Pengembangan Srategi Pengajaran Konsep Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Pengembangan Srategi Pengajaran Konsep Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan sosial di Sekolah Dasar

Oleh: Dra. Hj. Entang Kartika, M.Pd dan Dra. Tuti Istianti, M.Pd

 

Penelitian ini berjudul ” pengembangan strategi pengajaran konsep dalam

Pembelajaran IPS di SD, dilaksanakan pada kelas 5 SD Negeri Cibiru X Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dimaksudkan untuk memperoleh pengalaman empiric dalam mengembangkan dan menerapkan srategi pembelajaran IPS di SD melalui pengajaran konsep. Penelitian dilakukan saecara kolaborasi antara peneliti sebagai tenaga edukatif akademik di ingkungan PGSD dengan guru kelas sehingga sebagai praktisi tenaga kependidikan dasar di lapangan dapat meningkatkan proses hasil pembelajaran IPS di SD.sasaran lanjut pelaksanaan kolaborasi studi ini diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan dan hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan tugasnya.

 

Dari proses pelaksanaan, diproleh hasil bahwa : guru kelas 5 SD Negeri Cibiru x telah megetahui model pengajaran konsep sebagai pengetahuaan teoritik, tetapi tidak pernah menerapkan karena memandang lebih sukar disbanding pola mengajar yang telah biasa dilakukannya. Guru kelas 5 SD Cibiru x bersikap terbuka dan menunujukan keinginan yang besar untuk mengembangkan kemampuan dalam mengalola pembelajaran IPS sehingga proses kolaborasi ini berhasil dilaksanakan da mencapai sasaran.

 

Prosedur Pengembangkan program peneletian tindakan kelas ini, dirancang pada setiap siklusnay terdiri dari lima tahap, yakni “ orentasi perencanaan, tindakan. Observasi, dan repleksi. Adapun hasil kongritnaya dapat dilihat dari siklus pelaksanaan, mulai dari tindakan I hingga 4 antara lain : pada tindakan pertama dan kedua, pembelajaran kurang efektif,seperti kurang kemampuan guru dalam penguasaan bahan pelajaran, penguasaan strategi pembelajaran konsep termasuk didalamnya kemampuan mengorganisasikan bahan pelajaran IPS pada tindakan ke tiga dan keempat terdapat perubahan derastis dan peningkatan setelah tim peneliti guru kelas mengadakan peninjauan kembali terhadap rencana pembelajaran berikut kegiatan pembelajarannya.

 

Dalam implimentasi pembelajaran guru sebagai praktisi melaksanakan kegiatan, yaitu dengan cara menggunakan srategi pengajaran konsep untuk membantu kelancaran pada setiap tindakan pembelajaran, peneliti melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses pada pembelajaran. Dari setiap pengamatan selanjutnya dilakukan refleksi dan analisis setiap tindakan untuk kemudian melakuakan perbaikan-perbaikan

 

Pelaksanan penelitian tindakan kelas ini, telah menghasilkan perubahan-perubahan positf dan peningkatan yang mencakup perubahan sikp belajar dan hasil pembelajaran IPS. Adapun perubahan-perubahan yang terjadi itu meliputi : (1) .guru kelas dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan srategi pengajaran kosep IPS,(2). Srategi pembelajaran konsep dapat meningkatkan aktivitas, kraetivitas, dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPS. (3). Minat belajar IPS tinggi, (4). Hasilbelajar IPs Meningkat .

 

Hasil penelitian tindakan ini, direkomendasikan kepada pihak terkait untuk mengembangkan model pengajaran konsep sebagai salah satu jalan keluar dari persoalan rendahnya mutu dan hasil pembelajaran IPS, khususnaya di sekolah dasar.

 

About these ads

32 Tanggapan

  1. saya setuju bahwa ips tidak sekedar mengajarkan fakta belaka, namun lebih dari itu. yang perlu kita jawab sebagai pendidik adalah untuk apa konsep itu kita berikan? sehingga kita tidak hanya menjejali peserta didik dengan hafalan berupa fakta ataupun konsep-konsep. bagaimanan siswa kita bisa memperoleh nilai-nilai itu? Ingat yang saya maksud dengan nilai adalah sesuatu yang terkandung dibalik sikap, perlaku ataupun pola pikir seseorang atau kelompok orang, bukan nilai ujian. kalau tujuan kita sekedar meningkatkan prestasi siswa kita apalah jadinya siswa kita 6 tahun yang akan datang. Mungkin ini bisa jadi bahan renungan kita bersama.

    • Saya riNa saya maHaSisWa uPi pgSd ciBirU smsTr 5…sAYa sangaT sejuTu PendaPaT anDA tadi iPs tidaK Hanya pELajaRan yg oraNg paNdang sebAgAi haFaLan2 TetaPi mEnurUt sAya iPs adaLAh sbAgAI ILmU Yg WAjIb kiTa KetaHui,dimaNa kiTa taU tnTang manuSiA2 purBa,teNTang SejaRaH2,tentAng paHLawaN2,pKnYa SerU dECh di iPs….TApI GMna taR yaH dnGn sKriPsiNya Hehe mUdaH2an biSa aNd harUs biSa

  2. saya butuh saran membuat judul skripsi untuk mata pelajaran IPS di SD. Saya mahasiswa jur. PGSD, tolong bantu saya ya! Kalau bisa jawab sekarang lewat e-mail saya! Terima kasih…

  3. saya mahasiswa S1 PGSD UNS Surakarta
    saya baru semester lima(V),
    untuk mata kuliah Pendidikan IPS SD ini kira-kira buku apa yang bisa saya gunakan untuk mendukung. karena di kampus saya belum mempunyai buku ajar yang tetap.

  4. saya Jati,mahasiswa PGSD. saya minta bimbingannya Dalam penyusunan TA. dengan judul IPS TERPADU di Kelas tinggi. tolong jawab lewat email saya! terimakasih

  5. saya, mahasiswa pascasarjana UNM Makassar jurusan ips ke sd-an, tolong bantu saya yah!, kalo bisa dikirimkan ke email saya tentang judul tesis mengenai ptk yang didalamnya menyangkut ips ke sd-an.

    Thanks

  6. sy mahasiswa tua kuliah di upi bandung.sy sdh 3x ke web ini untuk minta ilmu pendidikan terimakasih ya

  7. assalamu’alaikum wr wb.

    Saya salah seorang mahasiswa PGSD di uns. Saat ini saya semester V. Saya bingung, metode pembelajaran apa yang sesuai untuk mengajarkan konsep2 ips pada anak SD?

  8. Saya mahasiswa PGSD di FKIP UNLAM
    . Bagaimana ya pa, cara membuat proposal yang baik n’ Buku-buku apa saja yang perlu saya miliki

    http:www.s1pgsd.blogspot.com

  9. saya mahasiswa PGSD smt akhir, konsentrasi IPS akan menempuh skripsi. saya memakai PTK dan kira-kira judul yang tepat apa jika saya meneliti kelas rendah. dan buku-buku apa yang harus gunakan (sertakan judul buku berbahasa indonesia dan buku asing berbahasa inggris).

  10. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Bapak Yth,
    saya masih bingung menyusun RPP dengan pendekatan tematik untuk kelas II SD, Jika Bapak tak keberatan, mohon saya diberi contohnya.
    Tolong dikirim ke alamat e-mail saya :

    ningrahayu11@yahoo.com

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  11. assalamualaikum, saya adalah seorang mahasiswi di kota Malang.saya ingin minta bantuan, kira-kira apakah boleh saya minta contoh proposal PTK mata pelajaran IPS kelas 5 SD?
    terimakasih sebelum dan sesudahnya

  12. tolong buatkan judul skripsi S1 PGSD dunk……… sy bingung neee…………

  13. saya mahasiswa PGSD BERASRAMA Universitas Sriwijaya, saya bingung dengan mata kuliah PTK, saya mau ambil mata pelajaran ips dengan mengunakan metode peta konsep, apakah itu bisa diangkat? tolong bantu saya.

  14. ass..mualaikum
    saya iin mahasiswa jrusan pgsd sbuah institut keguruan swasta d madiun smester4.
    saya agak bingung dengan CTL dengan penerapannya di sekolah dasar.mohon penjelasan yang lebih mendetail eterutama penerapannya di sekolah dasar dalam pembelajaran IPS.
    Terima kasih.

  15. assalamualaikum
    saya mahasiswa pgsd semester 4 di madiun
    saya mohn penjelasannya tentang CTL dan juga penerapannya di sekolah dasar dalam mata pelajaran IPS.
    Terima kasih………

  16. tolong kirimkan CONTOH laporan umum perbaikan penelitian ips kelas 5 SD

  17. saya mahasiswa pgsd UNESA saya mau minta bantuannya tentang judul skripsi yang tepat untuk pembelajaran ips cocoknya pakai metode atau model pembelajaran apa ya untuk pembelajaran ips? dan kalau saya menggunakan startegi picture and picture untuk pembelajaran ips sd kelas 3 dengan materi mengenal jenis-jenis pekerjaan kira2 cocok atau tidak? mohon di balas?thanks bfr.

  18. saya mahasiswa pgsd s1 ber-asrama universitas negeri makassar smstr 8 mencari materi pembelajaran ips di sd sebagai bahan materi proposalku

  19. saya ingin mencari manfaat media gambar pada pelajaran IPS SD

  20. saya guru sd d tangerang makasih informasinya .smoga dapt meningkatkan kinejaku sebagai guru. hidup guru smangat………….

  21. saya majasiswa PGSD UPI Cibiru semester 7 konsentrasi IPS, saya bingung dalam pemilihan strategi pmblajaran IPS untuk judul skripsi.
    bisa d post lagi strategi-strategi pembelajaran IPS di SD

  22. saya mahasiswa PGSD UPI Cibiru semester 7 konsentrasi IPS, saya bingung dalam pemilihan strategi pmblajaran IPS untuk judul skripsi bu.
    bisa d post lagi strategi-strategi pembelajaran IPS di SD atau dikirim ke email saya “beny_yuan@rocketmail.com”, terima kasih sebelumnya

  23. Asslamuallaikum,,wr.wb
    saya mahasiswa PGSD UPI Cibiru semester 7 kons IPS, saya masih bingung dalam menentukan strategi pembelajaran IPS yang cocok untuk dijadikan judul skripsi. mohon informasi dan petunjuknya. atau di kirim ke email saya
    “fiek.dx@gmail.com”. terimaksih sebelumnya

  24. tolong bantu saya yah!, dikirimkan ke email saya tentang contoh mengenai PTK yang menyangkut : ips, Matematika, PPKn ke sd-an.

    Thanks

  25. saya mahasiswa PGSD UNNES semarang…semester akhir….mohon bantuannya untuk memberikan saran judul skripsi PTK untuk IPS kelas 5 SD….terimakasih pak….

  26. trimakasih atas infonya

  27. saya esih guru SD di kabupaten cirebon,saya setuju sekali dengan adanya pengembangan strategi dalam mengajarkan ips yang penuh dengan materi hapalan,alangkah lebih bagus lagi jika lebih dikembangkan lagi bagaimana siswa belajar ips.terkadang kita lebih banyak membahas tentang strategi2 dlm menajar tp jarang sekali kita menajarkan bagaimana siswa bs mempelajari ilmu dg mudah n menyenangkan.kl ada pembaca yang punya buku tentang cara/strategi yg mudah&menyenangkan tuk mempelajri ips,tolong hubngi sy di esihsudika@hotmail.com…. thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 309 pengikut lainnya.