Jenis-jenis Sumber Pembelajaran dan Pemanfaatannya
Sumber pembelajaran berdasarkan sifat dasarnya
1. Sumber insani (guru, satrawan, tokoh masyarakat, tutor sebaya dsb)
2. Sumber noninsani (buku, majalah, surat kabar, radio tv, internet dsb)
Sumber Pemberlajaran Berdasarkan Segi Pengembangannya
1.Learning sources by design : sumber pembelajaran yg dirancang/disengaja dipergunakan untuk kepeerluan pengajaran yg telah diseleksi.
2.Learning sources by utilitarian: sumber pembelajaran yg ada di sekeliling sekolah yg dimanfaatkan untuk memudahkan siswa yg sedang belajar / sifatnya insidentil
Jenis Sumber Pembelajaran Menurut Association of Education Communication Technologi (AECT)
1. Pesan/ Message : iinformasi yg diteruskan oleh komponen lain dalam bentuk gagsan, fakta, arti dan data.termasuk disini bahan pelajaran yg dituangkan dalam buku/wacana
2. People/ orang nara sumber: manusia yg bertindak sbg penyimpan, penglah dan penyaji pesan.
3. Materials/bahan : Perangkat lunak yg mengandung pesan untuk disajikan melalui penggunaan alat/perangkat keras ataupun dirinya sendiri (tranparansi, slide, film, audio, vidio, modul, majalah, buku dsb
4. Device/ alat; sesuatu perangkat keras yg digunakan untuk menyempaikan pesan yg tersimpan dalam bahan (OHP, tape recorder, pesawat radio, dsb
5. Technique/ teknik: prosedure/ acuanyg dipersiapkan untuk penggunaan bahanm peralatan, orang, lingkungan untuk menyampaikan pesan.
6. Setting / lingkungan : situasi/suasana sekitar dimana pesan disampaikan.
-ling. Fisik (ruang kelas, gedung sek. Perpus, lab, tman, lap)
– non fisik (iklim belajar, tenang, ramai, lelah, dsb)
Beberapa Acuan untuk Memilih Menggunakan Sumber Pembelajaran
1. Penggunaan itu dlm rangka memotivasi belajar Bhs Ind.
2. Pengunaan itu dlm rangka mendukung pencapaian kompetensi siswa.
3. Penggunaan itu dalam rangka mendukung program pengajaran yg melibatkan aktivitas penelitian bhs Ind
4. Penggunaan itu dpt membantu memecahkan masalah
Prinsip-prinsip Pengadaan Sumber Pembelajaran
1. Ekonomis/ menyangkut dana pembiayaan
2. Adanya teknisi yg dapat mengoperasikan alat tertentu yg dijadikan sumber pembelajaran.
3. Praktis dan sederhana, mudah mengoperasikan dan terjangkau
4. Fleksibel, mudah dikembangkan, tidak kaku
5. Relevan dengan materi dan kompetensi yg hendak dicapai siswa
6. Efesiensi, tepat dan mudah dalam pencapaian kompetensi yg ingin dikuasai siswa
7. Bernilai positif bagi proses pembelajaran Bhs Ind.
-contoh memilih wacana hendaknya yg berdampak + spt kekejaman perang, musibah dsb jangan tentang pembunuhan / perkosaan
Banyaknya sumber pembelajaran yang dapat kita gunakan dapat membantu guru dalam mengajar siswa, di sini guru dituntut untuk mampu dalam memilih sumber pembelajaran yang sesuai dengan tingkat usia siswa dan materi yang akan di ajarkan eg
jenis-jenis,ciri-ciri, dan prinsip belajar pembelajaran…bisa tolong bapak jabarkan
ok banget. lain kali masukin juga tentang jenis-jenis mengajar
Pertanyaan!
apa perbedaan hirarki, model , pendekatan, metode dan teknik?
saya mengucapkan terima kasih, untuk mengunduh materi.
bahas juga donk mengenai permasalahan yang ada di sekolah menengah kejuruan khususnya minat murid yang lebih banyak ke sekolah menengah
salam kenal dari saya, saya lagi kuliah perdana Di PGMI dan tolong bantu saya dalam pekuliahan mengenai modulnya dan penelitian PTK
tolong diperjelas dan jabarkan pada poin DEVICE ALAT
Salam silaturahmi. Mampir sejenak di blog Anda dapat informasi, terima kasih. salam