RUANG LINGKUP DAN PROSES PEMBELAJARAN IPS

PENDAHULUAN

 

Keluarga merupakan kelompok perdana / primary group) dalam pembenrtukan kepribadian seseorang.(ch H. Cooley)

Keluarga memiliki kekuatan psikologi langsung dalam pembentukan kepribadian

 

Sedangkan gudep pramuka, karang taruna, kelompok organisasi merupakan scondary group yang mempengaruhi secara sekunder terhadap pembentukan kepribadian.Untuk memahami ini silakan menghayati sendiri betapa besar pengaruh keluarga terhadap pembentukan kepribadian anada (kedisiplinan, kepedulian, kebersihan,etos kerja, harga diri )

Ditinjau dari lingkup IPS, Kemajuan IPTEK di bidang elektronika yang menghasilkan telpon, TV, HP dll telah memperpendek jarak relatif suatu bagian dunia dengan bagian dunia lainnya, hal ini sangat berpengaruh pada terhadap proses budaya dalam kehidupan sosial.

 

Perkembangan IPTEK di bidang transportasi-komunikasi meningkatkan hubungan sosial manusia dari satu ruang geografi ke ruang geografi lainnya tidak saja satu arah tapi timbal balik ”interaksi sosial” proses ini tidak hanya trbatas pada proses budaya tapi telah meluas ke aspek-aspek lainya sperti aspek politik, terutama ekonomi.

 

Ruang lingkup IPS

 

Ditinjau dari aspek-aspeknya meliputi hubungan sosial,ekonomi, psikologi sosial, budaya, sejarah, gegrafi dan politik.

Ditinjau kelompoknya meliputi keluarga,RT,RW,WK,Warga Desa, ormasy. Sampai ke tingkat desa. Lokal, nasional,regional, global.

Proses interakksi sosial meliputi interaksi bid. Kekkbudayaan, politik dan ekonomi.

Mengingat luasnya cakupan IPS maka guruIPS wajib melakukan sseleksi agar sesuai dg tingkat jenajng dan kemampuan peserta didik.

Wajib mengenali sumber dan apendekatan yang sesuai dg peserta didik

 

NILAI-BILAI yang DIKEMBANGKAN IPS

Nilai edukatif

Nilai praktis

Nilai teoritis

Nilai filsafat

Nilai ketuhanan

 

NILAI EDUKATIF

Salah satu tolok ukur keberhasilan pelaksanaan pendidikan IPS adalah addanya perubahan tingkah laku sosial peserta didik kearah yang lebih baik.

Menanamkan perasaan, kesadaran, penghayatan, sikap, kepedulian dan tanggung jawab sosial melalui pendidikan IPS, fakta sosial diproses melalui metode dan pendekatan IPS untuk membangkitkan sikap + di atas.

Sikap positif dia tas terus dikembangngkan dalam penddilan IPS untuk mengubah perilaku peserta didik kearah kerja sama, gotong royong, dan membantu pihak2 yang membutuhkan.

Proses pembelajaran IPS tiidak hanya terbatas di kelas dan sekolah pada umummnya melainkan lebih jauh dari itu b dlaksanakan dalam kekhidupan prakttis sehari-hari

 

NILAI PRAKTIS

Pelajaran dan pendidikan tidak memiliki makna yang baik jk tidak memiliki nilai praktis.

Pokok bahasan IPS tidak hanya konsep teoritis belaka, tapi digali dari kehidupan sehari2 (disesuikan dg umur dan kegiatan siswa)

Penget IPS bermanfaat scr praktis dalam kehidupan masa depan

 

NILAI TEORITIS

Pendidikan IPS tak hanya menyajikan fakta & data yang terlepas tp menelaah keterkaitan suatu aspek kehidupan sosial dg lainnya

Dibina +dikkembangkan kemampuan nalar kearah sense of rality, sense of discovery, sense of inquiry, kemampuan mengajukan hipotesis thd suatu masalah.

Dalam menghadapai kehidupan sosial yang berubah ini kemampuan berteori sangat berguna dan strategis. Disini pensdidikan membina dan mengembangkan.

 

NILAI FILSAFAT

Menumbuhkan kemampuan merenung kan keberadaannya dan pernannya di tengah masyrakat shg tumbuh kesadaran mrk srlaku anggota msy. Atau sebagai makhluk sosial

 

NILAI KETUHANAN

Selaku guru IPS harus menyadari bahwa materi proses pembelajaran apapun pada pendidikan IPS wajib berlandaskan nilai ketuhanan.

Kekaguman akan ciptaa-Nya akan menumbuhkan rasa syukur kepadaNYA ssebagaikunci kebahagiaan manusia lahir dan bathin.

 

PROSES PEMBELAJARAN BERTAHAP

Sejarah

Ekonomi

Budaya

Psikologi

Hub sosial

Politik

Geografi

 

PROSES PEMBELAJARAN IPS

1. Penguasaan materi sebagai landasan kepercayaan

2. Anak didik kita tidak kosong sama sekali oleh pengetahuan sosial

3. Proses pembelajaran mengkaitkan fenomena yang ada di sekitar anak, dapat memperkaya pengetahuan, mempertajam penalaran-

Anak mempunyai pengetahuan sesuai dengan penghayatan dan pegalamannya

Kejadian sosial yang nyata dialami dan diamati dapat ditarik ke dalam kelas sebagai bahasan yang menarik

4. Makna yang wajib dihayati dalam proses pembelajaran IPS yaitu nilai-2 kehidupan yang menjadi landasan kebahagiaan hidup di masyarakat sebagai makluk sosial.-

5. Pendidikan yang tidak dilandasi oleh nilai2 yang bermakna, akan menjadikan siswa yang berkemampuan intelektual tinggi namun emosinya tumpul-

Nilai yang wajib dihayati nialai filsafat yang menjadi kaesadaran keberadaan manusia di masyarakat dan lingkungan.

Nilai keTuhanan yang mjd landasan IMTAQ, baersyukur atas nikmat, kekaguman atas makhluk ciptaan Tuhan,

Emosi tumpul berarti lebih mementingkan nilai material dari pada nilai moral

Atau mengobankan nilai moral demi tercapainya nilai maaterial.

 

YANG HARUS DIHINDARI GURU IPS

1.Proses pembelajaran IPS yang makin membuat siswa asing tehadap kehidupan yang sesungguhnya.

2.Mendidik siswa hafal materi IPS yang diperoleh di sekolah namun tidak mengetahui hal tsb dalam kehidupan sehari2 -

Untuk memningkatkan nalar penghayatan dan kepedullian siswa thd masalah2an sosial yang terjadi di masyarakat materi pembelajaran dapat diberikan sebagai tantangan, materi tidak saja dilontarkan

 

KESIMPULAN

1.Untuk memningkatkan nalar penghayatan dan kepedullian siswa thd masalah2an sosial yang terjadi di masyarakat materi pembelajaran dapat diberikan sebagai tantangan, materoi toidak saja dilontarkan

2.Dalam proses pembelajaaran IPS ragamm pendekaatan dan metode yang diterapkan disesusikan dg kondisi lingkup msyarakat serta aspek yang menjadi pokok bahasan.

Keragaman penekatan dan metode yang ditrapka pada proses pembelajaran IPS, dapat mempr tahankan suasana hangat dan menarik

3. Empat landasan dalam proses pembelajaran IPS adalah telah dimilki

1)mental psikologis yang melekat pada diri peserta didik,

2)pEngetahuan sosial yang scr spontan

3) Ruang lingkup IPS sangat luas

4) Nilai-nilai yang melekat pada pendidikan IPS

About these ads

13 Tanggapan

  1. Terima kasih ya Pak…telah memedahkan saya dalam mencari materi mata kuliah konsep Dasar Ips……………… ngomong2 blognya bapak keren uey..

  2. assalamualaikum bapak…
    ni saya cuma mo bilang makasih tlah memperkaya pengetahuan saya, dibidang keilmuan saya khususnya……, makasih banyak pak de, mudah-mudahan ilmu yang saya dapet dan yang pak de berikan manfaat bagi saya, dan pak de dirahmati tuhan yang maha esa, wassalam

  3. saya perlu tahu metoda yg tepat utk pembelajaran ips di sd topik kegitan ekonomi di kslas V ,mohon bantk bosan duannya,biar tdk bosan dalam pembelajarannya.

  4. Jika berbicara ruang lingkup pendidikan IPS, hendaknya harus dilepaskan dulu atribut-atribut disiplin ilmu sosial dan humaniora. Karena Pendidikan IPS merupakan sebuah disiplin ilmu yang unik dan penuh karakter. Tetapi sajian bapak cukup menjadikan saya tergugah untuk lebih mendalami pendiidkan IPS

  5. MAKASIH PAK, TAPI KALAU TUJUAN DAN FUNGSI PEND.IPS ITU APA YA PAK

  6. Kuliah lagi ah s2

  7. Modul Startegi pembelajaran IPS modul 3304

  8. makasi atas tykuisanya

  9. Makasih pak de,dengan membaca artikel pak de ,saya tambah wawasan dad ilmunyaRuang lingkup apa sama dengan konten IPS ?

  10. trimakasih sekali….

  11. TRIMA KSIH BAXK PAK, BLOG INI SGT BERMANFAAT

  12. 1.Daerah gempa di permukaan bumi yang tegak lurus dengan pusat gempa yaitu . . . 2. Garis2 pada peta yang menghubungkan tempat2 d permukaan bumi yang mempunyai kerusakan fisik yang sama akibat gempa adalah. . .

  13. Daerah gempa d permukaan bumi yg tegak lurus dengan pusat gempa? . .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 308 pengikut lainnya.