekurang-akuratan dapat diminimalkan dengan melakukan “cross check” dengan sumber data atau dengan data lain yang sejenis.

    7. Agar mampu melakukan analisis data, guru harus banyak melakukan latihan dan bekerja dalam kelompok.

    1. Menyimpulkan adalah mengikhtisarkan atau memberi pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan sebelumnya. Sejalan dengan itu, kesimpulan atau simpulan adalah kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang dibuat berdasarkan uraian sebelumnya.

    2. Dalam kaitan dengan PTK, kesimpulan harus disusun secara singkat, padat, dan jelas; sesuai dengan uraian, dan mengacu kepada pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan. Di samping itu, kesimpulan harus disusun secara sistematis sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan.

    3. Penyusunan kesimpulan seyogianya dilakukan melalui langkah-langkah: (1) memeriksa dan memahami pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, (2) mencermati, menganalisis, dan mensintesis deskripsi temuan, (3) menulis kesimpulan untuk setiap pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, (4) mengurutkan setiap butir kesimpulan sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, serta (5) memeriksa kesesuaian antara pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan dengan deskripsi temuan, dan kesimpulan.

    4. Saran dimaknai sebagai: pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Dalam kaitan dengan PTK, saran merupakan pemikiran yang diajukan oleh guru peneliti untuk menindaklanjuti hasil penelitiannya.

    5. Saran tindak lanjut hasil PTK harus memenuhi rambu-rambu: (1) bersumber atau sesuai dengan kesimpulan, (2) bersifat kongkret, operasional, dan penting, sehingga menarik untuk dilaksanakan oleh guru, (3) jelas sasarannya, apakah ditujukan kepada guru atau sekolah, atau barangkali instansi lain, serta (4) dapat meliputi hal-hal yang berkaitan dengan metodologi penelitian.

    6. Pembuatan saran dapat dilakukan melalui langkah-langkah: (1) mencermati kesimpulan hasil PTK, (2) mengkaji aspek-aspek dari kesimpulan tersebut yang perlu ditindaklanjuti, baik oleh guru peneliti, guru lain, maupun sekolah, (3) menetapkan kepada siapa saran tersebut akan ditujukan, serta (4) menulis saran.


  1. Tindak Lanjut Hasil Perbaikan

Cara Penulisan Laporan Hasil PTK

    1. Laporan PTK adalah laporan yang ditulis secara sistematis berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri. Laporan ini ditulis karena merupakan dokumen yang dapat dijadikan acuan, harus diserahkan kepada pihak sponsor, serta dapat diketahui oleh umum, terutama oleh para guru yang barangkali mengalami masalah yang sama dengan yang dilaporkan.

    2. Sistematika laporan PTK pada umumnya tidak jauh berbeda dari laporan penelitian formal. Sesuai dengan format Laporan PTK yang terdapat dalam Panduan Direktorat Jenderal Pendidikan, maka Sistematika Laporan PTK dibuat sebagai berikut.

  1. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
    Halaman Judul
    Lembar Pengesahan
    Abstrak
    Daftar Isi

a. I. Pendahuluan

      1. Latar Belakang Masalah (data awal dalam mengidentifikasi masalah, analisis masalah, dan pentingnya masalah dipecahkan).

      2. Rumusan Masalah

      3. Tujuan Penelitian

      4. Manfaat Penelitian

    1. Kajian Pustaka

    2. Pelaksanaan Penelitian

      1. Subjek Penelitian (Lokasi, waktu, mata pelajaran, kelas, dan karakteristik siswa)

      2. Deskripsi per Siklus: (rencana, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data/instrumen, refleksi)

    3. Hasil Penelitian dan Pembahasan

    4. Deskripsi per siklus (data tentang rencana, pengamatan, refleksi), keberhasilan dan kegagalan, lengkap dengan data.

    5. Pembahasan dari setiap siklus.

  1. Kesimpulan dan Saran

    1. Kesimpulan

    2. Saran


Daftar Pustaka
Lampiran

  1. Judul penelitian hendaknya menggambarkan aktivitas perbaikan yang dilaksanakan sebagai fokus PTK.

  2. Abstrak memuat sari pati dari setiap komponen penelitian, mulai dari masalah, tujuan penelitian, pelaksanaan penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran. Dengan membaca abstrak, orang akan mendapat gambaran umum mengenai PTK yang dilaporkan.

  3. Pendahuluan memuat latar belakang munculnya masalah, analisis dan perumusan masalah, serta tujuan dan manfaat penelitian.

  4. Kajian pustaka menguraikan tentang berbagai teori/hasil penelitian yang terkait dengan masalah penelitian, yang dapat dijadikan acuan dalam merancang perbaikan dan membahas hasil penelitian.

  5. Pelaksanaan penelitian mengungkapkan tentang subjek penelitian, prosedur pelaksanaan per siklus, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan cara refleksi.

  6. Hasil Penelitian dan Pembahasan menyajikan hasil penelitian setiap siklus dengan data lengkap, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan, refleksi, yang berisi penjelasan tentang keberhasilan dan kelemahan yang terjadi. Bagian ini didukung dengan tabel dan grafik, dan disertai dengan pembahasan mengapa hasilnya seperti itu.

  7. Kesimpulan dan saran berisi kesimpulan dari hasil penelitian dan saran untuk menindaklanjuti hasil penelitian tersebut.

  8. Daftar Pustaka memuat semua sumber yang digunakan sebagai acuan, yang disusun berdasarkan abjad dengan menggunakan gaya penulisan tertentu

Diseminasi Hasil PTK

  1. Dalam menulis laporan PTK, perlu diperhatikan berbagai ketentuan, seperti: (1) etika penulisan, (2) penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis, serta (3) berbagai ketentuan teknis.

  2. Etika penulisan mencakup: (1) kejujuran, (2) keobjektifan, dan (3) pengutipan. Ketiga aspek ini sangat berkaitan erat. Kejujuran menuntut penulis jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dengan cara mengungkapkan dan menafsirkan data/informasi apa adanya tanpa dicampuri oleh kepentingan pribadi. Keobjektifan menuntut penulis menyajikan informasi sebagaimana adanya, tanpa manipulasi, sehingga apa yang dibaca oleh pembaca memang benar adanya. Pengutipan berkaitan dengan mengutip atau menggunakan pendapat orang lain dalam tulisan. Dalam hal ini, penulis harus mencantumkan sumber kutipan dengan mengikuti aturan yang berlaku.

  3. Penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis, menuntut penulis memperhatikan kaidah-kaidah bahasa tulis, sehingga tingkat keterbacaan laporan menjadi tinggi. Kaidah bahasa tulis paling tidak mencakup: (1) pilihan kata, (2) struktur kalimat, (3) paragraf, dan (4) ejaan. Kata/istilah yang digunakan dalam laporan seyogianya merupakan kata/istilah baku yang diketahui oleh umum, kalimat cukup lugas dan memenuhi unsur-unsur kalimat sempurna, paragraf merupakan paparan buah pikiran yang utuh, serta cara penulisan harus mengikuti aturan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

  4. Ketentuan teknis berkaitan dengan penampilan laporan yang mudah dibaca. Ketentuan ini mencakup, sistem penomoran, cara mengutip, serta huruf, spasi, dan margin. Sistem penomoran dapat menggunakan sistem digit atau campuran angka dan huruf, asal digunakan secara konsisten. Cara mengutip mengikuti aturan American Psychology Association (APA); sedangkan huruf yang digunakan adalah Times New Roman atau Arial dengan font size 12, spasi 1,5; serta margin 4 cm dari pinggir kiri dan atas, dan 3 cm dari pinggir kanan dan bawah.

  5. Laporan PTK dapat didiseminasikan melalui berbagai pertemuan tatap muka seperti seminar, rapat kerja, kelompok kerja guru (MGMP dan PKG); di samping melalui berbagai media, seperti majalah, jurnal, atau buletin.

Sumber Buku Penelitian Tindakan Kelas Karya I GAK Wardani

182 Tanggapan

  1. saya mohon dikirim contoh PTK bahasa indonesia

  2. BOLEH TIDAK MENGETAHUI FORMAT UNUTK PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  3. ok saya pingin benar Format PTK agar lebih tahu deh ttg ptk

  4. tolong, saya diajari untuk menentukan persentase kriteria berdasarkan hasil observasi lapangan

  5. tolong sy di berikan rentang skala dan pengarangnya dari buku apa, saya sangat memerlukan sekali untuk bahan penelitian ptk saya tentang penggunaan gambar dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragrap jenis text deskriptip

  6. mohon saya dikirim contoh proposal dan laporan penelitian tindakan kelas terimakasih.

  7. mohon dikirim contoh laporan PTK matematika SD. trimakasih

  8. Saya Mintol Jg Nih, Kirim contoh PTK tentang Matematika SMA Persamaan Kuadrat
    Terima Kasih

  9. mohon kami dikirimi ptk yang berhubungan dengan bahasa indonesia tentang drama

  10. Assalamualaikum wr.wb.
    Pak, saya memohon untuk dikirimi contoh SKRIPSI PTK dalam Matpel MATEMATIKA karena inin membantu adik saya yang sedang membuat skripsi.

  11. saya mohon diberi contoh PTK untuk topik-topik aktual

  12. tolong kirimkan contoh penelitian tindakan kelas untuk tingkat sekolah dasar.

  13. ass..pak blh saya minta tolong sama bapak,tolong dikirim contoh makalah laporan hasil analisis data.

  14. tolong dikirim contoh proposal dan laporan PTK matematika SD MKSIH.

  15. tolong dikirim contoh proposal PTK pembelajaranmatematika untuk SD

  16. Tolong kirimkan saya contoh skripsi PTk please saya perlu banget ne

  17. Bagaimana kalau saya mengusulkan untuk dikirimkan PTK mata pelajaran Seni Rupa saya sudah sering buka di Blog ini belum ada tolong di kirimkan.

  18. Saya minta dikirim contoh hasil PTK yang sudah jadi

    oke bos

  19. pak , saya minta tolong dikirimkan contoh proposal penelitian tindakan kelas untuk kategori guru SD..Kirim via e-mail saja ya. Thanks b4..Semoga maju terus pendidikan Indonesia.

  20. pa, saya sedang membuat laporan tentang PTK berjudul “penggunaan Win, Lose or Draw Games untukmeningkatkan kemampuan analisa grammar” tapi kekurangan landasan teori tentang grammar games, mohon bisa kirim sumber atau file tentang hal tersebut ke email saya…… thanks , maju terus guru Indonesia

  21. dengan membagi informasi, menambah amalan, semoga amalan yang dibuat menambah inspirasi untuk dibagi-bagi buat rekan se indoensia,
    salam hangat,
    sudirman
    parepare
    sulsel

  22. tolong sy dikirimkan contoh PTK pendidikan seni SMP

  23. Bos ………… tolong aku dikirimi contoh PTK yang baik dan benar, makasih. aku tunggu lho ?

    • Pak Pengasuh PTK, tolong dikirimkan contoh proposal PTK untuk anak berkebutuhan khusus/SLB !, Trims

  24. tolong kirimin judul skripsi tentang PTK ya…….

  25. Pak Tolong Kirimkan contoh PTK biologi di SD

  26. Pak tolong saya kirimi contoh pproposal PTK IPS SD ya …. trims

  27. ass..
    pak bs kirimi saya contoh PTK bahasa indonesia. saya mau bantu ibu saya.Makasih

  28. asslm……………………….
    pak bs minta tolong kirimkan saya contoh PTK utk model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS).
    makasi………..

  29. Mohon dikirimkan contoh laporan PTK untuk Pelajaran Matematika, Sains, PKPS dan Bahasa Indonesia SD Kelas III. Terima kasih banyak atas bantuannya.

  30. tolong kirimi contoh PTK matematika untuk SD

  31. Mohon dikirimkan contoh laporan PTK untuk pelajaran PKPS SD karena saya guru pemula, terima kasih banyak atas bantuannya. Tolong kirim ke email saya ya Pak. Thax Pak

  32. Bpk. Yth.

    Mohon dikirimkan contoh PTK utnuk pelajaran PPKn SMP, Tlg kirim ke email saya, tks

  33. saya mohon kirim ptk bhs indonesia tingkat smk

  34. saya mohon dikirim contok PTK untuk pelajaran matematika SD, tanks u

  35. Pak, jika berkenan mohon dikirimi tesis dari hasil PTK untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMP.
    Atas bantuanya saya ucapkan terima kasih.

  36. salam kenal nih… sy minta tolong kalau ada dikirimi ptk tentang bagaimana cara meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa SMP nih…..krn ini brnar-benar masalah yang sulit sekali di pecahkan untuk murid-murid sy. thanks for a million….

  37. pak saya minta tolong ya!!

    tolong saya minta di kirimi contoh PTK (penelitian tindakan Kelas mata pelajaran IPS untuk Sekolah dasar!

    dikirim ke E-mail ini dadik_Hermawan@yahoo.co.id

  38. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Bapak yang terhormat………….Mohon saya diberi contoh ttg PTK SKI (Sejarah Kebudayaan Islam ) tingkat MTs. VIII, Smt Genap.
    Atas bantuannya, saya haturkan banyak terimakasih.
    Wassalamu;alaikum Wr. Wb.

  39. tolang dunk.kirimin contoh laporan PTK matematikla SMA
    terima kasih Ya

  40. kepada yang terhormat. pakde sofa
    salam kenal, saya mahasiswa pgsd mau minta judul-judul sekripsi PPKn/PKN Sd,dengan pendekatan yang sesuai. ditunggu balasanya pak.ditunggu balasanya ke email saya

  41. assalamu’alaikum wr wb
    pak saya mohon dikirimi contoh ptk kewirausahaan stm
    terima kasih sebelumnya
    wassalamu’alaikum wr wb

  42. Pak tolong saya dikirimi contoh PTK menggambar / melukis untuk taman kanak-kanak
    terimakasih

  43. Pak saya minta tolong ya.., tolong dikirimi contoh PTK matematika SD untuk skripsi saya
    Terima kasih mas sofa

  44. Dengan hormat,
    Saya guru SMP N 1 Gumukmas Jember , mohon dikirimkan contoh TIK PKn yang lengkap. Terima kasih

  45. mohon bantuan dikirimkan laporan penelitian tindakan kelas matematika SD kelas II semester II, atau Pkn kelas V, terimakasih, Tuhan memberkati…

  46. pak tolong kirimkan ptk akuntansi

  47. ass.wr.wb.
    tolong kirimkan contoh ptk bahasa indonesia yang lengkap.

    • ass. wr.wb. pak tolong…,kirimin contoh proposal penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Ipa sd kls 3. semoga ini dapat membantu saya selaku pengajar yang masih baru, untuk belajar membuat PTK. dan tolong kirim ke alamat email saya ya pak? terima kasih. wass…

  48. pak tolong saya dikirimi contohnya PTK bahasa indonesia, soalnya mau akreditasi nih… makasih sebelumnya…

  49. Pak tolong kasih tahu, di sebelah mana saya bisa mengakses PTK Bahasa Inggris milik Bapak. Bu Endang SMP N 1 Sadang.

  50. please can you help me to send example kajian pustaka about lesson math and knowledge of social.thanks i wait your answer in my email

  51. aslkum…saya cuma mau mengucapkan terima kasih karena saya terbantu untuk menyelesaikan makalh saya ttg ptk dengan adanya web ini….trimssss..

  52. Pak, tolong saya dikirimi contoh PTK lengkap mapel PKn Kelas V materi Organisasi. terima kasih.

  53. assalamualaikum….
    pak saya minta tolong dikirim contoh makalah PTK mapel b.inggris untuk smp (kalo bisa yg untuk kelas 7)mulai dari judul sampai daftar pustaka. terimakasih.

  54. Apakah saya boleh minta dikirimkan contoh Laporan PTK Akuntansi (SMA/SMK). Saya ingin belajar menyusun PTK dan mengajari teman-teman guru di sekolah saya (SMK).

    Dimana saya bisa mendapatkan contoh laporan PTK Akuntansi?

    Terimakasih sebelumnya…

  55. mohon kirim ptk pkn pgsd kels 4 sd

  56. Tolong kirimi saya contoh PTK matematika tingkat SD kelas 3
    saya perlu banget terima kasih.

  57. Pak, bs gak tolong kirimin contoh proposal PTK IPS SD kelas VI… mohon bantuannya ya pak..
    Saya tunggu kirimannya y…
    Trims…

  58. Yth, Bapak. tolong kirimkan contoh laporan PPL pendidikan agama kristen …………… mohon bantuannya ya pak ???

  59. pak saya butuh proposal PTK yang lengkap untuk kelas 2 sekolah dasar matapelajaran bahasa indonesia…. kalau boleh dikirim lewat e mail saya saja…… tolong ya pak….!

  60. sungguh luar biasa isi web ini tinggkatkan karena bisa membantu kami yang membutuhkannya.
    tolong aku minta satu rpp ilmu pengetahuan alam sd kelas lanjut,juga silabusnya sekalian dan kisi-kisi dan format penilaian sekarang.

  61. pak Massafa, tolong kirimi contoh PTK mapel ipa fisika untuk smp ya. terimakasih sebelumnya.

  62. pak tolong dikirim contoh laporan PTK untuk SMK jurusan teknik otomotif

  63. minta Proposal PTK Bahasa Inggris untuk SD

  64. Minta Tolong dikirim Proposal PTK Bahasa Inggris untuk SD.
    Alamat saya : iwan.mahmudi@yahoo.co.id
    Atas bantuannya disampaikan terima kasih

  65. tolong kirimkan contoh skripsi ptk matematika yang lengkap.saya sedang butuh bgt

  66. tolong, aku dikirimi contoh PTK Bahasa Inggris SMP

  67. pak saya minta dikirim contoh PTK agama islam untuk MTs / SMP bIsa

  68. minta ptk matematika dong pak
    mkasih

  69. alamat saya jatmiko_j@yahoo.co.id

  70. mohon dikirimi proposal ptk agama islam bidang aqidah ahlak

  71. pak saya minta tolong dong kiriman contoh PTK untuk taman kanak-kanak

  72. pak, tolong dong dikirimi contoh proposal PTK dan hasil penelitian PTK bidang agama Islam

  73. pak boleh minta contoh PTK yang sudah jadi gak?

  74. tolng kirimkan PTK matematika SMA,.,

    nuwun

  75. saya mohon dikirim ptk matematika smp kelas 8 yang sudah jadi. terima kasih. salam kenal

  76. maaf mengganggu. pa saya minta untuk dikirimi contoh PTK bahasa indonesia di SD. kalo boleh yang sudah jadi. terima kasih sebelumnya.

  77. yang cocok untuk pembuatan skripsi PTK PGSD apa ya? trimakasih bantuannya,

  78. Tlong Di kirim dong contoh ptk yg udah jadi, thanks..

  79. minta tolong kirimi ptk sma klas xi sosial

  80. Tolong di kirimin contoh laporan ptk bahasa indonesia yg telah selesai di buat dengan sistematika penulisan yang benar.

  81. tolong n mohon dikirim contoh laporan ptk matematika smp ! terima ksih !

  82. Tlong krimin PTK pljrn fisika kelas VII

  83. tolong n saya mohon dikirimin contoh laporan ptk matematika smp,karena saya lg menyusun skripsi n akhir bln ini sidang tp saya bab 4y blom selesai ,cara penyusunany salah melulu…terimaksih.

  84. saya kesulitan mencari contoh lengkap ptk bahasa inggris sekolah dasar . mohon dengan hormat dikirim cntoh lengkap ptk bahasa inggris sekolah dasar ke email kami.trima kasih banyak disampaikan

  85. saya kesulitan mencari contoh lengkap ptk bahasa indonesia sekolah dasar . mohon dengan hormat dikirim contoh lengkap ptk bahasa indonesia sekolah dasar ke email kami.trima kasih banyak disampaikan

  86. Maaf mengganggu pak.saya mau minta tolong ke Bapak tolong kirimkan contoh lengkap ptk bahasa indonesia SD ke email saya.saya sangat memerlukan pertolongan bapak.
    atas perotolongan bapak saya ucapkan banyak terimah kasih.

  87. Pak De Saya kesulitan cari refren tenta nalisa data PTK, karena setiap mengikuti alur penelitian yang saya bacu, selalu menemukan kelemahan dalam hal tersebut!!!!!!!!!!!!

  88. bozz…. mesin pencarinya kok pake funny logo tak kira ngehack google asli……hik…hik

  89. kk mau tanya dong tentang tahapan perencanaan program komunikasi

  90. makasih info PTKnya pak

  91. saya mohon kirimkan contoh PTK bahasa indonesia SMP
    terima kasih

  92. Ass. mohon kami dikirimi ptk yang berhubungan dengan bahasa indonesia tentang puisi untuk SMP. terima kasih

  93. Terima kasih atas tulisannya.Saya minta untk bahan bacaan.

  94. Pak, mohon dikirimi contoh PTK bahasa Indonesia SMP

  95. Pak, Mohon dikirimi contoh PTK kelas V SD Pelajaran IPS, kebetulan saya baru mengadakan penelitian, materi persiapan kemerdekaan. Hanya Saja saya bingung menyusun instrumennya, yang saya ukur prestasinya dengan melihat aspek koqnitif, afektif dan psikomotor.

  96. MAS, Mohon dikirimi PTK kelas 8 DAN 9 SMP Pelajaran BAHASA INDONESIA SEMESTER 2 …. TOLONG BANTU SAYA MAS……………………PLEASE………..PLEASE….. TOLONG MAS KALAU BISA KIRIM KE EMAIL SAYA : danks22106@ymail.com

  97. saya minta tlng kirimkan ptk matematika sd kelas 2, dah beberapa kali saya buka donlowd ga bisa-bisa tolong bgt saya ya pa…

  98. pak saya minta untuk dikirimi contoh PTK bahasa indonesia untuk SD. kalo boleh yang sudah jadi. terima kasih sebelumnya.

  99. bapak / ibu saya minta tolong dikirimi contoh membuat ptk sd kls 1 bhs indonesia yg sudah jadi.soalnya sy masih kesulitan untuk memulai nulisnya.terima kasih banyak

  100. Format/Contoh Skripsinya mana? klo blh disertakan……….

  101. kalau boleh tolong saya dikirim contoh ptk seni rupa ……

  102. pak tolong kirim saya contoh proposal dan hasil PTK matematika, karena saya masih mau belajar buat PTK, makasih

  103. tolong kirim contoh laporan PTK Matematika SMP Kelas VII dan Kelas VIII

  104. tolong kirim contoh PTK matematika SMP Kelas VII dan Kelas VIII

  105. tolong kirimin ptk matematika sd kelas 5 untuk tugas akhir trimakasih

  106. tolong kirimin ptk sd matematika kelas 5 trimakasih sebelumnya

  107. pak tolong dikirimi ke email saya contoh ptk fisika untuk smp

  108. pak, mohon bantuannya contoh ptk matematika sma untuk dimensi tiga yang menggunakan metode stad kalau ada medianya animasi ,klo ngak metode jigsaw

  109. tolong kirimin ptk mapel olahraga sma/smk dengan metode jigsaw

  110. kok pada minta tolong semua yah???
    satu orang sih gpp, kalo keroyokan gini repot juga yah….
    kalo bisa sih, ada fee…
    yaa tawar menawar harga … pas …yaa..tancap gass.. heheheh

  111. minta tolong kirim hasil PTK lengkap

  112. minta dikirim ptk lengkap. terima kasih

  113. minta dikirim contoh ptk lengkap IPS kelas VI. Terima kasih

  114. pak tolong bentuk ptk yang sudah jadi

  115. pak tlong krim kan proposal ptk yang lengkap dunk skrng…..

  116. pak tlong krim kan proposal ptk matematika smp kl 8 yang lengkap dunk skrng….., trim

  117. tilong sya dikirimi proposal ptk matematika smp. makasih ….

  118. pak tolong kirimkan contoh ptk agama kristen sekolah dasar, saya mau lihat sebagai contoh, tolong pak !

  119. mas tolong kirim ptk seni rupa kelas 12, kalo bisa kirim ke email saya trims ya

  120. aq sangat senang sekali bisa masuk sekolah lagi .oh………….. ya gimana kabarnya guru2 baik bukan saya lukman saiful fanani mengucapkan selamat hari raya idul fitri. saya sangat bangga sama 10 guru dan karyawan dia adalah : 1.bunda .eni mediasari,2. mama siti munifah yg jago bhs. inggris ,3. tante endang ekawati,4. om sidik wahyudi,5. mbak. lis,6. mami rida hidayati,7. abah agus rianto,8.kakek rianto,9.nenek. tutuk p.s,10.yg terakhir ini ayah henu darmaji……………………. oh ya udah dulu ya sampai ketemu kembali hari senin tanggal 20- 9- 2010. besok jangan lupa halal bialal. demi smpn 1 gumukmas saya rela mati biar murid selanjutnya bisa mengikuti jejak saya. i love you smpn 1 gumukmas …………. dari lukiman saiful fanani murid kelas 8B .TOLONG DI BALAS

  121. terima kasih guru2 sudah memilih saya menjadi bendahara 1tapi aq sudah puas memiliki smpn 1 gumukmas .aq sangat bangga sama bu. saiti munifah dan bpk. suko,yg telah memberi saya ilmu .kalau tidak ada dia saya sudah musna dan aq juga berterima kasih sama bpk. agur rianto yg telah memberi saya nilai yg bangus. maaf ya kalau saya mempunyai salah pada guru2 atau karyawan dan karyawati saya minta maaf yg sebesar besarnya . terimah kasih dari saya wassalam thank you

  122. pak tolong kirimi saya contoh proposal PTK dan contoh PTK bahasa indonesia, saya mau belajar buat PTK.. terima kasih sebelumnya..

  123. kirimi contoh PTK bahasa Indonesia SD ya pak.. makasih..

  124. minta contoh laporan PTK bahasa indonesia SD secepatnya yaa….saya tunggu banget.maturnuwun.

  125. oh sesungguhnya allah sudah memberi kan warga smpn 1 guukmas sekolah yg berstandart nasional saya dan sahabat saya mendoakan bisa menjadi sekolah gooooo internasional .oh terima kasih pada bu. siti munifah yg sudah mendidik aq yg baik dan juga kepada tim smpn 1 gumukmas . saya akan menjaga nama baik almamater saya yaitu SMP 1 GUMUKMAS

    THANKS YOU ,ILOVE YOU SMPN 1 GUMUKMAS

  126. minta tolong kirimkan contoh ptk klas 6 sd bwt ibuk sya. trms

  127. eh iy ni alamat email saya ricasweet2@gmail.com

  128. tolong kirimkan saya contoh PTK untuk SMA bidang studi senirupa…terimakasih sebelumnya..

    salam hormat.

  129. pak tolong kirimkan saya contoh PTK untuk TAMAN KANAK KANAK)PAUD)…..terimakasih sebelumnya

  130. oiya ini alamat email saya pak:zyenie@yahoo.com

  131. semoga bapak peduli demi kemaluan pendidikan di bumi pertiwi ini,dengan harapan mohon saya kirim contoh laporan PTK benar.sebab saya masih ngambang dalam hal ini.Misal “ciri-ciri makhluk hidup”pengajaran di kelas 3.terimakasih.

  132. semoga bapak peduli demi kemaluan pendidikan di bumi pertiwi ini,dengan harapan mohon saya kirim contoh laporan PTK benar.sebab saya masih ngambang dalam hal ini.Misal “ciri-ciri makhluk hidup”pengajaran di kelas 3.dari awal sampai akhir.

  133. Wah sangat berguna bagi guru yang ingin mengembangkan profesionalismenya. Tolong pak beri contoh laporan TPK IPS Geografi SMP. Trim

  134. Pak, Mohon kirim contoh PTK Biologi kelas 2 SD…!!

  135. minta contoh laporan PTK IPA SMPsecepatnya yaa….saya tunggu banget.maturnuwun.

  136. saya Ikbal Barlian, Palembang, ingin berbagi pengalaman ttg PTK melalui buku dan pelatihan PTK, lihat situs web://http-ptl-tidak-sulit.blogspot.com. dlm waktu singkat 2.300 buku terjual tanpa komplain, pelatihan sehari dg acara. 1. 07.30 – 10.00 identifikasi masalah-masalah pembelajaran, menemu kenali tindakan yg akan diterapkan, merumuskan judul ptk setiap peserta minimal 20 judul yg berbeda-beda. pkl. 10.30 sd 15.00 membuat proposal PTK dari salah satu dari 20 judul yg telah dibuat, tentunya akan menghasilkan 20 proposal yg berbeda-beda (bagian ini Bab IV minus), 15.30 – 17.00 menyusun ceklis tindakan dan uji coba ceklis (bagian ini bab IV minus), diteruskan dg info apa yg hrs ada di Bab V, semua sdh saya lakukan dan bisa, semua bisa PTK, tunggu apa lagi.

  137. pak sya minta tolong dikirimi contoh ptk jadi bahasa inggris sd kelas VI trimaksih bnyak…………………….

  138. pak tlg dong tampilin PTK terbaru

  139. memberi ilmu = tabungan untuk akhiratnya

  140. Terima kasih atas tulisan Bapak yg sangat bermanfaat buat saya dan rekan2 guru. Saya adalah guru bahasa indonesia di MTs.N 28 Jakarta. Saya sedang belajar menyusun PTK Bahasa Indonesia. Saya kesulitan mencari contoh lengkap ptk bahasa indonesia untuk tingkat SMP / MTs. kelas 7 atau kelas 8 . mohon dengan hormat kirimkan contoh lengkap ptk bahasa indonesia ke email saya.terima kasih banyak atas kebaikan Bapak. Mohon di balas.

  141. Pak Pengasuh PTK, mohon dikirimkan proposal PTK yang berkaitan dengan anak SLB. Trims

  142. Tolong Pak, dikirinkan Contoh PTK Bahasa Inggris MTs dan Biologi SMA

  143. mohon kirim contoh PTK Bahsa Ind kelas 2 SD

  144. TOLONG KIRIM CONTOH UTUH LAPORAN PTK UNTUK EKONOMI ATAU AKUNTANSI SMA.
    TRIMS

  145. tolong dikirimkan contoh PTK PAUD/TK lengkap , tolong neh………

  146. minta tolong dikirimin contoh laporan perbaikan pembelajaran melalui PTK untuk mata pelajaran Matematika pada bangun datar sederhana untuk kelas 1 semester 2.mohon bantuannya pak..trims

  147. sistematika laporan yg bpk paparkan diatas bukan kitab sucikan, krn dari beberapa workshop yg saya ikuti sistematikanya berbeda-beda,but anyway thanks for your info.

  148. p, tlg krm contoh ptk b. iggris smp yg komplit ke ch.desy@yahoo.co.id. trims

  149. Saya minta tolong diberikan contoh ptk matematika kelas 3, bisa nggak ??

  150. Pak, saya butuh bantuan, bagaimana cara menerapkan rumus Uji-T (Test-T) dalam mengolah data skripsi PTK Hasil Penelitian dan Pembahasan, tolong dibantu ya Pak, terima kasih…

  151. Pak, saya butuh bantuan, bagaimana cara menerapkan rumus Uji-T (Test-T) dalam mengolah data skripsi PTK (Hasil Penelitian dan Pembahasan), tolong dibantu ya Pak, terima kasih…

  152. minta tolong dikirimkan ptk ptk clis ipa kelas 5 sd

  153. asalamu’alaikum. Pak, tolong kirimin contoh laporan PTK untuk mata pelajaran Kewirausahaan SMK (SMEA). Terima Kasih..

  154. bisa gk di tampilkn contoh-contoh PTK

  155. bisa gk di tampilkan PTK SD dari kelas 1 s/d 6

  156. pak baak sekali yang mina krim cntoh ptk. Kalo bs krim satu sebagai contoh saja.

  157. tolong bagai mana cara menganalisis ptk kwalitatif itu saya sampai bab 3 akan bab 4

  158. ass.tolong kami pak, ptk tentang peningkatan nilai pelajaran IPS dengan pendekatan jigsaw. tolong balas. semoga Allah membalas kebaikkan bapak.

  159. [...] Analisis Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tindak Lanjut Dan Penulisan Laporan [...]

  160. Ass. pak tolong kri blangko penilai PTK IPA tentang materi kerangka tubu manasai

  161. ass., pa minta tlg kirim saya ptk untuk taman kanak-kana pa mksh
    nya yak tentang kemandirian anak. saya lg nyusun bingung analisis datanya. mksh ini email saya dewi_marfuah@yahoo.com. secepat

  162. tlg ya pa

  163. tolong donk kirimkan contoh ptk sekolah dasar mata pelajaran ipa

  164. ass….pak saya minta tolong kirimin contoh ptk sd mata pelajaran ips… tlong ya pak…terima kasih sebelumnya

  165. BAGAIMANA CARA MENGOLAH DATA HASIL PENELITIAN PTK DI PG-PAUD

  166. Tolongng kirimkan sama saya ptk kls v sd PAK

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 305 pengikut lainnya.