Hakekat Sumber, Media dan Evaluasi Pembelajaran IPS


PENDAHULUAN

IPS adalah Kehidupan Sosial di Masyarakat, oleh karena itu masyarakat lah yang menjadi sumber pembelajaran utama IPS. Apapun aspek kekhidupan sosial yang akan kita pelajari dapat mengambil sumber dari masyarakat

 

MATERI IPS DAN SUMBER PEMBELAJARAN

 

1.Kekhidupan nyata masyarakat. Cerita-cerita Rakyat, Novel ,K isah tokoh terkenal , oleh karena itu sumber pembelajaran IPS bisa buku, majalah, surat kabar.

2.Berita (lokal, regional. Nasional, global) oleh karena itu sumber pembelajaran IPS berupa surat khabar, radio, TV, internet

3.Sejarah – sumb. PBM IPS prasasti, candi, dokumen, fosil, Museum.

4. Kehidupan sosial dengan segala aspeknya. – kita tak dapat kt pelajari langsung dari sumbernya, mk perlu perantara/media pemb IPS

 

(hal/benda yang tak dapat diamati/dipelajari scr langsung dapat disajikan dalam gambar, potret, peta buku, majalah, atau benda lain yang sejenis, alat/perantra ini disebut Media cetak.

 

Sedangkan media radio dan TV termasuk media elektronik.

Media komunikasi merupakan Sumber pembelajaran

MEDIA ELEKTRONIK

Media Audio

Media visual

Media audio visual

Klise, OHP, film.

Internet

 

EVALUASI PEMBELAJARAN IPS

1.Evaluasi merupakan penilaian program, paroses dan hasil peandidikan.

2.Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu pengukuran.

3.Evaluasi dapat bersifat kualitatif dan juga bersifat kuantitatif.

4.Evaluasi kualitatif hasilnya beruapa peringkatsangat baik, baik, sedang, kurang, sangat kurang

5.Evaluasi kuantitatif berupa angka-angka hasil pengukuran

 

FUNGSI Evaluasi:

1. Fungsi evaluasi pembelajaran bagi guru adalah mengungkapkan kelemahan proses kegiatan mengajar meliputi bobot materi yang disajikan, metode yang diterapkan, media yang digunakan, dan strategi yang dilaksanakan.-

2. Fungsi evaluasi bagi siswa yaitu

-mengungkapkan penguasaan materi pembelajaran

- Mengungkapkan kemajuan individual maupun kelompok dalam mempelajari IPS

 

ASAS EVALUASI

Asas komprehensif : evaluasi harus meliputi keseluruhan pribadi siswa yang dievaluasi.(kognitif, afektif, psikomotor)

Asas Kontinuitas: evaluasi wajib dilaksanakan scr berkesinambungan mulai dari pra- saat proses- dan pasca pembelajaran.

Asas Obyektif : Evaluasi seharusnya menilai dan mengukur apa adanya / non subyektif-

Hendaknya guru IPS setiap merancang test sebaiknya sesuai dengan asas-asas di atas

 

Evaluasi dapat berupa tes dan Non test.

Bentuk test obyektif, test esay, test lisan.

Sedangkan nontest meliputi tugas dan penampilan

 

 

 

 

About these ads

4 Tanggapan

  1. makasi

  2. ips itu mempelajari kita ntuk menjaga lingkungan sekitar kita , aku juga suka ips

  3. tHAnk,, IPS sangatlah penting agar kita bisa menjadi individu yang bersifat sosial.

  4. IPS seharusnya bisa lebih riel lagi dalam meberikan sumber media dan evaluasi pembelajaran….thank,s.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 304 pengikut lainnya.